Begini Cara Bisnis Baju Modal 1 Juta Untung Jutaan Buat Pemula

10 Januari 2023

Banyak peluang usaha atau bisnis yang bisa dikembangkan dengan modal kecil, salah satunya adalah bisnis baju modal Rp 1 juta. Hanya dengan modal Rp 1 juta, Anda sudah memiliki peluang untuk memulai usaha baju kecil-kecilan dengan keuntungan yang cukup besar. Bahkan, keuntungan yang didapat bisa terus membesar jika bisnis berjalan dengan baik.

Memulai bisnis baju memang tidak semudah yang dipikirkan, tetapi juga tidak sulit. Anda hanya memerlukan strategi marketing yang tepat agar bisnis Anda laku keras di pasaran. Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa cara berbisnis sebagai awal usaha Anda. Ketepatan cara yang diterapkan akan membuat usaha yang dikelola menjadi sukses dan diterima oleh masyarakat luas.

Cara yang Tepat untuk Memulai Bisnis Baju Modal Rp 1 Juta bagi Pemula
Beberapa cara memulai bisnis baju modal Rp 1 juta dibawah ini dapat menjadi tips bagi Anda dalam berbisnis. Memang, diperlukan ketekunan yang kuat untuk mengembangkan segala jenis usaha, baik itu usaha bermodal kecil maupun bermodal besar. Oleh karena itu, perhatikanlah cara-cara dibawah ini:

1. Lakukan Tes Pasar
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah tes pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan model baju seperti apakah yang paling banyak diminati oleh konsumen pasar. Anda bisa melakukan hal ini dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga dan teman-teman.
usaha baju modal 1 juta, bisnis baju modal 1 juta, bisnis pakaian modal Rp 1 juta, usaha baju untung, bisnis baju, bisnis baju untung

2. Tentukan Jenis dan Model Baju
Setelah berhasil melakukan tes pasar, cara yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan menentukan jenis dan model baju. Semakin banyak jenis dan model baju yang dijual, maka akan semakin berpeluang besar pula baju yang dijual laku di pasaran. Cobalah untuk mengikuti trend baju masa kini yang sedang populer dan diminati.

3. Pelajari Dulu Jenis dan Model Baju yang Akan Dipasarkan
Walaupun posisi Anda adalah sebagai pebisnis pemula, namun Anda harus tetap menunjukkan keprofesionalan yang tinggi. Memiliki pengetahuan akan barang yang akan dijual merupakan nilai tambah bagi si penjual. Sehingga, jika ada konsumen yang akan bertanya, Anda dapat menjawabnya tanpa ragu.

4. Carilah Supplier yang Tepat dan Berkualitas
Cara memulai bisnis baju modal Rp 1 juta selanjutnya adalah Anda harus mencari supplier atau agen baju yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk mencari supplier yang berada satu daerah dengan Anda agar lebih mudah dalam memilih dan proses pengirimannya juga cepat.

5. Jadilah Reseller
Dengan menjadi reseller dari sebuah supplier baju, maka Anda akan mendapatkan potongan harga yang lumayan besar dan tentu saja hal ini menguntungkan Anda. Sudah banyak supplier-supplier baju yang menerapkan sistem ini kepada mereka yang ingin berbisnis dengan modal kecil.

6. Sediakanlah Stok Baju Lebih dari Satu
Mengembangkan bisnis baju modal Rp 1 juta tentu saja harus memiliki stok barang yang cukup. Jangan menyediakan stok masing-masing 1 baju untuk berbagai jenis baju lainnya, usahakan untuk memiliki setidaknya lebih dari 1 baju per jenis. Stok barang sangat diperlukan ketika konsumen Anda ingin membeli banyak baju dari 1 jenis baju yang ada.

7. Tentukan Cara Berbisnis Anda
Cara berbisnis yang satu ini adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan. Dalam memulai bisnis baju, Anda dapat memasarkannya melalui offline atau online. Kedua cara ini memiliki keunggulan masing-masing dari strategi pemasarannya. Anda juga dapat memilih keduanya, yaitu berbisnis dengan toko offline dan juga online.

8. Promosikan Barang Sebaik Mungkin
Promosi sangat penting bagi Anda yang ingin berbisnis, khususnya bagi pemula. Promosikan baju-baju yang Anda jual di berbagai sosial media atau kepada keluarga dan teman-teman Anda. Dengan adanya promosi, maka penjualan pun akan semakin meningkat.

9. Selalu Bersabar dan Tekun
Sebuah kesuksesan dari bisnis yang dikembangkan tidak semuanya melalui jalan yang mulus. Terkadang, ada beberapa hambatan yang bisa menjadi masalah, seperti keterlambatan pengiriman dan stok baju yang diinginkan belum di produksi. Oleh karena itu, mengawali bisnis baju modal Rp 1 juta ini harus diimbangi dengan ketekunan dan kesabaran yang kuat.

