15 Tanaman yang Menguntungkan, Mudah Ditanam, Cepat Berhasil

05 Oktober 2018

Usaha di bidang pertanian dianggap masih memiliki prospek yang cerah. Hal tersebut mengacu dari kebutuhan pasar terhadap hasil pertanian yang tidak ada hentinya. Kunci sukses dari jenis usaha ini ialah kejelian dalam memilih tanaman yang menguntungkan serta penggunaan teknik menanamnya.

Banyaknya pilihan tanaman yang dapat di budidayakan tentu menjadi keuntungan tersendiri. Namun dibutuhkan pengetahuan yang lebih mengenai pemilihan dan perawatan tumbuhan yang ingin ditanam. Bila salah pilih, bukan keuntungan yang didapat malah kerugian yang akan Anda dapatkan.

15 Tanaman yang Mudah Ditanam dan Menguntungkan
Membuka usaha di bidang budidaya tanaman masih dianggap menjanjikan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri sebab permintaan pasar semakin tinggi dalam memenuhi kebutuhan pangan. Apalagi berbagai varian tanaman yang menguntungkan dapat Anda pilih serta perawatannya terkesan mudah.

Bagi Anda yang tertarik dalam bisnis budi daya tumbuhan. Di bawah ini akan ditampilkan beberapa jenis tanaman yang mudah ditanam serta memiliki durasi panen yang tidak lama sehingga akan sangat menguntungkan di antaranya.

1. Tanaman Sayur Bayam
Bayam dianggap komoditi yang potensial sebab kebanyakan orang menyukai olahannya. Anda pasti pernah melihat dan menjumpai sayuran ini tumbuh liar di berbagai tempat seperti di selokan maupun di pinggir jalan. Hal itu membuktikan bahwa tanaman ini mudah dalam penanamannya.
tanaman yang menguntungkan, tanaman yang mudah ditanam, tanaman yang cepat berhasil, usaha tanaman, tanaman sayur, sayur bayam, bayam

Hal yang semakin menguntungkan ialah dalam memanennya Anda hanya perlu memotong bagian batang dan daunnya saja, tidak perlu mencabut sampai akarnya. Dengan begitu Anda tidak perlu menanamnya kembali sebab rantingnya yang baru akan tumbuh kembali.

2. Tanaman Cabai
Sudah bukan rahasia lagi bahwa cabai merupakan tanaman yang menguntungkan. Sebab perannya sebagi penambah cita rasa pedas sangat penting bagi setiap masakan. Apalagi harga cabai tidak pernah stabil karena bisa mengalami kelonjakan harga sewaktu-waktu.

Harga cabai memang dikenal sering mengalami kenaikan. Bahkan level kenaikannya bisa sangat tinggi. Dengan Anda menanamnya di lahan yang luas tentu akan semakin menambah keuntungan saat panen kelak. Investasi modal bibit dan perawatan akan terbayar lunas melihat penjualannya.
tanaman yang menguntungkan, tanaman yang mudah hidup, tanaman yang mudah ditanam, tanaman yang cepat berhasil, tanaman cabai, cabai merah, cabai hijau, cabai, cabe

3. Tanaman Kangkung
Tanaman selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yakni kangkung. Tanaman ini tergolong gampang dalam penanamannya dan perawatannya. Kuncinya ialah Anda memberinya suplai air yang cukup. Anda dapat menanamnya di sawah atau juga membuat tegalan.

Kangkung tidak hanya menjadi  tanaman yang menguntungkan dalam segi bisnis, kandungan zat di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi olahannya yang lezat maka akan membuat tubuh semakin sehat.

4. Sayur Timun
Sayuran ini dikenal banyak sekali jenis pengolahannya karena dapat dimakan langsung maupun dibuat menjadi bahan tambahan sajian lezat seperti rujak, batagor, gado-gado dan lain-lain. Maka dari itu, permintaan pasar terhadap timun akan selalu dibutuhkan.

Sayur timun tergolong cepat proses pertumbuhannya. Sebab hanya butuh beberapa minggu sudah dapat dipanen. Karena alasan itulah tanaman ini banyak dijadikan pilihan ketika ladang sawah kosong setelah panen padi.
usaha tanaman, tanaman yang menguntungkan, tanaman yang mudah ditanam, tanaman yang cepat berhasil, bisnis tanaman, buah mentimun, sayur mentimun, mentimun, timun

5. Sayur Caisim
Mendengar namanya tentu Anda tidak asing lagi bukan. Sayur caisim atau juga dikenal dengan nama sawi sudah banyak sekali pengolahannya. Bisa dibuat hidangan sayuran yang lezat dan dapat pula menjadi tambahan makanan seperti bakso, mie ayam, dan lain-lain.

