Rincian Modal Usaha Jus Buah Hingga Beroperasi

03 Agustus 2016

Siapa sih yang tak mengenal buah-buahan? Tentu setiap orang mengenal makanan alami ini yang mempunyai banyak rupa (belimbing, melon, strawberry, alpukat, pisang dll) dan rasa seperti asam dan manis. Buah-buahan mempunyai kandungan vitamin, serat gizi, dan mineral yang mampu menjaga kesehatan badan manusia setiap hari. Banyak orang dari anak-anak hingga orang lanjut usia yang menggemari aneka buah. Dan sebagian dari mereka menjalani terapi kesehatan dengan cara makan buah-buahan yang segar dan mengandung khasiat. Jelaslah, semua kalangan menyenangi makan buah baik secara langsung atau pun olahan maupun dijadikan jus. Hal ini tak terlepas dari buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh manusia setiap hari untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

Negara Indonesia merupakan Negara tropis yang tumbuh subur berbagai macam buah-buahan dan mempunyai dua musim yakni musim hujan dan musim panas. Ketika musim panas pada waktu siang hari seperti sekarang ini kerongkongan terasa haus. Untuk melepaskan dahaga sekaligus menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit seseorang bisa menikmati jus buah-buahan yang menyegarkan. Hal inilah yang memunculkan sebuah peluang usaha baru yakni bisnis minuman jus buah segar yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.
usaha jus buah, modal jus buah, bisnis jus buah, modal usaha jus buah, jus buah-buahan, biaya usaha jus buah

Gerai usaha yang menjual jus buah-buahan sangat mudah kita temui di berbagai sudut kota dan daerah di tanah air. Hal ini disebabkan bisnis minuman jus aneka buah segar sedang popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan tingkat persaingan sangat tinggi. Di satu wilayah sangat mungkin dijumpai lebih dari lima outlet usaha jus buah-buahan seperti halnya di desa penulis. Usaha ini bisa dikerjakan secara rumahan maupun dikombinasikan dengan usaha lainnya seperti warung kelontongan, usaha kuliner, dll.

Gerai usaha jus buah-buahan termasuk peluang bisnis modal kecil dengan keuntungan lumayan besar. Usaha ini bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan maupun utama serta sangat gampang dalam menjalankannya. Modal usaha untuk menjalankan usaha jus buah-buahan adalah gelas, gerobak, meja, kursi, gelas plastik kemasan, mesin blender, tutup gelas, mesin cup sealer, dan lain-lain.

Sementara itu, jam buka usaha jus buah yang tepat bisa dimulai pada waktu siang hari atau pada saat udara sedang panas. Biasanya pada waktu cuaca panas orang yang terdiri dari segala kalangan umur akan datang berduyun-duyun ke gerai usaha jus buah untuk menikmati dinginnya minuman jus buah segar dan nikmat. 

Apabila sobat berminat membuka usaha jus buah-buahan yang memiliki prospek cerah ini maka perlu memperhitungan rincian modal usaha awal yang diperlukan untuk bisnis ini. Setelah itu, barulah menyusun strategi berikutnya untuk mencuri perhatian pasar menarik sebanyak mungkin pelanggan. Sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lumayan besar bahkan lebih dari cukup.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Rincian Analisa Modal Usaha Jus Buah Segar Hingga Beroperasi
Inilah rincian modal awal usaha membuka jus buah-buahan yang segar dan unik, antara lain :

Freezer Es 1 unit                Rp 700.000
Gerobak /Booth                 Rp 1.600.000
Juicer/Mesin Blender          Rp 2.500.000
Biaya lain-lain                     Rp 200.000
Total Biaya Investasi Modal Awal Rp 5.000.000

Biaya Modal Operasional
Aneka Jenis Buah 1 kilogram @ 14.000 sebanyak 60 kg Rp 840.000
Sedotan 1 bungkus (400 pcs)   @ 250                            Rp 100.000
Cup 1 @ 600 sebanyak 400 pcs                                    Rp 240.000
Gula, Susu, Madu                                                          Rp 400.000
Es Batu                                                                          Rp 70.000
Listrik, Air                                                                     Rp 500.000
Pegawai                                                                        Rp 700.000
Total                                                                             Rp 2.010.000

Jika diasumsikan dalam satu hari dapat menjual 46 cup jus buah dengan harga Rp 6.000 per cup maka keuntungan kotor sebesar : 46 x Rp 6000 = Rp 276.000 per hari. Omzet dalam satu bulan sebesar : Rp 276.000 x 30 hari = Rp 8.280.000,-

Pendek kata, keuntungan kotor yang bisa didapatkan dari usaha jus buah sebesar  Rp 8.280.000.

Keuntungan bersih yang didapatkan : Rp 8.280.000 - Rp 2.010.000 = Rp 6.270.000/ bulan. Lumayan bukan?  Potensi keuntungan yang lumayan besar inilah alasan mulai banyak pelaku usaha yang menekuni usaha minuman jus buah yang unik dan segar.        

Tips Sukses Membuka Usaha Jus Buah Segar
Setelah mengetahui besarnya potensi keuntungan dari usaha jus buah-buahan, tanpa panjang lebar, penulis akan menguraikan strategi usaha jualan jus buah yang laris manis dan menguntungkan. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan oleh para pelaku usaha minuman jus buah agar usahanya semakin berkembang pesat dan laku keras, antara lain:

1. Lokasi usaha. Pilihlah lokasi usaha yang strategis. Misalnya di pinggir jalan raya yang ramai dan mudah dijangkau, di sekitar tempat berkumpulnya orang-orang yang berpotensial untuk membeli, di dekat kampus, sekitar sekolah, mall, taman kota atau alun-alun kota, sekitar tempat lapangan olahraga, tempat rekreasi, pertokoan, bisnis kost-kosan, terminal, dekat perumahan padat penduduk dll. Dengan memiliki lokasi usaha jus buah yang strategis dan tepat maka sudah bisa dipastikan bisnis minuman anda akan menguntungkan. Untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis tersebut bisa dilakukan dengan dua cara yakni menyewa tempat usaha ataupun berjualan secara kaki lima di pinggir jalan yang ramai memakai gerobak.

2. Inovasi. Usaha jus buah memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Di satu wilayah mungkin ada beberapa competitor. Oleh sebab itu, usaha jus buah yang anda miliki harus unik dan berbeda dengan para pesaing. Misalnya jus aneka buah-buahan yang lengkap, jus buah yoghurt, jus smoothies, dll.

3. Rasa jus buah yang sangat enak dan lezat berbeda dengan para pesaing. Hal ini akan membuat konsumen loyal yang kelak menjadi pelanggan tetap. Oleh sebab itu, sebelum membuka usaha jus buah yang segar hendaknya sobat mempelajari cara atau resep membuat jus buah-buahan yang enak dan lezat yang bisa dipelajari di internet, majalah dan buku kuliner. Lakukan eksperimen dan ujicoba hingga berhasil.

4. Bahan baku berkualitas baik. Jangan pernah anda menjual jus  buah dengan bahan baku buah-buahan yang buruk atau sudah tidak segar. Hal ini akan membuat rasa jus buah tidak enak dan hambar. Yang berakibat konsumen akan kapok datang kembali ke tempat gerai usaha sobat.  Oleh sebab itu pastikan dan pantau terus, buah-buahan yang di jus atau dipajang di etalase dalam keadaan bersih, segar dan berkualitas baik. Sehingga menarik minat beli para konsumen. Caranya dengan membelinya langsung dari pasar tradisional atau para petani. Selain itu, agar buah-buahan tetap segar dan tahan lama bisa menyimpan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Buah-buahan yang sudah buruk agar segera disingkirkan atau dibuang.

5. Jenis buah-buahan sangat lengkap. Seringkali penulis menjumpai sebuah gerai usaha jus buah yang kurang komplit dalam menyajikan menu buah-buahan. Hal ini tentu mengecewakan konsumen. Oleh karenanya untuk memanjakan konsumen pastikan bisnis jus buah yang anda miliki mempunyai jenis buah-buahan yang sangat lengkap. Segala jenis buah-buahan ada di sini. Tentu hal ini akan membedakan dari para pesaing. Dan konsumen lebih memilih membeli jus buah dari gerai usaha yang sangat komplit dengan aneka buah dibandingkan dengan yang tidak lengkap. Setuju?

6. Kebersihan. Hal penting lainnya dalam menjalani bisnis minuman jus buah adalah factor kebersihan yang harus diperhatikan. Pastikan booth atau gerobak dalam kondisi bersih. Selain itu, sendok, pisau, air yang dipakai, gelas kemasan, hingga mesin blender dan lain sebagainya harus pula dalam keadaan bersih. Sehingga kualitas rasa terjamin enak, menyehatkan tubuh dan indah dipandang. Misalnya menggunakan air mineral yang berkualitas baik, menyediakan tong sampah, menyediakan ember untuk mencuci perlengkapan usaha sehabis digunakan, menggunakan air bersih yang bersifat pancuran untuk membersihkan peralatan dan buah, dan upaya lain sebagainya.

7. Mesin blender memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai yang seperti dialami oleh penulis yang membeli mesin blender yang harga sangat murah tapi kualitas buruk. Setelah satu minggu pemakaian, mesin blender langsung rusak parah dan tidak bisa digunakan lagi. Jadi pastikan jika anda mau menjalani usaha jus buah segar memiliki blender yang berkualitas baik. Misalnya mempunyai putaran yang cepat dan kapasitas yang lebih besar. Contohnya mesin blender Merek Phillips. Mesin blender yang dimiliki dalam usaha jus buah hendaknya lebih dari satu. Hal ini untuk melayani pelanggan lebih cepat jika terjadi antrian.

8. Kemasan yang menarik. Seiring dengan kemajuan teknologi pengemasan jus buah maka bisa menggunakan mesin kemas press atau mesin cup sealer yang praktis dan serba guna. Dalam kemasan gelas plastik bening itu cantumkan pula identitas usaha jus buah unik sobat. Hal ini untuk membedakan dengan pesaing.

9. Meja dan kursi yang mencukupi. Seringkali konsumen harus menunggu untuk mendapatkan jus yang diinginkannya. Oleh sebab itu, sobat perlu menyediakan beberapa buah kursi dan meja untuk konsumen gunakan dalam menunggu selama minuman jus buah-buahan yang segar sedang diproses.

10. Promosi usaha. Cara selanjutnya adalah melakukan promosi usaha yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak atau meledakkan penjualan jus buah. Tips promosi usaha jus buah-buahan yang segar dan unik yang bisa sobat lakukan, antara lain : membuat spanduk besar, membuat brosur yang isinya tentang bisnis jus buah sobat disertai manfaat jus dan menu-menu jus buah dll. Kemudian menyebarkannya di sekitar lokasi usaha.

11. Untuk memanjakan konsumen bisa mengadakan layanan antar jemput secara gratis kepada konsumen dalam jarak tertentu.

Demikianlah analisa rincian modal usaha jus buah hingga beroperasi beserta tips sukses. Cocok dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah atau usaha sampingan ibu rumah tangga karena modalnya kecil. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda semua. Simak terus blog investasiuntung.com untuk menyimak artikel menarik lainnya.