22 Peluang Usaha Sampingan Terbaik, Enteng Modal, dan Menjanjikan

02 Desember 2022

Ada banyak jenis peluang usaha sampingan yang bisa ditekuni. Tapi, mungkin Anda belum menemukan pilihan usaha sampingan yang terbaik, enteng modal, dan tentunya menjanjikan untuk kelangsungan usaha tersebut. Bisnis sampingan seperti ini perlu dicermati mendalam agar ketika memulai usahanya sudah ada bekal yang cukup. Dengan begitu ketika mengarunginya juga menjadi lebih mantap dan termotivasi.

Investasiuntung.com mencoba memilah sekitar 22 peluang usaha sampingan yang dipandang terbaik, bermodal kecil, dan menjanjikan tentunya. Usaha sampingan ini memiliki potensi keuntungan yang berlipat, meskipun harus dimulai dengan kerja keras dan semangat untuk memajukan usaha tersebut.

Seperti sebutannya. Usaha sampingan adalah kegiatan usaha yang dijalankan oleh seseorang yang memiliki keterbatasan waktu atau mereka yang memiliki kesibukan lain selain usaha tersebut. Bisa karena halangan pekerjaan utama, waktu yang sedikit, atau karena urusan lain. Namun, karena Anda ingin memiliki sumber pendapatan lain di luar penghasilan utama, diperlukanlah usaha sampingan yang diharapkan bisa memberikan pemasukan tambahan.

Berikut adalah 22 usaha sampingan terbaik, enteng modal, dan menjanjikan:

1. Bisnis Investasi
Trend bisnis investasi seperti tidak ada matinya. Ini salah satu bisnis sampingan yang hampir tidak membutuhkan usaha apa-apa. Anda tetap bisa menjalankannya di tengah kesibukan aktivitas yang padat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggelontorkan dana untuk membeli aset yang bernilai kemudian menjualnya kembali. Bisa dalam waktu singkat atau panjang. Saat harga jual jauh lebih tinggi dengan harga beli, maka Anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut. Semakin tinggi margin, potensi keuntungan yang didapatkan pun semakin besar. Pilihan yang bisa dicoba untuk usaha ini adalah membeli beberapa properti dengan harga rendah, seperti tanah, rumah, perhiasan, kendaraan, dll lalu menjualnya kembali.

Silakan baca » Daftar Investasi yang Menguntungkan

2. Bisnis Pulsa Elektrik
Jenis usaha sampingan satu ini tergolong enteng dijalankan, modalnya kecil, dan fleksibel. Sebab, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik bisa di mana saja. Termasuk misalnya di lokasi tempat kerja, yang mana kalau bisnis sampingan lain harus memiliki tempat khusus. Meskipun margin keuntungan yang didapatkan tidak banyak untuk setiap kali transaksi, tapi nilainya akan besar manakala jumlah pembeli atau pelanggan cukup banyak. Terutama misalnya di lokasi kerja di mana ada banyak rekan kerja yang membutuhkan pulsa setiap harinya. Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, Anda mungkin bisa menanamkan modal awal dari angka Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Bisa juga lebih besar dari itu.

Silakan baca » Langkah Memulai Bisnis Pulsa Elektrik

3. Bisnis Periklanan
Ini salah satu bisnis sampingan yang bisa dikatakan tidak butuh modal. Yang diperlukan hanya terjun ke lapangan mencari relasi. Saat ini bisnis periklanan masih sangat menjanjikan. Potensinya selalu ada meskipun persaingannya juga cukup ketat. Untuk memulai bisnis periklanan, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan yang menyediakan jasa iklan, semisal televisi, surat kabar, atau pun media online. Usahakan perusahaan yang telah memiliki nama atau pengaruh. Selanjutnya mintalah untuk menjadi tenaga pemasar iklan di media tersebut dengan kompensasi bagi hasil iklan. Misalnya, setiap kali Anda mendatangkan pengiklan yang membayar Rp 1 juta untuk satu kali tayang/terbit, Anda bisa meminta komisi 50%, dst. Bisnis periklanan ini juga bisa Anda jalankan di sisa waktu luang, tanpa mengganggu pekerjaan utama.
usaha sampingan, peluang usaha sampingan, bisnis sampingan, peluang bisnis sampingan, usaha sampingan terbaik, usaha sampingan modal kecil, iklan, bisnis iklan

