Cara Membuka Bisnis Kantin Sekolah buat Pemula hingga Buka

25 Maret 2018

Seiring dengan naiknya harga berbagai kebutuhan pokok seperti beras, telor, biaya listrik, dll membuat biaya kehidupan sehari-hari semakin bertambah. Dengan penghasilan yang terbatas sedangkan harga barang pokok melambung tinggi membuat penghasilan bulanan bisa tak mencukupi lagi. Oleh sebab itu, saat ini tak aneh jika banyak ibu rumahtangga yang membuka suatu usaha. Salah satunya bisnis kantin sekolah. Yang dilakukan untuk membantu perekonomian keluarga.

Prospek Bisnis Kantin Sekolah
Bisnis kantin sekolah merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan dan memiliki prospek cerah saat ini dan masa mendatang. Disebabkan bisnis kantin sekolah mempunyai pangsa pasar yang sudah jelas dan tertarget yakni kalangan anak sekolah. Kalau dilihat secara seksama, seorang pelajar TK, SD, SMP dan SMA pastinya mempunyai uang jajan yang cukup bervariasi dari mulai Rp 2000. Dengan bekal uang yang dimiliki maka mereka bisa jajan makanan yang disukainya. Sedangkan hobi anak sekolah adalah jajan sebelum masuk sekolah maupun saat istirahat.

Penulis merupakan salah satu bagian atau pelaku dari bisnis kantin sekolah. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dengan modal yang terbilang kecil. Namun membuka usaha kantin sekolah sangat berbeda dengan jenis usaha lain. Untuk memulai usaha kantin sekolah diperlukan beberapa penyesuaian. Terutama dalam segi harga makanan dan minuman yang dijual haruslan murah dikisaran Rp 500 sampai Rp 2000. Mengingat daya beli anak sekolah sangat terbatas. Selain murah, makanan yang dijual haruslah bergizi, lezat dan mengenyangkan.
usaha kantin, usaha kantin sekolah, bisnis kantin, bisnis kantin sekolah, cara usaha kantin, kantin, kantin sekolah, sarapan

Cara Membuka Bisnis Kantin Sekolah buat Pemula hingga Buka
Bagi anda yang tertarik untuk membuka kantin sekolah, berikut ini cara membuka bisnis kantin sekolah buat pemula hingga buka, antara lain:

1. Meminta ijin dari pihak sekolah
Letak kantin sekolah umumnya berada di dalam komplek sekolah. Namun ada juga yang berada di luar tapi masih berdekatan dengan sekolah. Untuk membuka kantin di dalam komplek sekolah tentu anda harus mendapatkan ijin dari pihak sekolah.

2. Menyiapkan modal usaha
Modal usaha kantin sekolah adalah modal investasi dan modal operasional. Untuk modal investasi yatu biaya pembuatan kantin, kursi, meja dll. Untuk biaya operasional usaha meliputi belanja bahan baku jajanan.

3. Membuat jajanan anak sekolah yang paling laris
Adapun makanan yang paling laris bagi anak sekolah adalah pentol atau cilok, baso tahu, es krim, kerak telor, baso ikan, dan jajanan anak sekolah lainnya. Dengan menjual makanan dan minuman terlaris maka perputaran uang berlangsung sangat cepat dan tak ada barang yang tersisa di kantin. Sebab jika jajanan yang dijual kurang laris maka akan banyak tersisa. Sedangkan makanan dan minuman mempunyai daya tahan yang tak lama atau memiliki masa kadaluarsa.

4. Jajanan aman dikonsumsi dan mengenyangkan
Selain memastikan hanya menjual jajanan anak sekolah  yang paling laris, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan, kemasan higienis dan keamanan jajanan yang dijual. Sehingga anak sekolah bisa terhindar dari penyakit. Lalu lebih bagus apabila sobat menyediakan menu makanan yang masih fresh dan mengenyangkan.

5. Mengemas makanan
Dengan kemasan makanan dan minuman yang higienis dan menarik mampu meningkatkan penjualan kuliner di kantin sekolah.

6. Harga terjangkau
Untuk jajanan anak sekolah yang dijual di kantin haruslah dibanderol dengan harga murah meriah. Misalkan untuk harga gorengan perbuah sekitar Rp 500 sampai Rp 1000. Begitupula untuk harga snack dan makanan ringan lain seperti roti dikisaran Rp 500, Rp1000 hingga paling mahal Rp 2000. Mengingat mayoritas pelajar mempunyai uang jajan yang sangat terbatas. Bagi makanan agak berat seperti bakso tahu, siomay, baso mie, mie ayam dll dijual dengan harga maksimal Rp 5000.

7. Perhatikan iklim
Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim panas atau kemarau maka sangat tepat untuk menjual es dan aneka minuman dingin di kantin. Sedangkan apabila sedang musim hujan maka bagus sekali jika sobat menjual aneka minuman hangat di kantin. Seperti minuman bajigur, bandrek, susu, kopi, coklat, teh dan jenis minuman hangat lain sebagainya.

8. Menentukan lokasi kantin sekolah
Anda sebenarnya tidak boleh sembarangan dalam membuka usaha kantin sekolah. Diperlukan analisa mendalam mengenai kelayakan bisnis kantin di suatu sekolah. Dengan cara melihat jumlah siswa. Semakin banyak anak sekolah maka semakin bagus prospek usaha kantin di sekolah tersebut. Karena pangsa pasar sangat besar. Hal berikutnya juga harus diperhatikan adalah melihat pesaing. Apakah ada usaha kantin di dekat sekolah tersebut. Anda bisa menjajakan berbagai jenis makanan dengan harga yang disesuaikan dengan harga di pesaing.

