Inilah Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Membuat Kaya di Usia Muda

30 Desember 2016

Masa-masa kuliah atau berstatus sebagai mahasiswa merupakan saat yang indah. Kenangan yang tak terlupakan. Ceria dan berkumpul bersama teman-teman. Lalu kita digembleng untuk menuntut ilmu dengan baik dan benar secara serius enerjik penuh semangat. Namun dunia kampus sangat berbeda dengan dunia lapangan kerja dan wirausaha. Disitulah pentingnya seorang mahasiswa bukan hanya  target mencari lapangan kerja dengan menuntut ilmu di kampus. Tapi juga harus menuntut ilmu menciptakan lapangan kerja baru dalam dunia bisnis seperti membuka usaha mandiri. Agar ketika lulus kuliah sudah mempunyai sandaran hidup. Bahkan tak jarang, seorang mahasiswa membiayai kuliah sendiri dengan keuntungan usaha yang dirintisnya sejak dulu. Tentu hal ini sangat membanggakan bagi diri dan keluarganya.

Pada waktu kuliah merupakan kesempatan emas seorang mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mengasah keterampilan naluri bisnis. Relasi dan kesempatan terbuka luas di depan mata. Ia bisa sukses membuka usaha ataupun gagal. Namun kegagalan dalam usaha dalam status sebagai mahasiswa hanya memberikan modal kuat bagi kesuksesan bisnis di masa berikutnya. Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa ditekuni seorang mahasiswa. Dimulai dari bisnis usaha tanpa modal,  bisnis sampingan modal kecil dan minim, hingga peluang bisnis gratis.

Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal
Seorang mahasiswa tentu akan sangat disibukkan dengan kegiatan belajar dan menuntut ilmu di kampus setiap hari. Dari hari Senin sampai Sabtu digunakan untuk kuliah di perguruan tinggi. Namun tidak selamanya sibuk. Ketika waktu istirahat atau selesai kuliah, ia mempunyai waktu luang yang banyak. Waktu kosong ini biasanya digunakan oleh para mahasiswa untuk nongkrong, diskusi, makan bersama, bercanda dengan teman, bahkan pulang ke rumah dan lain sebagainya. Tapi seorang mahasiwa pun bisa memanfaatkan waktu luang di sela kuliah dengan mencoba menjalankan sebuah bisnis sampingan. Misalkan menjualkan barang milik orang lain, membuat kerajinan tangan dari kayu limbah atau kertas koran bekas kemudian menjualnya.
bisnis sampingan, bisnis sampingan mahasiswa, usaha sampingan, usaha sampingan mahasiswa

Namun sebuah usaha tentu membutuhkan modal usaha seperti modal kecil atau modal uang besar. Bahkan seorang mahasiswa yang menjalankan usaha sampingan tanpa modal tetap memerlukan modal seperti keterampilan dan keahlian serta waktu. Oleh sebab itu, seorang mahasiswa harus pandai dalam mencari dan mendapatkan modal usaha gratis dan pinjaman uang sebagai modal usaha. Salah satu sumber modal usaha gratis bagi kalangan mahasiswa adalah beasiswa. Penulis sudah beberapa kali mendapatkan beasiswa dari pemerintah, baitul maal, perusahaan djarum dan perusahaan BUMN swasta lainnya. Beasiswa yang dikucurkan besaran berbeda-beda dimulai dari Rp 800 ribu per semester hingga Rp 2 juta per semester. Beasiswa ini bisa digunakan sebagai modal awal buka usaha.

Sumber modal usaha gratis lainnya adalah mengadakan acara bakti sosial atau pameran bazaar di kampus yang keuntungan dari usaha tersebut digunakan sebagai modal usaha gratis. Dan bisa pula dengan modal relasi, seorang mahasiswa mendapatkan dana hibah dari lembaga kampus, kementerian pemerintahan, BUMN dan perorangan. Caranya dengan mengajukan proposal usaha kepada lembaga terkait mengenai permintaan bantuan modal usaha bagi mahasiswa. 

