Rincian Biaya Modal Usaha Pupuk Pertanian untuk Pemula

16 Juli 2017

Bertani atau bercocok tanam merupakan salah satu profesi dari banyak orang di tanah air. Istilahnya mayoritas penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani.  Hal ini tak terlepas dari suburnya tanah di Indonesia dengan lahan yang sangat luas. Sehingga berbagai jenis tumbuhan dan tanaman bisa berkembang subur di nusantara. Banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai petani dan bercocok tanam di wilayah pedesaan dan pinggiran kota menjanjikan peluang usaha di bidang pupuk pertanian, karena pupuk menopang kesuksesan kegiatan pertanian.

Peluang Bisnis Usaha Pupuk Pertanian bagi Pemula
Melihat adanya peluang usaha yang berprospek cerah saat ini dalam bidang pertanian maka ada sebagian pengusaha yang memutuskan membuka usaha toko pupuk pertanian. Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan usaha pupuk pertanian sejak lama dijalankan dan tak pernah sepi konsumen. Bisnis jualan pupuk pertanian dari tahun ke tahun menjadi usaha yang sangat menjanjikan dijalankan di kota maupun di desa. Di kota Cimahi ada sebuah toko pupuk pertanian yang laris manis. Sedangkan di pedesaan sudah menjamur usaha pupuk pertanian dan juga laku keras semuanya.

Hal di atas tak terlepas dari permintaan akan pupuk pertanian di berbagai daerah di tanah air sangat besar. Apalagi pada musim masa tanam usaha toko pupuk pertanian laris manis diserbu para petani yang hendak membeli pupuk untuk bercocok tanam. Baik bertanam padi, sawi, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain. Berdasarkan fakta di lapangan, hal tersebut membuat pengusaha  toko pupuk pertanian di desa dan kota kerapkali mengalami kewalahan dalam menangani pesanan pupuk yang sedemikian sangat besar.
usaha pupuk pertanian, bisnis pupuk, bisnis pupuk pertanian, modal usaha pupuk, pupuk

Apabila anda sekarang ini sedang memikirkan untuk membuka suatu jenis usaha yang menguntungkan untuk saat ini dan masa mendatang maka pilihan mendirikan usaha toko pupuk pertanian menjadi salah satu jenis usaha yang perlu dipertimbangkan. Karena potensi keuntungan yang sangat besar dan tingkat resiko kerugian yang sangat rendah dari usaha toko pupuk pertanian. Belum lagi laba bersih ditambah dari hasil penjualan obat-obat dan alat perlengkapan pertanian. Sungguh menggiurkan laba dari bisnis pupuk pertanian.  

Tidak usah aneh jika anda mendapatkan banyak pengusaha pupuk pertanian yang sudah mencapai keberhasilan dan kaya raya dari usaha toko pupuk pertanian. Karena memang bisnis ini sangat menguntungkan dan laba yang sangat luarbiasa besar. Jika anda berminat untuk memulai usaha toko pupuk pertanian, maka penulis di sini akan memberikan sedikit penjelasan yang sangat lengkap mengenai langkah-langkah yang gampang dalam membuka usaha toko pupuk pertanian dari awal sampai siap berdiri.

Bisnis dalam bidang penjualan pupuk pertanian termasuk jenis usaha yang menyediakan berbagai macam jenis pupuk untuk keperluan pertanian dan bercocok tanam. Bisnis ini sangat menguntungkan yang membuat banyak orang menjalankan usaha toko pupuk pertanian baik di desa maupun di kota. Walaupun tingkat persaingan cukup tinggi terutama di pedesaan, usaha ini tetap menjanjikan keuntungan besar. Karena pangsa pasar yang masih teramat luas dan terbuka lebar sampai kapanpun.

