Rincian Biaya Modal Usaha Cafe Unik yang Memikat Pengunjung

23 Februari 2017

Selamat berjumpa lagi! Para pembaca setia, pada kali ini penulis hendak membahas tentang cara membuka bisnis cafe yang unik yang memikat pembeli beserta perencanaan usaha dan modal yang dibutuhkan. Mengingat saat ini usaha cafe mandiri dan wifi berkembang di berbagai kota dan desa di Indonesia. Disebabkan pangsa pasar bisnis kuliner konsep cafe ini sangat luas. Semua kalangan memerlukan makan dan minum setiap hari. Dan cafe menjadi tempat yang sering dikunjungi untuk menikmati makanan dan minuman dengan suasana nyaman dan santai.

Perlu diketahui persaingan bisnis cafe di kota sangat tinggi. Berbeda dengan persaingan usaha cafe unik di pedesaan yang masih sangat longgar. Sehingga bisnis cafe sederhana yang unik lebih menjanjikan dan menguntungkan dijalankan di desa terpencil ketimbang kota. Seperti di daerah penulis yaitu Sumedang Tanjungkerta yang ada satu gerai cafe sederhana yang menyediakan wifi gratis yang memikat pengunjung. Pangsa pasar dari kalangan orang pemerintahan, swasta, karyawan, pelajar, mahasiswa sampai masyarakat biasa.

Rincian Biaya Modal Usaha Cafe Unik yang Memikat Pengunjung
Usaha cafe merupakan bisnis yang mudah dijalankan dengan modal kecil sampai besar. Banyak cara yang dapat dilakukan sebuah cafe unik untuk menggaet banyak pengunjung. Salah satunya menerapkan harga menu makanan dan minuman di kafe dengan harga murah dengan kualitas bagus. Dengan demikian cafe unik anda akan dikenal sebagai cafe sederhana yang murah meriah, dan menu kuliner lengkap dengan rasa enak. Usaha cafe termasuk usaha kecil dan menengah atau UKM yang populer sekarang ini.
cafe unik, modal cafe unik, biaya cafe unik, bisnis cafe unik, usaha cafe, cafe


Berikut ini rincian biaya modal usaha cafe unik yang memikat banyak pengunjung, antara lain:

▪ Alat Promosi
Peran media promosi sangat penting untuk menunjukkan keberadaan bisnis cafe sederhana unik milik kita. Seperti memasang spanduk, pamflet, menyebar brosur, reklame dan alat promosi lainnya yang berisi tentang keberadaan usaha cafe unik lesehan atau restoran sederhana beserta kelebihan dan keunggulannya. Misalnya wifi gratis, musik karaoke gratis dll.

Promosi di radio, televisi dan koran lokal dapat pula dijalankan. Promosi online di dunia maya juga bisa dilaksanakan secara gencar. Misalnya melalui bbm, facebook, twitter, line, goggle plus, blog, dll. Teknik promosi selanjutnya adalah ketuk tular atau promosi dari mulut ke mulut yang terbukti sangat efektif dan maknyos.

▪ Lokasi usaha yang strategis
Tempat usaha cafe berupa lahan dan bangunan. Jika lahan kosong maka bisa mendirikan cafe sederhana unik dengan bangunan dari bahan bambu. Sehingga pemandangan alam di luar terlihat dari kafe. Semilir angin bisa dirasakan pengunjung dengan konsep kafe sederhana lesehan. Lokasi usaha cafe unik dipastikan berada di tempat strategis. Seperti pinggir jalan yang ramai, dekat pasar dan minimarket, sekitar pusat perkantoran dan lain-lain.

Jika anda harus menyewa lokasi usaha yang strategis bagi cafe membutuhkan modal besar. Di desa penulis sewa bangunan untuk cafe sekitar Rp 12 juta pertahun. Namun apabila sobat mempunyai lokasi usaha kafe yang strategis seperti di pinggir jalan yang ramai milik sendiri maka alangkah baiknya menggunakan lokasi tersebut. Dengan demikian bisa menghemat dalam biaya modal membuka usaha cafe unik dengan konsep yang memikat pengunjung.

▪ Karyawan
Pilihlah karyawan yang jujur terutama bagian memasak jika anda tak pandai memasak kuliner. Alangkah baiknya pekerjaan chef dan pelayan anda kerjakan sendirian sebagai bentuk penghematan keuangan usaha. Karena kafe yang baru pertama kali dibuka belum mempunyai keuntungan yang besar dan pasti.

▪ Peralatan dan Perlengkapan
Untuk membuat nyaman dan memikat pengunjung, anda bisa melengkapi usaha cafe dengan fasilitas wifi gratis beserta colokan listrik, sofa yang empuk dan sarana hiburan musik. Sediakan pula kursi yang terbuat dari kayu atau rotan unik sehingga menarik para pelanggan.

▪ Bahan Baku Kuliner
Menu minuman dan makanan harus ditentukan sebelumnya. Menu kuliner apa saja yang tersedia dalam kafe unik sederhana. Menu kuliner adalah hal pertama yang harus diperhatikan dalam soal rasa, kualitas, kebersihan, dan kelengkapan serta harga. Jika panga pasar yang dituju adalah kalangan masyarakat bawah, pelajar dan anak sekolah tentu harga yang ditawarkan harus murah terjangkau bagi mereka.

