Daftar Bisnis Sampingan Modal Kecil Untung Berlipat

15 Oktober 2016

Indonesia tidak seperti negara maju yang mampu membayar tinggi kerja para pegawai kantoran. Di tanah air seringkali ditemui gaji seorang karyawan kantoran yang terbilang sangat kecil. Gaji minim tersebut tidak mampu menutupi kebutuhan hidup keluarga selama satu bulan penuh. Ada sebagian karyawan kantoran yang mendapatkan gaji secara UMR. Dan ada pula pegawai kantoran yang tak memperoleh gaji sesuai UMR. Contohnya saja penulis yang termasuk karyawan kantoran bagian administrasi di perusahaan sale pisang yang gajinya di bawah UMR.

Untuk mensiasati penghasilan yang minim tersebut, seorang karyawan kantoran harus bersikap cerdas dan pintar. Dimana ia harus memulai sebuah bisnis dan usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Seorang karyawan pasti memiliki waktu luang. Seperti sepulang dari kantor atau pada waktu hari Minggu. Waktu luang inilah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjalankan bisnis sampingan dengan modal kecil tapi keuntungan berlipat.

Pendek kata, seorang karyawan kantoran perlu melakukan usaha sampingan modal kecil untuk menambah penghasilan dan merencanakan pengelolaan keuangan di masa datang dengan cara berinvestasi. Dan tak jarang bisnis sampingan yang dimulai dari kecil menjadi sebuah perusahaan besar yang go internasional bernilai milyaran dolar. Jadi jangan sepelekan bisnis sampingan yang berpotensi sukses dan menguntungkan.
bisnis sampingan modal kecil, usaha sampingan, usaha sampingan modal kecil, bisnis sampingan menguntungkan,

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah daftar bisnis sampingan seperti apa yang cocok dan tepat dilakukan oleh seorang karyawan kantoran, ibu rumahtangga, pelajar dan mahasiswa? Banyak sekali bisnis sampingan yang bisa ditekuni oleh mereka. Semua bisnis dan usaha bisa dijadikan bisnis sampingan yakni semua bisnis atau jenis usaha yang ada para pembelinya.

Macam-Macam Usaha Sampingan yang Menjanjikan
Berikut ini sejumlah daftar bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang karyawan kantoran, pelajar, ibu rumahtangga, dan mahasiswa untuk menambah penghasilan di waktu luang dan bekal di saat pensiun, antara lain :

Menjual Pulsa
Ini adalah jenis usaha sampingan yang mudah dijalankan oleh seorang ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa dan karyawan kantoran. Dengan modal kecil sebesar Rp 50 ribu, seorang karyawan atau pelajar dan ibu rumahtangga dapat menjalankan bisnis sampingan jualan pulsa yang sangat menjanjikan. Dikatakan menjanjikan karena setiap orang sekarang ini hampir semua sudah mempunyai ponsel bahkan satu orang ada yang memiliki dua ponsel hingga lebih. Tentu saja ini sebuah peluang usaha yang menguntungkan karena kebutuhan pulsa sangat tinggi untuk menjalankan handphone tersebut sebagai sarana berkomunikasi, internet dll. Selain itu, anda juga bisa menjual pulsa untuk kebutuhan listrik token.

Rincian Modal Usaha Berjualan Pulsa
Adapun rincian modal usaha berjualan pulsa elektrik modal kecil adalah satu buah handphone untuk mengirim pulsa. Ponsel yang anda gunakan bisa dijadikan sebagai alat usaha menghasilkan uang. Dan selanjutnya modal usaha berupa deposit uang minimal Rp 50 ribu kepada distributor pulsa terpercaya dan harga murah.

Walaupun keuntungan berjualan pulsa sangat kecil sekitar Rp 500. Namun jika banyak pelanggan tentu saja keuntungan akan berlipat-lipat ganda. Kunci sukses dalam menekuni usaha sampingan berjualan pulsa adalah mengelola keuangan usaha secara baik. Dimana uang pribadi harus dipisah dengan uang hasil usaha. Kunci sukses lainnya adalah menjaring pelanggan sebanyak mungkin yang dimulai dari anggota keluarga, sanak kerabat, rekan kerja, teman dan sahabat dll.

