5 Langkah Memulai Bisnis Pulsa Elektrik dengan Modal Minim

29 Januari 2017

Bisnis pulsa elektrik termasuk jenis usaha yang terbilang sangat tinggi tingkat persaingan. Lihat saja di sekitar anda berapa banyak konter pulsa? Seperti daerah penulis di Cipadung Tanjungkerta ada lima gerai konter pulsa yang satu sama lain saling berdekatan. Jadi jika anda memulai membuka usaha jualan pulsa elektrik maka akan banyak pesaing di sekitar anda yang telah terlebih dahulu berdiri. Oleh karenanya, diperlukan beberapa langkah strategi dalam memulai usaha jualan pulsa elektrik dengan modal kecil bisa berjalan lancar dan menguntungkan.

Baru saja penulis terkaget-kaget dengan sebuah ruangan rumah yang dijadikan tempat usaha konter pulsa elektrik. Dan ternyata usaha konter jualan pulsa elektrik laris manis diserbu para pembeli dari kalangan pelajar, pegawai kantoran, dan lain sebagainya. Hal ini tak terlepas dari lokasi usaha strategis berada di pinggir jalan dan berdekatan dengan perumahan warga, lembaga Puskesmas, KUA, Sekolah SD dan SMP, dll.

5 Langkah Memulai Bisnis Pulsa Elektrik dengan Modal Minim
Penulis telah mencoba berbisnis pulsa elektrik beberapa bulan kebelakang. Dari awal daftar cara jualan pulsa hingga usaha jual pulsa di rumah ternyata sangat mudah. Dengan modal uang sebesar Rp 50 ribu seseorang bisa deposit atau memulai bisnis ini. Sehingga salah satu keponakan penulis bernama Zainab hendak memulai bisnis pulsa. Namun ada beberapa persyaratan bagi seseorang yang ingin menekuni bisnis jualan pulsa elektrik sampai berhasil.
usaha pulsa elektrik, pulsa elektrik, bisnis pulsa, pulsa, cara bisnis pulsa

Berikut ini 5 langkah dalam memulai bisnis pulsa elektrik dengan modal minim, antara lain:

Mempersiapkan Modal Usaha
Modal usaha yang dibutuhkan dalam usaha pulsa elektrik meliputi satu buah ponsel untuk melakukan transaksi konfirmasi, dan satu buah sim card. Ponsel yang jadul (jaman dulu) juga dapat digunakan untuk keperluan ini.

Mendaftarkan Diri
Setelah anda mempunyai modal usaha di atas, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri sebagai agen pulsa elektrik. Ada banyak daftar distributor pulsa atau master agen yang terpercaya di internet atau lingkungan terdekat. Pilihlah master agen yang fast respon atau memberikan layanan transaksi jual beli pulsa elektrik secara cepat dimanapun berada. 

Deposit Pulsa
Setelah mendaftarkan diri sebagai agen, langkah berikutnya adalah melakukan deposit saldo pulsa yang minimal Rp 50 ribu. Penulis pada awal usaha jualan pulsa elektrik melakukan deposit pulsa sebesar Rp 50 ribu. Ini adalah jumlah minimal deposit yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis jualan pulsa elektrik. Selepas melakukan deposit dengan uang paling sedikit Rp 50000 maka anda sudah dapat berjualan pulsa elektrik ke rekan kerja, anggota keluarga, sanak kerabat, kenalan, teman dan lain sebagainya.

Memulai  Menjual Pulsa
Karena keuntungan bisnis pulsa elektrik sangat kecil maka diperlukan upaya untuk terus menambah banyak pelanggan. Semakin banyak pelanggan semakin besar keuntungan yang diperoleh. Sebagai gambaran satu kali transaksi usaha berjualan pulsa untung sekitar Rp 200. Namun jika pembeli atau pelanggan banyak sekitar 1000 orang maka keuntungan bersih bisa mencapai Rp 200 ribu perhari.  Bagaimana lumayan kan jika banyak pelanggan?

