15 Bisnis Ternak yang Mudah Dijalankan, Laris dan Untung Berlipat

08 April 2021

Senang sekali rasanya menulis tentang berbagai peluang usaha ternak hewan yang mudah dijalankan, laris manis dan menguntungkan. Hal ini disebabkan penulis berada di desa yang mayoritas membuka usaha ternak hewan di samping rumah. Bisnis ternak hewan memiliki prospek usaha yang cerah. Bisnis ini tak pernah sepi pembeli. Bahkan sudah ada pengepulnya yang langsung membeli ternak hewan dari para peternak. Cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan bagi Anda yang memiliki pekerjaan utama.

15 Bisnis Ternak Mudah Dijalankan, Laris dan Untung Berlipat
Untuk lebih jelas, berikut ini sejumlah bisnis ternak hewan yang gampang dijalankan, laris dan menguntungkan yang bisa dijalankan oleh para pembaca, antara lain:

▪ Usaha Ternak Ayam Pedaging
Bisnis peternakan ayam pedaging atau broiler sangat mudah dijumpai di pedesaan. Bisnis ini terkenal mudah dijalankan dengan potensi untung besar. Apalagi kebutuhan daging ayam masyarakat Indonesia masih kurang. Pada waktu menjelang idul fithri, usaha ternak ayam broiler laris manis diserbu para pembeli. Harga daging ayam meningkat pesat sehingga keuntungan bisnis ini dua kali lipat sangat besar. Tak salah jika anda sedang mencari peluang usaha ternak yang menjanjikan memilih bisnis ternak ayam pedaging. Adapun rincian modal usaha ternak ayam broiler mencakup pembuatan kandang lumayan besar yang memuat 1000 ekor ayam, pakan dan vitamin bagi ayam, bibit ayam 1000 ekor dan lain sebagainya.
usaha ternak, peluang usaha ternak, bisnis ternak, usaha ternak ayam, ayam, ternak

▪ Usaha Ternak Bebek
Pada suatu hari salah seorang kerabat penulis hendak membuka usaha ternak bebek. Ia memerlukan modal usaha sebesar Rp 1,5 juta untuk pembuatan kandang bebek, bibit bebek dan pakan. Untuk mendapatkan modal usaha sebesar itu, ia menjual tabung gas 3 kg sebanyak 10 buah. Tabung tersebut asalnya dari usaha eceran gas 3 kilogram elpiji yang bangkrut. Ternyata alasan ia memilih usaha ternak bebek karena di sawah ia pernah berjumpa dengan seorang peternak bebek yang kaya raya dan mempunyai rumah dan mobil mewah berkat bisnis ternak bebek yang ditekuni.
bisnis ternak mudah, bisnis ternak laris, bisnis ternak menguntungkan, usaha ternak, ternak

Bebek yang  dimiliki peternak sukses dan kaya itu sebanyak seribu bebek. Dalam satu hari, bebek ternaknya dapat menghasilkan 1000 telur. Satu butir telur bebek dihargai Rp 2000. Jadi dalam satu hari untung bersih peternak bebek sebesar Rp 2 juta. Dikalikan sebulan keuntungan yang diperoleh 30 x Rp 2 juta = Rp 60 juta perbulan. Pantas saja kebanyakan peternak bebek kaya raya. Mendengar cerita itu, kerabat penulis tertarik untuk ternak bebek dan ia merasakan betapa mudah menjalankan usaha ternak bebek.

▪ Usaha Ternak Sapi
Salah satu peluang bisnis di bidang peternakan yang tak boleh dilupakan oleh para pelaku usaha yang ingin mengeruk untung besar adalah usaha ternak sapi. Karena permintaan akan sapi saat ini di negara Indonesia masih sangat tinggi bahkan masih belum mencukupi kebutuhan nasional. Hal ini menimbulkan harga daging sapi di tanah air terbilang tinggi dibandingkan negara tetangga kita di Asia Tenggara. Untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi, pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya dan cara. Salah satunya membuka keran impor sapi dari Australia dan India.

Usaha ternak sapi mengalami masa panen dan laris manis pada saat menjelang hari raya idul adha. Kaum muslimin yang hendak melakukan kurban membeli sapi untuk dikorbankan. Pada saat ini keuntungan para peternak sapi melonjak tajam. Sehingga bisnis ternak sapi potong maupun susu tetap menjanjikan dijalankan sekarang sampai masa mendatang. Permintaan akan daging sapi meningkat menjelang hari raya idul fithri. Harga daging sapi di Indonesia mencapai Rp 120 ribu. Sedangkan harga normal daging sapi sekitar Rp 80 ribu.

