Cara Menjadi Agen Gas Elpiji dan Persyaratannya

01 Maret 2022

Sekarang gas elpiji pertamina sudah menjadi kebutuhan utama manusia. Walaupun sudah ada pesaing seperti blue gaz tetap saja gas LPG pertamina laku keras mengalahkan para pesaingnya. Hal tersebut tak terlepas dari tabung gas elpiji pertamina terutama 3 kg praktis dan mudah dibawa serta cara mendapatkannya sangat mudah. Anda dapat dengan gampang menjumpai berbagai gerai usaha yang menjual gas 3 kg elpiji pertamina baik dari warung, toko, bengkel, rumah makan, dll.

Agen LPG 3 Kg Dijual
Bisnis berjualan gas elpiji 3 kg sangat menjanjikan. Tidak saja di kota, banyak pelaku usaha yang melirik bisnis LPG di desa-desa karena membuka usaha menguntungkan di desa. Disebabkan gas elpiji merupakan kebutuhan manusia modern saat ini untuk keperluan bahan bakar memasak atau merebus. Usaha ini bisa dikombinasikan dengan jenis usaha apapun seperti usaha gas elpiji dan aqua. Hal ini telah penulis lihat di beberapa daerah baik kota maupun desa terpencil. Dan usaha gas elpiji dan aqua laku keras. Hanya dalam waktu singkat, gas elpiji 3  kg laris manis. Penjualan terbaik gas elpiji diduduki urutan pertama jualan gas LPG 3 kg disusul Bright Gas 5 kg dan terakhir gas ukuran 12 kg.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk membuka usaha agen gas elpiji 3 kg yaitu dengan membeli agen LPG 3 kg yang dijual dengan alasan bangkrut atau pindah tempat tinggal atau butuh uang dalam jumlah besar untuk biaya pengobatan dan lain-lain. Maka jika anda menemukan tulisan papan agen LPG 3 kg dijual maka itu langkah tepat bagi anda untuk membelinya dan praktis anda sudah membuka usaha agen gas elpiji pertamina tanpa perlu repot mengurus surat perijinan karena sudah dibuatkan sebelumnya.
agen gas, agen gas elpiji, agen gas lpg, cara jadi agen elpiji, persyaratan agen lpg, gas lpg, tabung lpg

Daftar Agen Gas Elpiji 3 Kg Bandung
Di berbagai daerah dan kota besar pastinya mempunyai agen gas elpiji pertamina seperti di kota Bandung, Jakarta, Surabaya, Cilacap dan kota besar lainnya. Dan jumlah agen gas elpiji 3 kg di kota Bandung jumlahnya masih belum banyak. Sehingga menimbulkan peluang usaha menguntungkan membuka agen gas elpiji pertamina di Bandung dan kota besar lainnya. Walaupun persaingan sudah banyak, membuka usaha agen gas elpiji di kota sangat menjanjikan. Dikarenakan pangsa pasar yang sangat besar dan terus membesar.

Anda bisa melihat daftar agen gas elpiji 3 kg di Bandung dan kota besar lain dalam jumlah banyak. Namun kuota agen gas masih dibuka oleh pihak Pertamina. Karena melihat jumlah penduduk kota yang sangat besar.

Keuntungan Usaha Gas Elpiji
Lalu atas dasar dan alasan apa bisnis gas elpiji pertamina sangat menjanjikan dan menguntungkan saat ini? Berikut ini beberapa dalih yang membuat usaha gas elpiji berprospek cerah di masa sekarang dan masa datang, antara lain:

1. Kebutuhan Pokok
Gas elpiji pertamina ukuran 3 kg, 5 kg dan 12 kg menjadi salah satu kebutuhan utama manusia sehari-hari. Jika manusia tidak mempunyai gas elpiji maka ia tidak bisa memasak di dapur kecuali ia memakai kayu bakar. Bahan bakar gas menjadi kebutuhan utama manusia sejak dilakukan program konversi minyak tanah ke gas elpiji di jaman pemerintahan SBY Kalla. Sebagai kebutuhan pokok membuat manusia lebih mengutamakan untuk membeli gas elpiji pertamina ketimbang membeli kebutuhan sekunder dan tersier lainnya. Hal ini membuat usaha jualan gas LPG pertamina di Indonesia laris manis.

2. Pangsa Pasar Luas
Anda dapat dengan mudah menjumpai gas elpiji 3 kg di setiap dapur rumahtangga, kantor maupun perusahaan kecil dan menengah. Pengguna gas elpiji pertamina bukan hanya dari kalangan perorangan, rumah tangga tapi juga meliputi restoran, perusahan besar, industri kecil dan menengah dalam bidang makanan dan minuman, rumah makan dan lain sebagainya. Tentu sebuah usaha kuliner atau restoran membutuhkan pasokan gas elpiji dalam jumlah besar. Hal inilah yang membuat usaha agen gas LPG menjanjikan untung besar dengan sangat mudah.

3. Fleksibel
Berbisnis gas elpiji pertamina sangat fleksibel. Anda bisa membuka berbagai jenis usaha gas LPG, seperti agen utama, sub agen atau pangkalan maupun pengecer. Namun yang paling menguntungkan dari usaha jualan gas LPG pertamina adalah menjadi agen gas elpiji di tahun ini. Karena daya serap pasar sangat tinggi bukan hanya dari pangkalan tapi juga pengecer dan konsumen langsung yang kerap datang ke agen gas elpiji.

