Rincian Modal Usaha Warnet Hingga Siap Buka

22 Juli 2016

Anda tentu sudah mengenal yang namanya warnet. Warnet singkatan dari warung internet yang berarti suatu tempat penyewaan dalam mengakses internet untuk berbagai macam keperluan di dunia maya. Misalnya browsing mencari informasi, bersosialisasi di internet, chatting, jual beli online, game online dan lain sebagainya. Usaha warnet identik dengan para kawula muda atau orang yang melek teknologi informasi masa kini. Dan memang kebanyakan pengguna warnet adalah kalangan anak muda.

Permintaan atau kebutuhan masyarakat di tanah air terhadap hiburan, pendidikan dan akses informasi di internet sangat tinggi terutama kaum pelajar, pengusaha, mahasiswa, guru, pejabat, dll. Menurut data statistik, dari tahun ke tahun berikutnya para pengguna internet di Indonesia bertambah banyak. Hal ini membuat usaha warnet memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Oleh sebab itu, kini banyak bermunculan usaha warnet yang menawarkan jasa penyewaan akses internet kepada masyarakat umum dengan tarif tertentu yang biasanya perjam. Popularitas usaha warnet semakin tinggi ditengah bermunculan hal-hal baru baik informasi maupun hiburan game di internet. Sehingga sekarang ini sangat mudah kita jumpai usaha warnet di sudut kota maupun tempat sebagai ajang bisnis untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
modal usaha warnet, warnet, bisnis warnet, peluang bisnis warnet, rincian modal warnet, usaha warnet

Namun semenjak masyarakat Indonesia telah banyak yang menggunakan ponsel android yang bisa akses internet dengan menggunakan kartu paket internet yang harga sangat terjangkau membuat sebagian pelaku usaha warnet mengaku sepi para pengguna warung internet yang pada akhirnya gulung tikar. Tapi hal itu jangan membuat anda takut untuk membuka usaha warnet. Karena peluang usaha warnet masih tetap menjanjikan dan menguntungkan. Bisa jadikan sebagai peluang usaha sampingan bila Anda memang memiliki pekerjaan utama. Kisah para pengusaha warnet yang gulung tikar hanyalah ketidakmampuan mereka dalam mengelola bisnis warnet dan haruslah menjadi pelajaran berharga bagi kita  supaya tidak terjadi pada diri kita dalam membuka usaha warnet.

Usaha warnet merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan, menguntungkan dan bagus untuk dijalani di tahun-tahun berikutnya. Dengan pangsa pasar yang sangat luas, pengelolaan usaha warnet yang benar dan tepat maka keuntungan besar pun bisa diraih. Peluang usaha ini sangat disayangkan untuk disia-siakan ditengah masih besarnya kebutuhan masyarakat terhadap akses internet.

Rincian Modal Usaha Warnet Hingga Siap Buka
Jika anda berminat membuka usaha warnet berikut ini kami sajikan analisa modal usaha warnet :

1. PC Komputer  10 unit @ 4.500.000.   = Rp 45.000.000
2. Perlengkapan Kursi Dan Meja 10 buah = Rp 9.000.000
3. Meja Operator + Kursi                         = Rp 1.000.000
4.  Sewa Lokasi Usaha + karpet + sekat   = Rp 10.000.000
5. Printer 1 unit                                         = Rp 800.000
6. Software                                               = Rp 600.000
7. Telepon dan Kabel                                = Rp 800.000
8. Etalase                                                  = Rp 700.000
Total                                                         = Rp 67.900.000

Itulah modal usaha warnet yang diperlukan sampai beroperasi.

Sedangkan biaya modal kerja yang bersifat bulanan, antara lain :

1. Biaya Koneksi Internet  Speedy      = Rp 600.000
2. Gaji Karyawan                               = Rp 1.500.000
3. Biaya Listrik                                   = Rp 500.000
Total Biaya Modal Kerja Perbulan      = Rp 2.600.000

Biaya modal kerja harus dipersiapkan tiga bulan sampai empat bulan ke depan mengantisipasi keuntungan usaha warnet yang masih belum mencukupi. Jika harga yang dipatok sebesar Rp 5000 perjam maka keuntungan usaha warnet 10 pc komputer x Rp 5000 = Rp 50.000 x 14 jam  = Rp 700.000 perhari. Lalu dikali satu bulan atau 30 hari = Rp 21.000.000.

Untung Bersih : Rp 21.000.000 - Rp 2.600.000 = Rp 18.400.000 per bulan.

Catatan : Perhitungan di atas hanyalah bersifat kasar dan gambaran garis besar. Bisa lebih dan bisa kurang sesuai keadaan dan situasi kondisi. Bagaimana anda tertarik membuka usaha warnet?

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan usaha warnet sampai menguntungkan uang banyak dan ramai pengunjung.

Cara Membuka Usaha Warnet yang Ramai Pengunjung dan Menguntungkan
Di tengah persaingan usaha warnet yang ketat sekaligus menarik para pengguna warung internet diperlukan beberapa strategi yang efektif dan ampuh, antara lain :

1. Melengkapi usaha warnet dengan peralatan komputer yang mempunyai kualitas sangat baik, canggih dan moderen. Sebab itu merupakan salah satu daya tarik konsumen. Apabila sobat melengkapi warnet dengan perlengkapan komputer yang jadul atau standar, loading lambat maka dijamin para pengguna warnet kapok dan tidak akan kembali lagi ke warung internet sobat.

