20 Jenis Usaha Pertanian Untung Banyak, Modal Minim Buat Pemula

08 Agustus 2019

Setiap sektor pekerjaan pasti memiliki peluang usaha yang cukup banyak dan menjanjikan, tidak terkecuali dengan sektor pertanian. Pertanian memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Hal tersebut membuat banyak orang memanfaatkan jenis usaha pertanian.

Jenis usaha pertanian sendiri cukup menjanjikan jika Anda kerjakan. Usaha pertanian sangat penting untuk menopang kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha pertanian yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

20 Jenis Usaha Pertanian
Karena Indonesia merupakan negara agraris, maka tidak heran jika sektor pertanian menjadi hal yang penting. Anda bisa mencoba beberapa macam jenis usaha yang bisa menghasilkan keuntungan yang banyak tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Berikut ini beberapa jenis usahanya.

1. Menjual Pupuk Tanaman
Membuat peluang usaha dengan menjual pupuk tanaman cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda berjualan di sekitar area persawahan. Anda bisa mencoba untuk membuat pupuk kompos sendiri karena harga jualnya yang cukup mahal. Selain itu, pupuk kompos tidak berbahaya dan aman.
usaha pertanian, jenis usaha pertanian, bisnis pertanian, peluang usaha pertanian, bisnis pupuk, pupuk tanaman, pupuk, usaha pupuk, cocok tanam

Menjual pupuk tanaman sangat menguntungkan apalagi jika sudah musim panen. Hal tersebut terjadi karena para petani pasti membutuhkan pupuk agar tanamannya menjadi lebih sehat dan berkembang. Bahkan ada yang membutuhkan banyak pupuk karena lahan pertaniannya yang luas.

2. Usaha Rempah-Rempah
Indonesia terkenal akan keragaman dan banyaknya rempah-rempah yang dimiliki. Oleh karena itu, rempah-rempah sampai saat ini masih menjadi kebutuhan yang sangat penting. Rempah-rempah dapat dijadikan sebagai jenis usaha pertanian dengan keuntungan yang besar dan banyak.
bisnis pertanian, peluang usaha pertanian, usaha pertanian, usaha rempah-rempah, bisnis rempah, usaha rempah, rempah-rempah, bumbu

Untuk usaha rempah-rempah, Anda tidak perlu menyiapkan lahan yang besar sehingga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda bisa rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, merica, dan sebagainya. Beberapa bahan tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

3. Usaha Hidroponik
Usaha pertanian yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar selanjutnya adalah dengan melakukan usaha hidroponik. Hidroponik sendiri cukup unik karena merupakan salah satu usaha bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai medianya dan tanpa menggunakan tanah.
peluang usaha pertanian, usaha pertanian, bisnis pertanian, usaha hidroponik, tanaman hidroponik, hidroponik, bisnis tanaman hidroponik, budidaya hidroponik

Untuk memulai usaha hidroponik, Anda bisa menggunakan lahan tidak begitu luas karena hidroponik sendiri bisa disusun ke atas. Usaha hidroponik sangat menguntungkan karena memiliki harga jual yang tinggi. Hal itu disebabkan karena tanaman hidroponik dipastikan bebas dari pestisida dan hama.

4. Budidaya Edamame
Jenis usaha pertanian selanjutnya adalah budidaya edamame. Tanaman edamame sendiri sampai saat ini masih laku di pasaran dan memiliki banyak peminat. Hal tersebut karena selain rasanya yang enak, tanaman ini juga memiliki kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi.
peluang usaha pertanian, bisnis pertanian, usaha pertanian, jenis usaha pertanian, usaha edamame, edamame, bisnis edamame, tanaman edamame

Budidaya edamame dapat menghasilkan keuntungan yang banyak, apalagi pada saat musim hujan. Anda dapat mencoba budidaya edamame dengan skala lahan yang kecil dahulu. Jika terus memberikan keuntungan, Anda bisa mencoba membuka lahan edamame secara meluas dan besar.

5. Membuka Usaha Alat Pertanian
Jika Anda kurang memahami tentang bahan maupun tanaman pertanian, membuka usaha alat pertanian menjadi pilihan yang bagus untuk di coba. Anda bisa mencoba untuk menjual maupun menyewakan beberapa alat pertanian yang efisien dan bagus untuk digunakan para petani.
bisnis pertanian, usaha pertanian, peluang usaha pertanian, usaha alat pertanian, peralatan pertanian, bisnis alat pertanian, traktor, usaha pertanian untung

Hal tersebut dikarenakan sampai saat ini masih banyak petani yang belum memiliki alat sendiri untuk menggarap lahannya. Dengan begitu, usaha alat pertanian cukup menjanjikan dan menguntungkan. Anda dan petani dapat melakukan sistem pembayaran ketika sudah musim panen tiba.

6. Sayuran Organik
Saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli sayuran organik daripada sayuran yang diawetkan menggunakan pestisida. Hal ini dikarenakan sayuran organik lebih sehat dikonsumsi dan aman bagi tubuh. Sayuran organik menjadi hal yang paling banyak diburu ketika membeli sayur.
usaha pertanian, peluang usaha pertanian, bisnis pertanian, sayur organik, usaha sayur organik, bisnis sayuran, bisnis sayur organik, organik, sayuran

Karena banyaknya orang yang tertarik dengan sayur organik, hal tersebut bisa Anda jadikan sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Jenis usaha pertanian ini dapat menarik minat pembeli sehingga akan banyak orang yang membeli dan berlangganan di Anda.

