Rincian Modal Usaha Cuci Motor Hingga Beroperasi

25 Juli 2016

Jumlah angkatan kerja di Indonesia setiap tahun bertambah banyak. Akan tetapi tidak dibarengi dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Satu posisi pekerjaan diperebutkan oleh ribuan pelamar kerja. Hal ini membuat sebagian orang jadi pengangguran. Dan kejadian bertambahnya jumlah pengangguran di tanah air terjadi setiap tahun. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran. Salah satunya mendorong para pencari kerja bukan lagi berorientasi menjadi karyawan tapi bisa menciptakan lapangan kerja baru melalui jalan berwirausaha. Sebab banyak sekali potensi kewirausahaan yang bisa dikembangkan di tanah air. Lewat jalan berwirausaha sudah membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Apalagi jumlah pengusaha di Indonesia masih terbilang kecil dibandingkan negara maju di dunia.

Banyak jenis usaha yang bisa ditekuni seseorang. Seperti usaha dalam bidang kuliner, minuman, minimarket, perdagangan, jasa, otomotif, dan lain sebagainya. Peluang usaha tersebar dimana-mana sehingga yang terpenting sekarang ini adalah cermat dalam memilih jenis usaha yang menguntungkan, prospektif dan sesuai dengan hobi atau passion kita. Salah satu usaha yang menjanjikan dijalani kini adalah usaha cuci motor.

Prospek Usaha Cuci Motor
Jika dilihat sekarang ini mudah sekali kita temui di berbagai sudut tempat dan daerah gerai usaha jasa pencucian motor. Mungkin di satu daerah ada dua hingga tiga outlet usaha cuci motor. Hal ini menimbulkan timbulnya persaingan bisnis. Walaupun sudah menjamur usaha cuci motor di berbagai tempat namun selalu saja ada pelanggan masing-masing. Hal tersebut tak terlepas dari besarnya kebutuhan masyarakat terhadap usaha cuci motor. Setiap keluarga bisa mempunyai satu hingga dua sepeda motor atau lebih. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sangat tinggi membuat usaha cuci motor sangat menjanjikan.

Tidak semua pemilik kendaraan bermotor sempat mencuci sepeda motornya dikarenakan kesibukan aktifitas pekerjaan. Atau mungkin juga mereka tidak mau repot mencuci motor, berjibaku dalam kotor sehingga lebih memilih membersihkan motor ke usaha steam cuci motor terdekat dari rumahnya dan sejumlah alasan lainnya. Bagi mereka aktifitas mencuci motor kurang menyenangkan. Namun mereka mengharapkan sepeda motornya senantiasa tampil dalam kondisi bersih dan terawat. Sehingga indah dipandang mata. Oleh karenanya, kehadiran usaha cuci motor membantu sekali bagi mereka untuk menjaga motornya tampil bersih tanpa capek mengeluarkan energi.

Usaha jasa pencucian motor termasuk jenis bisnis yang sangat gampang untuk dijalankan. Bahkan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah yang menghasilkan. Anda bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk membuka usaha steam motor ini. Seperti mengubah ruangan kosong di depan rumah atau garasi menjadi tempat usaha cuci motor. Hal ini sudah dilakukan beberapa pengusaha steam motor yang berhasil. Dan kebanyakan dari mereka sukses dalam menjalankan bisnis cuci motor dengan penghasilan perbulan yang sangat besar dan cukup menggiurkan.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Rincian Modal Usaha Cuci Motor Hingga Beroperasi
Untuk menjalankan usaha cuci motor sama seperti memulai usaha lainnya membutuhkan biaya modal usaha. Dimana harus membeli berbagai peralatan dan perlengkapan usaha steam motor. Sekarang yang menjadi pertanyaan berapa detail modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha cuci motor sampai siap buka? Hal ini sebagai persiapan awal gambaran kasar perencanaan dalam memulai usaha cuci motor kelak.

Dalam pemilihan lokasi usaha cuci motor ada dua alternatif yang bisa digunakan. Yakni pertama, sobat memanfaatkan tempat cuci motor yang telah ada. Kedua, sobat bisa menyewa lokasi usaha cuci motor di tempat strategis. Namun penulis menganjurkan agar sobat sebagai pemula dalam bisnis ini bisa memanfaatkan tempat usaha cuci motor yang ada. Hal ini berguna untuk keefektifan dan meringankan besarnya biaya modal usaha. Sebab sobat tak perlu mengeluarkan biaya sewa lokasi usaha. Apalagi jika sobat memiliki dana yang terbatas.

Berikut ini rincian modal usaha cuci motor hingga beroperasi :

Mesin jet cleaner            Rp 500.000
Kompresor angin           Rp 1.500.000
Mesin salju + selang       Rp 1.500.000
Lap microfiber dua buah Rp 450.000
Single post lift motor       Rp 1.000.000
Sepatu boot dua buah     Rp 350.000
Spanduk                         Rp 250.000
Brosur                            Rp 50.000
Kanebo                          Rp 50.000
Sarung tangan dua buah  Rp 75.000
Banner kecil 10 pcs        Rp 200.000
Sikat, spon, kuas, lap, ember Rp 150.000
Banner Vertikal                Rp 700.000
Kopler, Selang angin 10 meter, Air duster Rp 450.000
Kaos seragam                 Rp 200.000
Stempel                           Rp 75.000
Nota                               Rp 25.000
Kartu anggota                 Rp 100.000
Survey Lapangan            Rp 50.000
Biaya lain-lain                 Rp 600.000
Total biaya modal usaha Rp 8.275.000

Biaya Modal Kerja Bulanan
Isi ulang salju           Rp 400.000
Clear snow shampo Rp 700.00
Obat poles bodi      Rp 50.000
Semir poles ban      Rp 400.000
Sabun colek           Rp 60.000
Air                         Rp 400.000
Listrik                    Rp 400.000
Bensin                   Rp. 75.000
Gaji Pegawai dua orang Rp 1800.000
Biaya lain-lain        Rp 200.000
Total modal kerja  Rp 4.485.000

Jika diasumsikan harga cuci motor Rp 7000, dan dalam satu hari bisa mencuci 30 motor x Rp 7.000 x 30 hari = Rp 6.300.000. Keuntungan bersih perbulan Rp 6.300.000 - Rp 4.485.000 = Rp 1.815.000. Lumayan bukan?

