Cara Membuka Usaha Jasa Penulis Online secara Freelance

28 September 2017

Memiliki hobi menulis sangatlah menyenangkan. Anda bisa dengan mudah menyalurkan ide dan fikiran hanya melalui tulisan. Seiring waktu dan perkembangan teknologi yang semakin maju, karya-karya para penulis pun sangat dihargai. Bagaimana tidak, hobi menulis yang dulunya hanya sebagai pengisi waktu, kini bisa menjadi sumber pendapatan yang berarti. Penulisnya bisa menghasilkan uang dengan hobi menulis.

Faktanya saat ini banyak penulis yang menetapkan tarif cukup mahal untuk sebuah karya tulisnya yang hanya beberapa ratus kata. Di beberapa website luar yang menyediakan jasa penulis online, mereka bisa menetapkan tarif puluhan hingga ratusan dolar untuk setiap artikel. Tergantung jumlah kata yang dipesan dan topik yang akan dibahas. Hal itu pun bisa Anda lakukan. Kuncinya hanya satu. Yaitu memiliki kemampuan menulis. Tulisan yang bagus dan bisa memuaskan pembacanya.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengasilkan uang melalui hobi menulis. Ada beberapa metode yang bisa ditempuh. Salah satu yang populer saat ini adalah membuka usaha jasa penulis online. Pada tahap awal, Anda bisa memulainya secara freelance atau kerja lepas. Dengan menjadi penulis online secara freelance, berarti Anda tidak terikat waktu dan tempat. Jika jasa penulis online yang Anda buka tersebut berkembang, tahap berikutnya bisa dengan mengembangkan usaha, semisal dengan merekrut beberapa orang penulis lain, mendirikan perusahaan khusus menyediakan jasa penulis, dll.
usaha jasa penulis online, jasa penulis online, bisnis online, bisnis penulis, bisnis artikel online, usaha penulis

Usaha jasa penulis online bisa sangat menjanjikan bila dikelola dengan baik dan profesional. Salah satu faktor yang sangat menentukan adalah kualitas tulisan yang dihasilkan. Jika tulisan ataupun artikel pesanan klien memuaskan, ini akan sangat menentukan keberlangsungan sebuah jasa penulis online.

Dengan kualitas tulisan yang bagus, Anda bisa menetapkan tarif yang lebih dibanding kompetitor. Sebaliknya bila tulisan atau artikel pesanan klien jelek atau mengecewakan, berarti siap-siap juga mendapatkan peringkat buruk. Tarifnya pun akan sulit bersaing.

Tips Menjadi Penulis online buat Pemula
Sebelum menjabarkan lebih jauh mengenai cara membuka usaha jasa penulis online secara freelance, ada beberapa tips yang perlu diketahui bagi seorang pemula agar menjadi penulis online yang sukses, di antaranya:

1. Hobi menulis
Menjadi seorang penulis, apalagi menyewakan kemampuan menulis tersebut dengan imbalan bayaran tentulah tidak sembarangan. Anda dituntut harus benar-benar memiliki kemampuan. Meskipun Anda tidak begitu menguasai materi yang akan ditulis. Tapi, dengan tulisan yang Anda hasilkan bisa menggambarkan bahwa Anda memiliki kecakapan di bidang itu. Hobi menulis sangat menentukan keberhasilan jasa penulis online yang Anda buka nantinya. Sebab, jika tidak memiliki passion di sana, itu sama saja menjerumuskan Anda.

2. Hobi membaca
Menyediakan jasa penulis online menuntut Anda sebagai penulisnya mengetahui banyak hal. Untuk itu, sebelum membuka jasa penulis kepada klien, jelaskan secara rinci tulisan apa saja yang bisa Anda terima. Beberapa penulis terkadang tidak membatasi jenis tulisan yang mereka terima. Beragam topik mereka terima sesuai arahan dari pemesannya. Karena itu, selain memiliki hobi menulis, Anda juga sebaiknya memiliki hobi membaca. Sebab, nantinya Anda akan berhadapan dengan beragam tema tulisan dengan topik yang berbeda-beda pula. Di satu waktu mungkin Anda akan mendapatkan pesanan tulisan tentang kesehatan, tapi di lain waktu klien Anda meminta untuk dibuatkan artikel tentang teknologi, atau mungkin soal bisnis.