9. Harga sewa yang terjangkau
Untuk membuka usaha kantin di sebuah sekolah tidaklah gratis. Ada biaya sewa yang harus dikeluarkan setiap bulan. Oleh sebab itu, utarakan kepada pihak sekolah bisakah menyewa sebuah ruangan untuk mendirikan kantin sekolah. Berapa harganya dan fasilitas apa yang sobat dapatkan. Jika anda tidak mempunyai uang untuk biaya sewa kantin maka sobat bisa membuat proposal usaha kantin sekolah yang kemudian diajukan ke beberapa investor untuk mendapatkan bantuan modal usaha kantin sekolah.

10. Mengelola kantin
Setelah bisnis kantin sekolah berdiri, langkah berikutnya adalah mengelola kantin. Adapun cara mengelola kantin sekolah yang baik dan benar sangat mudah yaitu dengan menjual produk makanan terlaris, mengatur arus kas dengan baik dan menjaga kebersihan warung.

Daftar Menu Makanan di Kantin Sekolah Dasar dan Menengah yang Terlaris
Untuk kantin sekolah dasar dan menengah harus menyediakan berbagai minuman dan makanan yang laku keras. Supaya bisa balik modal dalam waktu singkat dan perputaran uang berlangsung cepat. Berikut ini daftar menu makanan atau jajanan paling laris di kantin sekolah dasar dan menengah, antara lain:

1. Gorengan
Anda tentu mengenal dengan gorengan. Kuliner ini disukai banyak orang termasuk kalangan anak sekolah. Anda bisa menyediakan aneka gorengan di kantin sekolah. Seperti gehu pedas, tempe goreng, ubi goreng, pisang coklat, singkong goreng, molen aneka rasa, bala-bala,bakwan goreng, pisang goreng, tahu goreng, risoles, pastel, dll. Harga gorengan cukup terjangkau di kisaran Rp 500 hingga Rp 1000 perbuah. Bisnis gorengan selalu laris dan menguntungkan serta tak mengenal musim.

2. Nasi kuning atau nasi goreng
Bagi sebagian kalangan anak sekolah dasar maupun menengah mungkin ada yang tidak sarapan pagi di rumah. Disebabkan kelupaan atau terburu-buru. Ketika sudah berada di sekolah atau sedang istirahat maka tak terasa perut menjadi lapar. Maka mengkonsumsi nasi uduk, nasi kuning atau nasi goreng menjadi pilihan utama untuk mengenyangkan perut. Anda bisa menyediakan menu nasi kuning dan nasi goreng di kantin dalam kemasan kecil dengan harga Rp 2000.

3. Siomay
Inilah jajanan anak sekolah yang paling laris. Siomay sangat nikmat dikonsumsi saat istirahat sebagai pengganti makan nasi. Rasa siomay yang lezat dan enak ditaburi bumbu kacang membuat setiap pelajar ketagihan. Untuk harga siomay perporsi sangat ramah dengan kantong anak sekolah. Dengan membayar Rp 1000 hingga Rp 2000, seorang anak sekolah sudah mendapatkan satu porsi kecil siomay.

4. Seblak
Seblak adalah kuliner yang sedang booming dan trend akhir-akhir ini. Anda bisa menyediakan menu kuliner seblak di kantin sekolah dengan berbagai variasi rasa. Seperti seblak campuran, seblak ayam, seblak ceker, seblak baso, seblak original dll. Untuk membuat seblak sangat mudah yaitu siapkan kerupuk lalu rebus dengan air hingga mendidih. Selanjutnya berikan bumbu pedas. Harga seblak per porsi cukup murah dikisaran Rp 3000 hingga Rp 5000.

Kantin Sekolah Sederhana Disewakan
Jika anda berminat untuk memulai bisnis kantin sekolah maka ada sebuah cara paling mudah untuk membuka bisnis kantin sekolah. Dengan cara mencari kantin sekolah yang hendak disewakan. Di daerah penulis ada seorang ibu rumahtangga yang mempunyai kantin di dekat sekolah yang sangat strategis. Namun karena ia sudah melahirkan anak bayi maka ia memutuskan untuk menutup kantin sekolah dan menyewakannya ke orang lain.

Anda bisa menyewa kantin sekolah dengan biaya bulanan yang terjangkau. Jika bisnis kantin sekolah yang anda jalani menguntungkan maka anda bisa memperpanjang kontrak sewa. Sebaliknya jika kantin sepi maka anda tidak usah memperpanjang kontrak sewa. Oleh karena itu, sobat harus serius untuk meningkatkan penjualan makanan di kantin sekolah sobat. Salah satunya dengan cara menjaga kebersihan kantin di waktu pagi, jam istirahat dan jam pulang sekolah. Sediakan tong sampah di dekat kantin.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Kantin Sekolah
Sementara itu, kelebihan bisnis kantin sekolah adalah pangsa pasar yang sudah sangat jelas ada dan tertarget yaitu kalangan orangtua murid, karyawan, guru dan anak sekolah. Selain itu, tingkat persaingan sangat rendah disebabkan pihak sekolah biasanya memperbolehkan hanya ada satu hingga dua kantin di sekolahnya. Kemudian para siswa akan dilarang untuk jajan di luar kecuali di kantin sekolah.

Dibalik kelebihan dan keunggulannya yang lumayan banyak, bisnis kantin sekolah mempunyai berbagai kekurangan. Seperti jam operasional atau jam buka kantin relatif singkat. Misalkan kantin sekolah SD buka dari jam 7 pagi hingga 10 pagi hari. Ditambah dengan hari minggu atau hari libur nasional, lingkungan sekolah libur yang membuat kantin sekolah libur juga.