13 Bisnis Sampingan di Rumah yang Membuat Anda Cepat Kaya

01 Januari 2017

Setiap manusia menginginkan hidup sukses dan kaya raya. Namun untuk mencapainya tidak semudah membalikkan tangan. Diperlukan kerja keras, ulet, pantang menyerah, sabar dan kreatif untuk meraih yang namanya sukses. Begitulah kunci keberhasilan dalam dunia wirausaha.

Untuk menjadi manusia sukses dan kaya raya bisa lewat berbagai jalan. Misalnya mendapatkan warisan, menemukan harta karun, menikah dengan pasangan hidup yang kaya raya, dan  terakhir cara kaya dengan melakukan suatu bisnis yang melayani banyak orang.

Seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi maka melakukan bisnis bisa dijalankan di dalam rumah secara sampingan. Anda dapat cepat kaya dengan melakukan usaha sampingan di rumah yang menguntungkan. Lalu jenis bisnis sampingan di rumah apa saja yang sangat menjanjikan dan membuat cepat kaya?
bisnis sampingan, usaha sampingan, bisnis, bisnis sampingan cepat kaya

Bisnis Sampingan di Rumah yang Membuat Anda Cepat Kaya
Tanpa panjang lebar, berikut ini 13 bisnis sampingan di rumah yang bisa membuat Anda cepat kaya berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, antara lain:

Bisnis Makanan
Salah satu bisnis sampingan rumahan yang menjanjikan membuat anda cepat kaya adalah bisnis dalam bidang makanan. Ada banyak jenis makanan ringan maupun pokok yang bisa dijadikan sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Misalkan usaha membuat sale pisang ambon, snack atau cemilan, sate padang, kerupuk, serabi, gorengan, bakso, cireng, martabak, roti bakar, molen crispy, baso tahu, cuankie, kue cubit, ayam bakar, ayam goreng dan lain sebagainya.

Walaupun persaingan bisnis dalam bidang usaha makanan sangat tinggi, namun potensi untung besar dan cepat kaya tetap masih sangat besar. Usaha produksi makanan bisa dijalankan di dalam rumah dalam bentuk industri rumah tangga. Pemasaran bisa dengan cara membuka toko secara fisik dan online, menitipkan ke toko makanan dll. Kunci sukses bisnis makanan adalah bentuk unik, kreatif, dan memiliki rasa enak yang berbeda dengan yang lain.

Prospek usaha kuliner makanan sangat menguntungkan. Dikarenakan manusia membutuhkan makan setiap hari. Usaha ini termasuk bisnis yang abadi. Dan bisnis kuliner termasuk usaha rumahan yang dapat dijalankan dengan modal kecil untung besar. Sehingga tak aneh sangat mudah kita jumpai di pinggir jalan, para pedagang yang menjajakan makanan secara kaki lima maupun konsep toko pada pagi, siang maupun malam hari. Dan semuanya laris manis. Seperti di lingkungan daerah desa penulis ada beberapa usaha sampingan rumahan yang laris manis. Misalkan usaha produksi roti, keripik, kue, bisnis jual mie ayam, bubur ayam, tahu crispy, soto bongko, siomay, bakso, ayam bakar dll.

Bisnis Minuman
Usaha kuliner minuman meliputi berjualan es krim, minuman dingin dalam kemasan dan lain sebagainya. Bisnis minuman lagi trend karena sekarang memasuki musim kemarau. Pada saat ini banyak orang yang kehausan dan kerongkongan. Kerapkali terjadi haus dan dahaga pada siang hari selesai aktivitas kerja dan olahraga. Mereka membeli air minum dingin untuk melepas dahaga tersebut. Pendek kata, minum merupakan kebutuhan mendasar manusia. Sehingga usaha dalam bidang minuman termasuk bisnis yang sangat menjanjikan untung besar dan bisa cepat membikin anda kaya raya.

Usaha dalam bidang minuman dapat dijalankan oleh seorang ibu rumahtangga, karyawan, mahasiswa, dan pengangguran di halaman rumah. Asalkan letak rumah berada di tempat strategis. Misalkan di pinggir jalan utama, dekat dengan sekolah, pusat keramaian dan dekat taman bermain anak-anak. Agar usaha jualan minuman laku keras, Anda hendaknya memilih jenis minuman kemasan yang sedang diminati banyak kalangan, populer, trend dan laris manis.

Usaha Catering di Rumah
Inilah bisnis rumahan yang bisa dijadikan sampingan dengan potensi untung besar. Usaha catering akan selalu dibutuhkan orang. Seiring dengan perkembangan jaman sekarang yang ingin serba praktis, cepat dan mudah. Para ibu rumahtangga yang bekerja di pusat perkantoran seringkali tidak sempat untuk memasak. Sehingga bisnis catering menjadi pilihan bagi mereka untuk memesan makanan. Apalagi kebersihannya sangat terjamin dengan harga terjangkau.

