Ini Bisnis Sampingan Karyawan Kantoran Hasil Melebihi Gaji

13 Oktober 2016

Menjadi seorang karyawan adalah sebuah profesi yang dijalani banyak orang di tanah air. Tapi tahukah anda mengandalkan gaji dari profesi karyawan tidak akan pernah membuat anda kaya raya. Hal seperti ini telah diungkapkan oleh Robert T Kiyosaki dalam buku karangannya Rich dad Poor Dad. Ia mengatakan ada empat kuadran dalam kehidupan ini. Kuadran karyawan atau employee, pekerja mandiri lepas, bisnis, dan investor. Kebanyakan manusia memilih profesi sebagai karyawan dan pekerja mandiri lepas yang tidak akan pernah membuat kaya. Karena terbatas waktu, tenaga, dan penghasilan. Lalu kuadran mana yang akan cepat membuat seorang kaya raya? Yakni kuadran bisnis dan investor.

Dari penjelasan di atas cukup jelas bahwa membiayai kehidupan dengan mengandalkan gaji seorang pegawai tidak akan pernah cukup. Disebabkan gaji yang nominalnya terbatas. Memang ada seorang karyawan dengan gaji sangat tinggi. Tapi itu sementara. Sebab jika ia sudah pensiun atau berhenti bekerja di kantor maka tak ada penghasilan lain. Oleh sebab itu, seorang karyawan harus mempersiapkan masa pensiun untuk hidup sehat dan sejahtera. Salah satu caranya dengan melakukan usaha sampingan seorang karyawan sejak dini.
bisnis sampingan, bisnis sampingan karyawan kantoran, usaha sampingan karyawan, usaha sampingan

Hal ini dirasakan betul oleh penulis yang terus menerus bekerja kepada orang lain sebagai karyawan. Gaji berapapun besarnya baik besar maupun kecil sebagai seorang pegawai tetap saja habis. Karena gaji tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup sekarang yang kini semakin banyak dan melonjak naik. Gaji sulit naik sedangkan harga-harga kebutuhan pokok terus menanjak naik setiap hari. Hal ini membuat seorang karyawan terkadang hidup mengandalkan gaji hanya cukup untuk makan sehari-hari. Sulit untuk mendapatkan fasilitas mewah dari mengandalkan gaji seorang karyawan.

Namun yang penting seorang karyawan harus mampu mengatur keuangan secara baik agar gaji yang dimilikinya cukup untuk membiayai kehidupan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan gaji. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah biaya pengeluaran seorang karyawan antara lain : biaya pendidikan, biaya anak sekolah, belanja kebutuhan hidup sehari-hari, biaya kursus, biaya jajan dan hiburan, biaya tidak terduga, dan biaya lain sebagainya yang terus merangkak naik. Mampukah gaji seorang karyawan bisa menutupi pengeluaran sebesar itu? Tentu saja bagi karyawan dengan penghasilan besar bisa menutupi kebutuhan tersebut. Tapi bagi karyawan dengan penghasilan kecil dan pas-pasan sangat sulit. Dimana mereka seringkali harus berutang untuk menutupi biaya tersebut.

Usaha Sampingan untuk Karyawan Modal Kecil
Artikel ini ditujukan untuk kalangan karyawan yang ingin memperbaiki kondisi ekonominya. Seperti yang dirasakan oleh penulis yang selama puluhan tahun telah menekuni profesi sebagai seorang karyawan dan tidak pernah kaya-kaya. Namun pendapat demikian dibantah oleh Safir Senduk. Salah seorang pakar finansial tanah air tersebut menyatakan bahwa kata siapa seorang karyawan tidak bisa kaya raya? Seorang karyawan bisa kaya raya tapi bukan hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan. Tapi ia juga mesti melakukan bisnis dan usaha sampingan, menjadi pengusaha dan investor.

Rasa bosan seringkali menghinggap hidup serorang karyawan dengan penghasilan bulanan yang setiap akhir bulan habis. Anda tidak sendiri. Penulis pun dan banyak pegawai lainnya merasakan. Untuk mendapatkan barang mewah yang harganya mahal, seorang karyawan seringkali harus berutang atau mencicil ke bank. Setiap akhir bulan, kantong keuangan menipis. Dan pada awal bulan selalu siap menanti datangnya pembayaran gaji. Kenaikan gaji seorang karyawan kadang tidak seimbang. Sebab harga kebutuhan pokok telah naik beberapa kali dalam setahun. Sedangkan gaji karyawan kadang naik dalam satu tahun. Naiknya juga kecil. Itulah nasib seorang karyawan.

