Inilah Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Merepotkan Suami

02 Januari 2017

Tulisan ini didedikasikan bagi ibu rumah tangga yang sedang mencari ide bisnis sampingan di rumah yang menjanjikan menguntungkan tanpa melupakan kodrat sebagai wanita. Saat ini adalah masa kebebasan atau emansipasi wanita. Tidak ada pandang bulu seorang perempuan ia dapat bekerja di kantor dan membuka usaha sampingan. Dan tak jarang bisnis sampingan yang dibangun ibu rumah tangga sukses besar. Seperti halnya istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah Khuwailid yang berhasil jadi pengusaha kaya dengan menjalankan bisnis sampingan.

Penulis melihat secara langsung sepasang suami isteri yang baru menikah beberapa tahun. Pada awalnya kodisi keuangan keluarga berjalan lancar dan positif. Namun setelah memiliki dua orang anak, isteri dan perempuan kehidupan ekonomi keluarga tersebut sedikit terguncang. Kerapkali gaji suami tak cukup. Selalu habis sebelum akhir bulan. Hal ini tak terlepas dari bertambahnya  pengeluaran bulanan untuk biaya makan, pendidikan dan jajan serta uang saku anak.

Kalau hal di atas terjadi maka ada beberapa pilihan yang dapat ditempuh oleh seorang ibu rumah tangga. Pertama, ia bisa mencari lowongan kerja sebagai karyawan swasta. Pekerjaan mengurus anak dan suami dilakukan sebelum dan sepulang kerja. Dengan demikian sang ibu rumah tangga mempunyai penghasilan. Pengaturan keuangan keluarga menjadi gaji suami untuk memenuhi kebutuhan makan dan belanja keluarga. Sedangkan gaji sang isteri dipakai untuk biaya jajan, uang saku dan biaya sekolah anak. Kedua, seorang ibu rumah tangga dapat memulai bisnis sampingan yang menguntungkan tanpa meninggalkan rumah dan tanpa merepotkan sang suami tercinta. 
bisnis sampingan, usaha sampingan, bisnis sampingan ibu rumah tangga

Tugas seorang ibu rumah tangga tidak mudah. Selain ia harus mengurus suami, anak-anak juga harus mengurus rumahtangga. Namun apabila penghasilan suami terbatas dan tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga tak jarang seorang isteri turun tangan membantu suami dalam mencari penghasilan tambahan. Salah satu caranya menjalankan bisnis sampingan. Seringkali sang suami tak memaksa isteri tercinta membuka usaha sampingan. Tapi atas kerelaan sang isteri tercinta. Kalau begitu sungguh mulia sikap isteri yang demikian.

Di tengah kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan harga kebutuhan pokok yang terus merangkak naik seringkali membuat gaji sang suami sebagai karyawan swasta dan negeri tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anak isteri. Oleh sebab itu, tak ada cara lain selain isteri tercinta sebagai ibu rumah tangga mencoba mendapatkan sumber penghasilan lain dengan cara melakukan bisnis sampingan.

Lalu mengapa seorang ibu rumah tangga harus memulai bisnis sampingan ketimbang mencari iklan lowongan kerja sampingan ibu rumah tangga? Karena ia mesti mengurus anak-anak dan suami serta keluarga. Kegiatan itu tidak bisa dilepaskan begitu saja. Sebab sudah ketetapan dari Allah SWT. Sedangkan jika bekerja di kantor sangat tak bebas dan terikat. Jam datang dan jam pulang sudah ditentukan. Sehingga langkah yang tepat agar semuanya berjalan sukses antara mengelola keluarga dan ekonomi yang mapan seorang isteri bisa melakukan bisnis sampingan ibu rumah tangga tanpa modal atau modal kecil dengan potensi untung besar.

Pekerjaan dan bisnis sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di dalam rumah lebih menjanjikan dan menenteramkan hati. Sebab tidak ada keterikatan waktu dan jam kerja. Seorang ibu rumah tangga bebas menentukan jadwal kerja karena ia bos atas diri sendiri. Dan tak jarang usaha sampingan ibu rumah tangga sukses yang penghasilannya melebihi gaji suami di kantor. Kalau demikian sang suami bisa turut serta membantu isteri mengembangkan bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan itu ke level lebih besar lagi.

Agar bisnis sampingan ibu rumah tangga bisa dimulai dengan sukses perlu ditunjang oleh bakat, hobi, keterampilan, dan keahlian dalam bidang tersebut. Banyak sekali contoh usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa maupun di kota.