Itu perhitungan rincian modal usaha cuci motor dengan memiliki tempat sendiri. Tapi jika menyewa lokasi usaha yang strategis harus menambah biaya sewa tempat. Tapi apabila mempunyai tempat sendiri tetap harus mengeluarkan modal untuk merenovasi tempat tersebut. Kemudian di tempat usaha cuci motor itu hendaknya disediakan suatu ruangan untuk menyimpan perlengkapan dan peralatan usaha steam cuci motor, seperti mesin semprotan bertekanan tinggi, kompresor, tabung busa, ember, kanebo, sikat, kain laip, dan lain sebagainya. Apabila usaha cuci motor sobat sudah berkembang maka bisa menambahkan bisnis steam motor sistem hidrolik. Namun jika anda tak mau repot membangun sistem dan merintis usaha dari nol maka ada alternatif lain yakni membeli franchise waralaba cuci motor yang sudah terkenal.

Tips Sukses Mengembangkan Usaha Cuci Motor
Berikut ini sejumlah tips sukses dalam menjalankan usaha cuci motor yang menguntungkan dan dipenuhi para pelanggan, antara lain :

1. Promosi. Anda hendaknya melakukan promosi usaha cuci motor dengan gencar. Karena diluar banyak sekali kompetitor. Mungkin di satu daerah ada banyak bisnis cuci motor dari skala besar maupun kecil, dari yang sudah lama berdiri maupun baru.

Promosi usaha diperlukan untuk memperkenalkan usaha cuci motor sobat kepada khalayak umum. Penulis pernah melihat cara promosi usaha yang dilakukan oleh Amanda Brownies dengan membagikan brosur atau selebaran di pinggir jalan atau pusat keramaian orang. Anda bisa melakukan cara demikian dengan membagikan brosur ke setiap rumah di sekitar lingkungan usaha cuci motor sobat, selain memasang spanduk, banner, reklame, baliho, neonbox, menempel poster atau pamflet di tempat yang strategis dll.

Untuk memenangkan persaingan usaha cuci motor sangat mudah. Dengan cara melakukan survey terhadap kompetitor. Kemudian tambahkan kelebihan pada usaha cuci motor sobat. Misalnya garansi pencucian motor dalam waktu kurang dari 20 menit sudah selesai. Apabila melebihi waktu tersebut diberikan garansi gratis pencucian motor. Dengan demikian dijamin usaha cuci motor sobat akan laris manis diserbu para pelanggan.

Cara lainnya untuk menarik banyak konsumen dengan memberikan diskon pada hari tertentu, pada jam tertentu dan pada orang tertentu. Hal ini terbukti efektif mendongkrak penghasilan usaha cuci motor. Misalnya diskon lima puluh persen bagi ibu hamil, atau membuat kartu keanggotaan yang gratis cuci motor setelah lima kali melakukan pencucian dll.

Potensi usaha cuci motor menjanjikan sekali dijalankan di daerah pemukiman yang padat penduduk. Apalagi kebanyakan penduduk setempat sangat sibuk beraktifitas di kantor. Sehingga tidak sempat atau tak ada waktu untuk mencuci motor. Pilihan jatuh ke tempat usaha cuci motor. Harga jasa cuci motor yang diberikan harus terjangkau bagi semua kalangan dan lebih murah sedikit dari pesaing. Misalnya Rp 7000. Hal itu untuk menarik minat para konsumen.

2. Memiih lokasi usaha cuci motor yang strategis. Lokasi usaha yang strategis umumnya berada di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, gampang di jangkau oleh para pengguna kendaraan bermotor, di sekitar lokasi usaha masih jarang usaha cuci motor, dll. Persaingan usaha pasti terjadi di bidang bisnis apapun juga. Jangan takut untuk bersaing secara sehat. Setiap usaha orang memiliki rejeki masing-masing. Yang perlu ditampilkan adalah kelebihan dari bisnis cuci motor sobat.

3. Pelayanan yang sangat memuaskan. Namanya juga usaha yang bergerak dalam jasa maka usaha pencucian motor harus memberikan pelayanan yang optimal kepada para konsumen agar semakin dikenal dan laris manis. Buatlah pelanggan menjadi senang atas pelayanan yang anda berikan sehingga mereka bersedia balik lagi ke tempat usaha sobat untuk mencuci motor kembali. Misalnya dilayani secara ramah dan sopan serta murah senyum, menyediakan fasilitas gratis wifi, menyediakan tempat untuk menunggu yang nyaman beserta televisi, koran maupun buku atau majalah, waktu penyelesaian pencucian motor jangan terlalu lama, mencuci motor harus sampai bersih sekali seluruhnya. Jangan sampai ada konsumen yang komplain karena motornya masih kotor. Oleh sebab itu, membersihkan motor khususnya mengelap harus sempurna seluruhnya.

Demikianlah rincian modal usaha cuci motor hingga beroperasi yang bisa penulis sampaikan. Jika anda sedang mencari peluang usaha baru yang sangat menjanjikan tak ada salahnya mencoba peluang bisnis usaha cuci motor ini yang bisa dikerjakan secara rumahan maupun menyewa tempat. Semoga bermanfaat.