Rincian Biaya Modal Usaha Kuliner Mulai Awal hingga Buka

16 April 2017

Inilah jenis usaha yang mudah ditemukan di pinggir jalan raya dan sudut kota atau desa. Jika membahas bisnis kuliner yang terbayang adalah makanan dan minuman. Ada banyak ragam kuliner yang bisa dijadikan peluang bisnis. Seperti gerai usaha berjualan batagor, baso tahu, tahu sumedang, tahu susu, tahu crispy, martabak mini bangka, martabak telur, roti bakar, cireng, aneka gorengan, permen, kripik dan lainnya. Apabila diuraikan satu persatu kuliner yang ada di dunia ini pasti akan habis dan kurang halaman ini.

Prospek Bisnis Kuliner
Usaha kuliner lebih menjanjikan dan menguntungkan dibanding bisnis lain. Hal ini dirasakan betul oleh penulis yang menjalankan usaha agen ice cream. Keuntungan yang didapat sangat cepat. Omzet diperoleh perhari. Keuntungan usaha kuliner sampai 300 persen. Yang menjadi pertanyaan banyak orang kini adalah berapakah modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha kuliner dari awal sampai buka. Sebab bagi calon pelaku usaha pemula masih simpang siur.

Prospek bisnis makanan dan minuman sangat menjanjikan. Karena jenis usaha ini jika sudah menguntungkan maka bisa diduplikasi atau didirikan cabang di daerah lain. Hal itu dapat melalui sistem kemitraan usaha atau waralaba. Seperti gerai KFC, Dunkin Donuts, Pizza Hut, McDonald, dll yang tersebar di seluruh dunia membuat kaya raya pelaku bisnis kuliner tersebut.
biaya modal usaha kuliner, bisnis kuliner, usaha kuliner, usaha kuliner, biaya bisnis kuliner,

Persaingan bisnis kuliner sangat tinggi. Diperlukan inovasi rasa dan bentuk makanan dan minuman yang unik serta sistem promosi yang gencar untuk memenangkan persaingan. Bahkan jarak antara satu gerai kuliner yang sejenis dengan usaha kuliner lainnya bisa berdekatan.

Namun dalam memulai usaha kuliner tidaklah boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, antara lain : Pertama, memilih jenis makanan atau minuman yang sedang laris manis di pasaran. Dengan demikian keuntungan usaha bisa diraih secara cepat dan menguntungkan. Jenis makanan dan minuman terlaris di tahun ini banyak sekali. Seperti ice cream, burger, fried chicken, cireng, baso tahu, mie baso, aneka gorengan, aneka snack dll.

Kedua, membuat makanan dan minuman yang akan dijual. Pastikan rasanya enak dan digemari para penikmat kuliner. Untuk mendapatkan resep kuliner tersebut dapat diperoleh melalui percobaan sendiri, resep pemberian keluarga dan orang lain serta hasil mencari resep makanan dan minuman di internet dan media cetak. Pendek kata, pastikan sobat mampu memproduksi minuman dan makanan tersebut dengan jaminan kualitas rasa yang enak dan lezat.

Ada cara lain untuk memangkas produksi membuat kuliner yang enak dengan cara bergabung dengan waralaba atau sistem keagenan. Misalnya jika sobat tertarik untuk membuka usaha berjualan ayam goreng fried chicken secara gerobak kaki lima dan rumahan maka anda dapat mengikuti franchise sabana fried chicken, ayam goreng crispy. Atau jika berminat dalam skala besar restoran, sobat dapat membuka Kentucky Fried Chicken atau KFC.

Rincian Modal Usaha Kuliner Mulai Awal hingga Buka
Modal usaha untuk membuka bisnis kuliner berbeda-beda. Tergantung skala usaha besar, kecil maupun menengah. Sebenarnya memulai bisnis makanan dan minuman tidak diperlukan modal besar. Dengan modal kecil pun sobat bisa menjalankan bisnis kuliner yang menguntungkan dan cepat balik modal. Misalnya usaha berjualan es cream yang membutuhkan modal sebesar Rp 75 ribu. Dan keuntungan bersih bisa mencapai Rp 150 ribu perbulan.