Salah satu tips kiat sukses bisnis jualan pulsa elektrik adalah jangan pernah berorientasi keuntungan semata terlebih dahulu pada awal usaha. Namun pastikan dulu usaha pulsa elektrik berjalan lancar dan positif tanpa ada hutang.

Meningkatkan Keuntungan
Sekarang kita membahas bagaimana cara meningkatkan keuntungan bisnis berjualan pulsa elektrik. Hal ini teramat penting mengingat keuntungan usaha jual pulsa mkios atau all operator yang senantiasa kecil setiap bulan akan membuat usaha tersebut berjalan di tempat bahkan bisa mengalami bangkrut. Untuk mengatasi hal itu diperlukan berbagai upaya melejitkan omzet penjualan.

Berdasarkan pengalaman penulis yang pernah menekuni bisnis pulsa elektrik, keuntungan usaha ini sangat kecil. Lebih cocok sebagai usaha sampingan. Sehingga diperlukan banyak transaksi penjualan pulsa agar keuntungan lumayan besar didapatkan konter pulsa atau agen. Untuk lebih jelas, berikut ini sejumlah cara untuk memperbesar keuntungan usaha jualan pulsa elektrik all operator di rumah atau menyewa lokasi strategis, antara lain:

Jual Pulsa Secara Langsung
Inilah yang umum dilakukan para distributor dan agen pulsa yang menjual pulsa langsung ke tangan konsumen akhir. Keuntungan bersih dari berjualan pulsa elektrik langsung ke tangan pembeli akhir sebesar Rp 500 hingga Rp 2000. Hal ini tergantung kebijakan harga dealer dan distributor pulsa serta bergantung sekali dengan nominal pulsa yang dibeli konsumen.

Umpamanya, sobat berjualan pulsa elektrik Telkomsel atau Indosat nominal 5000 dengan harga Rp 7000. Adapun harga awal dari distributor resmi sebesar Rp 5200 maka untung bersih yang diperoleh sekitar Rp 1800. Hal ini lebih besar keuntungannya jual langsung ke konsumen daripada menjual pulsa kepada downline agen / distributor yang keuntungan kian kecil.

Nominal Besar Sedikit Terjual
Salah satu orang yang selalu membeli pulsa dalam nominal yang besar adalah adik penulis dan kantor. Beliau membeli pulsa dengan nominal 100 ribu. Dan berdasarkan pengalaman, banyak diantara konter pulsa yang tidak melayani penjualan pulsa dengan nominal besar dimulai dari 100 ribu. Hal tersebut tak terlepas dari keuntungan yang didapatkan sangat kecil. Berbeda sekali dengan menjual pulsa elektrik dengan nominal kecil yang untungnya lumayan besar.

Diumpamakan sobat memulai usaha berjualan pulsa elektrik dengan modal deposit awal sebesar Rp 100 ribu. Kemudian ada konsumen yang membeli pulsa dengan nominal 100 ribu rupiah maka keuntungan yang sobat dapatkan satu kali transaksi saja yakni sebesar 4000 rupiah. Kemudian sobat harus deposit lagi. Hal inilah membuat banyak agen pulsa lebih banyak tidak melayani pembelian pulsa dalam nominal jumlah besar.

Namun tentu saja ada kelemahan jika sobat membuka usaha jualan pulsa elektrik hanya untuk nominal kecil. Para konsumen yang mau mengisi pulsa dengan nominal besar dimulai Rp 100 ribu akan membuat kecewa. Seolah-olah bisnis pulsa elektrik sobat tak lengkap dan tidak melayani konsumen dengan memuaskan. Sebaiknya pada tahap awal usaha pulsa untuk membangun trust dari para konsumen hendaknya sobat melayani pembelian pulsa dengan nominal besar dan kecil. Keuntungan besar atau kecil tetap menguntungkan seiring bertambah pelanggan.