Cara penanaman dan perawatannya itu sendiri tergolong mudah dan tidak ribet. Apabila pemberian airnya tidak kurang maka pertumbuhannya akan berjalan sangat cepat. Dengan begitu cepat panen tidak dapat dihindarkan.

6. Sayur Pare
Kebanyakan dari Anda mungkin akan heran bahwa pare masuk menjadi tanaman yang menguntungkan. Hal itu tak terhindarkan sebab jika ditanam dengan benar, pertumbuhannya bisa sangat cepat dan perawatannya pun tidaklah susah karena sayur pare gampang tumbuh.

Bila tumbuh dengan baik, sekali panen dapat menghasilkan banyak sekali pare. Dengan begitu Anda akan memperoleh banyak keuntungan. Rasanya yang pahit juga tak menyurutkan permintaan pasar yang tinggi terhadap sayuran pare.
tanaman yang menguntungkan, sayuran yang menguntungkan, tanaman yang mudah ditanam, tanaman yang cepat berhasil, sayur yang cepat tumbuh, pare, sayur pare, tanaman pare

7. Sayur Tomat
Permintaan pasar terhadap tomat tidak pernah surut. Hal tersebut dikarenakan perannya yang penting dalam suatu masakan. Maka dari itu, membudidaykannya merupakan keputusan yang tepat. Bila ditanam dengan baik masa panennya berjalan cepat dan menghasilkan banyak.

Sayur tomat bukanlah tanaman yang sulit dirawat. Anda hanya perlu memberinya intensitas air yang cukup dan melindunginya dari hama yang berbahaya. Bila perlu beri beberapa semprotan anti hama agar tomat dapat tumbuh lebih maksimal dan sayurnya menjadi lebih berkualitas.

8. Tanaman Paprika
Tanaman ini memang tidak sepopuler cabai namun banyak kalangan menengah atas yang lebih suka menggunakannya sebagai bahan masakan. Bentuknya yang lebih besar dan tak kalah pedas dari cabai membuat sayuran ini sudah banyak diminati.

Paprika merupakan komoditi yang berharga jual tinggi. Hal tersebut membuatnya masuk dalam kategori tanaman yang menguntungkan. Bila ingin menanamnya, perhatikan dengan baik tumbuh kembangnya dan jangan terkena air hujan sebab menghambat pertumbuhannya.
tanaman yang menguntungkan, sayuran yang menguntungkan, tanaman yang mudah ditanam, tanaman yang cepat berhasil, bisnis sayuran, tanaman paprika, sayur paprika, paprika

9. Tumbuhan Jagung Manis
Tanaman jagung mungkin membutuhkan waktu sedikit lama untuk memanennya. Namun, bila Anda memberikan perawatan yang tepat. Masa panennya bisa lebih singkat dan jagung yang dihasilkan lebih banyak dan besar-besar. Dengan begitu harga jualnya akan sangat tinggi.

Banyak olahan dan produk berbahan jagung sehingga menanamnya sebagai investasi merupakan keputusan yang tepat. Anda hanya perlu memberikan perawatan yang baik maka hasil yang didapat akan sangat menggiurkan.

10. Sayur Kacang Panjang
Dalam menanamnya, kacang panjang termasuk mudah karena tidak membutuhkan lokasi yang pilih-pilih. Artinya segala jenis tanah dapat digunakan. Hal terpenting ialah asupan airnya diberi dengan cukup setiap harinya.

Kacang panjang sangatlah laku di pasaran. Apalagi bila bentuk sayurnya terlihat segar dan bermutu maka harganya bisa lebih mahal. Proses panennya pun sangat cepat karena jika perawatannya benar. Beberapa minggu saja sudah dapat menikmati untuk memanennya.
tanaman yang menguntungkan, sayuran yang menguntungkan, usaha sayuran, tanaman yang mudah ditanam, tanaman yang cepat berhasil, kacang panjang, sayur kacang panjang

11. Tanaman Selada
Tanaman yang menguntungkan berikutnya yakni tumbuhan selada. Permintaan pasar terhadap selada sangat tinggi sebab penggunaannya sebagai bahan masakan mulai banyak. Banyak makanan cepat seperti burger maupun roti menggunakan daun selada sebagai tambahannya.

Perawatan dari tanaman ini memang membutuhkan perhatian ekstra sebab mudah sensitif terhadap keadaan sekitar. Anda juga dapat menanamnya menggunakan metode hidroponik sehingga dalam mengontrol perkembangannya jauh lebih mudah.

