10 Rahasia Bisnis Busana Muslim agar Untung Jutaan

14 September 2017

Ada berbagai cara dan profesi untuk mendapatkan uang yang halal seperti menjadi karyawan atau jadi wirausahawan. Akan tetapi, menjadi pengusaha lebih menjanjikan ketimbang jadi pegawai. Hal inilah yang membuat banyak orang di Indonesia lebih memilih membuka usaha. Salah satunya memulai bisnis busana muslim. Dengan harapan bisnis syariah yang dijalani tersebut bisa berjalan secara sukses dan menguntungkan.

Prospek Bisnis Busana Muslim
Dalam menjalani kehidupan, setiap muslim tidak bisa bisa hidup dalam keadaan bebas. Ia harus bisa mengikuti ketentuan agama yang digariskan dalam Al Quran dan Hadits. Supaya hidup nantinya dapat selamat dunia dan akhirat. Salah satunya ajaran agama Islam yang mesti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berbusana muslim. Dalam arti berpakaian yang menutupi aurat bagi pria dan wanita.

Hal inilah yang membuat bisnis busana muslim di tanah air menggeliat dan populer. Dan seiring permintaan yang sangat tinggi dari busana muslim membuat para desainer berlomba-lomba membuat berbagai busana muslim dengan model, corak, dan motif yang menarik. Seperti busana muslimah gamis, busana muslim pesta pernikahan, busana muslim untuk di kantor, jilbab, kerudung, blouse, mukena, pakaian koko, hijab dan lain sebagainya.
bisnis busana, bisnis busana muslim, usaha busana muslim, busana muslim, busana muslimah, usaha baju muslim

Mengapa berbisnis busana muslim dan muslimah lebih menjanjikan dijalankan di Indonesia? Karena mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam. Dan saat ini negara Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki jumlah orang muslim terbesar di dunia. Sehingga pangsa pasar bagi usaha busana muslim sangat luas dan jelas. Tak akan sulit untuk menjual baju muslim. Hal ini membuat tidaklah aneh jika berbagai toko busana muslim secara fisik dan online mampu menghasilkan omset bersih sekitar ratusan juta rupiah perbulan.

Maraknya penjualan busana muslim ditunjang pula dengan meningkatnya kesadaran umat Islam Indonesia untuk melaksanakan ajaran agama Islam secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam soal bermuamalah, berpakaian, bisnis dan berpolitik. Sehingga bermunculan berbagai macam busana muslim, bank-bank syariah, asuransi syariah, KPR syariah, deposito syariah, investasi syariah, BPR syariah, pasar modal syariah dan lain-lain.

Sukses Usaha Baju Muslimah
Saat ini sangat mudah kita temukan orang-orang yang menggunakan busana muslim baik pria dan wanita. Busana muslim bukan hanya dipergunakan untuk pergi ke dalam mesjid, menghadiri pengajian. Tapi baju muslim pun sudah seringkali dipakai dalam acara resmi maupun tak resmi. Misalnya busana muslim pesta pernikahan, baju muslimah untuk rekreasi, busana muslim untuk di kantor dan lain-lain. Bahkan seringkali penulis menemukan sebuah lembaga yang mewajibkan para karyawannya menggunakan busana muslim di hari Jumat.

Kalau dahulu pada tahun 1980 sampai 1990-an, wanita yang beragama islam dilarang menggunakan busana muslim. Dengan alasan membuat wanita tidak cantik dan kurang menarik. Namun seiring peraturan pemerintah dicabut mengenai larangan penggunaan pakaian muslimah di kantor maka saat ini kian marak wanita yang menggunakan hijab atau jilbab baik di kantor pemerintahan, kantor kepolisian, kantor militer, rumah sakit, perusahaan dan lembaga lainnya. Dengan menggunakan busana muslimah, seorang wanita lebih terjaga harga dirinya, tampil lebih anggun dan yang penting sebagai wujud pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT.

Sekarang baik kota maupun di desa sangat gampang menemukan wanita muslimah yang menggunakan busana muslim tanpa memandang jenis pekerjaan, profesi, dan status sosial. Para pedagang, pengusaha, karyawan, orang kaya dan orang miskin sama-sama menggunakan busana muslim dalam kehidupan seharian mereka. Adapun yang membuat mereka sangat semangat memakai baju muslimah, kerudung, hijab, jilbab dikarenakan ajaran agama Islam yang mengharuskan demikian.

