Rincian Biaya Modal Usaha Sate Padang hingga Buka

27 September 2017

Sate...sate! Inilah kata yang sering penulis dengar dari pedagang sate keliling sambil menggunakan sepeda ketika malam hari di sudut-sudut kota. Namun keadaan sebaliknya terjadi di desa. Penulis tidak pernah mendengar kata jualan sate di pedesaan terpencil. Paling juga usaha berjualan es krim, bakso ikan, mie bakso, kerak telor, bapau, jagung rebus, aneka gorengan, dan burger. Hal inilah yang membuat peluang usaha berjualan sate lebih menjanjikan dijalankan di wilayah pedesaan secara keliling. Pesaingnya masih belum ada atau mungkin tidak banyak.

Peluang Usaha Sate Padang dan Prospeknya
Ada berbagai macam sate berdasarkan bahan bakunya, seperti sate kambing, sate ayam, sate kelinci dll. Dan adapula jenis sate yang berasal dari berbagai daerah yang dijadikan peluang usaha. Seperti sate maranggi, sate madura, dan sate padang. Semua jenis sate tersebut mempunyai penggemar masinng-masing. Dan salah satu jenis sate yang populer dan digemari masyarakat adalah sate padang yang asal usulnya berasal dari daerah padang.

Jika anda hendak membuka usaha sate padang harus direncanakan dengan baik dan matang. Hal ini berguna untuk mencegah kerugian usaha sate anda di masa mendatang. Perlu melakukan analisa usaha sate padang dimulai dari awal hingga siap buka, harus mengerti dan menguasai cara pembuatan sate padang yang enak dan lezat, dan harus mengetahui berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka bisnis sate padang.
usaha sate, usaha sate padang, bisnis sate, bisnis sate padang, sate, satai padang, jualan sate

Berdasarkan analisis penulis, usaha sate padang masih menjanjikan. Karena belum banyak pengusaha yang menekuni bisnis sate padang. Selain itu, usaha jualan sate padang merupakan jenis usaha makanan yang setiap hari dibutuhkan orang. Penuturan salah seorang pengusaha sate padang yang sukses dan kaya raya, penghasilan yang ia peroleh dari bisnis sate padang mencapai ratusan juta rupiah perbulan. Wow lumayan bukan?

Keuntungan Usaha dan Cara Pembuatan Sate Padang
Sate padang termasuk kuliner makanan yang disukai banyak orang dari berbagai kalangan, profesi, tanpa mengenal jenis usia. Jika anda memilih membuka usaha sate padang sangat tepat. Karena pangsa pasar sangat luas. Sehingga potensi untung besar dari bisnis ini. Karena kuliner yang dibakar ini mempunyai rasa yang enak, lezat, empuk dengan cita rasa yang khas. Sehingga banyak pelaku usaha yang membuka bisnis sate padang baik secara mandiri maupun waralaba atau franchise.

Untuk membuat sate padang bahan baku utama yang harus dipersiapkan adalah daging sapi, jantung sapi, hati sapi dan lidah sapi. Sate yang memiliki kualitas rasa yang lebih enak, nikmat, dan lezat ini telah dikenal banyak orang dari jaman dulu sampai sekarang ini. Harga sate padang cukup mahal di pasaran saat ini. Sehingga hanya sebagian kecil masyarakat yang bisa membelinya. Inilah yang menimbulkan peluang bisnis jualan sate padang untuk kalangan menengah ke bawah yang pasarnya besar dengan harga terjangkau menjadi sangat menjanjikan.

Harga sate padang bisa mahal karena bahan baku untuk pembuatan sate dibanderol dengan harga tinggi. Perlu dipahami, harga daging sapi di Indonesia pernah mencapai Rp 120 ribu perkilogram. Saat ini harga daging sapi sekitar Rp 100 ribu yang masih terbilang cukup tinggi. Hal ini berdampak pada harga sate padang ikut mahal sama seperti usaha dagang bakso sapi. Sate padang membuat eksklusif dan khusus dijual di restoran dan rumah makan besar. Melihat bahan baku sate padang yakni daging sapi yang harganya mahal membuat modal awal usaha warung sate padang sangat besar. Namun keuntungannya pun juga besar.

Rincian Biaya Modal Usaha Sate Padang hingga Buka
Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha jualan sate padang, berikut ini rincian biaya modal usaha sate padang hingga buka, antara lain:

1. Sewa Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha atau tempat jualan sate padang pilihlah yang berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang, daerah yang masih belum banyak pesaing, gampang diakses orang, dan mudah dilihat banyak orang. Untuk lokasi usaha yang strategis tersebut bisa menyewa dengan biaya sewa perbulan atau pertahun. Namun anda juga bisa membuka usaha bisnis sate padang secara rumahan. Pastikan lokasi usaha jualan sate padang bangunannya sangat nyaman bagi konsumen untuk menikmati sajian kuliner nikmat ini.

