Rincian Modal Usaha Pertamini Hingga Beroperasi

29 Juli 2016

Peluang usaha tersebar di mana-mana. Hanya orang yang jeli bisa memanfaatkan peluang bisnis menjadi pundi-pundi kekayaan. Seperti halnya usaha penjualan bidang bahan bakar minyak (BBM) secara eceran dalam bentuk Pertamini. Usaha ini termasuk bisnis anti rugi atau krisis dan bisa dikerjakan secara rumahan dengan prospek yang menjanjikan keuntungan lumayan besar.

Tak heran sekarang ini usaha pom bensin gaul pertamini banyak ditemui di berbagai sudut kota besar dan di pedesaan. Bahkan banyak di antaranya menjadikan sebagai usaha sampingan modal kecil. Keuntungan dari usaha ini bisa meraup sampai puluhan juta rupiah dalam satu bulannya. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang tertarik membuka usaha jualan bensin eceran Pertamini. Berdasarkan pengamatan penulis, usaha pertamini bisa dikombinasikan dengan warung atau toko kelontongan.

bisnis pertamini, modal usaha pertamini, modal pertamini, pertamini, keuntungan pertamini
Peluang usaha pom bensin Pertamini bisa dikerjakan secara fulltime oleh seorang ibu runahtangga sambil mengurus anak tercinta di rumah untuk menambah penghasilan keluarga. Kata Pertamini plesetan dari Pertamina yang sama-sama berbisnis dalam bidang penjualan bahan bakar minyak. Hanya saja Pertamini berjualan bensin secara eceran. Walaupun jualan bensin eceran keuntungan yang bisa diraih sampai jutaan rupiah perbulan asalkan menjual dengan lebih banyak.

Menjual bensin tidaklah seperti usaha lainnya. Usaha menjual bensin secara eceran relatif sangat mudah. Bukan kita yang mencari konsumen. Tapi konsumen itu sendiri yang datang ke tempat usaha pertamini. Mereka adalah pemilik kendaraan bermotor yang membutuhkan bensin untuk menggerakkan alat transportasi tersebut. Dimana dari tahun ke tahun volume kendaraan bermotor di Indonesia naik tajam seiring meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia.

Beberapa tahun kebelakang, menjual bensin secara eceran biasanya menggunakan derijen maupun corong yang kadang takarannya tidak pas dan menyulitkan dalam pengisian. Namun sekarang usaha berjualan bensin eceran lebih mudah dengan takaran pas serta pengisian yang mudah menggunakan Pom Bensin Pertamini. Yang hampir mirip dengan SPBU Pertamina. Para pembeli dan penjual bisa melihat secara langsung takaran atau literan bensin secara pas pada waktu melakukan pembelian bensin di Pom Bensin Mini Gaul Pertamini.

Pangsa Pasar Usaha Pertamini
Berkaitan dengan pangsa pasar usaha pertamini tidak perlu diragukan lagi. Setiap orang pengguna sepeda motor dan kendaraan bermotor adalah pangsa pasar yang sangat luas. Sepeda motor dan mobil digunakan setiap hari untuk berangkat ke kantor, sekolah dan tujuan lainnya. Berdasarkan pengalaman penulis bisnis penjualan bensin eceran pertamini akan selalu bertahan lama selama manusia masih beraktifitas dengan kendaraan bermotor. Bensin termasuk satu diantara barang kebutuhan pokok yang tak pernah basi yang diperlukan oleh seluruh manusia di muka bumi. Peluang usaha ini sangat menjanjikan untung besar apabila dikerjakan dengan serius.

Kelebihan usaha pertamini adalah resiko kerugian sangat kecil bahkan bisa dibilang nol, sangat mudah dalam pengelolaan, dan cepat BEP atau balik modal. Jika anda berminat membuka usaha pom bensin pertamini maka perlu diperhatikan modal usaha. Adapun modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha jualan bensin eceran pertamini terbilang kecil dengan keuntungan luarbiasa besar.

