Cara Membuka Bisnis Bimbingan Belajar yang Menguntungkan

19 Juli 2021

Bisnis bimbingan belajar disingkat bimbel atau usaha kursus merupakan sebuah jenis bisnis yang senantiasa ada dan tak pernah sepi konsumen. Usaha ini akan selalu dibutuhkan manusia selama manusia masih hidup di muka bumi. Dikarenakan keperluan terhadap ilmu pengetahuan dan keterampilan takkan pernah selesai. Apalagi dengan mempunyai bekal ilmu dan pengetahuan bisa menghantarkan seseorang sukses dalam menempuh karir, pendidikan dan finansial.

Prospek Usaha Bimbingan Belajar
Setiap orangtua tercinta pasti mengharapkan buah hatinya tumbuh dengan pintar dan cerdas. Ketika anak-anaknya usia balita hingga menempuh pendidikan di sekolah formal. Oleh karenanya, demi membuat anak-anaknya berkembang pintar dan cerdas mereka rela mengeluarkan uang banyak. Anak-anaknya dimasukkan ke dalam lembaga bimbingan belajar yang memberikan les tambahan pelajaran di luar sekolah.
bisnis bimbingan belajar, bimbingan belajar, bisnis bimbel, usaha bimbel, bimbel, tutoring, bisnis kursus private

Fenomena di atas bukan sekarang saja terjadi tapi sejak beberapa tahun kebelakang seiring diadakannya ujian nasional (UN) oleh pemerintah dan ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri. Tak ayal, hal tersebut membuat menjamurnya bisnis lembaga pendidikan di tanah air baik secara mandiri dan waralaba. Pendek kata, bisnis bimbingan belajar prospeknya sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini. Mengingat pangsa pasar luas dan kebutuhan para siswa sangat mendesak terhadap usaha bimbel calistung.
Kegiatan bimbingan belajar dapat dijadikan sebagai usaha sampingan tanpa modal bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana, baik oleh seorang pemula maupun profesional. Dengan bekal keterampilan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki serta pandai menghadapi anak sekolah, usaha bimbel bisa dijalankan secara baik dan menguntungkan. Ada banyak bisnis bimbingan belajar yang tadinya sederhana sudah menjelma menjadi bisnis waralaba yang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. 

Adapun yang membuat bisnis bimbingan belajar sangat menjanjikan. Dikarenakan pangsa pasar yang sangat jelas dan luas yaitu para siswa siswi SD, SMP, SMA, mahasiswa sampai umum. Usaha ini menyediakan berbagai kelas seperti kelas bimbingan keahlian dan keterampilan, kelas karyawan, kelas regular, kelas bersifat musiman misalkan kelas persiapan ujian masuk perguruan tinggi atau persiapan ujian nasional. Dengan beragamnya layanan yang diberikan membuat penghasilan besar dari bisnis bimbel sangat menggiurkan.

Cara Membuka Bisnis Bimbingan Belajar yang Menguntungkan
Untuk membuka usaha bimbingan belajar cukup mudah dan tak memerlukan modal besar. Ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti persiapan membuka bimbingan belajar. Dengan modal keterampilan mengajar, ilmu pengetahuan yang dimiliki, keahlian atau keterampilan yang dikuasai dan pandai dalam menarik sebanyak mungkin konsumen dari kalangan anak sekolah maka sobat sudah bisa menjalankan bisnis bimbel yang sederhana.

Ada dua cara yang bisa dilakukan dalam membuka usaha bimbingan belajar yaitu pertama, dengan cara les privat dimana sang guru datang ke rumah murid. Kedua, membuka usaha bimbingan belajar dengan lokasi di rumah. Contohnya saja yang dilakukan Anne Ahira dulu yang membuka usaha les privat bahasa Inggris yang datang langsung ke rumah murid ekspatriat dengan penghasilan Rp 10 juta perbulan. Wow lumayan kan?