Lalu syarat apa saja yang membuat sebuah pakaian bisa disebut busana muslim? Berdasarkan sumber hukum syara’ yakni Al Qur’an dan hadist bahwa sebuah busana disebut pakaian muslim jika memenuhi syarat menutupi aurat, baju tidak transparan dan tidak ketat.

Berkenaan dengan boomingnya bisnis busana muslim yang merupakan jenis usaha bukan musiman maka banyak orang yang membuka usaha jualan busana muslimah dengan target wanita muslim. Dan kebanyakan mereka sukses. Seperti yang dapat kita saksikan di sejumlah mall, toko pakaian, pasar modern, trade center, plaza,dll. Penulis pun pernah mengunjungi pasar baru modern di Bandung, Cimahi dan Sumedang yang banyak sekali gerai usaha yang menjual berbagai busana muslim dan muslimah yang sangat beragam dan menarik.

Sangat sayang jika anda melewatkan bisnis syariah ini. Anda bisa menjalankan bisnis baju muslim koko, hijab, kerudung, mukena, blouse dengan modal kecil dan tanpa modal. Setelah modal usaha semakin besar selanjutnya bisa menambah dengan baju muslim lain seperti gamis dan pernak pernik aksesoris. 

10 Rahasia Bisnis Busana Muslim agar Untung Jutaan
Bagi anda yang sedang berniat untuk membuka usaha. Namun masih bingung memilih jenis usaha yang ada maka bisnis busana muslim sangat layak anda jalankan sebagai bisnis yang pastinya akan sangat menguntungkan. Disebabkan pangsa pasar yang sangat besar. Dan setiap pelaku bisnis busana muslim yang masih pemula bisa meraup untung besar dari bisnis fashion ini. Begitupula bagi anda yang telah mempunyai usaha dan ingin menambah bisnis baru maka bisa membuka bisnis busana muslim dan muslimah baik secara sampingan, rumahan maupun secara online.

Untuk mempersingkat waktu, berikut ini 10 rahasia bisnis busana muslim agar untung jutaan yang perlu sobat ketahui, antara lain:

1. Menentukan jenis bisnis busana muslim
Ada berbagai pilihan bisnis busana muslimah dan muslim yang bisa sobat lakukan. Dan semuanya bisa untung jutaan, antara lain:

a. Usaha Konveksi Busana Muslim
Untuk membuka usaha pabrik atau produsen busana muslim, anda diharuskan memiliki modal usaha yang cukup besar untuk membeli mesin jahit, bayar gaji pegawai, beli bahan dan lain sebagainya. Namun keuntungan dari bisnis produksi baju muslim sangat besar dengan brand sendiri.

b. Pengecer
Inilah langkah mudah dalam membuka usaha baju muslim yaitu dengan menjadi pengecer busana muslim. Anda membeli baju muslim dari pihak supplier secara eceran. Kemudian menjual kembali pakaian muslim kepada konsumen dengan harga lebih tinggi dari harga beli.

c. Grosir
Selain menjadi pelaku bisnis pengecer busana muslim, ada jenis usaha baju muslim yang lebih menguntungkan yakni menjadi grosiran busana muslim. Caranya anda membeli banyak hijab dan pakaian muslimah lainnya dari konveksi baju muslim. Kemudian bisa menjual kembali kepada para pengecer dan konsumen langsung.

2. Menentukan jenis busana muslim yang hendak dijual
Jenis baju muslim yang mau anda jual banyak sekali. Namun anda harus memilih salah satunya sebagai awal usaha. Apakah baju muslim untuk anak-anak, kalangan remaja maupun untuk kalangan orang dewasa, ataukah untuk kalangan karyawan kantoran? Busana muslim yang dijual apakah yang resmi ataukah non resmi? Untuk kalangan menengah bawah atau kalangan menengah atas?

3. Mencari supplier busana muslim yang hendak anda jual
Setelah menentukan jenis baju muslim yang mau anda jual dengan berbagai pertimbangan pangsa pasar dan kemampuan, selanjutnya adalah mencari pabrikan yang memproduksi busana muslimah tersebut dengan kualitas bagus dan harga paling murah. Tawarkan sistem kerjasama yang saling menguntungkan antara anda sebagai reseller dan dia sebagai konveksi hijab.