Berdasarkan penuturan salah seorang penjual bensin eceran pertamini di Jakarta dalam sehari ia mampu mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 300 ribu. Keuntungan bersih perbulan sekitar 30 x Rp 300.000 = Rp. 9.000.000. Lumayan besar bukan? Keuntungan yang luar biasa besar ini membuat banyak orang mulai membuka usaha pertamini di berbagai daerah dan kota besar di Indonesia. Seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Cimahi, Medan, Semarang, Sumedang, Balikpapan, Pontianak, Palangkaraya, Makasar dll.

Sementara itu, cara mendapatkan bensin untuk pertamini bisa dilakukan di malam hari seperti yang dilakukan oleh Hari Suganda salah seorang pemilik kios usaha pertamini. Pada malam hari ia berangkat ke SPBU untuk membeli bensin dalam jumlah besar memakai jeriken-jeriken dengan patokan harga RP 7.400 perliter. Lalu ia menjual kepada para pelanggannya sekitar Rp 9000 perliter menggunakan pom bensin pertamini. Selisih harga Rp 1.600 perliter  merupakan keuntungannya. Dalam sehari ia bisa menjual 300 liter bensin. Omzet usaha pertamini sebesar : 300 liter x Rp. 1600 x 30 hari = Rp. 14.400.000 perbulan, belum dipotong biaya angkut bensin. Sedangkan harga alat pompa bensin pertamini digital sebesar Rp.7 juta. Jadi balik modal sangat cepat kurang lebih satu hingga dua bulan.

Lanjut pria yang ramah dan supel ini, ia asalnya berjualan bensin secara eceran menggunakan botol dengan penjualan sekitar 50 liter perhari. Namun semenjak menjual bensin eceran ala pertamini peningkatan penjualan bensin meningkat pesat. Dalam satu hari ia bisa menjual 300 liter bensin. Hal ini tak terlepas dari rasa percaya masyarakat sangat tinggi terhadap alat pom bensin pertamini yang takarannya sangat pas dan bisa dilihat oleh mata para konsumen secara langsung.

Inilah alasan banyak orang mulai membuka bisnis pertamini dengan berbagai cara. Hal ini dilihat secara jelas oleh penulis. Bahkan dalam jarak kurang dari dua puluh meter sudah ada pom bensin pertamini serupa. Kalau dihitung di daerah penulis ada 12 kios pertamini yang asalnya hanya 3 gerai. Ini membuktikan banyak orang tersadar mengenai besarnya potensi penghasilan yang besar dari bisnis jualan bensin eceran pertamini. Jika anda sedang mencari peluang usaha yang sangat menjanjikan dengan modal kecil dan tanpa resiko rugi maka usaha jualan bensin eceran ala pertamini merupakan salah satu pilihan usaha yang tepat. Anda tertarik?

Rincian Modal Usaha Pertamini Hingga Beroperasi
Berikut ini gambaran modal usaha yang diperlukan dalam memulai usaha bensin pertamini hingga siap buka beserta perhitungan perkiraan keuntungan.

Modal Investasi Usaha Pertamini
Biaya satu unit pertamini harga               Rp 5.000.000
Biaya Listrik Perbulan     Harga              Rp 60.000
Biaya bensin 100 liter @ 7500                 Rp 750.000
Alat portable pemadam kebakaran harga   Rp 140.000
Biaya lain-lain harga                         Rp 1.000.000
Total modal usaha                             Rp 6.950.000

Estimasi modal usaha di atas bersifat gambaran besar bisa berbeda-beda dapat lebih kecil maupun lebih besar disesuaikan dengan lokasi usaha dan harga suplier. 