3. Punya semangat
Selain hobi menulis dan membaca, untuk membuka jasa penulis online yang mumpuni, Anda juga dituntut memiliki semangat yang tinggi. Sebab, bisa saja pekerjaan akan menumpuk. Terutama bila klien memesan jasa tulisan Anda dalam jumlah banyak. Bila semangat Anda mudah goyah, klien bisa saja kecewa. Pesanan mereka mungkin saja telat selesai dan tidak sesuai dengan janji deadline. Untuk menghindari kekecewaan klien, maka paculah semangat Anda. Atau mungkin bisa dengan merekrut beberapa orang penulis lain untuk membantu kerja Anda agar bisa tertangani dengan baik.

4. Menguasai materi
Penguasaan materi sangat penting bila Anda ingin serius membuka usaha jasa penulis online. Yakni jasa penulis yang profesional yang dapat memuaskan klien sekaligus nyaman bagi pembaca. Beberapa penulis online seringkali tidak memperhatikan penguasaan materi ini, sehingga mereka gagal menjabarkan bentuk tulisan yang diinginkan oleh pemesan. Jika hal itu terjadi, tidak mustahil kerjasama Anda dengan klien hanya akan berlangsung singkat. Imbasnya order jadi menurun. Karena itu, bila Anda hanya menguasai beberapa topik saja, katakanlah itu dengan jujur pada keterangan pemesanan. Misalnya “Kami hanya menerima artikel tentang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dll”.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Cara Membuka Usaha Jasa Penulis Online
Setelah mengetahui bagaimana menjadi seorang penulis online yang handal, kini saatnya membuka usaha jasa penulis online yang Anda miliki. Karena sifatnya online, berarti Anda harus memiliki media online yang bisa menjadi wadah untuk membuka jasa Anda. Pilihan berada di tangan Anda. Media online yang bisa digunakan, seperti website, medsos, blog, iklan online, situs forum, situs marketplace, dll.

Masing-masing media online yang akan digunakan tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Tapi, sebaiknya fokus Anda tetaplah pada hasil. Bukan media mana yang paling bagus digunakan. Sebagai perbandingan misalnya. Jika Anda menggunakan website, maka Anda harus menyediakan website sendiri, mulai dari domain, hosting, konten, dll. Semua itu butuh biaya dan keahlian khusus. Atau Anda bisa menyewa orang lain untuk menyiapkan semua itu dengan biaya yang lebih mahal.

Cara lain adalah menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Anda harus memiliki teman atau pun pengikut yang cukup untuk memulai usaha jasa penulisan Anda. Sebab, jika jumlah pengikuti tidak signifikan, itu akan berpengaruh pada hasil yang akan diperoleh nantinya.

Cara cepat untuk mendapatkan pengunjung untuk mengenalkan jasa yang Anda buka adalah dengan menyewa iklan online. Seperti iklan Adwords, Facebook, Twitter, dll. Anda memerlukan biaya untuk memasang iklan, tapi biasanya bila pengelolaan iklan tersebut tepat, hasil yang diperoleh juga lebih cepat. Paling tidak ada order yang dihasilkan dari klien.

Berikut beberapa tips memulai usaha jasa penulis online secara freelance:

1. Siapkan media online
Seperti sudah disinggung, sebelum menawarkan jasa penulis online yang Anda miliki terlebih dahulu pilih media atau sarana yang akan digunakan untuk menawarkan jasa Anda. Media online yang bisa digunakan, di antaranya website, blog, media sosial, situs marketplace, iklan online, dll. Jika Anda ingin menghemat biaya, bisa gunakan blog gratisan, seperti blogspot, wordpress, dll. Namun jika ingin tampak profesional bisa membangun website sendiri dengan menyewa domain unik dan hosting dari penyedia berbayar. Tentunya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, saya menyarankan Anda untuk membangun website sendiri karena akan memperlihatkan profesionalitas jasa Anda dan juga brand yang Anda miliki.

Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menawarkan jasa langsung ke media sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dll. Lebih baik lagi jika Anda bisa beriklan di situs medsos tersebut, karena bisa menjangkau lebih banyak calon klien.

