Rincian Modal Usaha Rental Komputer Mulai Awal hingga Buka

13 April 2017

Banyak sekali jenis usaha yang bisa kita temukan di sekitar kampus dan sekolah. Seperti usaha berjualan kuliner semisal batagor, baso sapi, fried chicken, warung kopi, usaha jasa fotocopy dan penjilidan, bisnis warnet atau warung internet, dan usaha rental komputer. Dan kesemua usaha tersebut laris manis dibeli banyak mahasiswa atau pelajar yang membutuhkannya. Seperti halnya usaha penyewaan komputer yang sudah booming sejak dahulu.

Prospek Usaha Rental Komputer
Perlu diketahui, bisnis penyewaan komputer masih menguntungkan dan merupakan jenis usaha yang bisa dijalankan secara rumahan di dalam rumah menggunakan kursi dan meja atau lesehan. Usaha ini sangat menjanjikan untung besar jika dibuka di sekitar sekolah dan universitas. Karena pangsa pasar yang dituju adalah kalangan mahasiswa dan pelajar. Mereka biasanya ditugaskan oleh sekolah mengerjakan tugas sekolah seperti membuat makalah, laporan dll yang semua harus mengetik menggunakan komputer.

Berdasarkan pengamatan langsung penulis di lapangan nyata, bisnis rental komputer sekarang ini tampak lesu. Hal ini tak terlepas dari semakin banyak orang sudah memiliki komputer satu buah hingga dua buah. Baik berupa laptop atau komputer pc di rumah. Disebabkan harga komputer dan laptop sudah sangat terjangkau bagi semua orang. Apalagi membanjirnya produk komputer dan laptop dari negeri Tiongkok. Selain itu ada fasilitas kredit pembelian laptop dan komputer.
biaya rental komputer, biaya usaha rental komputer, bisnis rental komputer, bisnis rental, rental komputer, komputer rent

Lalu apa yang membuat setiap orang memiliki komputer atau netbook saat ini? Dikarenakan tuntutan pekerjaan dan proses belajar mengajar yang mengharuskan setiap orang mempunyai komputer. Proses mencari informasi dan belajar mengajar jadi mudah dengan adanya komputer bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Banyak pekerjaan kantoran yang harus dikerjakan menggunakan komputer dan laptop. Hal itulah yang membuat usaha rental komputer sepi pengunjung. Kalau dulu sih, setiap gerai usaha rental komputer selalu dipenuhi pengunjung. Sekarang beda.

Walaupun setiap orang sudah mempunyai komputer tidak membuat bisnis rental komputer menjadi sepi. Ada sebagian pengusaha yang kreatif dengan menjalankan usaha penyewaan komputer dengan unik dan selalu dibanjiri para pengunjung. Mereka membuat konsep usaha rental komputer secara moderen dan kekinian. Misalnya dengan melengkapi jasa warnet, rental games online dan lain sebagainya.

Pendek kata, berdasarkan analisa tajam sang penulis bahwa usaha rental komputer masih menjanjikan kapanpun. Dan tak akan pernah sepi konsumen baik di desa maupun di kota. Pangsa pasar utama adalah pelajar dan mahasiswa. Namun tak menutup kemungkinan kalangan karyawan swasta dan negeri pun sering menggunakan jasa rental komputer untuk membantu tugas dan pekerjaannya sehari-hari.

Adapun orang yang menggunakan jasa rental komputer selain kalangan umum yang tak memiliki komputer bisa saja dari kalangan mahasiswa dan pelajar yang hendak mengerjakan tugas di sekolah membuat laporan atau makalah dll. Atau bisa juga dari kalangan karyawan yang sibuk dan sukar mengerjakan tugas sendiri. Mereka menggunakan jasa rental komputer dan pengetikan untuk menyelesaikan tugasnya itu. Adapula orang yang memakai jasa penyewaan komputer karena laptop miliknya sedang mengalami kerusakan atau kurangnya fasilitas yang dimiliki. Seperti tak adanya scan atau printer.

Jadi, bagaimanapun lokasi usaha anda akan tetap menjanjikan menjalankan bisnis rental komputer. Usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil tapi untung bisa besar. Yang penting adalah pandai menjalin relasi dengan kalangan pelajar dan mahasiswa serta umum. Usaha ini bisa dijalankan secara sampingan dan rumahan. Jika anda sibuk bekerja di kantor maka sobat bisa menyerahkan bisnis rental komputer ke isteri tercinta atau merekrut satu orang karyawan.

Persiapan Buka Usaha Rental Komputer dan Pengetikan
Untuk membuka usaha rental komputer dan pengetikan serta print, hal pertama yang harus diketahui adalah pasar utama dari usaha ini yakni kalangan pelajar dan mahasiswa. Kemudian mempersiapkan beberapa alat dan perlengkapan usaha yang meliputi:

▪ Lokasi Usaha
Pilihlah lokasi usaha yang strategis. Yang berdekatan dengan area kampus atau sekolah maupun pusat perkantoran. Ada cara mencari lokasi usaha bagi bisnis rental komputer. Sobat bisa menjadikan rumah sebagai lokasi usaha. Apalagi letak rumah sobat berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang dan pelajar serta mahasiswa. Selain itu, anda bisa menyewa lokasi usaha di tempat strategis dengan biaya sewa bulanan atau tahunan. Namun saran penulis, pada tahap awal usaha rental komputer dan pengetikan sobat tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk sewa tempat. Gunakan saja rumah anda sebagai lokasi usaha. 

