15 Bisnis Sampingan yang Tepat buat Pegawai PNS

04 Januari 2017

Saat ini penulis masih berstatus sebagai karyawan honorer non PNS di Kantor KUA Tanjungkerta Kementerian Agama Sumedang. Banyak rekan kerja penulis yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil. Namun kebanyakan mereka hidup pas-pasan bahkan ada yang kekurangan keuangan. Gaji bulanan tidak mencukupi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarga. Bahkan minus. Gali lubang tutup lubang. Dikarenakan banyak utang ke bank untuk cicilan utang, motor dll. Sedangkan gaji tetap tak bertambah. Oleh sebab itu, untuk membeli sepeda motor, mobil, rumah, tanah dan lain sebagainya mereka terpaksa mengajukan pinjaman uang ke bank.

Keuntungan Menjadi Pegawai Negeri Sipil
Pekerjaan sebagai PNS merupakan profesi terhormat dan terpandang di masyarakat. Padahal penghasilan pegawai negeri sipil bisa dikalahkan oleh pengusaha. Namun stigma pekerjaan sebagai karyawan pemerintah lebih menjanjikan dari profesi lain tidak bisa lepas dari pandangan masyarakat kini. Hal ini membuat kalangan anak muda lebih memilih jadi PNS ketimbang jadi wirausahawan. Setiap ada pengumuman penerimaan CPNS selalu saja diikuti banyak orang. Mereka mengikuti testing CPNS demi mendapatkan status abdi negara. Namun semua itu ada yang berhasil dan ada yang gagal. Seperti penulis yang sudah sepuluh kali mengikuti testing calon pegawai negeri sipil di Bandung, Cimahi, Jakarta, Tangerang semuanya gagal.

Ada beberapa keuntungan dan kelebihan dari profesi sebagai PNS. Kelebihan menjadi pegawai negeri sipil adalah mempunyai gaji yang tetap dalam jumlah besar perbulan, tunjangan-tunjangan uang yang diberikan membuat profesi ini menarik bagi sebagian orang, adanya jaminan hari tua berupa uang pensiunan bulanan dalam jumah besar, dan kehidupan ekonomi stabil. Adapun kekurangan menjadi PNS seperti diungkapkan ustadz Aam Amirudin profesi pegawai negara tidak bisa cepat kaya raya dan bebas finansial. Hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
bisnis sampingan buat pns, bisnis sampingan, usaha sampingan pns, bisnis sampingan pegawai pns, pns, asn

Atas kenyataan di atas, seorang PNS harus menekuni bisnis sampingan yang tepat agar bisa cepat kaya dan sukses berlimpah harta. Bisnis sampingan pegawai negeri sipil harus dilakukan di luar jam kantor. Misalnya sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja di kantor. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 6 Th 1974 mengenai pedoman pegawai negeri sipil yang berbisnis. Sehingga tidak mengganggu dalam pekerjaan pelayanan kepada masyarakat.

Bisnis Sampingan yang Tepat buat Pegawai PNS
Untuk mengetahui lebih lengkap berikut ini 15 bisnis sampingan yang cocok buat pegawai PNS yang menjanjikan cepat bebas finansial dan menguntungkan sekali antara lain :

Bisnis Toko Busana
Usaha berdagang busana atau pakaian tidak pernah sepi pembeli. Setiap hari selalu ada pembeli. Karena busana dan baju merupakan kebutuhan dasar manusia. Setiap orang membutuhkan pakaian selama ia hidup. Apalagi pada musim lebaran penjualan baju dan pakaian laku keras.

Ada beberapa konsep toko pakaian. Misalnya toko pakaian anak-anak, toko grosir baju murah, usaha menjual baju eceran dan grosiran murah Rp 5000, distro, galeri busana muslim dan muslimah, butik, atau bentuk lainnya. Adapun jam buka toko selepas pulang dari kantor sekitar pukul 16.00 hingga malam hari. Atau jika anda mempunyai uang berlebih atau toko pakaian terbukti menguntungkan maka Anda dapat merekrut karyawan yang kerja dari pagi sampai sore.

Bisnis Kursus dan Bimbingan Belajar
Ilmu adalah investasi. Banyak orang yang mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan ilmu. Peluang usaha bimbel bisa dijadikan bisnis sampingan yang tepat bagi seorang PNS. Jika Anda menguasai cara setir mobil maka dapat menjalankan bisnis kursus stir mobil. Atau bisa juga membuka kursus komputer, bimbingan belajar bahasa asing, kursus bernyanyi, kursus menjahit, pelatihan usaha, kursus menari, bimbel alat musik, dll. Jika modal usaha mencukupi dan ingin membuka bisnis jasa pendidikan yang mapan maka bisa membuka usaha waralaba bidang pendidikan. Seperti LP3i, Ariyanti, Ganesha Operation, Primagama, English First dan lain-lain.