Silakan baca » Cara Membuka Bisnis Periklanan

4. Bisnis Ternak
Kebutuhan pasokan daging di tanah air cenderung meningkat, bahkan seringkali persediaannya kurang. Karena itu bisnis ternak selalu menjanjikan untuk ditekuni. Keuntungan yang didapatkan besar, tapi untuk memulainya juga tidak rumit. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti adanya pekerja yang berfungsi mengambil alih tugas Anda untuk mengurusi ternak tersebut. Misalnya merawat ternak, memberi pakan, menjaga, dll. Biaya untuk memulai usaha ternak ini juga bisa dimulai dari modal yang minim.
usaha sampingan, bisnis sampingan, peluang usaha sampingan, peluang bisnis sampingan, bisnis ternak, peluang usaha sampingan terbaik

Silakan baca » Bisnis Ternak yang Mudah Dijalankan dan Laris

5. Bisnis Saham
Jual beli saham bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan bagi Anda karyawan kantoran atau berprofesi sebagai pegawai. Saham saat ini tidak lagi menjadi bisnis investor bermodal tebal saja. Bagi pemula yang minim dana pun bisa memiliki dan menjalankannya. Anda tinggal membeli saham-saham unggulan kemudian melepasnya kembali di saat harga saham tersebut naik. Selisih harga tersebut bisa menjadi keuntungan buat Anda. Tidak saja menghasilkan untung sesaat, tapi juga dapat dijadikan investasi untuk masa depan karena harga saham yang terus naik.
usaha sampingan, bisnis sampingan, usaha sampingan modal kecil, usaha sampingan di rumah, usaha sampingan karyawan, usaha sampingan ibu rumah tangga, bisnis sampingan karyawan

Silakan baca » 5 Keuntungan Investasi Saham yang Siap Anda Panen

6. Bisnis Waralaba
Keberadaan usaha franchise atau bisnis waralaba semakin berkembang akhir-akhir ini. Banyak peluang tersedia, mulai yang menawarkan waralaba usaha makanan, minuman, produk kosmetik, pakaian, hingga brand-brand tertentu. Banyaknya pilihan yang tersedia tersebut bisa disesuaikan dengan selera Anda, termasuk misalnya menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki untuk menjalankan bisnis waralaba tersebut. Untuk menjalankan bisnis waralaba, paling pertama yang harus Anda fikirkan adalah margin keuntungan, jenis waralaba yang laris, hingga kemudahan pemasaran produk tersebut.

Silakan baca » Daftar Waralaba Terlaris yang Digemar Pembeli

7. Bisnis Walet
Di banyak tempat, bisnis walet menjadi primadona masyarakat untuk dijadikan usaha sampingan. Sekali usaha walet ini sukses, maka Anda tinggal memetik hasil tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Bisnis walet bisa menjadi bisnis sampingan bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk terjun langsung di usaha tersebut. Modal awal untuk mendirikan sarang burung walet memang tidak murah, namun Anda bisa melakukan penghematan dengan memilih material yang lebih murah untuk bangunan sarang walet ini. Hasil yang didapatkan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Sudah banyak contoh mereka yang berhasil di bisnis walet meraup keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta per bulan. Bagaimana menggiurkan bukan?
usaha sampingan, usaha sampingan modal kecil, usaha sampingan tanpa modal, usaha sampingan terbaik, usaha sampingan menjanjikan, bisnis sampingan

Silakan baca » Biaya Modal Sarang Walet hingga Berdiri

8. Usaha Jus Buah
Peluang usaha sampingan lainnya yang bisa dijadikan bisnis sampingan modal kecil adalah usaha jus buah. Setiap hari orang menikmati buah-buahan. Dan jus buah sebagai salah satu menu olahan buah yang paling diminati. Selain banyak disukai, usaha jus buah juga ternyata mudah dijalani. Biayanya terbilang enteng bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha dengan dana terbatas. Bagi Anda yang hanya sebagai ibu rumah tangga. Usaha jus buah juga cocok sebaga bisnis sampingan di rumah tanpa harus meninggalkan tugas utama sebagai ibu rumah tangga.