Perhatikan Hal Ini Apabila Memulai Bisnis Baju Modal Rp1 Juta Secara Online
Membuka bisnis dengan memanfaatkan toko online atau online shop memang sangat diminati pada saat ini. Hal ini dikarenakan, bisnis online lebih mudah ditekuni daripada bisnis secara offline. Namun sebelumnya, Anda harus memerhatikan beberapa hal dibawah ini agar bisnis online Anda semakin berkembang dan maju.

1. Nama Toko Online
Sebelum memasarkan bisnis baju modal Rp 1 juta secara online, Anda harus menentukan terlebih dahulu nama toko online Anda. Pastikan untuk memilih nama yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh konsumen. Layaknya toko offline, toko online pun harus diberi nama agar mempermudah konsumen dalam proses transaksi pembelian.

2. Logo Toko Online
Selain nama, logo juga diperlukan dalam sebuah toko online. Logo juga berfungsi sebagai identitas toko online. Oleh karena itu, desain logo pun harus dibuat semenarik mungkin dan pastikan untuk meletakkan nama toko online Anda di logo tersebut. Dengan begitu, logo Anda tidak akan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Deskripsi Barang yang Menarik
Dalam bisnis baju modal Rp 1 juta diperlukan kepintaran dalam memilih kata-kata. Kata-kata ini digunakan untuk mendeskripsikan baju yang akan dipasarkan. Deskripsi yang menarik tentu saja akan membuat konsumen berminat. Selain itu, deskripsi barang juga harus detail dan lengkap, seperti harga, ukuran, warna, dan lain-lain.

4. Tampilkan Barang Real Pict
Terkadang, ada konsumen yang meminta gambar barang secara real untuk menghindari hal-hal tertentu, seperti penipuan online. Untuk itu, setiap Anda memasang atau meng-upload gambar baju yang dipasarkan, usahakan real pict atau gambar yang nyata.

5. Watermark atau Tandai Gambar
Fungsi watermark adalah untuk menghindari pencurian gambar yang bisa saja dilakukan oleh toko-toko online lainnya. Hal seperti ini sudah sering terjadi dan tentunya menimbulkan banyak kerugian. Anda bisa menambahkan watermark berupa nama atau logo toko online Anda di gambar yang Anda upload.

6. Bandingkan Harga dengan Toko Online Lainnya
Perbandingan harga ini bertujuan agar toko online yang Anda kelola tidak ditinggalkan oleh konsumen karena harganya mahal. Sebagai pebisnis baju modal Rp 1 juta, cobalah untuk menawarkan barang Anda dengan harga yang bisa lebih dijangkau oleh berbagai kalangan. Sehingga, usaha yang Anda kelola akan terus berkembang dan meraup keuntungan besar.

7. Tawarkan Ke Berbagai Sosial Media
Cara ini dianggap paling efektif bagi para pebisnis online. Di era teknologi yang semakin canggih ini, hampir semua orang memiliki akun sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Inilah mengapa sosial media memegang peranan penting dalam perkembangan Anda berbisnis online.

8. Pastikan Kontak Bisa Dihubungi
Ketika berbelanja secara online, kebanyakan penjual akan menyuruh pembeli untuk melanjutkan transaksi mereka ke kontak yang telah disediakan. Kontak ini berfungsi untuk merekap total belanjaan si pembeli dan juga sebagai wadah percakapan langsung antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, pastikan kontak Anda sudah tepat sehingga dapat dihubungi oleh pembeli.

9. Memiliki Rekening
Setiap penjual online, baik itu berupa bisnis baju modal Rp 1 juta maupun bisnis lainnya harus memiliki rekening. Hal ini dikarenakan, konsumen yang membeli baju di toko online Anda bisa berasal dari daerah mana saja. Untuk itu diperlukan rekening aktif sebagai media pembayaran yang paling efektif.

Cara memulai bisnis atau usaha diatas dapat menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda sebagai pemula. Baik memulai dengan toko offline ataupun toko online, masing-masing telah memiliki keunggulan tersendiri. Akan tetapi tetap saja, sama-sama memberikan keuntungan yang besar hingga mencapai jutaan rupiah.

Banyak orang yang menyukai berbelanja secara online karena lebih mudah, namun adapula yang menyukai berbelanja di toko biasa karena dapat melihat barang secara langsung. Bisnis baju dengan modal kecil diatas misalnya, dapat dilakukan baik secara online maupun oflline. Anda hanya harus mengembangkannya dengan baik sesuai cara-cara diatas.

Berbagai cara akan dilakukan oleh para pebisnis agar dagangannya laku di pasaran. Tetapi, banyak dari mereka yang belum mengetahui cara-cara agar bisnis mereka dapat berkembang dengan tepat. Sehingga, barang yang seharusnya terjual menjadi tidak laku karena beberapa hal, misalnya harganya yang lebih mahal dari toko baju lainnya.

Dengan adanya cara diatas, diharapkan dapat membantu para pebisnis pemula dalam mengembangkan bisnisnya secara efektif. Perhatikan juga beberapa hal yang telah diuraikan, apabila Anda memutuskan untuk berbisnis secara online. Bisnis baju modal Rp 1 juta memang sangat mudah jika dilakukan dengan tepat dan Anda pun dapat meraup keuntungan yang fantastis hingga mencapai angka jutaan.