Berikut ini beberapa langkah dalam cara membuka bisnis bimbingan belajar yang menguntungkan, antara lain:

▪ Mempunyai bekal ilmu pengetahuan seperti ilmu matematika, kimia, fisika, bahasa Inggris dan lain-lain yang sedang laris manis dicari anak sekolah dan diujikan di sekolah. Ini adalah modal utama dari usaha bimbel atau les privat.

▪ Merekrut tenaga pengajar yang handal jika diperlukan. Mungkin saja saat pertama kali usaha bimbingan belajar dibuka oleh sobat maka sobat menjalankan bisnis ini secara sendirian. Namun seiring bertambah banyaknya konsumen, anda mesti merekrut tenaga pengajar tambahan yang profesional dengan sistem gaji bulanan atau bagi hasil. Dengan demikian, jika prestasi siswa membaik setelah bergabung ke dalam lembaga bimbingan belajar sobat maka lembaga sobat akan mulai terkenal dan bercitra baik. Para pelanggan akan makin bertambah banyak.

▪ Mengatur schedule atau jadwal bimbingan belajar agar tidak saling bertabrakan atau tumpang tindih. Hal ini berlaku bagi sang pengajar dan anak murid.

▪ Membikin modul per mata pelajaran supaya memudahkan proses belajar mengajar antara siswa dan sang pengajar serta mengajar secara berurutan.

▪ Mempunyai lokasi usaha bimbingan belajar di tempat strategis. Tapi hal itu tak mutlak. Sobat bisa menjalankan bisnis ini secara rumahan atau datang langsung ke rumah konsumen secara les privat.

▪ Memiliki peralatan dan perlengkapan usaha bimbingan belajar yang meliputi komputer dan printer untuk kegiatan administrasi, kursi, meja, papan tulis, laptop, alat tulis, spidol besar, whiteboard, buku dan modul pengajaran.

▪ Seiring dengan berkembangnya usaha bimbingan belajar, sobat perlu mempekerjakan karyawan tambahan bagian tenaga pengajar, administrasi, tenaga kebersihan, bagian keuangan dan lain sebagainya.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Cara Memasarkan Usaha Bimbingan Belajar
Sekarang ini sangat mudah dijumpai usaha bimbingan belajar atau bimbel terutama di perkotaan. Seiring dengan tingkat persaingan bisnis bimbingan belajar sangat tinggi akhir-akhir ini baik di kota besar maupun di desa, maka sobat perlu melakukan beberapa teknik jemput bola dalam mendapatkan konsumen sebanyak mungkin.

Teknik jemput bola seperti mengadakan kerjasama dengan pihak sekolah formal baik di tingkatan SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Kemudian tawarkan kepada pihak sekolah kerjasama yang saling menguntungkan. Misalnya anda memberikan diskon atau potongan harga bagi siswa yang ikut bergabung dalam lembaga bimbingan belajar sobat.

Berikan pula hadiah atau komisi uang yang lumayan bagi setiap guru atau sekolah yang mengirimkan muridnya untuk ikut dalam les bimbingan belajar sobat. Dengan demikian, para pelanggan sobat akan bertambah banyak dari hari ke hari. Omzet bisnis bimbel privat bertambah besar setiap bulan. Hal itu pastinya akan membuat sobat semakin bersemangat membangun bisnis bimbingan belajar lebih besar lagi.

Mengingat persaingan usaha sangat tinggi dari usaha bimbel maka sobat perlu melakukan berbagai penawaran keunggulan dan kelebihan dari bisnis bimbel pendidikan sobat, seperti memberikan garansi. Cobalah untuk memberikan garansi lulus ujian nasional dan lulus ujian perguruan tinggi negeri bagi anak sekolah yang belajar di lembaga bimbingan belajar sobat. Jika tak lulus berikan jaminan uang kembali. Sehingga semakin banyak siswa yang lulus ujian nasional dan ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri maka semakin dikenal lembaga bimbingan belajar sobat. Hal tersebut sangat baik yang berdampak jumlah murid akan bertambah besar.