Usaha Menyewakan Peralatan
Seorang PNS sangat mudah dalam mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank. Karena ia mempunyai SK yang bisa dijaminkan atau memakai sistem potong gaji. Bank yang bisa dijadikan sumber modal usaha bagi pegawai negeri sipil adalah Bank BRI. Setelah anda mempunyai modal uang dari pinjaman bank BRI atau dari hasil tabungan maka bisa menggunakan uang itu untuk membeli berbagai perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat luas. Misalnya membeli sepeda motor yang kemudian disewakan. Bisnis penyewaan barang sangat cocok bagi PNS. Selain usaha rental sepeda motor bisa juga menjalankan bisnis rental mobil, sewa tenda, penyewaan sound system, rental peralatan dan perlengkapan pesta pernikahan, sewa mainan anak, bisnis rental sepeda, usaha rental komputer dan playstation, dll.

Usaha Kuliner
Bisnis dalam bidang kuliner baik minuman maupun makanan masih sangat menjanjikan untung besar. Karena makan dan minum sebagai kebutuhan alami manusia. Produk kuliner bersifat praktis. Ia dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dan tahan lama.

Seperti yang dilakukan oleh seorang PNS bernama Suharya yang sukses menekuni bisnis sampingan usaha membuat kerupuk dan sale pisang ambon. Kegiatan usaha produksi sale pisang dan kerupuk dilakukan pada jam 3 dini hari sebelum berangkat kerja di kantor. Produksi makanan tersebut dijual ke distributor langsung. Keuntungan usaha kuliner tersebut sekitar 1 juta perbulan.

Itu hanyalah contoh bisnis kuliner yang bisa dijalani seorang PNS. Masih banyak jenis usaha kuliner yang bisa Anda tekuni lainnya seperti usaha produksi kue kering, produsen nata de coco, bisnis memproduksi keripik pisang dan singkong, bisnis produksi cemilan mie pedas dll. Yang pastinya apabila bisnis kuliner menguntungkan maka sobat bisa mempekerjakan pegawai baru dengan gaji bulanan.

Jadi Penulis dan Blogger
Ini adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi PNS yang hobi menulis untuk menambah penghasilan. Bisnis jadi blogger dan menulis dapat dikerjakan kapan pun, dimanapun dengan jam kerja fleksibel asalkan terhubung dengan koneksi internet. Pertama membuat blog kemudian mengisi dengan banyak artikel berkualitas. Perlahan trafik blog naik. Dan pada saat itu blog bisa dijadikan mesin uang dengan cara dijual lewat forum, mengikuti publisher adsense google, popcash, PPC lokal, yahoo ads dan lain sebagainya. 

Selain menulis di blog, seorang Pegawai Negeri Sipil dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara menulis buku dengan tema yang dikuasai dan disukai. Banyak pegawai negeri sipil yang sukses dari bisnis sampingan menjadi blogger dan penulis buku. Seperti Buya Hamka penulis tafsir Al Azhar dan novel, Habiburrahman El Shirazy, Andrea Hirata dll. 

Usaha Berjualan Pulsa
Sekarang ini hampir setiap orang mempunyai ponsel. Ada yang memiliki satu smartphone bahkan lebih dari dua. Hal inilah membuat bisnis berjualan pulsa isi ulang sangat menjanjikan. Usaha anti rugi ini mudah dijalankan dengan modal kecil sampai besar. Inilah peluang bisnis sampingan yang tepat untuk seorang PNS. Adapun pangsa pasar bisa dimulai dari rekan kerja, sahabat, anggota keluarga dll. Walaupun keuntungan bisnis jualan pulsa sangat kecil tapi jika pelanggan sudah banyak maka keuntungan usaha pengisian pulsa elektrik, token dan voucher akan sangat besar. Bahkan dapat melebihi gaji dari pekerjaan utama sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Usaha Agen
Untuk memperluas pangsa pasar seringkali sebuah bisnis membentuk agen di beberapa daerah. Misalnya agen kerupuk, agen gas elpiji 3 kg, agen asuransi, agen pupuk pertanian, agen es cream camelo, agen tiket pesawat, agen produk kecantikan sophie martin atau oriflame dll. Di satu daerah mungkin diperkenankan membentuk satu atau dua agen. Hal ini menjadi peluang bagi PNS untuk membuka usaha agen sebagai bisnis sampingan.