Persiapan Membuka Usaha Kios Pupuk Pertanian
Jika anda berminat untuk memulai usaha toko pupuk pertanian maka berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis kios pupuk pertanian dari awal sampai buka agar sukses dan menguntungkan, antara lain:

▪ Prospek Usaha
Sebelum memulai usaha toko pupuk pertanian, sobat terlebih dahulu harus melihat prospek dan potensi usaha pupuk pertanian di wilayah anda. Berapa banyak pesaing? Berapa harga pupuk pertanian yang ditawarkan? Apa saja pupuk pertanian yang dijual? Bagaimana pelayanan toko pupuk pertanian pesaing anda? Dan lain sebagainya. Teknik ini dinamakan juga survey pasar dan kelayakan usaha.

Setelah didapatkan data-data di atas yang ternyata prospek membuka bisnis toko pupuk pertanian di wilayah sobat sangat menjanjikan dan menguntungkan saat ini dan masa mendatang, langkah selanjutnya adalah keberanian anda untuk mulai buka usaha pupuk pertanian dengan terlebih dahulu mempersiapkan modal usaha pupuk pertanian dari awal sampai akhir. Jika anda mempunyai modal terbatas maka usaha toko pupuk pertanian bisa dimulai dengan modal kecil.

Untuk membuka usaha toko pupuk pertanian sangat gampang. Siapapun bisa memulai usaha toko pupuk pertanian yang menyediakan berbagai macam pupuk meliputi pupuk urea bersubsidi, pupuk petrokimia gresik, pupuk kandang, pupuk kompos, dan jenis pupuk lain sebagainya. Seorang ibu rumahtangga, karyawan, pelajar, mahasiswa dll bisa menjalankan bisnis ini secara sampingan maupun rumahan. Mudah dalam penjualan itulah salah satu kelebihan dari usaha toko pupuk pertanian.

▪ Pangsa Pasar
Anda harus menentukan pangsa pasar yang anda bidik seperti kalangan petani di daerah sekitar. Berapa jumlah petani? Dan kemanakah mereka membeli pupuk? Jika mereka membeli pupuk di toko pupuk pertanian yang jauh lokasinya maka usaha toko pupuk pertanian sobat bisa menjadi pilihan utama. Karena lokasi yang sangat dekat apalagi ditunjang dengan kelengkapan bisnis pupuk dan peralatan pertanian lainnya dengan harga lebih murah dari kompetitor. Dan berdasarkan kenyataan, pangsa pasar usaha pupuk pertanian sangat luas dan tidak terbatas. Setiap petani memerlukan pupuk untuk bercocok tanam.

▪ Produk yang Dijual
Anda harus menentukan produk pupuk pertanian apa saja yang anda jual? Selain menyediakan pupuk pertanian, anda bisa juga menjual berbagai alat dan kelengkapan pertanian. Seperti obat-obatan pertanian, benih tumbuhan sayur-sayuran dan buah-buahan, aneka jenis dan ukuran pot, vitamin, nutrisi, bibit, menjual traktor, dan produk yang masih berhubungan dengan usaha pertanian lainnya. Hal ini berguna untuk menambah keuntungan usaha pupuk pertanian sekaligus menimbulkan citra baik bahwa toko pupuk pertanian anda sangat lengkap. Bukan hanya menjual pupuk tapi juga menjual alat dan perlengkapan pertanian lain.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari pupuk dan produk-produk pertanian lainnya maka anda mesti mencari supplier atau distributor pupuk yang besar yang mampu memberikan harga produk pertanian dengan lebih murah. Setelah itu, jika usaha toko pupuk pertanian anda semakin berkembang pesat dan mempunyai modal usaha yang berlebih maka tak ada salahnya anda mencoba untuk menjadi distributor atau agen pupuk pertanian di daerah sobat. Misalnya distributor pupuk petrokimia gresik, pupuk urea bersubsidi dan lain sebagainya.