Berjualan Pulsa Kepada Rekan Kerja
Suatu hari kejadian tak terduga terjadi. Salah seorang rekan kerja penulis membutuhkan pulsa secara segera untuk berkomunikasi. Hal ini tak terlepas dari kebutuhan akan pulsa menjadi keperluan dasar manusia modern sekarang ini untuk berkomunikasi dan aktifitas sehari-hari lainnya. Setiap orang sudah mempunyai satu buah ponsel saat ini. Untuk meningkatkan keuntungan usaha jualan pulsa elektrik maka sobat bisa mempromosikan dan menawarkan bisnis pulsa sobat ke rekan kerja. Pastinya mereka bersedia membeli pulsa dari anda. Dan keuntungan pun semakin meningkat pesat.

Selain menjual ke rekan kerja, salah satu upaya untuk melejitkan keuntungan bisnis pulsa adalah menjual pulsa ke anggota keluarga dan tetangga. Hal ini pernah dilakukan oleh penulis dan ternyata sangat efektif untuk mendongkrak penghasilan dari bisnis pulsa elektrik.

Harga Pulsa Paling Murah
Memberikan harga pulsa yang kompetitif atau paling murah dibandingkan pesaing mutlak harus dilakukan jika ingin usaha jualan pulsa elektrik anda laris manis dan diserbu para pembeli. Harus dipahami manusia adalah makhluk ekonomis. Ia akan membeli barang atau produk yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Ini pula dibuktikan berdasarkan pengalaman langsung penulis di lapangan, usaha konter pulsa yang laku keras adalah yang menjual pulsa lebih murah dibanding konter lain. Walaupun lebih murah sangat sedikit sebesar Rp 500.

Kombinasi Usaha
Jika anda mengandalkan keuntungan dari hanya berjualan pulsa elektrik sekali lagi keuntungan yang didapatkan sangat kecil. Apalagi dalam proses merintis usaha ini. Oleh sebab itu, diperlukan upaya kreatif selain menghasilkan keuntungan dari bisnis jualan pulsa diusahakan juga mendapatkan keuntungan dari jenis usaha yang serupa atau masih berhubungan. Misalnya sobat membuka usaha penjualan aksesoris perlengkapan handphone, menjual voucher pulsa dan game, menjual token listrik, menerima service dan jual beli ponsel, menjual handphone terbaru dan terlengkap serta termurah, menjual kartu perdana, jual memori card dan powerbank dll.

Jam Buka Konter Pulsa Diperpanjang
Cara yang dilakukan penulis untuk meningkatkan penghasilan bisnis pulsa elektrik adalah memperpanjang jam buka konter pulsa. Biasanya sebuah konter pulsa buka dari jam 7 sampai jam 5 sore. Dan penulis mencoba membuka konter pulsa sampai jam 6 malam. Ternyata banyak orang yang membeli pulsa elektrik di konter pada waktu menjelang maghrib. Yang berujung penghasilan bisnis pulsa pun meningkat pesat.

Tempat Deposit Bagi Para Konter Pulsa di Daerah Sobat
Penghasilan bisnis pulsa banyak jalan yang bisa ditingkatkan. Selain menjual secara langsung ke konsumen akhir, sobat juga dapat menjual pulsa ke berbagai konter di wilayah sobat. Tentu setiap daerah mempunyai banyak konter pulsa elektrik. Inilah pangsa pasar yang menguntungkan bagi bisnis jual pulsa anda. Sebab penghasilan yang didapatkan bukan lagi penghasilan aktif tapi sudah menjadi penghasilan pasif. Dimana ketika kita sedang tidur atau tidak sedang bekerja, uang mengalir terus ke rekening sobat. Enak bukan? Untuk menjadi tempat deposit pulsa bagi para konter di wilayah sobat maka sobat harus memberikan tawaran harga pulsa yang lebih murah.

Pendek kata, cara efektif untuk meningkatkan keuntungan usaha berjualan pulsa elektrik selain melakukan melakukan penawaran penjualan pulsa elektrik langsung, promosi online dan offline secara gencar juga dapat dilakukan sebagai upaya untuk menarik semakin banyak pelanggan. Misalnya mengadakan program hadiah undian.