Untuk mengembangkan usaha catering dengan menarik sebanyak mungkin pelanggan cukup mudah. Anda bisa mempromosikan bisnis catering kepada rekan-rekan kerja, tetangga sekitar, mempromosikan usaha catering pada waktu arisan RW RT, menawarkan bisnis catering ke berbagai lembaga pemerintah, perusahaan swasta, event organizer dan lain sebagainya.

Bisnis Fotocopy
Kata siapa bisnis sampingan fotocopy tidak bisa membuat seseorang cepat kaya? Justru usaha fotocopy dapat menjadikan seorang pelaku usaha berkelimpahan harta. Seperti yang dialami oleh seorang pengusaha fotocopy asal Jakarta. Ia memulai usaha fotocopy tanpa memiliki keterampilan dalam mesin cetak ini. Tapi bermodal nekat dan modal usaha yang cukup, ia merekrut tenaga karyawan yang ahli dalam mengoperasikan mesin fotocopy. Pengusaha sukses ini kemudian membuka usaha jasa fotocopy di depan pusat perkantoran. Berjalan waktu usaha fotocopynya laris manis yang membuat ia membuka cabang di daerah lain.

Jadi, jika rumah Anda terletak di dekat sekolah, universitas, pusat pendidikan, dan perkantoran maka dapat membuka bisnis fotocopy. Target pasar sudah jelas di depan mata. Tinggal menunggu waktu, usaha fotocopy akan laris manis. Apalagi dikombinasikan dengan usaha jasa print, jilid dan menjual keperluan kantor dan sekolah. Misalkan melengkapi dengan membuka usaha menjual ATK alat tulis kantor. Seperti map, penggaris, pensil, pena, kertas, buku tulis dll.

Bisnis Usaha Laundry
Seiring dengan perkembangan jaman yang modern, serba cepat, dan serba praktis membuat gaya hidup manusia jaman sekarang lebih elegan termasuk dalam soal mencuci pakaian dan menyetrikanya. Kalau pakaian mereka kotor langsung saja diberikan ke usaha laundry. Tak perlu repot basah dan terciprat kotoran. Praktis dan cepat. Hal ini menimbulkan peluang bisnis membuka usaha laundry sangat menjanjikan bukan hanya di kota tapi juga di desa terutama dekat kampus, kost-kostan, pusat perkantoran dan perumahan warga.

Jika Anda sedang mencari peluang bisnis sampingan di rumah yang sangat menjanjikan tak ada salahnya mencoba membuka usaha laundry secara kiloan maupun satuan. Pangsa pasar yang tepat  bagi bisnis laundry adalah kalangan mahasiswa, karyawan negeri dan swasta dll. Tips supaya usaha laundry untung besar dan membuat cepat kaya, beberapa aspek harus diperhatikan. Yang utama memberikan harga jasa laundry kiloan dan satuan yang bersaing dengan kompetitor, misalkan Rp 5.000 perkg.

Rincian modal usaha laundry terbilang sangat ringan. Dengan modal uang sebesar Rp 6  juta, seorang pelaku usaha dapat memulai usaha laundry dari nol. Modal uang itu dipergunakan untuk membeli satu buah mesin cuci laundry satuan dan kiloan yang otomatis beserta alat pengering dan alat peralatan usaha laundry seperti setrika, plastik dan timbangan. Berjalan waktu dengan  gaji karyawan Rp 1 juta perbulan maka kurang dari dua tahun jika usaha laundry berada di lokasi strategis yang tepat maka modal usaha bisa kembali lagi.

Bisnis Membuat Blog
Jangan sepelekan kegiatan yang bernama ngeblog. Sebab sudah sangat banyak orang yang kaya raya dan berkelimpahan harta hanya dari aktifitas ngeblog. Lihat saja Eka Lesmana, Herman Yudiono, Habibie Hafsyah, Anne Ahira dan internet marketer sukses lainnya. Mereka bisa menghasilkan uang sebesar miliaran rupiah perbulan dari ngeblog. Aktifitas ngeblog baik secara partime atau fulltime bisa membuat anak-anak muda jaman sekarang cepat kaya.

Apabila Anda bingung mencari bisnis sampingan di rumah dengan potensi untung besar dan cepat kaya maka bisnis online membuat blog adalah pilihan yang tepat. Usaha online ngeblog bisa dikerjakan seorang karyawan, ibu rumahtangga, pelajar, pensiunan dan mahasiswa di waktu luang. Seperti halnya yang dilakukan oleh penulis. Pada waktu pagi hari bekerja ke kantor sebagai karyawan pabrik. Dan sepulang bekerja dari kantor menjalankan bisnis sampingan membuat blog atau ngeblog. Terkadang penghasilan ngeblog jauh lebih besar ketimbang bekerja sebagai karyawan swasta.

Banyak tutorial gratis mengenai cara membuat blog secara gratis. setelah Anda membuat blog gratis kemudian memposting artikel yang berkualitas dengan tema yang sesuai dengan bidang keahlian ataupun hobi. Misalkan apabila hobi otomotif maka sobat dapat membuat blog niche otomotif. Sehingga kegiatan ngeblog menjadi aktifitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan keuangan keluarga nantinya.