Jika anda masih berstatus sebagai pegawai di kantor mungkin merasakan hal demikian. Seringkali uang hasil gajian habis sebelum gajian kembali. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan yang lain seperti liburan ke Bali, biaya piknik, biaya membeli susu dan lain sebagainya tidak ada uang sama sekali. Jalan pilihan adalah mengambil pinjaman kepada orangtua, sanak kerabat, teman atau sahabat hingga meminjam ke bank dengan bunga rendah.

Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah sebagai karyawan kantoran yang gaji pas-pasan tentu saja mengalami kehidupan yang terasa sulit. Mereka sulit untuk mendapatkan apa yang dinamakan kebebasan finansial. Konsep yang diusung oleh Robert T Kiyosaki hanyalah impian kosong bagi mereka. Padahal mereka ingin hidup kaya raya, tidur nyenyak, dan berlimpah uang tanpa perlu bekerja lagi.

Nah jika anda sebagai karyawan di kantor ingin bebas finansial dan kaya raya sebenarnya bisa saja. Seperti yang diiyakan oleh Safir Senduk bahwa seorang karyawan bisa saja kaya raya dan meraih kebebasan finansial. Caranya asalkan ia bisa mengatur gajinya dengan baik. Penghasilan bulanan sebagian ia putar ke dalam sebuah instrumen bisnis dan investasi.

Namun pada kesempatan kali ini, penulis akan memilih jalur kaya raya seorang karyawan dari jalur bisnis atau usaha sampingan. Seorang karyawan harus menjalankan bisnis sampingan agar kehidupan ekonomi membaik. Tapi bisnis sampingan harus dijaga agar jangan sampai mengganggu pekerjaan karyawan di kantor. Pekerjaan sebagai karyawan di kantor harus tetap dilakukan secara profesional.

Dengan melakukan usaha sampingan maka akan ada dua sumber penghasilan. Pertama, penghasilan dari gaji. Kedua penghasilan dari bisnis sampingan. Sebenarnya rumus untuk kaya raya seorang karyawan cukup mudah yakni perbesar arus sumber pemasukan keuangan seperti dengan cara membuka beberapa bisnis sampingan yang hahal dan menguntungkan. Dan perkecil biaya pengeluaran.

Ide Usaha Kreatif Seorang Karyawan
Sebenarnya seorang karyawan yang gajinya tidak mencukupi untuk membayar biaya kebutuhan rumah tangga bulanan, ada beberapa alternatif usaha yang bisa dijalankan. Seperti mendayagunakan isteri untuk bekerja mencari penghasilan tambahan. Misalnya mendorong isteri tercinta untuk membantu keuangan suami dengan bekerja pada orang lain sebagai karyawati atau membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Tak jarang dengan melakukan demikian, penghasilan isteri bisa melebihi gaji suami dengan bekerja sebagai karyawati ataupun wirausaha.

Penulis lebih menyarankan sang isteri untuk berwirausaha modal kecil secara rumahan untuk membantu beban keuangan ekonomi keluarga. Seperti membuka warung dan toko kelontongan, dll. Contohnya saja, rekan penulis bekerja sebagai buruh bangunan. Sedangkan isteri tercint membuka usaha kuliner ayam bakar secara rumahan. Atau teman penulis yang lain bekerja sebagai karyawan honorer di sebuah puskesmas. Dan isteri tercinta bekerja di sebuah klinik kedokteran dan membuka usaha warung kelontongan. Atau  anda pun bisa menggunakan sang isteri tercinta untuk membantu usaha sampingan sobat. Bagaimana mudah bukan dalam menambah penghasilan dengan bantuan isteri tercinta?