▪  Komputer
Hal yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah peralatan dan perlengkapan komputer yang mencakup komputer pentium kecepatan tinggi dengan fasilitas cd room dan memori besar, kertas, scanner, tinta berwarna dan hitam, printer berwarna yang memadai untuk cetak foto dan dokumen sekaligus, dan lain sebagainya. Untuk modal awal sobat bisa mengadakan 3 unit komputer dahulu.

▪ Biaya Promosi
Adapun biaya promosi tergantung jenis promosi yang digunakan. Apakah promosi via online atau fisik? Salah satu cara melakukan promosi bisnis rental komputer yaitu dengan cara membagikan brosur kepada kalangan mahasiswa, pekerja kantoran, pelajar sekitar dan lain-lain. Selain itu, promosi bisa dilakukan secara online di internet lewat media sosial terkenal seperti facebook, twitter, olx, forum ads id dll. 

▪ Kombinasi Usaha  
Untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis rental komputer, sobat bisa membuka usaha sampingan kombinasi seperti usaha jasa fotocopy, usaha jualan pulsa, usaha berjualan software dan hardware komputer, jual beli komputer baru dan second, jasa perbaikan atau service komputer dan laptop dan lain sebagainya.

Inilah keuntungan membuka usaha rental komputer. Karena ada banyak jenis bisnis turunannya. Kalau anda mengharapkan penghasilan dari bisnis penyewaan komputer maka pendapatan yang diraih sangat terbatas.

Nah, anda bisa memperbanyak penghasilan sobat dari bisnis rental komputer dengan membuka usaha yang masih berkaitan. Seperti usaha jasa pengetikan, usaha warnet, bisnis online, jasa penulisan artikel di internet, jual beli online, usaha percetakan dan penjilidan, usaha jualan ebook atau alat-alat tulis kantor disingkat ATK dan lain-lain.

Jika anda memutuskan usaha pengetikan sebagai tambahan penghasilan maka sobat hendaknya memastikan naskah yang sudah dipesan untuk dikerjakan dapat dikembalikan dan diselesaikan secara tepat waktu. Jangan sampai tidak tepat waktu atau mengulur waktu penyelesaian pengetikan. Karena itu mengakibatkan konsumen kecewa. Apabila sudah kecewa maka akan sulit bagi sobat untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari konsumen bersangkutan.

Mengenai tips sukses membuka usaha rental komputer adalah menyediakan berbagai jenis layanan dan kombinasi usaha yang menguntungkan. Dengan demikian kesan usaha rental komputer sobat lengkap tertanam di benak konsumen. Karena tak jarang setelah menyelesaikan tugas sekolah yaitu laporan atau makalah, seorang pelajar dan mahasiswa melakukan fotocopy dokumen tersebut.

Untuk lebih jelasnya, inilah jenis usaha yang masih berkaitan dengan usaha rental komputer antara lain : jasa pengetikan makalah, tugas akhir, dokumen atau laporan maupun skripsi, dll. Lalu usaha lainnya adalah jasa penerjemahan dokumen, jasa pengolahan data, jasa desain grafis, usaha bimbingan belajar kursus komputer, usaha cetak foto digital kilat, burning cd dan print dokumen atau gambar dan jenis usaha lain sebagainya yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Rincian Modal Usaha Rental Komputer Mulai Awal hingga Buka
Lalu bagi anda yang penasaran dan berencana mau buka usaha rental komputer dan cabangnya pasti bertanya-tanya berapakah modal usaha yang dibutuhkan dalam memulai bisnis penyewaan komputer dan pengetikan? Untuk lebih jelas, inilah rincian modal usaha rental komputer dari awal sampai beroperasi, antara lain:

▪ Komputer
Untuk memulai bisnis rental komputer secara rumahan dan sederhana, sobat bisa menggunakan tiga buah unit komputer. Jika harga satu unit komputer sebesar Rp 3 juta maka modal usaha yang dibutuhkan untuk membeli 3 unit komputer sebesar Rp 9 juta.

▪ Printer
Ada berbagai jenis printer. Seperti printer inkjet atau pita. Saran penulis belilah printer laser jet yang memadai dan canggih yang mampu mencetak dokumen dan foto secara jelas dan sekaligus. Apalagi anda mau buka usaha cetak foto digital. Harga printer dikisaran Rp 1.500.000,-

▪ Scanner
Harga scanner yang standar dikisaran Rp 600 ribu.

▪ Biaya Promosi
Media yang digunakan untuk promosi bisnis rental komputer memerlukan biaya pembuatan seperti brosur, reklame, neon box, leaflet, dan lain sebagainya. Biaya promosi sekitar Rp 200 ribu. Namun ada cara gratis untuk mempromosikan usaha penyewaan komputer dan pengetikan dengan cara beriklan di internet melalui media sosial, blog, olx, forum, dan lain sebagainya.

▪ Gaji Karyawan
Karyawan satu orang dengan gaji Rp 700 ribu.

▪ Biaya Listrik
Untuk pemakaian listrik tentu akan besar dikisaran Rp 300 ribu perbulan.

▪ Biaya Lain-Lain
Hal ini meliputi cd, kertas, tinta seharga Rp 100 ribu.

Jadi estimasi total biaya yang diperlukan sebagai modal usaha untuk membuka bisnis rental komputer dari awal hingga buka sebesar Rp 12.400.000. Jika dalam satu bulan, anda mampu mengetik 1000 halaman dan print 1000 halaman maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan sebesar Rp 2 juta perbulan.