Contoh usaha sampingan mahasiswa tanpa modal dan modal kecil adalah menjadi makelar properti, perantara jual beli kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil, dan lain sebagainya. Hal ini ditunjang dengan mempunyai relasi rekan mahasiswa yang banyak membuat usaha makelar properti dan otomotif sangat menjanjikan untung besar bagi sang mahasiswa. Selain itu, anda bisa pula menjalankan usaha sampingan yang tanpa modal lainnya yaitu bisnis bimbingan belajar atau privat bagi anak sekolah SD, SMP dan SMA.

Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Membuat Kaya di Usia Muda
Untuk lebih lengkap dan jelas, inilah bisnis sampingan mahasiswa yang terbukti membuat kaya di usia muda antara lain:

Usaha Les Privat
Seorang mahasiswa mempunyai bekal ilmu yang tinggi. Sehingga ia dapat membagikannya kepada anak-anak sekolah di bawahnya seperti SD, SMP dan SMA. Adapun bidang mata pelajaran dan ilmu yang diberikan bisa berupa mata pelajaran bahasa inggris, matematika, bahasa Indonesia, seni musik, agama Islam dan lain sebagainya. Usaha bimbingan belajar dari rumah ke rumah dapat dijalankan oleh mahasiswa secara sampingan dengan modal kecil. Rincian modal usaha yang diperlukan terutama keahlian dan keterampilan dalam mengajar dan mendidik murid selain bekal pengetahuan mata pelajaran terkait.

Sementara itu, mata pelajaran yang bisa dijadikan usaha kursus privat biasanya bidang keilmuan yang diikutsertakan dalam Ujian Nasional atau bisa juga disesuaikan dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa di bangku kuliah. Keuntungan bisnis les privat selain mendapatkan pahala di sisi Allah SWT berupa ilmu yang dimanfaatkan atau amal jariyah, juga mendapatkan keuntungan uang yang lumayan besar. Salah seorang mahasiswa yang sukses menjalani bisnis les privat dengan untung bersih Rp 10 juta lebih perbulan adalah Anne Ahira. Ia memberikan kursus les privat bahasa inggris kepada anak-anak ekspatriat di Indonesia. Kini Anne Ahira berprofesi sebagai internet marketing dunia dengan mendirikan komunitas Asian Brain.

Jika usaha les privat sudah berjalan lancar maka seorang mahasiswa bisa membuka kursus les privat di daerah lain atau membuka cabang baru di berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya membuka kursus privat bimbingan belajar di Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Balikpapan, Samarinda, Madiun, Solo, Yogyakarta, Makasar, Polewali Mandar, Surabaya, Semarang, Cimahi, dan kota besar lainnya. Seperti yang dilakukan Purdi E Chandra yang sukses membuka usaha bimbingan belajar Primagama dengan cabang di berbagai wilayah di nusantara. Untuk memperbesar keuntungan usaha bimbel bisa juga membuat usaha waralaba kursus les privat. 

Bisnis Online
Siapa sih yang tidak mengenal bisnis online? Bisnis di dunia maya ini sekarang menjadi popular dan menjadi budaya masyarakat dunia. Hal ini seiring dengan tingkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Jumlah pengguna internet di dunia khususnya Indonesia terus bertambah besar. Begitupula jumlah orang yang berbelanja secara online bertambah setiap hari. Atas kenyataan ini membuat bisnis online sangat menjanjikan untung besar dengan modal kecil.

Beragam jenis bisnis online yang bisa ditekuni oleh seorang mahasiswa sebagai sampingan. Misalnya membuka toko online, menjadi dropshipper, jadi reseller, membuka lapak iklan mandiri di blog, publisher adsense, membuka jasa penulis online dan jasa desain, affiliate marketing amazon dan clickbank dll. Untuk rincian modal usaha bisnis online meliputi laptop atau komputer, modem untuk koneksi internet, dan pulsa internet. Dengan modal kecil anda bisa cepat kaya dengan cara memasarkan barang dan jasa ke seluruh dunia. Adapun keuntungan bisnis online bisa sampai miliaran rupiah perbulan. Seperti yang dirasakan oleh Eka Lesmana yang jadi publisher adsense, Habibie Hafsyah menjadi affiliate marketing amazon dan lain sebagainya.