Pemerintah menggalakkan berbagai usaha peternakan sapi baik di tingkat pedesaan maupun perkotaan. Di desa penulis saja ada 10 ekor sapi sebagai bibit sapi unggul yang diberikan oleh pemerintahan pusat secara gratis untuk menggalakkan usaha ternak sapi di desa dan daerah terpencil. Diharapkan berbagai kegiatan pelatihan dan pemberian modal usaha gratis berupa bibit sapi unggul dari pemerintah ke penduduk desa tersebut bisa meningkatkan produksi sapi di tanah air dan memperbanyak jumlah para peternak sapi. Hal ini praktis akan membuat perekenomian nasional membaik, mengurangi dampak impor sapi dan memberdayakan masyarakat desa.
peluang usaha ternak, peluang bisnis ternak, usaha ternak, bisnis ternak, ternak yang menguntungkan, ternak sapi, sapi, sapi unggul

▪ Usaha Ternak Burung
Ada berbagai jenis burung yang bisa sobat ternakkan. Namun yang sedang populer saat ini adalah beternak burung love bird. Bisnis peternakan burung mudah dijalankan baik secara rumahan maupun sampingan. Permintaan masyarakat pecinta burung terhadap binatang unggas tersebut sangat tinggi. Kita bisa lihat fenomena sekarang ini, di halaman rumah sudah mudah kita jumpai berbagai burung dalam sangkar yang digantung di depan rumah. Bahkan usaha penjualan pakan dan makanan burung laris manis diserbu para konsumen.

Untuk memulai usaha ternak burung sama seperti  menekuni bisnis peternakan sapi, yaitu anda harus telaten, teliti dalam merawat burung. Hal ini disebabkan burung rentan sekali mati jika tak diurus dengan baik. Pastikan sobat memberi makan hewan berkaki dua ini secara teratur dengan makanan bergizi dan disukai burung. Berikut ini sejumlah ternak burung yang sedang booming dan trend di masyarakat tanah air antara lain burung love bird, kace, jalak bali, beo, kakaktua, murai batu, dan lain sebagainya. Usaha ternak burung di atas sangat menjanjikan karena harga burung tersebut relatif stabil.

▪ Usaha Ternak Kambing
Inilah salah satu jenis usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Usaha ternak kambing mudah didapatkan di sejumlah desa di tanah air. Kerapkali penduduk Indonesia di pedesaan menjalankan bisnis ternak kambing sebagai usaha sampingan di dekat rumah. Walaupun disebut usaha sampingan tapi keuntungan yang didapatkan lumayan besar. Hal ini disebabkan harga jual kambing sekarang sangat mahal. Apalagi menjelang hari raya lebaran idul adha. Harga kambing bisa mencapai dua kali lipat sehingga memberikan keuntungan besar bagi peternak kambing.

Binatang yang termasuk ke dalam golongan herbivora atau pemakan rumput ini mudah diternakkan baik secara sistem kandang maupun menggembala di alam bebas. Mertua penulis sendiri membuka usaha ternak kambing yang dikombinasikan dengan usaha ternak sapi. Dan kedua-keduanya sangat menguntungkan dan laris manis. Keuntungan satu ekor kambing sebesar Rp 1 juta per tahun. Jika sobat memiliki 100 ekor kambing tentu saja keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini mencapai Rp 100 juta pertahun. Lumayan kan?
peluang bisnis ternak, peluang usaha ternak, usaha ternak, bisnis ternak, usaha ternak kambing, ternak kambing, anak kambing

▪ Usaha Ternak Burung Walet
Bisnis peternakan burung walet masih menjadi salah satu peluang usaha yang paling mudah dijalankan dan menghasilkan untung besar. Banyak orang sukses dan menjadi jutawan berkat usaha ternak sarang burung walet. Apalagi pangsa pasar ekspor yang masih terbuka lebar terutama dari negeri Cina dengan harga jual sangat tinggi. Anda bisa menjalankan bisnis ternak sarang burung walet secara sampingan di rumah.

Adapun rincian modal usaha awal meliputi gedung kosong sebagai tempat usaha peternakan walet, peralatan suara pemanggil burung walet, sekat-sekat dan lain-lain. Walaupun usaha ternak burung walet memerlukan modal besar tapi keuntungan juga sangat besar. Air liur burung walet yang kelak menjadi sarang bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah perkilogram.