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Merepotkan Suami
Berikut ini sejumlah bisnis sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan tanpa merepotkan suami, antara lain:

Bisnis MLM Kosmetik
Bisnis multi level marketing sangat cocok dijalani seorang ibu rumah tangga secara sampingan. Ada banyak jenis usaha MLM seperti dalam bidang kesehatan, alat masak dan kecantikan. Bisnis ini masih menjanjikan prospek usaha cerah. Karena produk kesehatan dibutuhkan semua orang. Dan produk kosmetik tak bisa lepas dari wanita yang ingin selalu tampil cantik. Pendek kata, seorang ibu rumah tangga bisa memilih bisnis MLM kosmetik yang sangat menguntungkan.

Dengan berbekal relasi yang luas, pandai bersosialisasi dan sikap supel, usaha menjual produk kosmetik secara multi level marketing bagi ibu rumah tangga bisa sukses. Produk kosmetik akan selalu dibutuhkan perempuan setiap hari. Produk kecantikan yang dijual secara MLM antara lain Oriflame, dll. Apalagi dengan hadirnya internet, penjualan produk kosmetik bisa dilakukan online masih dengan sistem jejaring bertingkat Multi Level Marketing.

Salah seorang ibu rumah tangga yang sukses menjakankan usaha MLM produk kosmetik adalah Dini Shanti dan Nadia Meutia. Mereka memilih bergabung jadi member Oriflame dan menjual produk kosmetik brand tersebut di internet karena merek oriflame sudah terkenal di seluruh dunia dan Indonesia. Pilihan mereka tepat. Bisnis MLM produk kosmetik oriflame secara online sukses dan laku keras tahun 2016 dan 2017. Hal itu berkat kerja keras, fokus, dan pantang menyerah yang dimiliki kedua ibu rumah tangga cantik tersebut.

Bisnis Makanan
Inilah bisnis sampingan yang cocok dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga yakni usaha dalam bidang kuliner. Karena seorang ibu rumah tangga sudah terbiasa memasak di dapur, membuat makanan untuk sang suami dan buah hati tercinta. Sehingga mereka ahli dalam urusan memasak masakan. Mereka mempunyai banyak resep masakan yang enak dan lezat. Seperti halnya tetangga penulis seorang ibu rumah tangga yang mampu mengolah daging ayam menjadi masakan ayam bakar yang sangat enak dan lezat.

Kalau seorang ibu rumah tangga mampu membuat sebuah jenis masakan yang lezat lalu mengapa tidak menjadikan sebagai ladang bisnis? Caranya dengan membuka bisnis dalam bidang kuliner baik dalam bentuk konsep catering rumahan, warung nasi yang sederhana, cafe yang menjual makanan ringan dan kue, gerobak keliling sampai lokasi usaha permanen di rumah. Apabila lokasi rumah berada di tempat strategis di pinggir jalan yang ramai maka sang ibu rumah tangga bisa memulai bisnis kuliner secara rumahan dengan jenis masakan yang dijualnya adalah yang paling lezat dan dikuasai. Di desa penulis para ibu rumah tangga menekuni bisnis sampingan membuat kerupuk yang sudah ada penampungnya. Adapun masalah pemasaran menjadi tanggungjawab distributor selaku penampung.

Bisnis Membuat Kerajinan Tangan
Suatu hari penulis berkunjung ke rumah kerabat di desa. Dan menemukan tikar karpet dari bahan plastik bungkus kopi. Selain itu menemukan kerajinan tangan dari bungkus rokok, daun kering, kayu bekas, eceng gondok, sedotan, plastik dan kertas koran bekas. Dari hal itulah menarik penulis untuk membuka usaha kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan termasuk ide bisnis kreatif ibu rumah tangga tanpa modal. Dalam membuat kerajinan tangan seperti boneka, souvenir menarik unik, tas rajut, sandal lucu, jasa mengemas parcel, lampu lampion, mainan anak dll seringkali bisa menggunakan bahan-bahan limbah yang tak terpakai. Oleh sebab itu, dalam menekuni bisnis ini perlu kreatifitas yang tinggi. Pemasaran bisa dilaksanakan online dan dititipkan di toko souvenir terdekat. 

Salah seorang teman penulis berprofesi sebagai pengrajin kerajinan tangan boneka. Pada awalnya ia bekerja sebagai karyawan swasta di sebuah pabrik minuman kemasan besar di Jakarta. Namun setelah dirasakan penghasilan sebagai pegawai tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari keluarga kemudian ia memutuskan untuk berhenti bekerja. Ia memilih berwirausaha dan mengembangkan bisnis sampingan isteri tercinta yakni usaha kerajinan tangan membuat boneka. Tak berlangsung lama bisnis kerajinan tangan membuat boneka berkembang pesat hingga pemasaran ke Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Surabaya, Palembang, Bekasi, Yogyakarta, Bogor, Tangerang, Makasar dan kota lainnya. Sekarang ia bisa membeli mobil mewah dan rumah mewah serta mempekerjakan lima orang karyawan berkat bisnis kerajinan boneka.