Berikut ini rincian modal usaha kuliner dari awal hingga buka, antara lain: gerobak atau booth tampilan atau desain yang menarik, bahan baku, alat dan perlengkapan usaha, lokasi usaha yang strategis, gaji karyawan, biaya promosi dan lain-lain.

Bisnis kuliner menarik banyak orang untuk menekuni usaha ini. Dikarenakan pangsa pasar yang sangat besar, omzet yang diperoleh setiap hari, perputaran uang sangat cepat dan dapat dijalankan dengan modal kecil. Namun untuk meraih kesuksesan dalam usaha kuliner saat ini tidaklah gampang. Diperlukan berbagai aspek meliputi inovasi usaha, keunikan dan rasa yang berbeda dari yang lain.

Usaha Kuliner Modal Kecil Sukses Berkat Unik dan Menarik
Berikut ini sejumlah usaha kuliner yang sukses di pasaran berkat kuliner yang disajikan inovasi dan unik, antara lain:

▪ Lele Lela
Di sudut kota dan daerah terutama di pinggir jalan mudah ditemui gerai usaha yang berjualan pecel lele secara kaki lima dan gerobak. Inilah yang membuat pria bernama lengkap Rangga Umara berinisiatif membangun bisnis restoran dengan menu pecel lele. Dengan kerja keras dan mampu menghadapi rintangan, akhirnya pengusaha muda ini berhasil mengembangkan bisnis rumah makan lele lela hingga ke luar negeri.

▪ Justmine
Usaha yang bergerak dalam bidang penjualan es campur dan es pisang ijo ini didirikan oleh wanita bernama Rezka Rahmatiana yang mampu menarik banyak perhatian orang. Dari satu gerai usaha, ia mampu menghabiskan 500 porsi es pisang ijo perhari. Keuntungan yang ia dapatkan dari bisnis waralaba es campur pisang ijo sebesar miliaran rupiah perbulan.

▪ Teh Kempot
Usaha kuliner yang sukses lainnya adalah bisnis teh kempot yang dibangun oleh Victor Giovan. Ia membuka gerai usaha cafe dengan menu minuman andalan berupa minuman teh yogurt. Ternyata disukai banyak konsumen. Hal ini membuat usahanya terus berkembang sampai sekarang. Omzet perbulan mencapai ratusan juta rupiah.

▪ Keripik Maicih
Bisnis kuliner berikutnya yang sangat menjanjikan untung besar adalah usaha dalam bidang keripik. Seperti yang dilakoni oleh Reza Nurhilman yang membuat keripik maicih dengan tingkat level pedas dari terendah sampai teratas. Usaha keripiknya laku keras di pasaran secara online maupun offline. Dalam sebulan ia mampu mengantongi untung hingga miliaran rupiah.

Sebenarnya masih banyak lagi usaha kuliner yang sukses di pasaran seperti lapis bogor sangkuriang, brownies amanda, Roti Unyil, Tela krez, Sabana Fried Chicken, Es Teller 77, Dunkin Donuts, Warung Steak and Shake, warung spesial sambal dan lain sebagainya. Pesan penulis bagi anda yang mau berbisnis kuliner adalah jangan pernah menyerah dalam melakukan usaha ini. Bangunlah bisnis kuliner dari nol sampai berhasil. Jangan pernah menyerah dengan hambatan dan masalah yang terjadi. Sekali lagi, jangan pernah menyerah.

Jajajan Paling Laris Saat Ini
Di desa penulis sangat banyak usaha industri rumah tangga yang bergerak dalam bidang makanan. Para pengusahanya kaya raya dan bisa menunaikan ibadah haji dari bisnis kuliner. Seperti produksi kerupuk, keripik singkong aneka rasa, keripik pisang, keripik talas, sale pisang ambon, ice cream dan lain sebagainya.