Penulis Freelance
Inilah peluang usaha sampingan yang modal dibawah 1 juta rupiah dan tepat bagi seorang pegawai kantoran, pelajar, mahasiswa dan ibu rumahtangga. Dengan modal kecil melakukan bisnis sampingan sebagai penulis lepas berpotensi menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Hal ini dirasakan betul oleh penulis yang memulai bisnis sampingan modal kecil ini dari tahun 2010 sampai sekarang.

Menjadi penulis lepas di berbagai media massa seperti surat kabar, buku, majalah dll terutama website online. Kenapa saya menganjurkan sobat menjadi penulis lepas online? Karena penghasilan yang didapatkan lumayan besar dengan modal minim atau nyaris tanpa modal. Seperti menjadi penulis freelance, penulis artikel online, ghostwriter dll. Apalagi jika di lokasi kantor sudah tersedia koneksi internet gratis seperti wifi. Tentu saja sobat lebih leluasa dalam menjalankan bisnis sampingan sebagai penulis online sebagaimana yang dirasakan oleh penulis secara langsung. Apabila sobat memiliki kemampuan dalam menulis menggunakan bahasa Inggris. Tentu penghasilan yang didapatkan akan berlipat ganda berupa pundi-pundi dolar.

Bisnis sampingan sebagai penulis lepas online termasuk usaha tanpa modal namun potensi keuntungan penghasilan sangat besar. Setiap karyawan kantoran, pelajar, mahasiswa dan ibu rumahtangga bisa menjalani usaha sampingan ini di waktu luangnya sebagai penghasilan uang tambahan.

Usaha Bimbingan Belajar / Les Privat
Di sela waktu luang, seorang karyawan kantoran, pelajar, ibu rumahtangga, mahasiswa dll bisa mengerjakan usaha sampingan seperti usaha les privat bagi anak sekolah. Bimbingan belajar terhadap suatu mata pelajaran di sekolah. Atau bisa juga sobat memberikan les privat bahasa asing tertentu maupun bimbingan belajar musik. Namun biasanya mata pelajaran sekolah yang dijadikan usaha les privat adalah mata pelajaran sekolah yang sulit seperti bahasa inggris, matematika dll.

Penghasilan dari bisnis les privat lumayan besar. Seperti yang dilakukan Anne Ahira dulu sebelum menekuni bisnis online. Dalam sebulan ia mampu menghasilkan uang sebesar sepuluh juta rupiah. Yang dibutuhkan sekali dalam bisnis sampingan les privat adalah keterampilan mengajar yang baik dan benar. Usaha les privat bisa dijalankan secara rumahan atau sobat bisa juga mendatangi langsung rumah murid-murid.

Rincian Modal Usaha Les Privat
Rincian modal usaha membuka bimbingan belajar les privat adalah sangat kecil seperti alat tulis, papan tulis, kertas, ruangan belajar, transportasi sepeda motor, bensin, dan lain sebagainya. Jika dihitung maka modal usaha yang diperlukan kurang dari satu juta rupiah. Sehingga usaha les privat sangat cocok dijadikan usaha sampingan bagi karyawan kantoran, pelajar, mahasiswa, dan ibu rumahtangga dengan modal kecil dan keuntungan sangat besar.

Untuk masalah harga jasa les privat bisa ditentukan oleh anda sendiri. Atau mengikuti harga pasar di daerah anda. Namun saran penulis lebih baik memberikan harga yang sedikit lebih murah ketimbang pesaing. Dengan demikian para konsumen akan senang hati memakai usaha jasa les privat yang sobat berikan. Apalagi jika ditambah dengan pelayanan yang ramah dan jaminan naik kelas atau lulus ujian nasional bagi anak murid. Tentu akan banyak pelanggan yang menggunakan jasa anda tersebut.