Macam-Macam Usaha Gas Elpiji
1. Pengecer Gas Elpiji
Jika anda mempunyai modal kecil maka sobat bisa membuka usaha sebagai pengecer gas elpiji. Cara ini sangat tepat dan mudah dilakukan oleh siapapun. Pengecer gas mendapatkan pasokan gas dari pangkalan atau sub agen. Kemudian menyalurkan langsung ke tangan konsumen. Adapun yang menjadi kelebihan dari seseorang membuka usaha sebagai pengecer gas adalah tidak adanya syarat khusus atau tidak sebagaimana usaha pangkalan atau agen utama yang memerlukan syarat khusus.

2. Pangkalan Gas Elpiji
Dan apabila anda memiliki modal uang dalam jumlah sedang maka mendirikan usaha sub agen gas atau pangkalan jalan yang bisa dipilih. Untuk menjadi pangkalan gas diharuskan mempunyai sebuah usaha berbadan hukum yang jelas. Tugas sub agen adalah menyalurkan gas elpiji ke tangan pengecer seperti kalangan warung, toko, restoran dan lain sebagainya. Pangkalan gas memperoleh pasokan gas LPG dari agen utama gas dengan penjualan kurang dari satu ton perhari.

3. Agen Gas Elpiji
Bila anda mempunyai modal uang yang cukup besar anda bisa memulai usaha sebagai agen gas dengan potensi untung besar. Usaha agen gas atau agen utama yang jarang sekali pesaing.

Cara Menjadi Agen Gas Elpiji dan Persyaratannya
Berikut ini cara menjadi agen gas elpiji dan persyaratannya, antara lain:

1. Mendaftarkan diri. Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji di daerah sobat. Caranya dengan mengakses situs resmi pertamina yaitu sppbe.pertamina.com. Silahkan di website resmi pertamina tersebut anda mendaftarkan diri sebagai agen utama di wilayah sobat.

2. Mempunyai usaha yang berbadan hukum. Misalkan koperasi atau PT. Mengapa disyaratkan demikian? Karena nantinya calon agen gas elpiji akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji perhari.

3. Melengkapi dengan Dokumen. Berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji pertamina, antara lain:

▪ Surat Perjanjian Kerjasama
Di dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan anda menjadi mitra usaha pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap memberikan jaminan modal uang.

▪ SIUP
Selain itu, anda harus melengkapinya dengan Surat ijin usaha perdagangan atau SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan, dll. Untuk membuat surat dokumen tersebut, anda bisa mendatangi kantor dinas perijinan setempat.

▪ Surat Rekomendasi
Surat yang dibuat oleh pemerintahan desa setempat yang menyatakan memberikan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas di wilayah sobat. Untuk membuat surat rekomendasi usaha agen gas ini, anda harus meminta persetujuan tingkat rt dan rw hingga kelurahan

▪ Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
Tak kalah penting, anda harus melampirkan fotocopy KTP dan foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. Selain itu, sebagai tambahan harus membuat surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.

Setelah anda mendaftarkan diri sebagai usaha agen gas dengan persyaratan yang dibutuhkan seperti mempunyai badan hukum dan lokasi usaha maka selanjutnya pihak pertamina akan melakukan proses seleksi atau survey. Ada dua hal yang disurvey oleh pihak pertamina yang menentukan pengajuan agen gas disetujui atau tidak, antara lain:

▪ Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha agen gas elpiji pertamina disyaratkan memiliki luas paling sedikit 75 meter kali 68 meter. Lebih besar lokasi usaha maka lebih bagus. Lokasi usaha berada di tempat yang tepat seperti jauh dari daerah Sutet dan jauh dari perumahan warga masyarakat.

▪ Keuangan Perusahaan
Pihak Pertamina juga akan menilai kemampuan keuangan perusahan. Apakah keuangan usaha cukup besar atau tidak? Dilihat dari segi modal dan lokasi yang strategis.

Setelah melakukan survey kelayakan usaha agen gas selanjutnya dalam waktu satu minggu dari proses pendaftaran, pihak pertamina akan memberikan pengumuman lewat email mengenai disetujui tidaknya pengajuan anda sebagai agen gas utama.

Itulah cara menjadi agen gas elpiji dan persyaratannya yang meliputi dokumen yang harus dilampirkan dalam pengajuan menjadi agen gas elpiji. Berdasarkan keterangan dari pihak Pertamina bahwa jumlah agen gas elpiji di Pulau Jawa sudah sangat banyak dan melebihi target. Jika anda mengajukan membuka usaha agen gas di Pulau Jawa maka akan sangat sukar disetujui. Sebab para pendaftar sudah banyak dan melampaui kuota. Namun bukan berarti kesempatan tertutup.

Peluang usaha jadi agen gas di pulau Jawa masih terbuka lebar. Karena jika seseorang sudah mendapatkan persetujuan ijin untuk membuka agen gas tapi dalam waktu enam bulan tidak mendirikan usaha agen gas maka bisa dilemparkan kepada orang lain yang telah mendaftarkan diri secara online.Hal ini berbeda jika anda membuka usaha agen gas elpiji di luar Pulau Jawa yang masih jarang maka proses persetujuan akan sangat mudah.