Usaha  dalam bidang kuliner tetap menjanjikan dijalankan sekarang hingga masa depan. Disebabkan kebutuhan makan dan minum adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa dilepaskan selama manusia masih hidup di bumi.

Pangsa pasar usaha kuliner terbuka luas walaupun para pesaing terus bertambah. Dimulai dari kalangan bayi, anak-anak, remaja, anak sekolah hingga orang dewasa. Semua kalangan menyukai kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang memberikan untung besar dengan modal usaha kecil yaitu usaha berjualan jajanan anak sekolah.

Contoh usaha jajanan anak sekolah terlaris saat ini antara lain : usaha berjualan cilok atau aci dicolok, aneka gorengan, kerak telor, es cream, agar-agar jelly, minuman kemasan, baso ikan, bakso tahu, martabak mini, takoyaki, kue serabi, kue ape, snack chiki, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan mulai Rp 500 sampai Rp 1000 disesuaikan dengan keuangan anak sekolah.

Kisah Sukses Pengusaha Kuliner dari Nol
Untuk meningkatkan motivasi sobat dalam bisnis kuliner, berikut ini kami sajikan beberapa pengusaha sukses dan kaya berkat usaha kuliner, antara lain:

▪ Agus Pramono
Anda tentu mengenal jenis makanan ayam bakar? Ya lewat berjualan kuliner inilah, pria bernama lengkap Agus Pramono mampu menjelma jadi miliarder di Indonesia. Namun kesuksesan yang diraih pria periang ini tidaklah mudah. Ia harus mengawali berbagai proses perjuangan yang sulit dan pahit. Dimulai ketika ia bekerja sebagai office boy di sebuah perusahaan. Kemudian berlanjut menjadi seorang penjual gorengan. Hal itu dilakukannya untuk mencari sesuap nasi.

Hal yang membuat sedih Agus adalah ketika ia tidak bisa pulang ke rumah pada saat bekerja jadi office boy. Dikarenakan tidak mempunyai uang. Oleh sebab itu, ia berjanji untuk hidup sukses dan kaya raya. Dengan gagah berani, ia keluar dari pekerjaannya sebagai OB atau office boy. Ia memilih untuk jadi seorang pengusaha yang memiliki penghasilan tak terbatas.

Dengan modal yang dimilikinya sebesar Rp 500 ribu, ia membuka usaha ayam bakar. Ternyata usahanya mendapatkan respon baik dari masyarakat. Dagangannya laris manis. Untuk memperbesar usaha, ia membuka sistem waralaba. Sampai berita ini ditulis telah ada 20 cabang restoran ayam bakar milik Agus Pramono.

▪ Hendy Setiono
Pada suatu hari pria bernama lengkap Hendy Setiono pergi ke negara Qatar untuk menemui kedua orangtua tercinta. Di negara muslim ini banyak ditemukan kuliner kebab dengan rasa yang enak dan lezat. Teringatlah ia dengan kondisi di Indonesia yang masih belum ada jenis makanan kebab. Oleh sebab itu, sepulang dari Qatar dan tiba di Indonesia pria yang supel ini langsung memulai usaha kebab turki baba rafi dengan modal awal sebesar Rp 4 juta.

Dengan kerja keras, fokus, dan pantang menyerah ia berhasil membuat usaha kebab turki baba rafi laris manis di pasaran. Untuk mendongkrak penghasilan, ia membuka sistem kemitraan usaha atau franchise. Sekarang telah ada 1200 cabang gerai kuliner kebab turki baba rafi yang tersebar di seluruh kota di Indonesia hingga mancanegara.

Dari cerita kisah sukses para pengusaha kuliner di atas jelaslah bahwa modal usaha untuk memulai bisnis kuliner sangatlah kecil. Bisa dimulai dari modal Rp 500 ribu hingga Rp 4 juta. Namun potensi keuntungan sangat besar hingga omzet perbulan ratusan juta rupiah. Bagaimana anda tertarik menekuni bisnis kuliner modal kecil untung besar?