Rincian Biaya Modal Usaha Pupuk Pertanian untuk Pemula
Melihat keuntungan yang cukup menjanjikan dari usaha pupuk pertanian, membuat seorang pemula bertanya-tanya berapa biaya modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha pupuk pertanian dari nol sampai siap buka. Berikut ini rincian biaya modal usaha toko pupuk pertanian untuk pemula, antara lain:

▪ Berbagai Jenis Pupuk Pertanian
Namanya juga usaha toko pupuk pertanian yang berarti menyediakan berbagai jenis pupuk. Misalkan pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk urea bersubsidi, pupuk urea non subsidi, pupuk petrokimia gresik dll. Pastikan anda menjual pupuk secara komplit.Untuk memulai bisnis ini anda bisa membeli pupuk dalam jumlah banyak maupun jumlah sedikit sebagai awal permulaan. Harga jual pupuk pertanian ke tangan konsumen bisa dimulai dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 200 ribu sesuai jenis dan berat. Modal awal untuk belanja pupuk pertanian sebesar Rp 10 juta.

▪ Etalase dan Rak
Untuk memajang produk-produk pertanian seperti aneka macam pupuk dll. Harga etalase dan rak sebesar Rp 3 juta.

▪ Alat dan Perlengkapan
Perlengkapan usaha toko pupuk pertanian meliputi meja, kursi, lampu penerangan, peralatan tulis menulis, wadah, timbangan, pisau, gunting, alat kebersihan dan lain-lain. Biaya untuk membeli alat dan perlengkapan usaha pupuk pertanian diperkirakan sebesar Rp 2 juta.

▪ Biaya Promosi
Promosi usaha toko pupuk pertanian bisa dengan cara memasang neon box, membagikan brosur, pasang spanduk dan pamflet. Dan tak boleh dilupakan untuk konsisten beriklan di dunia online yang meliputi beriklan di media sosial seperti facebook, path, instagram, bbm, whatsapp, line dan lain-lain. Biaya promosi usaha toko pupuk pertanian diperkirakan menghabiskan dana Rp 1 juta.

▪ Sewa lokasi usaha
Lokasi untuk usaha toko pupuk pertanian diusahakan berada di tempat strategis yang mudah dijangkau orang. Seperti pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lalang orang. Pokoknya, anda dapat mendirikan usaha toko pupuk pertanian di tempat strategis di daerah pusat kota, pinggiran kota dan desa. Dengan potensi usaha yang sangat menjanjikan. Harga sewa lokasi usaha toko pupuk pertanian di pedesaan terpencil sekitar Rp 4 juta pertahun. Untuk sewa lokasi usaha toko pupuk pertanian di kota sebesar Rp 8 juta pertahun.

Apabila anda mempunyai lahan strategis di pinggir jalan raya yang ramai atau anda memiliki rumah di pinggir jalan yang ramai maka anda bisa menghemat biaya sewa dengan cara membuka usaha toko pupuk pertanian di depan rumah atau lahan strategis yang anda miliki. Sambil mengurus rumah tangga dan mengasuh anak, anda tetap dapat menghasilkan uang tambahan dari gerai usaha toko pupuk pertanian.

▪ Upah Karyawan
Pada awal merintis usaha toko pupuk pertanian bisa saja anda bekerja sendirian untuk menghemat biaya modal usaha. Namun seiring bertambah berkembang usaha pupuk pertanian dan menjadi distributor pupuk pertanian maka semakin banyak pelanggan yang membuat anda kewalahan menangani pesanan pupuk. Saat inilah langkah tepat untuk merekrut satu orang karyawan. Untuk besaran gaji karyawan, anda bisa menerapkan sistem UMR atau gaji tetap bulanan sekitar Rp 1 juta perbulan.

Total biaya modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko pupuk pertanian di pedesaan dan kota sebesar Rp 21 juta. Dengan catatan bahwa keuntungan bersih usaha kios pupuk pertanian diprediksi sebesar Rp 5 juta perbulan. Dan BEP atau balik modal diperkirakan dalam waktu kurang lebih 4 bulan.