Silakan baca » Rincian Biaya Modal Usaha Jus Buah

9. Usaha Angkringan
Jika kesibukan pekerjaan utama membuat Anda sulit untuk mengatur waktu, membuka usaha angkringan mungkin bisa menjadi pilihan tepat memperoleh penghasilan tambahan. Di siang hari Anda bisa menjalani pekerjaan utama, sementara malamnya Anda bisa menjalankan usaha angkringan. Keberadaan angkringan menjadi pemandangan umum di tengah-tengah kota maupun pedesaan. Selain menawarkan selera rasa lokal, bisnis angkringan ternyata juga tergolong mudah untuk ditekuni. Anda hanya perlu sedikit keterampilan dalam mengolah menu-menu angkringan yang bercitarasa, selanjutnya pelanggan pun akan berdatangan. Kekhasan menjadi salah satu tips suskes untuk membuka usaha angkringan ini.
usaha sampingan, bisnis sampingan, usaha sampingan di rumah, usaha sampingan ibu rumah tangga, bisnis sampingan ibu rumah tangga, usaha sampingan mahasiswa, usaha sampingan karyawan, usaha sampingan pns

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Angkringan

10. Usaha Cafe
Pada dasarnya semua bisnis harus ditekuni serius agar bisa sukses. Tapi, bukan berarti memiliki waktu yang terbatas, Anda tidak bisa serius dengan bisnis tersebut. Usaha cafe misalnya. Kelihatannya mungkin hanya bisa dilakoni oleh mereka yang memiliki waktu penuh, tapi sebenarnya tidak selalu begitu. Yang perlu Anda lakukan adalah kontrol penuh dengan usaha tersebut. Meskipun dengan sisa waktu yang Anda miliki. Jika ingin menjalani usaha cafe sebagai usaha sampingan, maka Anda harus memiliki perpanjangan tangan. Alias karyawan. Bisa menunjuk salah seorang sebagai manager dan beberapa orang karyawan lainnya untuk membantu. Anda hanya perlu memberikan instruksi tertentu agar bisnis cafe tersebut bisa berjalan dengan baik dan mengontrolnya agar tetap berada di relnya. Usaha cafe adalah satu bisnis yang sangat menjanjikan, terutama bila ditempatkan di lokasi yang ramai.

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Cafe Unik hingga Buka

11. Usaha Jual Beli Tanah
Selain bagus untuk investasi masa depan, tanah juga cocok untuk dijadikan peluang usaha jangka pendek. Caranya cukup mudah. Anda tinggal mencari dan membeli tanah di lokasi yang strategis kemudian menjualnya kembali kepada orang lain dengan harga lebih tinggi. Usaha jual beli tanah ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Saat Anda memiliki dana yang cukup, segera belikan tanah kemudian cari pembeli potensial yang mau membeli tanah itu dengan harga yang lebih baik. Bisa dua atau tiga kali lipat dari harga semula. Jika Anda rutin menekuninya, maka bukan mustahil Anda akan menjadi tuan tanah dalam waktu singkat. Bahkan bisa membuat Anda cepat kaya. Usaha jual beli tanah ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki waktu terbatas dan ingin mempunyai bisnis sampingan yang menghasilkan.