7. Pengepul Padi
Bagi anda yang masih pemula di bidang pertanian, terdapat beberapa jenis usaha yang cocok dan bagus untuk dilakukan. Anda bisa mencoba untuk menjadi pengepul padi. Cukup dengan membeli gabah dengan harga yang minim, lalu jual kembali ke pabrik penggilingan gabah dengan harga tinggi.
peluang usaha pertanian, bisnis pertanian, usaha pertanian, peluang usaha pengepul padi, usaha pengepul padi, bisnis pengepul padi, bisnis gabah, usaha beras, bisnis beras. beras

8. Petani Mentimun
Menjadi petani mentimun merupakan salah satu hal yang dapat memberikan keuntungan besar tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak. Apalagi petani mentimun hanya memerlukan waktu yang cukup sebentar sebelum melakukan panennya. Mentimun sendiri juga digemari oleh banyak orang.
peluang usaha pertanian, bisnis pertanian, usaha pertanian minim modal, usaha pertanian menguntungkan, usaha mentimun, jual mentimun, mentimun, tanaman mentimun
9. Budidaya Tanaman Hias
Budidaya Tanaman Hias menjadi jenis usaha pertanian yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang membeli tanaman hias untuk mempercantik rumahnya. Anda bisa menyesuaikan budget yang dimiliki untuk membeli bibit tanaman hias dan melakukan budidaya.

10. Menjual Produk Pertanian
Menjual produk pertanian memiliki keuntungan yang cukup besar untuk dilakukan. Anda dapat mencoba untuk menjual produk pertanian yang produk tersebut sampai saat ini masih banyak dibutuhkan oleh banyak orang, seperti beras, jagung, dan kedelai. Tentu hal ini akan menguntungkan.

11. Budidaya Cabai
Cabai termasuk tanaman holtikultura yang laku keras di pasaran. Banyak orang yang membutuhkan cabai sebagai pelengkap dari masakan yang Anda buat. Hampir semua orang mengkonsumsi cabai setiap harinya. Tidak heran jika harga cabai di pasaran cukup tinggi sehingga akan menguntungkan.

12. Langganan Box Sayuran
Dengan jenis usaha pertanian ini, Anda tidak perlu menyiapkan lahan pertanian dan menggarap lahan. Jenis usaha ini mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menawarkan produk box sayuran yang sudah dibeli dari petani. Selain itu, anda dan petani dapat melakukan kerjasama yang baik.

13. Budidaya Jamur Tiram
Budidaya jamur tiram merupakan salah satu jenis usaha pertanian yang bisa dilakukan secara mudah dan hemat biaya. Dengan lahan yang sempit, anda tetap bisa menjalankan budidaya tersebut. Harga jual jamur tiram ini cukup tinggi, bisa mencapai Rp 10.000 per kilo. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda.   

14. Perkebunan Kopi
Saat ini, banyak masyarakat yang suka meminum kopi dan terus meningkat setiap tahunnya. Memiliki perkebunan kopi tentu bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Kopi memiliki banyak peminat karena aromanya yang khas dan rasanya yang enak.

15. Tanaman Kacang Tanah
Kacang tanah adalah salah satu tanaman pertanian yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan kacang tanah sendiri dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan, seperti camilan, bahan masakan, selai roti, dan masih banyak lagi.

16. Membuka Toko Pertanian Online
Selain membuka toko pertanian secara offline, Anda juga bisa mencoba membuka toko pertanian secara online. Hal tersebut karena saat ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah pandai memanfaatkan teknologi. Selain itu, jaringan untuk pasar di media online juga besar dan luas.

Membuka toko pertanian online tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Selain itu, Anda juga bisa melakukan jenis usaha pertanian ini di rumah, sehingga tidak perlu menyediakan lahan. Anda bisa melakukan promosi secara meluas dan besar-besaran untuk mendapatkan banyak pelanggan.

17. Usaha Ekspor dan Impor Produk Pertanian
Saat ini, banyak petani di Indonesia yang masih bingung untuk memasarkan produknya hingga ke luar negeri. Hal tersebut dikarenakan pasar internasional cukup menjanjikan sehingga petani ingin menjual hasil produknya sampai ke manca negara, namun keinginan tersebut belum bisa terwujud.

Untuk itu, Anda bisa membuat peluang usaha ekspor impor untuk memasarkan produk pertanian ke manca negara. Anda dapat membantu petani untuk bisa mendapatkan mitra bisnis yang bisa menguntungkan anda dan petani. Dengan begitu, anda bisa mendapat keuntungan yang besar.

18. Budidaya Sosin
Budidaya sosin merupakan salah satu jenis usaha pertanian yang banyak dilakukan oleh orang. Tanaman ini memiliki waktu yang cukup cepat untuk panennya dibandingkan dengan tanaman pertanian lain. Biasanya, tanaman sosin dapat dipanen hingga kurang dari sebulan.

19. Jasa Buruh Pertanian
Anda dapat melakukan usaha jasa buruh pertanian. Saat ini, banyak petani yang membutuhkan jasa buruh untuk membantunya dalam menggarap lahannya. Hal tersebut bisa dijadikan peluang untuk membuat jasa buruh sehingga Anda bisa bekerjasama dengan para petani.

20. Konsultan Pertanian
Jenis usaha pertanian yang terakhir adalah dengan membuka bisnis konsultan pertanian. Anda dapat melakukan masukan untuk para petani. Namun, Anda pastinya juga harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang berhubungan dengan pertanian sehingga tidak memberikan informasi yang salah.

Itulah 20 jenis usaha pertanian yang bisa Anda lakukan. Dengan modal yang sedikit, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dan berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Anda bisa mencoba salah satu jenis usaha yang dirasa tepat dan cocok. Lakukan dengan rajin dan tekun.