Bisnis Kuliner
Seorang mahasiswa yang kreatif juga bisa menekuni usaha sampingan dalam bidang kuliner untuk menambah penghasilan. Misalnya usaha menjual gorengan, bisnis berjualan buah-buahan, usaha cireng isi, usaha fried chicken ayam goreng, dan lain-lain dengan panga pasar rekan-rekan mahasiswa. Anda bisa menyewa lokasi usaha di dekat kantin kampus atau bekerjasama dengan koperasi perguruan tinggi tersebut. Kunci sukses usaha makanan dan minuman adalah konsep usaha haruslah kreatif, unik dan menarik yang mampu menarik banyak pembeli.

Apabila anda seorang mahasiswa yang ingin serba praktis dan mudah maka bisa menjalankan usaha kuliner dengan sistem waralaba. Sistem dan brand franchise kuliner makanan dan minuman yang terjamin berhasil disukai orang. Misalnya usaha sabana fried chicken, minimarket indomaret alfamart, Martabak Mini Waka-Waka, Es Cream Rujak, Crepes, Cafe Angkringan Nasi Kucing, Es Cappucino Cincau, dan franchise lainnya. 

Sebenarnya masih banyak bisnis sampingan mahasiswa yang membuat cepat kaya seperti membuka usaha sablon kaos dengan target market mahasiswa, bisnis minimarket, jual beli blog, jual beli gadget, membuka jasa rental komputer dan warnet serta lain sebagainya. Tapi yang diutarakan di atas sudah cukup untuk mewakili.

Kisah Mahasiswa Sukses Berbisnis dan Berwirausaha
Salah seorang mahasiswa perempuan yang sukses berbisnis dan kaya raya adalah wanita bernama lengkap Merry Riana. Mahasiswi yang asalnya miskin berubah menjadi jutawan dari bisnis dan usaha yang ditekuninya. Namun untuk mencapai kesuksesan dan kekayaan di usia muda seperti yang dirasakan wanita periang ini tidak mudah. Berbagai tantangan dan hambatan menyertainya. Seperti ia beberapa kali kehilangan uang ratusan juta rupiah pada tahap awal usaha karena bisnis MLM dan saham. Akan tetapi berjalan waktu, hal itu menjadi pelajaran berharga dan menjadi cikal bakal kesuksesan wanita berjuluk satu juta dolar sekarang ini.

Merry Riana dilahirkan dalam lingkungan keluarga Tionghoa yang miskin. Pada tahun 1998 terjadi kerusuhan di Indonesia yang membuat Merry Riana terpaksa kuliah di luar negeri tepatnya Singapura dengan bantuan utang dari pemerintahan setempat. Ia hidup merantau kuliah di negara Singa dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Uang yang dimilikinya saat itu sebesar Rp 90 ribu untuk biaya hidup dan pendidikan selama seminggu. Oleh sebab itu, wanita cantik ini menjalani kehidupan dengan pahit. Seringkali ia berpuasa bahkan bertahun-tahun hanya makan mie instant untuk menghemat keuangan.

Wanita yang sederhana ini kemudian berpikir bagaimana cara agar kehidupannya berubah sekarang menjadi lebih baik. Merry bertekad kuat bahwa ketika ia kembali ke Indonesia ia harus menjadi seorang yang sukses dan kaya raya serta menjadi kebanggaan orangtua tercinta. Oleh sebab itu, wanita murah senyum ini mulai tak menyalahkan keadaan. Tapi ia melecutkan semangat pada dirinya untuk sukses di negara Singapura. Wanita cerdas ini dengan senang hati melakoni berbagai pekerjaan. Dimulai dari profesi tukang membagikan brosur dan penjual bunga walaupun ia masih berstatus mahasiswa di Nanyang Technological University.

Kemudian Merry Riana membuka usaha sendiri dalam bidang jasa keuangan. Ia bekerja sangat keras. Dalam satu hari, ia bekerja selama 14 jam nonstop. Hal itu mudah dilakukannya karena ia mencintai terhadap usaha dan bisnis yang dilakukannya. Perlahan tapi pasti bisnis jasa keuangan yang ia lakoni mengalami perkembangan yang sangat bagus. Penghasilan dari bisnis keuangan semakin besar setiap harinya sehingga mencapai satu juta dollar yang membuat ia menjadi mahasiswa kaya raya di usia muda.