Silakan baca » Cara Menentukan Lokasi Tanah untuk Investasi

12. Usaha Cuci Motor
Cukup banyak orang menggeluti usaha cuci motor sebagai bisnis sampingan mereka. Meskipun di sela waktu luang, usaha cuci motor bisa tetap jalan. Bahkan mulai dari pagi hingga sore. Bagaimana caranya. Umumnya mereka yang membuka usaha cuci motor sebagai usaha sampingan memiliki karyawan atau pekerja yang khusus untuk melayani cuci motor pelanggan. Sehingga pemilik usaha tidak terjun langsung. Sebagai pemilik usaha, Anda hanya perlu memodali usaha tersebut hingga benar-benar bisa dioperasikan. Setelah itu tinggal rekrut beberapa karyawan untuk menjalankannya. Biasanya bisa dengan sistem bagi hasil atau gaji bulanan. Sementara, Anda tetap bisa beraktivitas di pekerjaan utama.

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Cuci Motor hingga Buka

13. Bisnis Forex
Bila Anda hobi di dunia online, mungkin sayang jika waktu tersebut hanya habis untuk melihat status atau timeline di media sosial. Forex bisa menjadi salah satu alternatif untuk memiliki bisnis sampingan di tengah waktu luang tersebut. Selain karena pekerjaannya bisa di mana saja, usaha jual beli mata uang ini juga menjanjikan keuntungan berlipat. Cukup banyak trader yang berhasil menjalankan bisnis forex dan mereka meraup uang yang banyak. Bisnis forex ini dapat Anda tekuni ketika ada waktu senggang atau di sela-sela pekerjaan, misalnya di jam istirahat atau saat pulang kerja. Memang untuk tahap awal Anda harus memahami alur bisnis mata uang ini. Tapi, ketika sudah paham, Anda bisa dengan mudah menjalankannya. Bahkan bisa diatur secara otomatis.
peluang usaha sampingan, usaha sampingan, bisnis sampingan, peluang bisnis sampingan, kerja sampingan, usaha sampingan menguntungkan, bisnis forex

Silakan baca » Cara Belajar Forex untuk Pemula hingga Mahir

14. Usaha Air Minum Isi Ulang
Bisnis air minum isi ulang atau usaha air galon masih menjanjikan untuk saat ini. Tentu saja. Sebab, setiap saat orang butuh air minum. Dan terkadang tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak air, sehingga mereka butuh air minum cepat saji yang bisa langsung diminum. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki usaha sampingan air minum isi ulang, membukanya tidaklah sulit. Bahkan, bisa dijadikan salah satu pekerjaan sampingan di tengah kesibukan lain. Keuntungan yang dihasilkan dari bisnis air galon ini bisa berlipat, karena pada dasarnya Anda hanya perlu mengeluarkan modal di awal saja. Setelah itu bisa langsung beroperasi dan melayani pelanggan.

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Air Minum Isi Ulang

15. Usaha Pertamini
Salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga atau pegawai kantoran tanpa terlalu menyita waktu banyak adalah bisnis pertamini. Membuka pom bensin eceran ini bisa memberikan Anda sumber penghasilan tambahan. Pekerjaannya enteng, tapi dapat memberikan pendapatan rutin setiap hari. Semakin banyak pelanggan yang membeli, keuntungan yang diperoleh dari selisih harga tersebut juga semakin meningkat. Misalnya Anda mengambil keuntungan Rp 1.000/liter dari BBM yang dijual. Kemudian rata-rata laku 50 liter setiap harinya, maka penghasilan bersih yang didapat Rp 50.000/hari. Angka yang lumayan untuk sekedar pemasukan tambahan.

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Pertamini

16. Usaha Warnet
Keberadaan warung internet (warnet) masih akan tetap eksis di tengah padatnya pengguna internet. Meski usaha ini sudah ada di awal-awal internet booming, tapi penggunanya masih akan tetap ada. Usaha warnet masih menjanjikan untuk dibuka, terutama bila dijadikan sebagai usaha sampingan untuk pendapatan tambahan. Banyak yang menggeluti usaha warnet mengkombinasikan dengan usaha lainnya. Misalnya dengan jasa rental komputer, percetakan, game online, dll. Bila ingin menjadikan usaha warnet sebagai pekerjaan sampingan, Anda bisa mengupah orang untuk menjalankannya. Sementara, Anda tetap bisa menjalankan aktivitas pekerjaan utama, misalnya sebagai karyawan kantoran atau PNS. Modal untuk mendirikan usaha warnet tidak terlalu besar. Anda bisa mulai dengan dua komputer, atau tiga komputer terlebih dahulu dengan ruang bersekat.