Bisnis Makelar
Inilah usaha sampingan karyawan PNS tanpa modal yaitu bisnis makelar. Usaha ini terbilang mudah dijalankan asalkan anda memiliki relasi yang luas, kemampuan komunikasi yang baik dan pandai negosiasi. Ada banyak jenis produk yang bisa dijadikan usaha calo perantara ini antara lain sepeda motor, mobil, rumah, tanah, dan lainnya.

Usaha Peternakan
Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh pegawai negeri sipil yang berada di daerah pedesaan karena lingkungan desa yang masih luas dan mendukung. Misalnya bisnis beternak ikan mas atau gurame maupun lele, cacing dan ulat sutera, ayam, budidaya burung puyuh atau walet, buka usaha ternak sapi, dan usaha budidaya lain sebagainya. Bisnis sampingan budidaya peternakan cukup menjanjikan untung besar bagi pegawai PNS.

Multi Level Marketing
Seorang abdi negara bisa juga menekuni bisnis MLM sebagai sampingan. Ada banyak orang yang sukses dengan jenis bisnis ini yang populer sejak lama. Seiring dengan kemajuan teknologi internet, Anda sebagai karyawan negeri sipil dapat menjalankan bisnis ini di internet. Banyak produk yang menawarkan sistem MLM. Anda hendaknya memilih produk yang tepat.

Bisnis Kolam Pemancingan
Usaha kolam pemancingan sangat mudah diwujudkan. Dengan rincian modal usaha kolam pemancingan dan ikan seorang PNS bisa langsung menjalani bisnis sampingan ini. Usaha ini bisa dijalankan sepulang dari kantor atau pada waktu hari libur. Bisnis ini pada dasarnya menjual ikan. Dimana sang pemancing memancing ikan. Kemudian ditimbang berapa kilo hasil ikan yang didapat. Lalu dibeli sesuai harga ikan di pasaran.

Usaha Pertanian
Banyak ragam jenis bisnis pertanian yang bisa ditekuni seorang pegawai negeri sipil sebagai bisnis sampingan. Misalnya usaha pertanian padi di sawah, budidaya jamur merang, bisnis budidaya jahe, menanam singkong, sosin, bawang merah, jagung, bawang putih, dll. Usaha dalam bidang pertanian sangat cocok dibuka di desa oleh seorang PNS sebagai usaha sambilan. Karena jenis bisnis ini tidak memerlukan perawatan ekstra setiap hari.

Bisnis Minimarket
Bisnis membuka usaha minimarket waralaba seperti yomart, alfamart, circle K, indomaret merupakan pilihan yang tepat bagi seorang karyawan negeri sipil yang ingin melakukan bisnis sampingan. Usaha franchise minimarket tidak menghabiskan banyak waktu. Urusan perekrutan karyawan, desain barang, pengelolaan operasional usaha, sampai pembagian perhitungan keuntungan usaha dan lain sebagainya sudah dikelola oleh pihak manajemen waralaba pusat. Anda tinggal mendapatkan keuntungan perbulan dari minimarket. Namun modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka bisnis minimarket waralaba mencapai ratusan juta rupiah. Anda bisa meminjam uang sebagai modal usaha di bank dengan jaminan SK atau gaji bulanan. 

Usaha Bengkel Motor
Seiring semakin banyaknya jumlah sepeda motor di tanah air membuat bisnis bengkel motor sangat menarik untuk dijalankan. Seorang pegawai negeri yang memiliki hobi mengutak-atik sepeda motor dapat melakoni bisnis sampingan membuka bengkel sepeda motor. Selepas pulang bekerja di kantor ia dapat membuka bengkel motor atau mempekerjakan seorang karyawan mekanik. Perhitungan keuntungan bisnis bengkel motor lumayan menjanjikan untung besar.

Bisnis Jualan Gas Elpiji 3 Kg
Seiring dengan program pemerintah konversi minyak tanah ke gas membuat bisnis penjualan gas elpiji 3 kg laris manis. Usaha ini anti rugi karena tak mudah basi. Dan akan selalu untung besar. Apalagi saat terjadi kelangkaan gas 3 kg pertamina beberapa tahun terakhir ini. Inilah peluang bisnis sampingan yang dapat dilakukan oleh seorang PNS di sela waktu luang selepas bekerja di kantor. Konsep usaha bisa berupa agen, pangkalan maupun pengecer gas 3 kg elpiji.