Bisnis Online
Seorang karyawan, ibu rumahtangga, mahasiswa dan pelajar yang ingin menambah penghasilan bisa menjalankan bisnis online seperti yang dilakukan oleh penulis. Banyak sekali jenis bisnis online yang dapat para karyawan, pelajar, mahasiswa dan ibu rumahtangga lakukan. Seperti publisher adsense, membuka web toko online, menjadi reseller, jadi dropshipper dll.

Bisnis online membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada karyawan, ibu rumahtangga, pelajar, maupun mahasiswa untuk menambah penghasilan sebanyak-banyaknya. Namun untuk menjalankan bisnis online yang menguntungkan dan sukses seperti yang dialami oleh penulis langsung memerlukan waktu, ketekunan, fokus, sifat pantang menyerah dan perjuangan keras. Tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa sukses bisnis online.  Sebuah istana tidak dibangun dalam satu hari. Saran penulis pilihlah jenis bisnis online yang sesuai bakat dan minat sobat supaya keberhasilan cepat diraih.

Rincian Modal Usaha Bisnis Online
Adapun rincian modal usaha menjalankan bisnis online antara lain satu buah komputer atau laptop, pulsa internet yang sudah dipaketkan biar lebih murah, dan modem untuk koneksi internet. Dengan modal sekecil itu, sobat bisa menjalankan bisnis online di dalam rumah dengan potensi penghasilan tak terbatas sampai miliaran rupiah perbulan. Wow lumayan bukan?

Usaha Kuliner
Bagi sobat yang ingin memulai usaha sampingan modal kecil untung besar bisa membuka usaha dalam bidang kuliner. Karena usaha ini memerlukan modal kecil tapi dengan potensi keuntungan sangat besar. Dikarenakan kuliner merupakan kebutuhan manusia setiap hari yang tidak bisa ditunda. Setiap hari manusia butuh makan dan minum sebagai kebutuhan dasar. Peluang usaha sampingan inilah yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumahtangga, karyawan, mahasiswa dan karyawan kantoran dengan membuka usaha di bidang kuliner. Misalnya produksi donat, sale pisang, keripik pisang, keripik singkong, berjualan baso tahu, siomay, dan lain sebagainya.

Usaha Makelar
Terakhir, seorang ibu rumahtangga, karyawan dan mahasiswa bisa menggeluti usaha sampingan sebagai makelar atau perantara barang. Misalkan makelar properti, barang dan jasa lainnya. Kiat sukses menjalankan usaha makelar adalah mempunyai relasi sebanyak mungkin. Dengan modal kecil atau tanpa modal seseorang bisa menghasilkan keuntungan besar dari bisnis sampingan sebagai makelar.

Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan
Dari artikel di atas jelaslah bahwa bisnis sampingan bukan hanya bisa dilakukan oleh para karyawan kantoran tapi dapat juga dilaksanakan oleh seorang ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa dan lain sebagainya. Mereka bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan modal kecil untung besar.

Ada banyak alasan kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga, dan para karyawan swasta dan negeri atau PNS menekuni usaha sampingan. Kebanyakan adalah ingin menambah penghasilan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin banyak dan harganya semakin mahal. Memulai bisnis sampingan bagi seorang karyawan sangat mudah. Mereka bisa menggunakan sebagian gaji mereka untuk membuka usaha sampingan.

Bisnis sampingan bisa dilakukan secara rumahan maupun dengan cara membuka usaha sampingan di lokasi strategis pinggir jalan yang ramai. Namun jika ingin menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan tentu saja cukup membuka usaha di dalam rumah. Banyak sekali jenis usaha yang dapat dijalankan di dalam rumah. Misalnya, usaha cuci motor, bisnis online, jual pulsa elektrik dan lain sebagainya.

Pendek kata, sekarang tidak usah bingung lagi, seorang karyawan yang memiliki keterbatasan waktu dan modal bisa menjalankan bisnis sampingan dengan potensi keuntungan besar.

Demikianlah daftar bisnis sampingan modal kecil untung berlipat. Sebenarnya masih banyak bisnis sampingan lainnya yang bisa dikerjakan oleh seorang ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa, dan karyawan kantoran. Tapi semua yang diutarakan di atas sudah cukup mewakilinya.