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Warnet hingga Siap Buka

17. Usaha Laundry
Kesibukan pekerjaan sampai membuat orang tidak sempat membersihkan pakaian mereka sendiri sudah lumrah dijumpai. Bahkan itu membuka peluang usaha baru. Salah satunya usaha laundry atau jasa cuci pakaian. Usaha laundry banyak ditemukan di kawasan padat penduduk, perkantoran, atau lingkungan pasar. Membuka usaha laundry bisa dijalani tanpa harus terlibat langsung. Peran Anda hanya sebagai ‘bos’ untuk mengawasi bisnis laundry tersebut tetap jalan. Biaya awal biasanya hanya pembelian alat mesin cuci beberapa buah kemudian menyerahkan tugas pekerjaan kepada orang yang dipercayai. Hasil keuntungan dari usaha laundry ini cukup menjanjikan. Biasanya bisa mencapai jutaan rupiah untuk tahap-tahap awal.

Silakan baca » Biaya Modal Membuka Usaha Laundry

18. Usaha Fotocopy
Seperti tidak ada matinya, usaha fotocopy tetap saja dibutuhkan hingga saat ini. Bahkan, ketika jenis usaha lain mulai surut, bisnis fotocopy tetap mendapatkan pasar. Segmennya jelas, seperti pelajar, mahasiswa, karyawan kantoran, atau pegawai negeri sipil. Lebih dari itu masyarakat sipil juga banyak memanfaatkan usaha fotocopy ini untuk keperluan salinan dokumen mereka. Anda pun bisa membuka usaha ini, meskipun hanya sebagai usaha sampingan. Cara yang paling mudah adalah mempekerjakan anggota keluarga atau teman untuk menjalankan usaha tersebut dengan pengawasan dari Anda. Biasanya usaha fotocopy ini tidak berjalan sendiri, Anda bisa mengisinya dengan berjualan perlengkapan alat tulis, kebutuhan kantor, dll. Dengan begitu, pendapatan yang dihasilkan bisa lebih banyak. Salah satu tips untuk membuka usaha fotocopy adalah pemilihan lokasi. Beberapa lokasi yang strategis seperti kawasan perkantoran, kampus, sekolah, rumah sakit, dan pasar.

Silakan baca » Rincian Biaya Modal Usaha Fotocopy

19. Bisnis Pakaian
Keberadaan bisnis pakaian atau busana jadi pemandangan umum di tengah pasar. Selain mudah dilakoni, membuka usaha ini juga bisa dimulai dengan modal minim. Misalnya dengan beberapa lembar pakaian saja sudah bisa berjalan. Margin keuntungan yang didapat juga cukup besar. Bisa dua atau tiga kali lipat dari harga modal. Tergantung pertimbangan Anda, misalnya dengan melihat harga rata-rata umum dijual di pasar. Semakin Anda pintar menggaet dan meyakinkan pembeli, penjualan yang dihasilkan pun semakin meningkat. Mengapa bisnis pakaian bisa dijadikan usaha sampingan, itu karena selain bisa membuka toko secara langsung dan menugasi pekerja untuk menjalankannya, Anda juga bisa menjual pakaian di tempat karja. Tentunya di sela waktu yang tidak mengganggu kerja. Tawarkan beberapa helai pakaian kepada rekan kerja yang mereka berminat. Misalnya di waktu-waktu tanggal muda. Alias baru habis gajian. Dengan begitu mereka bisa menyisihkan uang mereka untuk membeli pakaian Anda. Menarik bukan?