Tak ada salahnya seorang ibu rumah tangga yang kreatif dan berjiwa seni tinggi bisa memulai usaha kerajinan tangan. Usaha ini sangat cocok dijalankan seorang ibu rumah tangga di desa dan kota. Adapun masalah pemasaran sangat mudah dijalankan baik secara online menggunakan media sosial yang sedang populer maupun offline. Asalkan produk kerajinan tangan unik dan original maka akan dibeli banyak orang di seluruh dunia. Sehingga bisnis ini sangat menjanjikan cepat kaya. Untuk memulai pemasaran produk kerajinan tangan dapat diawali dari tetangga, kerabat, teman dekat, sahabat, dan lain sebagainya.

Penulis Artikel dan Buku
Telah banyak di Indonesia para ibu rumah tangga yang mengisi waktu luangnya dengan menekuni bisnis sampingan membuat artikel dan buku dengan cara menulis. Bisnis jurnalistik dalam penulisan artikel dan buku sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Sebab usaha ini hanya memerlukan modal kecil tapi untung sangat besar.  Bisnis menulis buku dan artikel bisa dikerjakan di dalam rumah sebagai bisnis sampingan freelance, fulltime disamping mengurus anak dan keluarga.

Ada banyak penerbit dan blog yang membutuhkan tulisan-tulisan berkualitas. Bisnis ini tidak akan pernah rugi. Namun agar bisnis menulis buku menghasilkan uang besar harus dijalani dengan profesional dan produktif. Salah seorang ibu rumah tangga yang sukses menekuni bisnis sampingan sebagai penulis buku adalah JK Rowling. Ia yang menulis buku novel Harry Potter berkat karya tulisnya itu dinobatkan sebagai wanita terkaya di dunia.

Supaya usaha sampingan ibu rumah tangga yakni bisnis menulis buku sukses dan membuat kaya raya diperlukan beberapa hal yang penting. Sebab menulis buku dan artikel sangat susah bagi yang tidak terbiasa. Salah satu aspek yang diperlukan dalam menekuni bisnis ini adalah menguasai topik yang ditulis, mempunyai wawasan yang luas dengan cara banyak membaca buku dan lingkungan sekitar, dan terus berlatih menulis yang baik dan benar.

Jika menulis artikel dibayar sesuai jumlah artikel yang ditulis maka penghasilan dari menulis buku didapatkan dari royalti. Semakin laris buku yang telah ditulis maka semakin besar royalti yang diberikan. Seorang ibu rumah tangga JK Rowling mendapatkan royalti hingga miliaran dolar perbulan sehingga ia kaya raya dalam waktu singkat. Jika seorang ibu rumah tangga ingin kaya dalam waktu cepat maka langkah tepat sekali untuk memulai bisnis sampingan menulis buku terutama novel. Buatlah alur novel yang sangat menarik dengan tokoh-tokoh unik.

Setelah buku selesai ditulis minimal 200 halaman langkah selanjutnya adalah mengirimkan kepada penerbit yang sesuai dengan topik buku. Ada banyak penerbit di Indonesia baik skala nasional hingga lokal. Pilihlah penerbit yang sudah memiliki kredibilitas baik dan terpercaya. Misalnya Rosda Karya, Erlangga, Gema Insani Press dll. Telepon saja penerbit tersebut untuk menanyakan bagaimana prosedur cara mengirimkan naskah buku yang sudah selesai. Jika naskah buku diterima dan disetujui oleh pihak penerbit maka siap-siaplah seorang ibu rumah tangga mendapatkan royalti dari buku yang ditulisnya. Misalnya Helvy Tiana Rossa yang gemar menulis buku novel mampu menghasilkan uang sebesar sepuluh juta lebih perbulan dari royalti. Bagaimana anda tertarik?

Bisnis Internet
Usaha sampingan berikutnya yang menghasilkan uang setiap hari bagi ibu rumah tangga adalah bisnis online. Bisnis ini sudah menjadi trend saat ini dan sangat gampang dalam menjalankannya. Usaha sampingan di dalam rumah ini bisa dijalankan secara gratis tanpa modal dan modal kecil. Adapun rincian modal usaha yang diperlukan adalah komputer atau laptop, modem dan pulsa paket internet untuk koneksi ke dunia maya. Dengan sedikit kemampuan dalam menjalankan komputer seorang ibu rumah tangga dapat memulai bisnis online yang menghasilkan uang setiap hari. Misalnya sebagai publisher google adsense, buka toko online, jual beli blog,  jual jasa penulisan artikel online, dropship hingga affiliate marketing.

Adapun kunci keberhasilan bisnis internet yaitu sikap pantang menyerah, sabar dan fokus. Seringkali pada satu tahun pertama, seorang ibu rumah tangga belum bisa menghasilkan uang besar setiap hari. Namun setelah pada tahun kedua biasanya seorang wanita bisa mempunyai penghasilan lumayan besar dari bisnis online yang ditekuninya.