12. Tanaman Seledri
Rasanya sangat tepat memasukan seledri sebagai salah satu tanaman yang menguntungkan sebab daunnya berperan dalam berbagai jenis masakan. Tanaman mini ini juga tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Bahkan Anda bisa juga menggunakan metode hidroponik.

Metode tersebut dirasa cocok sebab tanaman seledri berukuran mini dengan begitu tidak butuh banyak lahan yang besar. Pemberian air serta pemerhatiannya terhadap hama akan membuat tanaman ini cepat tumbuh dan siap untuk di panen.

13. Buah Pisang
Buah juga cukup potensial untuk dibudidayakan terutama buah pisang. Awalnya Anda hanya perlu mencari bibit unggulnya lalu menanamnya. Tanaman bertunas ini sangat mudah tumbuh, maka dari itu Anda dapat menanamnya di mana saja termasuk di lahan dekat rumah.

Jika sudah mulai proses panen maka harga jualnya cukup tinggi sebab berbagai rasa pisang cukup enak dan berbagai olahannya pun populer di kalangan masyarakat. Memanennya cukup memotong batangnya sehingga nantinya akan tumbuh tunas baru.

14. Sayur Buncis
Sayur-sayuran memang tidak ada matinya dalam memberikan keuntungan. Sebab permintaan pasar terhadapnya selalu tinggi. Tak terkecuali sayur buncis. Tanaman yang menguntungkan satu ini mudah sekali tumbuh di berbagai tempat dan tidak butuh lahan yang luas.

Beberapa petani bahkan menanamnya berdampingan dengan padi. Sebab tanaman ini tidak butuh lahan yang luas dalam penanamannya. Banyak orang menyukai masakan berbahan buncis sebab tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak Vitamin dan Protein yang tinggi.

15. Tanaman Herbal
Selain sayuran dan buah-buahan, tanaman yang menguntungkan lainnya yakni penanaman tanaman herbal. Hal tersebut terbukti tepat mengingat perannya yang sangat bermanfaat seperti sebagai bumbu dapur dan obat herbal alami. Sehingga cepat laku di pasaran.

Beberapa tanaman herbal seperti jahe, kunyit, basil dan daun mint gampang sekali penanaman dan perawatannya. Bahkan lahan yang dibutuhkan tidak harus luas, sebab memanfaatkan lahan di sekitar rumah juga bisa dilakukan. Anda hanya perlu memberinya air yang cukup agar subur.

Tips Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Kemunculan metode penanaman hidroponik patut Anda manfaatkan dengan baik. Sebab beberapa tanaman yang menguntungkan dapat ditanam dengan metode ini. Bahkan hasil panen bisa lebih berkualitas dan cepat. Di bawah ini ialah cara bertanam metode hidroponik.

1. Siapkan beberapa bahan pembuatannya. Anda dapat memanfaatkan botol bekas sebagai tempat dasar tanaman ditaruh nantinya. Selain itu siapkan juga peralatan lain seperti kerikil, pasir, arang sekam, dan kain untuk sumbu sebagai media tanam.

2. Lakukan pemotongan botol yang sudah disiapkan tadi menjadi dua bagian lalu beri lubang pada bagian atasnya sebagai tempat aliran udara dan pemasangan sumbu kain. Lakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

3. Pasang bagian botol yang sudah dipotong tersebut dengan susunan terbalik dimana bagian atas dihadapkan ke bagian yang bawah. Sebelumnya jangan lupa menaruh sumbu kain pada bagian tutup botol hingga menjalar keluar.

4. Langkah selanjutnya yakni lakukan pengisian pada bagian atas botol menggunakan media tanam yang sudah disiapkan. Susunlah dengan perlahan agar tidak merusak botolnya. Media tanam itulah nantinya digunakan sebagai pijakan akar tanaman yang akan ditanam.

5. Jika langkah di atas sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya ialah menaburkan bibit tanaman pada media tanam hidroponik diatasnya. Hal terpenting ialah pemberian nutrisi yang cukup pada tanaman tersebut agar dapat tumbuh subur dan dipanen lebih cepat.

Setelah itu, simpanlah di tempat yang sejuk dan terkena sinar matahari dengan baik. Anda juga dapat menggantungnya sebagai tanaman hias. Hal yang terpenting, jangan sampai terkena air hujan sebab dapat membuatnya mudah mati.

Itulah 15 tanaman yang menguntungkan yang dapat Anda budidayakan. Kata “menguntungkan” merajuk kepada penanaman dan perawatannya yang mudah serta hasil panennya tidak butuh waktu lama. Anda juga dapat menerapkan metode yang sedang tren yakni penanaman dengan hidroponik.