▪ Usaha Ternak Burung Puyuh
Bisnis ternak puyuh merupakan salah satu jenis usaha yang dilakoni oleh salah seorang tetangga penulis. Usaha ini dijalankan secara sampingan dengan keuntungan lumayan besar terutama dari penjualan telur puyuh. Permintaan telur puyuh di masyarakat sangat tinggi. Harga jual satu kilogram telur puyuh sebesar Rp 25 ribu. Anda bisa menjual langsung telur puyuh ke masyarakat atau menitipkan di sejumlah warung dan toko dengan sistem konsinyasi atau titip jual. Selain  budidaya telur puyuh, anda juga bisa melakukan ternak burung puyuh kemudian dijual bibit burung puyuh tersebut.

▪ Bisnis Ternak Belut
Di desa penulis ada beberapa orang yang menggeluti usaha ternak belut dan ternyata laris manis dan menguntungkan. Apalagi usaha ternak belut mudah dijalankan dengan modal kecil. Sehingga menjadikan peluang usaha peternakan terbaik di tahun sekarang. Cara beternak belut bisa dilakukan di lahan sempit yang terbatas dengan cara menggunakan drum. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara beternak belut di dalam drum bekas bisa mencari informasi lebih lanjut di paman google.

▪ Bisnis Ternak Nila
Nila merupakan jenis ikan yang sangat disukai banyak orang untuk dikonsumsi. Permintaan akan ikan ini tinggi sekali. Sehingga restoran, dan rumah makan banyak yang memburu hewan ini untuk dijadikan menu spesial bagi penikmat kuliner. Harga nila terbilang tinggi dan stabil setiap tahunnya. Bagi anda yang sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan maka bisnis ini sangat tepat dipilih. Sebab ikan nila mudah dibudidayakan di kolam.

▪ Usaha Ternak Lele
Bisnis peternakan ikan lele masih menjadikan pilihan favorit bagi sebagian pelaku usaha. Sebab masa panen ikan lele lumayan cepat kurang dari tiga bulan sehingga keuntungan yang didapatkan bisa besar dalam waktu singkat. Apalagi usaha beternak lele bisa dilakukan di lahan sempit terbatas yaitu menggunakan kolam ikan lele dari terpal. Usaha yang memerlukan modal kecil dan mudah dijalankan ini cocok sekali dijadikan peluang bisnis bagi pemula.

▪ Usaha Ternak Ayam Kampung
Bagi orang desa beternak ayam kampung sudah hal lumrah. Bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari. Mudah dijumpai di sebuah rumah di pedesaan, usaha ternak ayam kampung secara tradisional dan rumahan. Dari satu ekor ayam kampung berkembang biak hingga puluhan ekor. Adapun penjualan ayam mudah sekali. Setiap hari bandar ayam mendatangi langsung peternak ayam kampung untuk menawarkan pembelian ayam kampung dengan harga tinggi. Usaha peternakan ayam kampung bisa juga dikombinasikan dengan bisnis ternak ayam bangkok yang juga menguntungkan berlipat.

▪ Usaha Ternak Ayam Petelur    
Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur setiap hari semakin besar. Hal ini bisa dilihat dari penjualan telur di berbagai warung dan toko sembako lumayan tinggi setiap tahun. Apalagi telur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan pastinya setiap dapur rumahtangga selalu ada telur ayam untuk digoreng atau direbus. Atas kenyataan ini menimbulkan sebuah peluang usaha yang menjanjikan yaitu usaha beternak ayam petelur dengan modal kecil untung besar.

Usaha Ternak Lebah Madu
Madu termasuk makanan yang memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Di berbagai stasiun televisi marak iklan yang menawarkan madu dengan berbagai khasiat, keaslian dan keenakan. Hal ini karena makanan madu digandrungi banyak orang dari dulu sampai saat ini. Rasanya yang manis dan membuat sehat tubuh sebagai salah satu alasan utama seseorang mengkonsumsi madu setiap hari. Usaha ternak lebah madu menjadi usaha menguntungkan tiga kali lipat modal usaha.

▪ Usaha Ternak Kakap
Ikan kakap merupakan makanan favorit banyak orang. Rasanya yang lezat membuat setiap penikmat kuliner ini menjadi ketagihan. Harga ikan kakap di tingkat konsumen cukup tinggi. Sehingga menjadikan usaha ternak ikan kakap sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan menjanjikan untung lumayan besar dalam waktu cepat.

▪ Usaha Ternak Udang  
Bisnis peternakan udang bisa menjadi pilihan usaha yang tepat bagi anda yang sedang mencari peluang bisnis di tahun ini. Karena pangsa pasar dari bisnis udang yang sangat luas dari nasional hingga pasar ekspor. Ada banyak pengusaha ternak udang yang kaya dan sukses dari beternak udang. Sehingga usaha beternak udang menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untung berlipat saat ini.