Daftar Waralaba Terlaris yang Digemari Pembeli

27 Agustus 2016

Dalam membuka suatu usaha tidak mesti dimulai dari nol. Seringkali seorang calon pelaku usaha ingin praktis dalam membuka usaha. Tak mau ribet. Dimulai dari produksi hingga barang siap jadi. Dimana bahan baku sudah tersedia sangat komplit, perlengkapan dan peralatan usaha sudah lengkap dengan merek yang sudah terkenal di masyarakat dan promosi usaha yang gencar. Selain itu, kalau bisa modal usaha yang dibutuhkan terbilang kecil. Atas hal inilah menimbulkan peluang usaha waralaba di tanah air.

Banyak usaha waralaba yang laris manis diminati banyak konsumen dari berbagai jenis usaha. Berbagai pameran waralaba dan edukasi tentang waralaba bermunculan di tanah air yang membuat tingkat kesadaran masyarakat pelaku usaha sangat tinggi dan respek terhadap bisnis franchise. Hal itu membuat berbagai gerai waralaba bermunculan di sudut kota atau daerah di tanah air dari modal kecil kelas kaki lima hingga modal besar kelas restoran. 
waralaba, franchise, bisnis waralaba, waralaba terlaris, usaha franchise, usaha makanan

Perhatian para pelaku usaha terhadap bisnis waralaba sangat tinggi. Mereka ingin mempunyai suatu bisnis yang mapan dan telah teruji dengan sistem kerjasama yang jelas. Berbondong-bondong usaha yang mapan membuka kesempatan kemitraan sistem waralaba bagi masyarakat luas. Sedangkan calon pelaku usaha berbondong-bondong membeli paket franchise yang menguntungkan. Oleh sebab itu, pilihan mereka jatuh ke dalam usaha franchise yang menguntungkan.

Bisnis Waralaba Terlaris
Sekarang yang menjadi pertanyaan waralaba apa saja yang laris manis dan digemari oleh para pembeli untuk saat ini? Salah satunya adalah waralaba bidang makanan menjadi jenis franchise favorit dan terlaris yang paling banyak dibeli orang. Hal ini tak terlepas karena makanan merupakan kebutuhan utama manusia setiap hari yang tidak bisa ditunda selama manusia masih hidup di muka bumi. Bisnis ini bukan usaha musiman dan anti krisis.

Dalam membeli paket usaha waralaba biasanya ditentukan oleh franchisor pusat mengenai biaya investasi, fasilitas usaha yang didapatkan, sistem promosi marketing dan lain sebagainya yang memudahkan calon pembeli waralaba. Seorang pelaku usaha pemula yang masih awam soal dunia wirausaha bisa langsung menjalankan bisnis barunya dengan sistem waralaba. Sebab segala persiapan usaha telah dilaksanakan oleh pihak waralaba pusat diawali konsep, resep, sampai pemasaran. Pendek kata, usaha waralaba sangat cocok bagi pemula yang ingin memulai suatu usaha dengan menguntungkan tanpa dari nol. Atas kenyataan itu, kini bisnis waralaba mulai dilirik banyak orang di tanah air. Bahkan menjadi usaha primadona para wirausahawan baru di tanah air yang belum atau tidak mempunyai pengalaman dalam memulai bisnis.

Sekarang ini persaingan mendapatkan sebuah pekerjaan sangat tinggi di tengah sempitnya lapangan kerja baru. Sedangkan para lulusan angkatan kerja bertambah setiap tahun. Oleh sebab itu, pengangguran bertambah banyak di Indonesia. Untuk mengatasi masalah pengangguran secara efektif dengan menciptakan lapangan kerja baru. Salah satunya dengan berwirausaha mandiri lewat sistem franchise.

Untuk mencapai sebuah kesuksesan usaha waralaba tidak mudah. Diperlukan berbagai strategi seperti pemilihan waralaba yang tepat dan menguntungkan serta laris manis. Misalnya waralaba dalam bidang kuliner yang terbukti tahan di masa krisis dan mudah dijalankan sekarang ini.

Penulis merekomendasikan para pembaca untuk memilih usaha waralaba kuliner. Disebabkan usaha kuliner mempunyai prospek cerah dan pangsa pasar yang sangat besar. Setiap manusia memerlukan makan dan minum. Berikutnya, waralaba kuliner kebanyakan ditawarkan paket kerjasama kemitraan dengan harga terjangkau dan murah meriah. Selain itu, proses BEP atau balik modal bisa dicapai dalam waktu singkat. Atas pertimbangan itu, waralaba makanan merupakan jenis franchise yang terlaris digemari para pembeli di tanah air.

Makanan Waralaba Terlaris Saat Ini
Untuk lebih jelasnya berikut ini daftar waralaba terlaris yang digemari pembeli dalam bidang kuliner, antara lain:

1. Waralaba Fried Chicken / Ayam Goreng
Waralaba ini menempati posisi nomor satu sebagai waralaba kuliner paling laris di Indonesia bahkan dunia. Fried chicken sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa sebagai makanan pelengkap nasi dengan rasa enak, lezat, renyah dan gurih. Sehingga sangat mudah kita temui di berbagai sudut kota dan daerah gerai usaha waralaba fried chicken yang satu sama lain masih berdekatan jaraknya. Baik di kota maupun desa sudah menjamur gerai usaha fried chicken. Di desa penulis saja sudah ada 5 gerai usaha fried chicken dengan sistem waralaba yang kesemuanya laris manis. Hal ini dikarenakan pangsa pasar yang luas dan kuliner ayam goreng yang dibalut tepung ini digemari banyak orang. Di tengah munculnya berbagai jenis kuliner baru yang menggugah selera, ayam goreng fried chicken tetap eksis memperoleh tempat special khusus di hati masyarakat tanah air

2. Waralaba Bakso
Anda tentu sudah mengenal kuliner bakso. Makanan ini sudah familiar di masyarakat tanah air. Makanan berbentuk bulat yang umumnya terbuat dari bahan dasar daging sapi ini disukai banyak orang dimulai kalangan anak-anak hingga orang tua. Sehingga sangat gampang kita temui sekarang ini gerai usaha bakso di berbagai sudut kota, tempat, dan daerah dimanapun. Semisal di terminal, di depan minimarket, di depan sekolah, dekat mall atau pusat perbelanjaan, stasiun, kampus dll baik menggunakan gerobak mobile maupun permanen.