Silakan baca » Biaya Modal Usaha Toko Busana hingga Buka

20. Bisnis MLM
Siapa tak kenal jenis usaha satu ini. Multi Level Marketing atau MLM. Bisnis MLM menggeliat dari waktu kewaktu meski persaingannya semakin sengit. Usaha ini penuh tantangan karena Anda dituntut untuk bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk dengan harga lebih mahal. Ada banyak jenis MLM. Mulai dari kosmetik, peralatan rumah tangga, alat kesehatan, dll. Sistem kerjanya biasanya dengan jaringan. Semakin banyak anggota yang Anda rekrut, maka penghasilan Anda makin meningkat. Begitu seterusnya hingga beberapa tingkatan di bawahnya. Dari penjualan setiap produk Anda akan mendapatkan komisi. Dan bila anggota yang Anda rekrut juga menghasilkan penjualan, Anda juga memperoleh komisi dari penjualan itu. Sehingga pendapatan Anda jadi berlipat. Ini cocok buat Anda yang bekerja sebagai karyawan, pegawai negeri, mahasiswa, atau ibu rumahtangga sekalipun. Sebab, pekerjaan itu bisa Anda lakukan di sela waktu sembari Anda menjalankan tugas utama.

Silakan baca » Keuntungan Bisnis MLM dan Cara Memulainya

21. Usaha Bimbingan Belajar
Usaha sampingan satu ini terbilang unik. Ya, usaha bimbingan belajar. Memulainya bisa tanpa modal. Bahkan, Anda bisa menghasilkan pendapatan signifikan dengan bisnis bimbingan belajar ini. Mudah sekali. Modal Anda hanya satu yaitu skill atau keahlian yang bisa Anda jual. Targetnya adalah para pelajar yang membutuhkan bimbingan lebih lanjut sepulang dari sekolah. Sebab, tidak semua siswa bisa menangkap pelajaran dari sekolah. Nah, peran Anda adalah membantu mereka. Misalnya ada salah seorang siswa yang lemah di pelajaran Matematika dan Anda cukup piawai di bidang pelajaran itu, maka ini kesempatan yang tak boleh disiakan. Pada tahap awal, Anda bisa menawarkan jasa Anda dengan door to door atau dari rumah ke rumah. Setelah pelanggan cukup banyak, Anda tidak perlu lagi mendatangi calon pelanggan baru. Anda bisa menawarkan tarif mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per bulan dengan hanya beberapa kali pertemuan.

Silakan baca » Cara Membuka Bisnis Bimbingan Belajar

22. Usaha broker
Usaha broker atau makelar bisa menjadi salah satu pilihan bisnis sampingan yang bisa Anda geluti di sela pekerjaan utama. Misalnya ada salah seorang pemilik properti yang ingin menjual rumah mereka seharga Rp 200 juta. Sementara, Anda mengenal salah seorang calon pembeli yang sedang mencari rumah untuk hunian. Anda bisa menjadi perantaranya atau penghubung antara penjual dan pembeli tersebut. Kepada pemilik properti, Anda bisa menawarkan calon pembeli rumah. Dengan catatan Anda diberikan komisi. Besarnya komisi tersebut sesuai kesepakatan. Misalnya 5 persen atau 10 persen dari harga rumah. Sehingga Anda mungkin bisa mendapatkan Rp 10 juta – Rp 20 juta per unit rumah yang terjual. Sementara pemilik properti bisa memperoleh bersih Rp 180 juta – Rp 190 juta. Lumayan besar untuk sekedar pemasukan sampingan. Yang perlu digarisbawahi dalam bisnis broker ini adalah Anda mengambil komisi dari harga pokok rumah. Bukan justru menaikkan harga rumah tersebut sehingga menjadi beban baru bagi pembeli.
peluang usaha sampingan, peluang bisnis sampingan, usaha sampingan, bisnis sampingan, kerja sampingan, usaha sampingan modal kecil, usaha sampingan menguntungan

Itulah beberapa di antara usaha sampingan yang mudah dijalankan, modal kecil, dan menguntungkan tentunya. Anda bisa saja mencoba usaha sampingan lainnya yang dianggap pas. Tanpa mengganggu pekerjaan utama dan bisa memberikan pemasukan tambahan. Mungkin saja hasilnya malah lebih besar dari pekerjaan utama itu sendiri. Selamat mencoba!