15 Cara Bisnis Buah-Buahan agar Laris Manis, Untung Jutaan

19 November 2017

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan alam yang sangat besar. Seperti buah-buahan. Berbagai buah-buahan dapat tumbuh di tanah air. Sehingga potensi bisnis buah-buahan sangat besar di Indonesia. Anda tak akan kesulitan memperoleh pasokan buah buahan. Yang membuat bisnis buah buahan sangat menjanjikan saat ini.

Bisnis buah-buahan termasuk jenis usaha yang dapat dijalankan dengan mudah dan modal kecil serta menguntungkan. Di pinggir jalan sangat mudah kita menemukan gerai usaha kios buah-buahan dan jualan buah di mobil. Mereka menjual berbagai macam buah-buahan sangat lengkap. Seperti alpukat, pisang, mangga, sirsak, durian, salak, nangka, rambutan, lengkeng, sawo, manggis, semangka, jeruk, melon, strobery, anggur, apel dan lainnya. Namun di beberapa tempat, anda sulit menemukan gerai usaha buah-buahan. Inilah yang menimbulkan peluang usaha berbisnis buah-buahan.
bisnis buah, usaha buah, buah-buahan, buah, bisnis jualan buah, usaha jualan buah, jual buah

Keuntungan Bisnis Buah-Buahan
Keuntungan usaha buah-buahan sangat menjanjikan untung besar dengan beragam keuntungan. Berikut ini sejumlah keuntungan bagi seseorang yang membuka bisnis buah-buahan, antara lain:

▪ Modal Kecil
Untuk memulai bisnis buah-buahan dengan modal kecil maka anda bisa berprofesi sebagai pedagang buah-buahan yang mangkal, usaha buah potong segar, kios buah buahan atau usaha jualan buah keliling. Untuk mendapatkan pasokan buah-buahan, sobat bisa membeli buah-buahan langsung dari petani dengan murah. Kemudian menjual ke tangan konsumen.

▪ Untung Besar
Salah seorang pedagang pepaya di pinggir jalan raya mengakui usaha jualan pepaya menghasilkan omset perbulan sekitar Rp 80 juta. Hal ini menunjukkan bisnis buah-buahan mampu memberikan untung besar bagi pelakunya. Baik sebagai pedagang eceran, distributor, agen hingga petani. Kenyataan tersebut membuat banyak pemula tertarik membuka bisnis buah-buahan. Persaingan bisnis buah-buahan sangat ketat. Namun masih menjanjikan saat ini dengan pangsa pasar luas.

▪ Kebutuhan pokok
Buah-buahan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Dalam menu makanan harus terkandung empat sehat lima sempurna. Salah satunya mengkonsumsi buah-buahan sebagai makanan cuci mulut. Hal ini membuat buah-buahan selalu dicari dan diburu banyak orang. Orang yang makan buah-buahan akan selalu terjaga kesehatan tubuhnya. Sebab buah buahan mengandung banyak vitamin, mineral dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan beberapa jenis buah seperti buah naga, jeruk, dll digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit.

15 Cara Bisnis Buah-Buahan agar Laris Manis, Untung Jutaan
Namun untuk sukses dalam bisnis buah-buahan tidak mudah. Berikut ini 15 cara bisnis buah-buahan agar laris manis, untung jutaan antara lain:

1. Kualitas baik. Pastikan buah-buahan yang anda jual memiliki kualitas baik. Seperti segar dan bersih.Tidak buruk dan masih segar. Karena kerapkali penulis menemukan gerai usaha berjualan buah-buahan yang menjual buah-buahan berkualitas buruk. Hal ini bisa mengakibatkan jualan buah buahan sepi pembeli.

2. Sesuai passion. Dengan berbisnis buah-buahan sesuai passion maka sobat akan menjalani bisnis ini dengan penuh semangat, rajin dan pantang menyerah. Yang membuat anda bisa cepat kaya dalam waktu singkat.