Setelah blog memiliki trafik yang tinggi, Anda dapat memonetisasi blog dengan memasang jasa sewa iklan mandiri, menjadi publisher periklanan, menjual barang fisik dan non fisik digital, menjual jasa, dan lain sebagainya. Anda pun dapat membuat blog toko online yang sangat prospektif. Sebab pangsa pasar ke seluruh dunia.

Usaha Cuci Motor dan Mobil
Bisnis sampingan yang dapat dikerjakan di rumah dengan mudah adalah usaha pencucian motor dan mobil. Bisnis steam motor dan mobil terbilang sangat mudah dioperasikan. Apalagi kini menjamur waralaba usaha cuci motor. Anda bisa memilih franchise bisnis pencucian motor disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Ada beragam paket usaha cuci motor yang bisa dipilih. Tugas sobat hanya mengawasi operasional usaha.

Bisnis Warnet dan Jasa Pengetikan
Perkembangan jaman sekarang, kehidupan manusia tidak bisa lepas dari internet. Karena banyak hal yang bisa dilakukan dari internet. Dimulai dari bisnis online, bersosialisasi lewat medsos, mencari berita terkini, hingga menunjukkan eksistensi diri. Atas hal itu menimbulkan peluang usaha membuka jasa warung internet sebagai penyedia kebutuhan internet. Untuk menambah penghasilan, bisnis warnet bisa digabung dengan usaha jasa pengetikan. 

Usaha Isi Ulang Pulsa
Bisnis isi ulang pulsa termasuk bisnis yang menjanjikan untung besar tapi dengan modal kecil. Memang keuntungan bersih yang didapatkan dari berjualan pulsa per satu transaksi sangat kecil sekitar Rp 300. Namun dengan penjualan pulsa yang banyak maka keuntungan pun bisa berlipat-lipat ganda. Apalagi pulsa termasuk kebutuhan utama manusia modern jaman sekarang untuk mengoperasikan ponsel sebagai sarana berkomunikasi dan online di dunia maya. Bisnis ini bisa digabung dengan usaha penjualan aksesoris ponsel, isi pulsa token listrik dan lain sebagainya.

Bisnis Perikanan
Misalnya budidaya ikan mas, mujaer, gurame, ikan nila, lele, belut dan lain sebagainya. Usaha ini bisa dikerjakan secara sampingan di rumah namun dengan keuntungan lumayan besar. Banyak orang sukses dan cepat kaya berkat usaha budidaya ikan yang ditekuninya. Karena permintaan ikan di Indonesia sangat besar setiap hari. Ikan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Bisnis Toko Kelontongan
Usaha sampingan di rumah yang sangat menguntungkan lainnya adalah membuka gerai toko kelontongan. Di desa penulis ada lima buah toko kelontongan yang satu sama lain saling berdekatan. Dan semuanya laris manis. Hal ini menunjukan bisnis ini menjanjikan sekali untuk dijalani walaupun tingkat persaingan usaha sangat tinggi. Apabila lokasi rumah anda berada di pinggir jalan yang ramai atau dekat dengan perumahan warga maka sangat tepat untuk membuka usaha toko kelontongan yang menyediakan berbagai keperluan dapur dan rumah tangga. Seperti telur, terigu, mentega, susu, beras, kacang dll.

Usaha Jasa Penulis Artikel
Semakin banyaknya orang yang terjun dalam bisnis online berupa toko online, publisher adsense, dan bisnis internet lain sebagainya membuat bisnis jasa penulisan artikel sedang popular saat ini. Jika anda mempunyai hobi dan keterampilan dalam menulis tak ada salahnya membuka usaha jasa penulisan artikel di marketplace seperti olx, media sosial maupun blog. Semakin banyak tulisan yang dihasilkan maka semakin besar penghasilan yang didapatkan. Bisnis sampingan ini bisa dilakukan pada malam hari selepas pulang dari kerja di kantor. 

Bisnis Pom Bensin Mini
Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang bertambah besar setiap tahun membuat peluang bisnis pom bensin pertamini sangat layak untuk dijalani. Usaha anti rugi ini terbukti bisa menghasilkan keuntungan bersih sampai puluhan juta rupiah per bulan. Asalkan lokasi rumah berada di pinggir jalan dan strategis maka anda dapat membuka usaha jualan bensin eceran pertamini.

Itulah sejumlah bisnis sampingan yang bisa dilakukan di rumah yang dapat membuat seseorang cepat kaya. Sebenarnya masih banyak usaha sampingan lainnya secara rumahan yang menjanjikan seperti bisnis kaos sablon. Bisnis ini sangat menjanjikan untung besar walaupun tingkat persaingan usaha cukup tinggi. Bisnis pembuatan kaos sablon bisa dijalankan secara sampingan dan rumahan. Kunci sukses bisnis ini terletak pada pemilihan bahan yang berkualitas, desain gambar menarik dan unik. Adapun cara pemasaran dapat dilakukan dengan membuka toko penjualan kaos secara offline dan online.