2. Jam buka warnet bisa dari mulai pukul 8.00 pagi hari sampai pukul 10 malam hari.

3. Pemilihan Lokasi Usaha Warnet Yang Tepat. Itu merupakan salah satu aspek penting yang menunjang kesuksesan sebuah usaha warnet. Sekali lagi tempat...tempat dan tempat. Dalam memilih lokasi usaha warnet carilah tempat yang strategis yang banyak dilalui lalu lalang orang, berada di tempat keramaian, dekat pasar, dekat pusat perkantoran, sekitar pusat pendidikan, dekat kampus, dekat sekolah, diperempatan jalan, di dekat mall, dan tempat strategis lain sebagainya.

4. Melengkapi dengan fasilitas tambahan seperti  kipas angin, AC, musik, toilet yang representatif, tempat duduk, dll. Hal ini untuk membuat pengguna warnet betah berlama-lama sehingga meningkatkan keuntungan usaha warnet anda.

5. Membidik pasar yang jelas. Para pengguna warnet usianya bervariasi dari usia 11 tahun hingga 35 tahun. Misalnya jika target usaha warnet anda adalah kalangan anak-anak dengan usia 10 sd 15 tahun maka sobat mesti melengkapi peralatan komputer dengan beberapa game online terkini yang disukai anak-anak. Karena berdasarkan pengamatan penulis langsung di lapangan, anak-anak kecil berkunjung ke warnet seringkali hanya untuk bermain game online. Lalu jika target market sobat adalah kalangan anak kuliah atau sekolah maka anda dapat melengkapi komputer dengan program anak sekolah, program tugas sekolah, dan lain-lain.

6. Akses Internet Yang Cepat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kecepatan akses internet. Karena usaha ini bergerak dalam jasa penyewaan koneksi internet maka koneksi akses internet haruslah sangat cepat untuk memanjakan konsumen. Sebab salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh calon konsumen dalam memilih tempat warnet yang cocok dan nyaman adalah kecepatan akses internet. Semakin cepat akses internet akan semakin baik. Pengguna warnet akan kapok kembali lagi jika warnet yang dikunjunginya memiliki akses internet yang sangat lambat. Bermain game online atau melakukan browsing dengan kecepatan akses internet yang lambat membuat para pengguna kesal dan memutuskan tak kembali ke warnet sobat. Rugikan?! Sebaliknya para pengguna warnet akan kembali lagi jika loading akses internet sangat cepat (super ngebut) sebab bermain game dan browsing di internet berjalan lancar. Oleh sebab itu, sebelum membuka usaha warnet secara resmi pastikan akses internet yang dimiliki mempunyai kecepatan super ngebut minimal 2 Mpbs.

7. Usaha Tambahan. Para pengunjung warnet ketika sedang bermain game online, browsing, dll seringkali karena keasyikan mereka menghabiskan waktu sampai beberapa jam lamanya. Dan tak terasa perut lapar. Oleh sebab itu, mereka mencari makanan ke luar warnet. Situasi ini anda harus jeli bahwa usaha warnet yang sobat jalani harus dilengkapi dengan usaha sambilan misalnya berjualan snack, kopi, cemilan, mie rebus, roti, dll yang kira-kira dibutuhkan konsumen (pengunjung warnet). Bisa juga dilengkapi dengan usaha jasa pengetikan, pengeditan foto, print foto, dan lain sejenisnya karena inilah yang akan membedakan usaha warnet sobat dengan pesaing. Keuntungan usaha warnet pun ikut berlipat ganda dari adanya bisnis sampingan lainnya.

Kisah Pengusaha Sukses Usaha Warnet
Salah satu orang yang sukses dalam membuka usaha warnet adalah Maman yang berstatus sebagai seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Awalnya ia sangat menggemari game online yang membuatnya sering lupa waktu. Beberapa tahun kemudian, ia merasa jenuh dan menyadari hidupnya tak berkembang. Oleh sebab itu, sesuai hobinya ia tertarik untuk membuka usaha warnet yang berdasarkan perhitungannya mempunyai keuntungan sangat besar.

Dengan berbekal uang sebesar Rp 20 juta, ia nekad membuka usaha warnet. Ia membeli empat unit komputer PC bekas yang lengkap. Lalu sebuah gudang di dalam rumahnya diubah jadi ruangan bersekat yang cukup luas untuk usaha warnet. Pada bulan pertama, pria berkulit putih ini meraih keuntungan kotor sebesar Rp 3 juta. Keuntungan dari usaha warnet semakin bertambah besar hingga ratusan juta rupiah perbulan.

Kesuksesan bisnis warnet yang diraih pria supel ini tidaklah didapat dengan mudah. Berbagai halangan, rintangan dan hambatan kerap ia alami. Seperti menghadapi pelanggan yang nakal, usaha warnet terkena petir, hingga harus berhadapan dengan tetangganya yang tidak menyukai usahanya dll. Dengan sikap pantang menyerah, ulet, dan sabar ia mampu melewati semua itu.

Demikianlah rincian modal usaha warnet hingga siap buka dan tips mengembangkan usaha warung internet yang menguntungkan dan ramai oleh pengunjung. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan.