Rincian Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka

02 April 2017

Bisnis toko busana merupakan salah satu jenis usaha yang sudah ada sejak lama dan sampai sekarang masih menjanjikan. Permintaan pasar akan baju dan pakaian di tanah air sangat tinggi. Atas kenyataan itu, muncullah berbagai perusahaan konveksi dan butik yang memproduksi berbagai macam busana dan pakaian dari harga termurah sampai paling mahal. Sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa dilepaskan sehari-hari, bisnis toko busana layak dijadikan peluang usaha yang menguntungkan saat ini.

Rincian Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka
Salah satu hal yang sering ditanyakan calon pelaku usaha toko baju adalah berapa modal yang diperlukan untuk membuka toko busana secara fisik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini rincian modal usaha toko busana mulai awal hingga berdiri, antara lain:

▪ Sewa Lokasi Usaha
Untuk biaya sewa lokasi usaha harganya berbeda-beda tergantung tempat dan wilayah. Jika anda menyewa lokasi usaha toko busana di salah satu plaza atau mall yang strategis, harga sewa tempat usaha biasanya sekitar Rp 10 juta pertahun. Dan itu pun sewa tempat usaha toko busana di plaza atau mall minimal jangka waktu 5 tahun. Sehingga modal usaha yang harus dikeluarkan untuk sewa tempat saja sebesar Rp 50 juta per lima tahun.
modal usaha busana, toko busana, bisnis busana, bisnis toko busana, modal bisnis busana, pakaian

▪ Etalase
Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli etalase bagi pajangan aneka busana yang dijual sebesar Rp 6 juta.

▪ Peralatan
Perlengkapan dan peralatan usaha toko busana meliputi patung, stainless gawang, hanger, rak, pajangan, buku, kertas nota, ballpoint, stempel  dan lain sebagainya. Biaya modal usaha untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha toko busana sekitar Rp 20 juta.

▪ Isi Toko Dan Modal Stok
Inilah modal usaha yang utama dari bisnis toko busana. Adapun untuk mengisi toko busana dengan ukuran 10 meter kali 5 meter diperlukan modal minimal sekitar Rp 100 juta termasuk stok gudang.

▪ Biaya Operasional
Biaya ini termasuk biaya bensin, angkut barang dan lain-lain. Biaya yang harus dikeluarkan untuk pos ini sebesar Rp 4 juta.

▪ Biaya Listrik
Harga Rp 100 ribu perbulan

▪ Biaya Perawatan Toko
Modal yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan pengecatan toko busana sebesar Rp 300 ribu perbulan.

▪ Gaji Pegawai
Untuk gaji karyawan Rp 600 ribu perbulan belum termasuk bonus dan tunjangan serta uang makan

Jadi total estimasi modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka toko busana dari awal sampai buka sebesar Rp 181 juta. Modal toko busana yang dikeluarkan bisa balik modal dalam waktu singkat mengingat pangsa pasar luas dan keuntungan bisa lumayan besar per item pakaian.

Jika dilihat di atas, maka modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka toko busana sangat besar Rp 181 juta. Bagi pemula yang memiliki modal kecil dan ingin mencoba bisnis toko busana tentu akan sangat kesulitan. Tapi dengan berbagai kemudahan yang ada, bagi anda yang mempunyai modal keuangan yang minim tapi ingin memulai usaha toko busana dapat dimulai dengan modal kecil. Seperti membuka usaha toko busana secara online. Modal usaha yang dibutuhkan adalah koneksi internet, situs gratis atau berbayar dan lain-lain. Jadi intinya, sobat sebagai pihak reseller atau dropshipper yang bertugas fokus utama untuk menjual pakaian ke masyarakat luas. Jika ada pesanan pakaian tinggal menghubungi pihak suplier atau pemasok.

Buka Toko Baju di Rumah
Salah satu aspek yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan bisnis toko busana adalah tempat usaha yang strategis. Memang benarlah demikian, sebab dengan tempat usaha yang strategis maka mudah dijangkau banyak orang, gampang dilihat banyak orang. Sehingga tidak membutuhkan biaya promosi yang terlalu besar. Misalkan saja berdasarkan penelitian penulis di lapangan, tempat usaha yang strategis seperti berada di sekitar sekolah selalu menjual produk lebih banyak dan laku keras ketimbang tempat yang tak strategis. Hal ini dibuktikan sendiri oleh penulis.

Hal di atas berlaku juga bagi bisnis toko busana. Jadi pastikan lokasi usaha yang anda tempati berada di tempat strategis yang dilalui banyak orang. Karena usaha toko busana di pinggir jalan raya atau berada di dekat pusat keraimaian pastinya selalu menguntungkan. Disebabkan pembeli sangat gampang memperoleh produk busana yang diharapkannya tanpa susah payah.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika sobat tidak mempunyai lokasi usaha toko busana yang strategis? Tentunya ada beberapa alternatif yang bisa dijalankan seperti menyewa lokasi usaha busana di tempat strategis dengan biaya sewa saat ini lumayan mahal. Bagi orang yang mempunyai modal besar hal itu tentu tak masalah. Akan tetapi, bagi pemula yang mencoba terjun dalam bisnis fashion yang bermodalkan sangat minim tentu memberatkan sekali.

Saran penulis, bagi anda sebagai pemula yang ingin membuka usaha toko busana dengan modal kecil jangan pernah mencoba untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis. Karena resiko kerugian sangat tinggi. Bisnis toko busana sobat belum tentu berhasil seratus persen. Lebih baik gunakan saja modal usaha yang dimiliki untuk membeli isi toko dan stok pakaian yang hendak dijual.

Salah satu cara cerdik memulai bisnis toko busana adalah membuka secara rumahan atau sebagai usaha sampingan di rumah. Sebab rumah bisa dijadikan lokasi usaha apalagi rumah sobat berada di tempat yang strategis misalkan pinggir jalan yang ramai. Walaupun lokasi usaha di rumah tak strategis tapi bisa dijalankan secara menguntungkan sama seperti berada di tempat strategis. Caranya adalah mempromosikan dan menjual busana lewat online seperti olx, facebook, twitter, website, situs, blog gratisan, marketplace, forum, seo google, dan lain sebagainya.

Selain itu, sobat bisa membuat brosur bisnis toko pakaian dan membagikan ke lingkungan sekitar yang ramai. Trik lain yang bisa dicoba adalah menjaring sebanyak mungkin reseller atau tenaga penjual yang membantu pemasaran toko busana sobat dengan sistem bagi hasil. Lalu anda bisa menjual langsung pakaian jadi kepada konsumen dengan mengedarkan dari rumah ke rumah atau menjual pada saat acara tertentu seperti bazar dan arisan ibu-ibu rumahtangga.

Modal Awal Usaha Pakaian Rp 5 Juta, Balik Modal 1 Bulan
Salah seorang pengusaha yang sukses dalam bisnis toko busana adalah wanita bernama lengkap Frida Aulia. Bagi wanita cantik ini, dunia wirausaha bukan hal asing. Ia telah beberapa kali membuka bisnis seperti usaha jualan jus buah-buahan,  usaha penyewaan peralatan bayi, dan terakhir adalah bisnis toko busana khusus muslimah.

Lalu apa yang membuat wanita yang akrab disapa Frida membuka usaha toko busana muslimah? Ia beralasan bahwa busana muslimah sekarang ini sudah menjadi trend dengan pasar yang sangat luas. Ini merupakan potensi bisnis yang sangat menjanjikan untung besar. Tanpa pikir panjang lagi, wanita supel ini mulai terjun dalam usaha toko busana muslimah yang trendy, simpel dan elegan.

Frida memilih mengembangkan usaha toko busana muslimah ketimbang usaha sewa perlengkapan bayi dan usaha jualan jus buah. Sebab bisnis pakaian muslim baginya sangat menguntungkan dan bisa dikembangkan lebih lanjut. Fokus dalam bidang usaha fashion muslimah membuat energinya terkuras dalam bisnis ini. Segala daya dan upaya dikeluarkan oleh wanita periang ini untuk menjalankan dan mengembangkan usaha baju muslimah.

Namun berbagai rintangan dan kendala menghadangnya. Frida sama sekali tidak mempunyai keterampilan dalam menjahit, tak mengerti soal jenis bahan yang bagus dan desain busana muslim yang sedang populer. Ia hanya mahir dalam masalah penjualan dan pemasaran baju muslimah lewat online maupun jualan langsung dari toko busana.

Untuk mengatasi itu, Frida pun turun ke lapangan untuk melakukan survey dan belajar langsung dari ahlinya. Berjalan waktu, ia semakin mengerti bahan yang bagus untuk dijadikan pakaian muslimah dan mengetahui berbagai model busana muslim yang sedang hits. Oleh sebab itu, ia pun mengeluarkan uang sebesar Rp 10 juta sebagai modal awal membuka usaha toko busana. Dengan modal Rp 10 juta sudah termasuk belanja bahan baku, gaji satu orang penjahit, dan membeli peralatan dan perlengkapan usaha baju muslim.

Untuk memasarkan baju muslimah produksinya, Frida tak mendapatkan kesulitan berarti. Dengan cerdik ia memanfaatkan para pelanggan lamanya dari bisnis sebelumnya yaitu usaha jus buah original dan usaha rental peralatan bayi. Para pelanggan yang lama yang sudah terbentuk tersebut dijadikan target pasar yang utama sejak awal sebelum memasarkan ke masyarakat umum.

Frida mengerti betul bahwa ia adalah pemula dalam bisnis ini. Sehingga hal pertama yang harus ia lakukan agar bisnis busana muslimah laku keras adalah melakukan promosi sebanyak mungkin secara massif. Selain itu, ia pun melakukan berbagai inovasi dan kreatifitas dalam model baju muslim yang diproduksinya sendiri secara massal.

Wanita yang murah senyum ini juga membuat mukena dan busana muslimah bagi anak kecil. Harga yang ditawarkan terbilang murah karena memiliki desain dan kualitas bahan yang bagus dimulai dari Rp 75 ribu sampai Rp 500 ribu.

Untuk memperluas pangsa pasar hingga ke seluruh Indonesia, ia menerapkan sistem kemitraan usaha. Bagi siapa saja yang tertarik untuk membuka usaha toko busana muslimah bisa menjadi mitra bisnisnya. Dengan modal usaha Rp 5 juta yang digunakan sebagai modal pembelian baju muslim, mitra bisnis sudah bisa menjalankan bisnis toko busana yang menjanjikan. Selain itu, mitra akan mendapatkan fasilitas katalog dan promosi gratis. Jika promosi gencar dan lokasi strategis, menurutnya, mitra bisa balik modal dalam waktu kurang dari satu bulan.