3. Mengetahui seluk beluk bisnis buah-buahan. Dimulai dari pasokan, cara berjualan, cara promosi, cara berdagang dan lain sebagainya.

4. Konsep bisnis buah-buahan. Ada berbagai cara yang bisa dilakoni seseorang dalam bisnis buah buahan. Seperti jualan buah pakai mobil, kios buah modern, penjual buah buahan secara kaki lima atau kios permanen. Untuk meningkatkan omset penjualan, anda tidak hanya menjadi penjual buah-buahan secara kaki lima. Namun harus mampu menjadi distributor atau supplier buah buahan, petani, dan merekrut tenaga penjual buah buahan secara keliling.

5. Serius, berpikir positif, fokus, rajin. Itulah hal atau kebiasaan positif yang harus dilakukan bagi orang yang membuka bisnis buah-buahan supaya cepat sukses, laris pelanggan, untung besar dan kaya raya. Pendek kata, setelah anda menemukan ide usaha yang tepat yaitu bisnis buah buahan. Selanjutnya adalah membekali diri dengan softskill atau sikap positif.

Mengapa bisnis buah-buahan harus dikerjakan fokus, serius, kerja keras dan pantang menyerah? Untuk membuat bisnis buah buahan lebih ringan dikerjakan, lebih cepat sukses dan untung besar. Energi anda terfokus pada mengembangkan bisnis ini semata.

Aspek penting lainnya yaitu selama bisnis berjualan buah-buahan harus bersikap optimistis. Mungkin jualan buah-buahan pada hari ini sepi pembeli. Tapi harus dipupuk sikap optimisme bahwa di masa depan usaha buah-buahan anda akan laris manis dengan mengupayakan berbagai cara.

6. Percaya diri
Dalam menjual buah-buahan anda harus memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Jangan pernah malu untuk menjual dan bisnis buah-buahan. Yang pantas malu adalah ketika anda meminta-minta pada orang lain. Menjadi benalu bagi anggota keluarga anda. Masih menjadi beban hidup keluarga dan orang lain.

Sebagai sebuah bisnis buah-buahan berarti anda menolong orang lain untuk mendapatkan buah segar yang banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Percaya dirilah ketika sobat menawarkan buah buahan kepada orang lain. Karena buah buahan yang anda tawarkan berkualitas baik, harga murah dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

7. Pantang menyerah
Inilah kebiasaan dari pengusaha sukses yakni memiliki sifat pantang menyerah. Sebuah bisnis buah buahan pasti mengalami kendala dan hambatan untuk bisa sukses secara cepat. Apalagi di awal masa merintis usaha diperlukan kesabaran dan pantang menyerah. Sebab untuk mendapatkan pelanggan yang banyak tidak bisa instant. Tapi melalui proses kesabaran dan memakan waktu yang cukup lama.

Pastinya anda akan mendapatkan berbagai penolakan selama anda menjual buah buahan. Oleh sebab itu, anda perlu belajar bagaimana mengubah penolakan menjadi penerimaan. Semua itu harus anda pelajari sehingga menjual buah buahan bisa cepat sukses dan laku keras.

8. Menentukan target pasar
Untuk memulai bisnis buah-buahan sobat harus menentukan target pasar yang hendak dituju. Apakah kalangan pelajar atau anak sekolah SD, SMP atau SMA? Atau target pasar masyarakat umum kelas menengah ke bawah atau ke atas? Dan lain sebagainya. Dengan mengetahui target pasar yang dituju maka akan memudahkan anda dalam proses promosi dan penjualan buah-buahan.

9. Bisnis Buah Buahan Lengkap
Untuk membuat konsumen lebih tertarik pada gerai toko buah-buahan anda maka anda bisa membuka toko buah buahan secara lebih luas dan lebih lengkap serta modern. Bukan hanya menjual satu jenis buah-buahan tapi banyak jenis lainnya. Seperti jeruk,semangka, nangka, melon, sirsak, alpukat, stroberi, pisang, mangga, kedondong dll.