Dan tak kalah cerdik adalah memfasilitasi isteri tercinta untuk mencari tambahan penghasilan sesuai bakat dan hobi yang dimilikinya. Misalkan isteri tercinta hobi memasak maka isteri tercinta bisa membuka usaha restoran atau warung makanan. Jika isteri hobi menjahit dan desain baju dapat membuka usaha jasa menjahit pakaian atau baju. Dan berdasarkan pengalaman ada banyak isteri yang sukses meraih kekayaan dengan melakukan hobinya dikombinasikan dengan uang yang bisa melebihi gaji suami tercinta. 

Peluang Bisnis Sampingan bagi Karyawan Kantoran
Seperti yang dilakukan oleh penulis yang sekarang ini sudah satu tahun lebih bekerja di perusahaan sale pisang ambarsari sebagai karyawan administrasi. Penulis melakukan usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Gaji penulis sebagai karyawan swasta sekitar Rp 750 ribu. Uang sebesar itu tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Oleh sebab itu, penulis mencari peluang usaha sampingan di luar pekerjaan utama sebagai penulis lepas freelance online dan bisnis online.

Dari sinilah penulis tegaskan jika anda sebagai karyawan kantoran mesti melakukan bisnis sampingan untuk menambah penghasilan. Salah satunya yang penulis rekomendasikan adalah melakukan bisnis online. Kenapa bisnis online merupakan peluang bisnis sampingan yang tepat bagi kalangan karyawan kantoran? Banyak hal yang melatarbelakanginya. Pertama, bisnis online dapat dikerjakan secara sampingan dan berjalan otomatis 24 jam tanpa perlu kehadiran kita setiap hari. Kedua, potensi bisnis online sangat besar mengingat pangsa pasar yang sangat besar ke seluruh dunia asalkan tersambung dengan internet. Ketiga, bisnis online dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja yang tidak tergantung tempat dan waktu. Keempat, bisnis online bisa dilakukan pada waktu malam hari sepulang dari kantor. Hal ini sangat tepat bagi seorang karyawan.

Namun anda tak perlu picik, ada banyak bisnis online yang bisa para karyawan geluti sebagai usaha sampingan. Misalnya menjadi blogger, memasang iklan adsense, menjual space iklan mandiri, buka toko online, menjadi publisher pop under, menjual jasa dan barang fisik atau digital secara online, menjadi youtuber adsense, dan lain sebagainya. Saran penulis pilihlah usaha bisnis online sampingan yang sesuai dengan bakat dan minat anda agar usaha cepat sukses dan berkembang pesat.

Akan tetapi, melakukan bisnis bagi seorang karyawan tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan seorang karyawan kantoran memiliki waktu dan tenaga terbatas. Setiap hari pada pagi hari sekitar jam 07 ia harus berangkat ke kantor. Kemudian pulang pada waktu sore sekitar jam 4. Adapun waktu libur pada hari Minggu atau Sabtu. Nah pada hari inilah seorang karyawan bisa melakukan usaha sampingan secara fokus dan efektif. Dan diluar jam kerja seorang pegawai bisa melakukan usaha sambilan sebagai tambahan penghasilan. Oleh sebab itu, ia harus memilih jenis usaha yang cocok baginya. Salah satunya seperti diutarakan di atas adalah peluang usaha bisnis online yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Penulis melakukan usaha sampingan untuk menambah penghasilan dengan cara menjadi publisher pop under dan menjual barang dan jasa secara online. Penghasilan dari bisnis online mampu menutupi kekurangan biaya kebutuhan keluarga bulanan. Bahkan biaya pengobatan operasi isteri tercintai dibiayai dari bisnis internet. Pada malam hari, sepulang dari bekerja sebagai karyawan di kantor penulis membuka laptop dan menjalankan bisnis online sebagai sampingan. Pada waktu dini hari sebelum berangkat bekerja ke kantor membuka laptop dan komputer untuk melaksanakan bisnis online. Dan terkadang bisnis online yang penulis jalani penghasilannya melebihi gaji penulis dari bekerja di kantor.

Atau sobat bisa menggeluti usaha yang masih berhubungan dengan tempat kerja anda. Seperti penulis, setiap hari ditugaskan untuk membeli gas, pulsa dan kertas serta alat dan bahan untuk keperluan kantor. Maka penulis membuka usaha jualan gas 3 kg secara eceran rumahan, jualan pulsa elektronik, dll.