Saking banyaknya jenis kuliner yang bisa ditawarkan sebuah cafe unik sederhana maka anda bisa memilih menu makanan yang laris manis. Seperti aneka gorengan, baso tahu, batagor, burger, nasi kuning, dan menu andalan lainnya. Dengan sendirinya, usaha cafe akan banyak menu makanan dan minuman yang tersedia. Karena para pedagang keliling akan menitipkan kuliner mereka di cafe unik sobat secara konsinyasi atau bagi hasil. Selain itu, anda bisa membuat menu kuliner sendiri yang laku dan disukai banyak orang.

Prospek dan Tips Sukses Usaha Cafe Unik Kecil-Kecilan
Kafe merupakan sebuah tempat berkumpul yang nyaman untuk makan dan minum bersama anggota keluarga, teman dan sahabat. Tempat ini sangat cocok dijadikan wadah bercengkerama dan berkumpul bersama sambil menikmati hidangan kuliner yang nikmat dan lezat. Generasi muda sering menggunakan kafe sebagai tempat berkumpul mereka.

Di setiap daerah walaupun sudah ada usaha yang sejenis, usaha cafe tetap menjanjikan karena pasar yang luas. Dengan modal kecil pun anda sudah bisa mendirikan cafe sederhana yang unik. Dan saran penulis, anda memulai membuka usaha cafe secara kecil-kecilan sederhana dengan modal kecil. Misalnya menu minuman dan makanan yang disediakan ala kadarnya cukup murah seperti aneka gorengan, makanan ringan, nasi kuning, minuman ringan, es krim dll.

Apabila anda tidak mau repot membuka usaha cafe unik yang memikat pengunjung dari nol maka anda bisa bergabung dalam usaha cafe unik sistem waralaba. Seperti franchise nasi kucing 99. Ini cocok sebagai usaha sampingan karyawan yang memiliki kesibukan lain. Standar operasional usaha, sistem, bahan baku dan marketing dikelola manajemen pusat waralaba. Anda tinggal menarik keuntungan usaha cafe unik yang memikat pelanggan.

Tips sukses usaha cafe unik lainnya adalah memberikan pelayanan ramah, sopan dan menyenangkan. Selain itu, ruangan cafe sederhana didesain semenarik dan senyaman mungkin. Jangan pernah mengecewakan pelanggan dengan harga menu makanan dan minuman yang mahal serta berkualitas buruk. Sebab konsumen kapok dan tak akan pernah kembali jadi pelanggan. Ingat pelanggan sama dengan uang. Kehilangan pelanggan artinya anda kehilangan uang.

Kisah Pengusaha Cafe Unik yang Sukses
Marilah kita belajar pada pengusaha yang satu ini. Dia adalah pria bernama lengkap Anang Zainy yang sukses membangun usaha cafe unik minimalis yang sederhana. Lelaki tampan ini jadi kaya raya dari bisnis cafe di kota Bima. Padahal awal membuka usaha cafe mini menghabiskan uang sebesar Rp 200 ribu. Kini modal awal usaha sudah kembali dan tinggal menarik laba bersih setiap hari. Yuank Cafe yang didirikan Anang Zainy selalu dipenuhi para pelanggan. Menu andalan adalah kopi dengan berbagai varian.

Mas Anang begitulah pria ini akrab disapa merupakan seorang mahasiswa Universitas Gajah Mada Jurusan Teknik Kimia. Mulanya ia mendirikan pabrik pengolahan minyak astiri. Yang kemudian minyak olahan tersebut dijual ke berbagai perusahaan besar dalam bidang kosmetik dan kecantikan. Selepas lulus kuliah, ia kembali ke kota asalnya, Bima dengan semangat berwirausaha ketimbang mencari pekerjaan kantoran bergaji besar.

Berbekal ilmu yang dipelajari dibangku kuliah, ia membuat sebuah mesin yang mampu mengolah air nira jadi jernih dan tahan lama. Namun kehadiran alat ini tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. Sehingga kurang berkembang secara baik dalam memenuhi kebutuhan pertanian lokal.

Gagal di usaha pertama tak membuatnya berkecil hati dan menyerah. Ia kemudian membuka usaha percetakan digital seperti cetak foto dalam waktu singkat dengan modal keahlian dalam bidang desain grafis. Karena bisnis percetakan digital printing yang dirintisnya tanpa ada pesaing membuat usahanya laris manis dan untung besar. Sebagian keuntungan usaha digital printing ia tabungkan untuk memulai usaha yang lain.

Dari keuntungan bisnis percetakan digital, ia membeli gerobak untuk digunakan dalam usaha berjualan keripik singkong rasa. Usahanya laris manis berkat kualitas rasa yang enak. Ia memberikan brand Betela. Untuk mengembangkan bisnis produksi dan penjualan keripik singkong, ia membuka sistem kemitraan secara waralaba dan membuka cabang di daerah lain hingga empat cabang.

Tak puas dengan punya dua jenis usaha yang sukses, ia membuka usaha berikutnya yakni usaha cafe warung kopi minimalis. Dengan menyewa lokasi usaha strategis, ia membuka gerai kafe kecil-kecilan dengan konsep unik yang memikat pengunjung. Ia membeli bahan baku kopi dan peralatan dengan modal usaha sebesar Rp 200 ribu. Modal biaya mendirikan cafe unik yang memikat pembeli bersumber dari keuntungan bisnis keripik singkong rasa.

Menu yang disediakan Yuank Cafe adalah berbagai menu kopi dari berbagai daerah, aneka minuman jus segar buah-buahan, berbagai makanan ringan dan aneka minuman hangat. Salah satu trik untuk memikat pengunjung datang kembali ke cafe, Anang setiap hari mengadakan berbagai pentas seperti pertunjukan musik, nonton bareng acara sepakbola, nonton bareng formula satu dunia, stand up comedy, diskusi bersama dan lain sebagainya.