10. Penentuan lokasi usaha
Lokasi usaha buah buahan sangat penting untuk kesuksesan bisnis buah buahan. Anda hendaknya mendirikan toko buah-buahan di lokasi yang cukup strategis. Seperti di pusat keramaian orang, sekitar pangsa pasar yang dituju, dekat kampus, dekat sekolah, sekitar kompleks perumahan, pinggir jalan yang ramai dll.

Jika usaha buah buahan menargetkan pangsa pasar anak sekolah maka bisnis buah buahan anda mesti berada di sekitar atau dekat sekolah. Apabila lokasi rumah anda berada di pinggir jalan yang ramai maka anda bisa membuat toko buah buahan secara rumahan dengan lahan parkir yang luas.

11. Pelayanan yang prima
Cara bisnis buah-buahan yang laris manis, untung jutaan bagi pemula yaitu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Seperti harga buah buahan yang lebih murah dari pesaing, kualitas buah yang lebih bagus dan lebih segar tanpa ada cacat, dilayani secara ramah dan bersahabat, dan konsumen mendapatkan buah buahan yang diinginkan dengan harga dan kualitas terbaik. Sehingga mereka bersedia menjadi pelanggan tetap.

Jangan pernah selama melayani konsumen membuat mereka kecewa atau kapok berbisnis buah buahan dengan anda. Seperti takaran timbangan yg kurang, harga lebih mahal, kualitas buah buruk dan  lain sebagainya. Hal itu akan menjauhkan konsumen menjadi pelanggan tetap. Sebab yang dibutuhkan dalam bisnis buah-buahan yang sukses, laris manis dengan untung jutaan perhari adalah mempunyai pelanggan tetap yang banyak. Selain itu, konsumen atau pelanggan adalah orang yang memberikan uangnya pada anda.

12. Penataan buah-buahan semenarik dan serapi mungkin
Hal ini berguna untuk menarik minat beli masyarakat terhadap buah buahan yang anda pajang. Selain ditata secara baik, buah buahan perlu dibungkus dengan kemasan yang sangat menarik untuk menumbuhkan minat beli orang terhadap produk buah-buahan yang anda jual. Lalu desain kios buah harus tampil unik dan menarik yang membuat para calon pembeli tertarik untuk mengunjungi kios buah anda.

13. Jangan bergantung
Sebuah kalimat bijak menyatakan jangan pernah bergantung kepada orang lain. Kalau ia bergantung pada orang lain maka siap siaplah ia kecewa. Begitupula dalam bisnis buah-buahan, anda jangan bergantung kepada karyawan anda. Anda mesti menguasai cara berjualan buah buahan yang laris manis. Sehingga dengan hadirnya karyawan membantu meningkatkan penjualan buah-buahan. Jika mereka mengundurkan diri dari pekerjaannya maka anda masih tetap bisa menjalankan bisnis buah-buahan secara mandiri dan menguntungkan.

14. Promosi
Setelah anda membuka bisnis buah-buahan maka untuk mengenalkan kepada masyarakat umum anda perlu melakukan promosi. Ada dua jenis promosi yang bisa dilakukan secara bersamaan yaitu promosi online dan offline. Namun tipe promosi usaha buah buahan yang paling baik adalah promosi dari mulut ke mulut.

Cara promosi yang efektif dari mulut ke mulut biasanya terjadi dari konsumen atau pelanggan yang merasakan kepuasan atas pelayanan yang anda berikan. Karena berdasarkan survey terpercaya bahwa satu orang mempunyai banyak teman di sekitarnya hingga bisa mempengaruhi 500 orang. Jika anda mengecewakan konsumen berarti anda mengecewakan 500 orang. Sebaliknya jika anda memuaskan satu konsumen maka akan datang 500 konsumen berikutnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memuaskan konsumen satu persatu. Jangan pernah mengecewakannya

15. Berdoa
Terakhir cara bisnis buah-buahan agar laris manis, untung jutaan adalah senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab semua kesuksesan dengan ijin-Nya.