2. Promosi
Mempromosikan jasa penulis online yang Anda miliki sangat penting untuk menunjang popularitas layanan Anda. Sebab, sebaik apapun service yang Anda tawarkan tapi jika tidak banyak yang mengetahui, maka tidak akan memberi dampak besar bagi kesuksesan usaha Anda. Karena itu, promosi usaha menjadi sangat penting. Pilihan yang bisa digunakan salah satunya melalui periklanan. Anda bisa menggunakan Adwords dari Google untuk memulai kampanye iklan Anda. Dengan begitu, pengunjung tertarget bisa lebih mudah diperoleh. Cara lain bisa dengan memasang iklan di website iklan baris. Cukup banyak tersedia. Anda bisa mencarinya langsung di mesin pencari Google.

Promosikan usaha jasa penulis online yang Anda miliki secara berkala. Setelah terjadi konversi, maka Anda bisa melipatgandakan modal yang dimiliki, sehingga dengan begitu usaha jasa penulis online yang dimiliki semakin berkembang. Syukur-syukur bisa merekrut beberapa penulis lain sebagai anggota tim.

3. Buat daftar pelanggan
Jika jasa yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas, klien yang sebelumnya memesan tidak akan segan-segan untuk order kembali. Mereka akan dengan senang hati untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk artikel lain. Karena itu, buat pelanggan senyaman mungkin dengan service yang Anda tawarkan. Buatlah daftar pelanggan tersebut, mulai dari nama, email kontak, hingga nomor telpon jika ada. Sebab, sewaktu-waktu Anda bisa mengontak mereka kembali untuk sekedar menanyakan kabar atau ingin menawarkan program baru, baik itu promosi maupun bonus jika pelanggan tersebut melakukan pemesanan kembali.

4. Kasih diskon/bonus
Memberikan diskon atau bonus di waktu-waktu tertentu sangat penting untuk memelihara kelangsungan kerjasama Anda dengan klien. Mereka yang sudah beberapa kali melakukan order bisa secara khusus Anda berikan bonus, semisal potongan harga untuk pemesanan jumlah artikel tertentu. Atau bisa juga langsung Anda berikan potongan harga tersebut karena menganggap klien tersebut telah mempercayai jasa penulisan konten yang Anda miliki.

Di lain waktu Anda bisa menawarkan diskon kepada klien yang ingin memesan jasa Anda pada hari-hari tertentu, semisal saat Hari Kemerdekaan, Lebaran, atau hari penting lainnya. Diskon bisa mulai 10 % hingga lebih. Tergantung pertimbangan Anda.

5. Harga kompetitif
Sebagai konsumen, soal harga memang hal sensitif. Mereka sangat peka dengan harga yang wajar. Bila dianggap terlalu mahal, mereka akan tinggalkan. Tapi, jika terlalu murah, seringkali juga mereka curiga. Jangan-jangan kualitas tulisannya jelek. Karena itu, buatlah harga yang kompetitif. Tidak ada salahnya untuk mengambil perbandingan harga dengan kompetitor yang sudah ada. Sehingga calon klien yang akan memesan mengaggap harga yang ditawarkan wajar. Harga artikel atau konten yang Anda tawarkan bisa berdasarkan jumlah kata. Misalnya mulai dari 100 kata, 200 kata, 500 kata, dan seterusnya.

6. Garansi revisi/uang kembali
Pemberian garansi revisi atau uang kembali adalah salah satu tips jitu untuk meyakinkan calon klien. Anda berani memberikan garansi tulisan yang Anda hasilkan. Baik dari segi kualitas maupun orisinalitasnya. Bukan hasil copy paste atau jiplak. Bukan pula hasil penggalan kalimat dari website lain. Pemberian garansi juga sebagai bentuk jaminan bila nantinya ada artikel yang tidak sesuai pesanan klien. Anda dengan senang hati akan melakukan revisi ulang tulisan yang sudah dibuat dan mengirimkan kembali kepada klien.

Jika hasil perbaikan yang sudah dilakukan tidak juga memuaskan klien, maka Anda juga memberikan garansi uang kembali. Artinya uang klien tersebut akan dikembalikan sepenuhnya jika memang artikel atau tulisan yang sudah dihasilkan tidak juga bisa memuaskan. Ini mungkin solusi terakhir. Tapi, biasanya pada tahap revisi, klien sudah bisa menerima. Bagaimana, sudah siap memulai usaha jasa penulis online?