Kisah Sukses Pengusaha Bimbingan Belajar dari Nol
Untuk mengetahui cara mendirikan bisnis bimbel sendiri secara rumahan yang menguntungkan, kita bisa belajar kepada pria bernama lengkap Sony Sugema. Pria tampan ini terkenal sebagai pengusaha bimbingan belajar yang sukses di Indonesia. Ia memulai berprofesi sebagai pengusaha sejak usia 15 tahun tepatnya pada waktu ia duduk di bangku sekolah kelas 2 SMAN 3 Bandung.

Pria yang akrab disapa Sony ini terpaksa membuka usaha les bimbingan belajar kepada sejumlah teman sekelas di SMA semenjak ayahanda tercinta meninggal dunia. Ia satu-satunya tulang punggung keluarga bagi empat orang adiknya dan ibunda tercinta. Bekal kepintaran, kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya mampu dijadikan lahan bisnis menguntungkan pada saat itu. Sebenarnya ia mencoba menjaring konsumen dari khalayak umum tapi tidak mudah untuk didapatkan. Sehingga ia mulai dari lingkungan terdekat yang mudah yakni teman satu kelas. Ia membanderol harga bimbingan belajar jasa les privat sebesar Rp 5000 perbulan.

Berjalan waktu, setelah ia mengajarkan ilmu kepada teman-teman sekolahnya Sony merasakan ada kenikmatan tersendiri dalam mengajar. Ia menyukai dunia mengajar les privat bimbingan belajar. Oleh karenanya, ia semakin giat menekuni bisnis bimbel hingga ia berstatus sebagai mahasiswa Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Sipil.

Pada waktu kuliah di tingkat semester satu ITB, pria tampan ini memutuskan untuk menikah dengan gadis pujaannya yang masih satu universitas. Selepas menikah, bertambahlah tanggungan Sony. Ia kini harus membiayai nafkah bagi isteri tercinta disamping membiayai ibunda dan 4 orang adiknya. Dirasakan penghasilan dari usaha les privat kurang mencukupi maka ia terpaksa bekerja sebagai guru mata pelajaran fisika, matematika dan kimia di sebuah SMA di Bandung tepatnya SMU Angkasa.

Untuk menambah terus sumber pemasukan, Sony Sugema pun bekerja di sejumlah usaha bimbel lembaga pendidikan di tanah air. Merasakan penghasilannya terasa mandek, Sony pun fokus untuk mengembangkan bisnis bimbingan belajar yang dibangun bernama Sony Sugema College disingkat SSC berlokasi di jalan Dipati Ukur Bandung.

Sementara itu, modal awal dalam membuka bisnis bimbingan belajar Sony Sugema College sekitar Rp 1,5 juta yang didapatkan dari royalti buku pelajaran yang ditulisnya.  Modal usaha itu digunakan untuk membayar biaya sewa lokasi usaha dan gaji karyawan. Pada mulanya ada 140 anak sekolah yang menjadi konsumen. Namun seiring dengan semakin banyak pelanggan dan konsumen membuat ia kewalahan dalam mengurus bisnisnya.

Sony Sugema pun meminta bantuan kepada rekan-rekannya yang sedang menuntut ilmu di IKIP, UNPAD dan ITB agar bersedia menjadi tenaga pengajar tambahan dengan gaji komisi yang lumayan besar. Sejak tahun 1991, usaha bimbingan belajar Sony Sugema berkembang pesat. Ia membuka cabang di Jakarta yang merembet ke kota besar lainnya hingga ke seluruh nusantara.

Dengan terus terang, Sony Sugema memaparkan kelebihan lembaga bimbingan belajar yang dimilikinya terletak pada kemampuan untuk menyelesaikan soal dengan cepat, kemampuan untuk memudahkan dalam pemahaman belajar bagi siswa serta revolusi cara belajar yang menyenangkan.