Bakso memiliki banyak ragam dilihat dari cara pembuatan. Jika bakso dibakar maka disebut bakso bakar. Apabila bakso terbuat dari daging ikan maka disebut bakso ikan. Lalu ada pula bakso ayam, bakso sapi dll. Adapun bentuk bakso pada umumnya bulat walaupun kini mulai ada bentuk bakso yang unik misalnya bentuk kotak, love dll.

Di desa penulis ada lima gerai usaha bakso secara permanen dan 19 gerai usaha bakso keliling secara mobile menggunakan gerobak dorong dan sepeda motor yang semuanya laris manis diserbu pembeli.

Pendek kata, para penikmat bakso mencakup semua kalangan dari golongan miskin hingga kaya raya, tua sampai anak-anak, dll. Potensi pasar yang besar itulah dimanfaatkan sebagian orang dengan membuka usaha waralaba bakso dengan harga yang terjangkau. Waralaba dari makanan populer ini sangat beragam baik dari kelebihan segi jenis maupun bentuknya. Misalnya bakso tik tok, bakso bakar, bakso malang, dan lain sebagainya. Walaupun tingkat persaingan usaha bakso sangat tinggi di tanah air, pangsa pasar masih terbuka lebar.

3. Waralaba Burger
Walaupun makanan ini bukan kuliner asli tanah air tapi burger sangat digemari banyak kalangan di Indonesia. Sehingga banyak pengusaha burger kaya raya dari hanya berjualan kuliner ini. Inilah yang menjadi alasan waralaba burger di posisi ketiga dalam daftar waralaba makanan terlaris yang digemari pembeli.

Franchise burger yang bisa sobat jalin kerjasama kemitraan beragam jenis dan konsep. Ada konsep kelas restoran, kelas kaki lima, dan konsep unik lainnya. Bisnis ini anti krisis dan tidak pernah mati. Karena kebutuhan manusia untuk makan setiap hari. Apalagi burger mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

4. Waralaba Es Krim
Siapa sih yang tidak menyukai es krim? Semua orang tentu menyukai kuliner yang satu ini terutama kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini karena rasa es krim sangat manis, lezat dan nikmat serta dalam kondisi dingin mampu melepaskan dahaga haus yang terbuat dari bahan dasar krim susu. Pangsa pasar yang sangat luas membuat usaha waralaba es krim sangat menguntungkan dan menjanjikan. Sehingga pantas masuk dalam daftar waralaba kuliner terlaris yang digemari pembeli. Banyak pengusaha di tanah air yang kaya raya dan sukses dari hanya bisnis waralaba es krim.

5. Waralaba Kebab
Kebab merupakan salah satu makanan asli khas Timur Tengah yang disukai banyak orang di tanah air. Pangsa pasar yang besar itulah menimbulkan bermunculan usaha waralaba kebab misalnya kebab turki baba rafi. Dan gerai ini sangat mudah dijumpai di pinggir jalan kota besar lewat konsep kaki lima maupun resto. Sedangkan usaha kebab di desa masih sangat langka. Hal ini membuka peluang usaha baru di pedesaan yakni usaha waralaba kebab yang menguntungkan dan memiliki prospek baik ke depannya. Sebab ia termasuk waralaba makanan paling laris urutan kelima di tanah air.

6. Waralaba Kopi
Siapa sih yang tidak mengenal minuman kopi? Setiap hari para penggemar kopi akan mencicipi kopi di setiap waktu baik saat santai maupun sibuk bekerja. Bahkan minum kopi seringkali dilakukan bersama rekan dan teman yang kini telah jadi gaya hidup modern. Meminum kopi setiap hari telah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal inilah yang menimbulkan peluang usaha baru berupa waralaba dalam bidang minuman kopi dalam bentuk coffee shop, kedai kopi, resto coffee dll.

7. Waralaba Martabak
Siapa sih yang tidak suka martabak. Semua orang dari berbagai kalangan baik tua atau muda, kaya atau miskin menyukai kuliner manis ini termasuk penulis. Gerai usaha waralaba sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota maupun di daerah. Di daerah penulis saja sudah ada tiga gerai usaha martabak yang jaraknya tidak terlalu jauh. Walaupun demikian semua gerai usaha martabak laris manis dibeli banyak orang. Hal ini disebabkan pangsa pasar yang luas membuat usaha ini sangat menjanjikan untuk dijalankan walaupun tingkat persaingan usaha sangat tinggi. Ada banyak jenis waralaba martabak yang bisa sobat jalin kerjasama kemitraan. Misalnya martabak mini waka waka, dll.

Demikianlah gambaran besar daftar waralaba terlaris yang digemari pembeli. Usaha waralaba ini juga bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan enteng modal. Jika sobat memiliki modal uang yang terbatas dan ingin memulai suatu usaha franchise dengan modal yang ada maka tak ada salahnya menjalankan kumpulan usaha waralaba di atas yang menguntungkan dengan modal kecil. Silahkan memilih sesuai selera dan passion.