2. Gerobak Sate Padang Modern
Sebuah usaha sate padang identik dengan gerobak yang digunakannya sebagai tempat menjajakan sate. Untuk menarik banyak pembeli, sobat harus melakukan desain gerobak sate yang unik dan menarik. Anda bisa membuat gerobak sendiri atau meminta tukang pembuatan gerobak. Cara yang paling mudah adalah membeli gerobak sate padang modern bekas yang dijual di pasaran. Harga gerobak sate padang sekitar Rp 3 juta.

3. Belanja Bahan Baku dan Rempah Rempah
Bahan baku sate padang meliputi pembelian daging sapi, hati sapi, jantung sapi dan lidah sapi serta bumbu rempah-rempah seperti bawang, serai, garam dll. Selain itu, membeli tusuk sate. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli semua bahan baku dan rempah rempah sekitar Rp 13 juta. Untuk mendapatkan bahan baku sate padang secara rutin seperti daging sapi dan tusuk sate maka anda bisa mengunjungi pasar tradisional atau bekerjasama dengan supplier yang menyediakan berbagai bahan baku sate padang.

Dengan mempunyai supplier tetap maka membeli bahan baku sate padang sangat mudah. Ketika stok habis maka anda bisa menghubungi supplier untuk dikirimkan bahan baku sate secara cepat. Untuk masalah harga biasanya harga daging sapi dan bahan sate padang lainnya dibanderol dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Sehingga menghemat pengeluaran modal usaha sate padang.

4. Menguasai Resep Sate Padang
Modal usaha berikutnya yang diperlukan untuk membuka usaha sate padang yang sukses bagi pemula adalah mempunyai resep kuliner sate padang yang enak dan disukai banyak orang. Anda bisa mendapatkan resep pembuatan sate padang di internet, buku dan majalah serta tabloid yang berkenaan dengan cara pembuatan kuliner sate padang yang mantap. Lakukan ujicoba hingga didapatkan resep sate padang yang pas di lidah masyarakat Indonesia. Dengan bekal resep sate padang enak yang anda miliki maka jika ada konsumen yang telah mencicipinya bisa kembali lagi di lain waktu dan menjadi pelanggan tetap.

Berikut ini bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sate padang, antara lain: daging sapi, jantung sapi, lidah sapi, hati sapi, air dan minyak goreng secukupnya. Sedangkan untuk bumbu rempah-rempah yang dihaluskan meliputi bawang putih, bawang merah, cabai keriting merah, merica, ketumbar, kunyit, jinten, dan garam. Untuk bumbu kasar antara lain: bawang merah goreng, lengkuas, air, tepung beras, dan serai.

5. Belanja Peralatan dan Perlengkapan
Untuk peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka usaha sate sapi padang meliputi kompor gas, etalase, piring, sendok, garpu, gelas, baskom, tabung gas, lap, tempat sampah, sapu lidi, panci kecil dan panci ukuran besar, wadah nasi, pengaduk, wadah lontong, ulekan, cobek, pisau, daun pisang, kursi, meja, taplak meja, vas bunga, dan perlengkapan lainnya. Estimasi modal usaha untuk membeli peralatan tersebut sekitar Rp 4 juta.

Maka total biaya modal usaha sate padang hingga buka sekitar Rp 20 juta. Keuntungan bersih usaha sate padang perbulan bisa mencapai Rp 3 juta. Balik modal atau break event point dalam jangka waktu kurang dari dua bulan. Omset bersih bisnis sate padang akan terus bertambah besar seiring semakin banyak pelanggan yang dimiliki.

Contoh Proposal Usaha Sate Padang
Dari rincian biaya modal usaha sate padang di atas, jelaslah bahwa untuk membuka usaha sate padang dibutuhkan modal sebesar Rp 20 juta. Bagi pemula yang memiliki modal minim tentu akan kesulitan mendapatkan modal usaha sebesar itu. Namun anda jangan risau. Sebab anda tetap bisa memperoleh modal usaha di atas dengan mencari berbagai sumber pendanaan. Berikut ini cara mendapatkan modal usaha untuk membuka bisnis sate padang, antara lain:

▪ Tabungan Sendiri
Jika anda mempunyai tabungan atau deposito di bank maka anda bisa mencairkan uang di bank tersebut untuk biaya modal memulai bisnis sate padang.

▪ Menjual Aset
Namun jika anda tidak mempunyai tabungan dan deposito di bank, langkah alternatif untuk mendapatkan modal usaha bisnis sate padang adalah menjual aset berharga milik anda bisa berupa sepeda motor, mobil, emas perhiasan, surat berharga, televisi, tanah, kulkas, rumah dan lain sebagainya.

▪ Meminjam Uang
Inilah langkah terakhir yang bisa anda lakukan jika anda sama sekali tidak mempunyai tabungan di bank dan tidak mempunyai aset berharga untuk dijual yakni meminjam modal usaha kepada pihak investor, orangtua, sanak kerabat, kenalan, rekan kerja, dan langkah terakhir meminjam uang kepada pihak perbankan syariah.

Untuk meyakinkan para donatur maka anda bisa membuat proposal usaha. Untuk contoh proposal usaha sate padang bisa anda mendapatkannya di mbah google. Atau anda buat sendiri berdasarkan contoh dan panduan cara membuat proposal usaha yang baik dan benar.