Perlu diketahui banyak sekali jenis pom bensin pertamini yang bisa sobat pilih disesuaikan dengan budget anggaran keuangan yang dimiliki. Seperti model digital maupun manual. Dan ada yang menggunakan sistem tanam maupun portable. Harga yang ditawarkan tentu saja berbeda-beda.   Anda bisa memilih sesuai selera dan kecocokan tempat usaha. Kepercayaan masyarakat sangat tinggi terhadap pom bensin mini pertamini dibanding penjual bensin eceran biasa.  Sehingga lebih menjanjikan untung besar. Kelebihan lainnya, pertamini lebih praktis dan lebih aman, lebih cepat dalam melayani konsumen dengan takaran yang pas, dan konsumen bisa melihat langsung takaran bensin yang telah dikeluarkan.

Omzet Usaha Pertamini
Mengenai besaran omzet dan keuntungan dari usaha bensin pertamini ditentukan oleh banyak faktor seperti harga jual bensin, lokasi usaha, pelayanan kepada pembeli, dan terutama berapa banyak liter bensin yang dapat terjual dalam satu harinya. Tapi berdasarkan pengalaman penulis, pada hari minggu atau libur, penjualan bensin akan mengalami trend menurun karena aktifitas orang tidak sepadat hari biasa.

Jika diasumsikan sebagai berikut :
Harga jual bensin Rp 8.500 perliter
Harga beli bensin di SPBU Rp 7.500 perliter

Maka dalam satu liter anda meraup keuntungan Rp 1000. Apabila dalam satu hari sobat bisa menjual bensin sebanyak 200 liter maka dalam sebulan bisa meraup keuntungan sebesar Rp 6 juta. Wow lumayan bukan?

Cara Membuat Surat Ijin Pertamini
Suatu hari penulis mencoba membuka usaha jualan bensin secara eceran. Ketika hendak membeli bensin sebanyak 100 liter di sebuah SPBU Sumedang, ditanya oleh petugas SPBU mengenai surat ijin usaha eceran bensin Pertamini. Karena tak mengantongi surat ijin legal maka diberikanlah bensin sebanyak 5 liter. Kemudian pegawai SPBU tersebut memberikan tawaran untuk membuat surat ijin dari Pertamina yang harus diisi dengan biaya Rp 300 ribu. Dari pengalaman itulah, penulis mengingatkan kepada sobat yang mau membuka usaha pertamini pastikan sebelumnya sudah membuat surat izin pertamini agar usahanya bisa berjalan lancar.

Cara membikin surat perizinan usaha pertamini sangat mudah.  Sobat bisa membuat surat ijin tersebut dimulai dari pemerintah terkecil, RT, RW, hingga desa, dan kecamatan. Kemudian meneruskan kepada pihak kepolisian setempat. Selanjutnya meminta persetujuan dari pihak SPBU setempat yang diharuskan mengisi formulir. Dan yang terakhir, formulir tersebut diserahkan kepada Dinas Perindustrian untuk disetujui. Dalam jangka waktu dua atau tiga hari maka surat perijinan usaha eceran bensin telah bisa sobat peroleh. Dengan mengantongi surat ijin tersebut maka sobat bebas membeli bensin di SPBU berapapun banyak sambil menampakkan surat itu. Dengan demikian pihak pom bensin pertamina bisa terhindar dari sanksi pemerintah. Karena sesuai peraturan dari Pemerintah Pusat dilarang menjual BBM ke dalam derijen kecuali ada surat ijin dari Dinas Perindustrian.

Cara Membuka Usaha Pertamini Yang Sukses dan Laris
Berikut sejumlah kiat dan cara mengembangkan usaha pertamini yang menguntungkan dan laris manis, antara lain :
1. Pemilihan lokasi usaha yang strategis. Misalnya berada di perempatan jalan yang ramai, berdekatan dengan pasar, dll
2. Melayani konsumen dengan ramah, sopan dan murah senyum
3. Harga jual bensin yang lebih murah dari pesaing. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan

Itulah rincian modal usaha pertamini hingga beroperasi. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi anda.