4. Menyiapkan lokasi usaha berjualan baju muslim secara fisik
Langkah penting berikutnya adalah menyediakan lokasi usaha tempat berjualan busana muslim atau butik muslimah. Cara membuka usaha butik muslimah sangat gampang dan inilah salah satu caranya. Untuk lokasi usaha pastikan berada di tempat strategis seperti di dalam mall, di dalam pasar modern, dan pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lalang orang.

Anda bisa menyewa lokasi usaha strategis dengan harga terjangkau sesuai modal usaha yang dimiliki. Namun jika anda mempunyai modal uang yang sangat terbatas alangkah baiknya menggunakan ruang tamu atau garasi rumah sebagai tempat berjualan baju muslim asalkan lokasinya strategis.

5. Membuat toko online busana muslim di internet
Seiring kemajuan jaman, sobat harus mendukung toko busana muslim fisik dengan toko busana muslim online. Sehingga pangsa pasar yang dibidik bisa lebih luas lagi. Bukan hanya dari satu daerah tapi pemasaran bisa sampai ke seluruh wilayah Indonesia hingga ke luar negeri. Ada banyak platform untuk membuat toko online baik berbayar atau gratisan seperti wordpress, blogspot, bbm, media sosial, market place, whatsapp, line, facebook, twitter, situs, instagram dll.

Dengan kehadiran internet, seseorang bisa melakukan bisnis busana muslim tanpa modal. Caranya sobat mengupload gambar produk baju muslim yang berkualitas baik dan murah dari pihak supplier ke dalam akun facebook atau bbm. Kemudian di bagikan kepada banyak orang. Jika ada yang tertarik maka pastinya pangsa pasar akan membeli busana muslim yang dijual kepada anda. Mudah bukan?

6. Pelayanan terhadap konsumen harus ramah, bersahabat, cepat respon dan memuaskan
Hal ini untuk menarik minat konsumen untuk membeli busana muslim terus menerus kepada anda. Pastikan komunikasi terjalin terus menerus dengan konsumen, prospek dan calon pelanggan. Iklan penawaran busana muslim harus jelas yang meliputi harga, deskripsi produk, cara pembayaran, cara pengiriman dan lain sebagainya.

7. Mencari reseller dan dropshipper
Jika anda membeli busana muslim secara grosiran kepada pihak konveksi maka anda akan mendapatkan harga baju muslim dengan harga paling murah. Inilah cara menjadi distributor baju muslim langsung dari pabrik. Maka untuk mendongkrak penjualan pakaian muslimah, anda bisa mempromosikan bisnis busana muslim di internet. Selain itu, bisa mencari dropshipper andal dan reseller untuk semakin meningkatkan omset penjualan.

8. Mengikuti trend mode busana muslim terbaru
Anda tidak bisa mengandalkan berjualan busana muslim yang telah expired, jadul. Sebab konsumen sangat sensitif. Mereka lebih memilih membeli baju muslim sesuai dengan mode terkini, sedang populer, trend dan up to date. Jadi pastikan anda berjualan busana muslim yang sedang populer dan trend supaya penjualan bisa laris manis dan omset bisa puluhan juta rupiah perhari. Ikuti terus mode baju muslim terkini dan jangan sampai terlewatkan. 

9. Sistem waralaba
Untuk menambah kenyamanan pelanggan atau konsumen maka anda bisa menyediakan sistem waralaba atau franchise. Dimana konsumen yang hendak membuka usaha bisnis busana muslim bisa menggeluti bisnis ini dengan sangat mudah dan modal biaya investasi yang sudah ditentukan berdasarkan paket-paket tertentu. Dalam bisnis waralaba pakaian hijab dan busana muslim distro, biaya investasi yang disetorkan konsumen sudah meliputi pembelian produk jilbab dalam jumlah tertentu, fasilitas promosi penjualan, buku panduan, pelatihan usaha dan lain sebagainya.

10. Pantang menyerah
Terakhir rahasia bisnis busana muslim agar untung jutaan adalah memiliki sikap pantang menyerah. Mungkin suatu waktu anda mengalami sepi orderan maka jangan pernah menyerah. Anda bisa meningkatkan promosi usaha dengan berbagai media yang ada. Sehingga pelanggan bertambah semakin banyak.