Rincian Biaya Modal Usaha Percetakan Sablon dan Keuntungannya

14 Juli 2017

Usaha percetakan sablon bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota dan desa serta menjanjikan untuk dijalankan. Walaupun tingkat persaingan sangat tinggi, bisnis cetak sablon tetap memiliki prospek cerah dan kini terus tumbuh dan banyak didirikan oleh para pengusaha pemula. Karena modal yang dibutuhkan lumayan kecil dengan prospek keuntungan yang cukup besar. Hal ini tak terlepas dari pangsa pasar yang sangat besar. Sehingga banyaknya kompetitor yang ada tidak menjadi penghalang bagi kesuksesan bisnis percetakan sablon yang baru berdiri.

Penulis melihat sebuah usaha percetakan digital, bisnis fotocopy bersebelahan dengan bisnis percetakan sablon. Dan semuanya laku. Apalagi usaha percetakan sablon yang memiliki pasar luas dan hampir setiap orang memerlukannya. Peluang usaha percetakan sablon rumahan dan kecil-kecilan sangat menjanjikan saat ini.
bisnis sablon, usaha sablon, bisnis percetakan sablon, modal usaha cetak sablon, percetakan sablon, sablon

Rincian Biaya Modal Usaha Percetakan Sablon
Berapakah modal usaha untuk memulai bisnis percetakan sablon, untuk lebih jelas berikut ini kami paparkan rincian biaya modal usaha percetakan sablon dari awal sampai siap berdiri, antara lain:

▪ Biaya Investasi:
1. Sewa Lokasi Usaha Rp 4 Juta Pertahun
2. Bahan baku sablon meliputi cat, obat afdruk dll Rp 600 ribu
3. Alat dan perlengkapan sablon mencakup rakel, scren, kuas, kaca dll Rp 1 juta

Maka total biaya investasi usaha percetakan sablon sebesar Rp 5.600.000.

▪ Biaya Operasional:
1. Bahan baku kaos untuk 60 buah Rp 800 ribu
2. Upah karyawan sebesar Rp 700 ribu perbulan
3. Bahan baku sablon Rp 500 ribu perbulan
4. Biaya promosi Rp 300 ribu
5. Biaya Transport Rp 200 ribu
6. Biaya telepon, air dan listrik Rp 500 ribu

Estimasi biaya operasional perbulan bisnis percetakan sablon sekitar Rp 2.500.000.

Keuntungan Bisnis Percetakan Sablon
Jika omset kotor perbulan yang diperoleh dari penjualan kaos sablon sebesar Rp 5 juta maka keuntungan bersih yang didapatkan dari bisnis percetakan sablon sebesar Rp 2.500.000 perbulan (omset kotor dikurangi biaya operasional atau Rp 5 juta – Rp 2.500.000). Balik modal diperkirakan terjadi dalam waktu kurang lebih tujuh bulan. Bagaimana anda berminat membuka usaha percetakan sablon yang menguntungkan di daerah dekat kampus, sekolah, sekitar pusat kota dan tempat strategis lainnya?

Cara Sukses Membuka Usaha Percetakan Sablon Menguntungkan
Untuk mendirikan usaha percetakan sablon sangat mudah. Bisnis percetakan begitu menyenangkan saat ini karena keuntungan yang didapatkan cukup besar dengan pangsa pasar yang luas sekali. Namun untuk memulai usaha percetakan sablon kecil-kecilan dan rumahan secara sukses tidak gampang, berikut ini langkah-langkah yang harus sobat lakukan, antara lain:

▪ Menentukan Produk dan Target Pasar
Terlebih dahulu, anda harus memastikan produk-produk cetakan sablon apa saja yang anda jual? Selain itu siapakah target market yang anda bidik? Berikut ini produk-produk cetakan sablon yang bisa anda produksi dan jual, antara lain:

1. Formulir, kartu nama
2. Kartu Undangan khitanan
3. Kartu Undangan pernikahan
4. Poster, kaos sablon
5. Buku ujian masuk perguruan tinggi negeri
6. Brosur
7. Kalender
8. Stofmap dan amplop
9. Kaos dan banner pilkada dan pemilu
10. Mug unik sablon dll

▪ Memberikan Pelayanan Terbaik
Apabila anda menerima orderan cetakan sablon dari konsumen maka pastikan anda memberikan pelayanan terbaik dan prima terhadapnya. Sehingga konsumen puas dan nyaman atas pelayanan yang diberikan. Seperti pelayanan sangat ramah, bersahabat, memberikan solusi atas masalah produk percetakan, murah senyum, pelayanan sangat cepat dan tepat waktu, ada jasa pengiriman gratis dan lain sebagainya. Jika konsumen merasa puas atas pelayanan yang anda berikan maka pada suatu waktu jika mereka membutuhkan jasa cetak sablon mereka akan kembali mendatangi usaha percetakan sablon anda.

▪ Kualitas Bagus
Selain itu, anda harus memberikan produk cetakan sablon dengan kualitas bagus. Jangan sampai ada cacat yang bisa mengecewakan konsumen. Dengan kualitas hasil cetakan bagus maka konsumen puas dan membuat citra bisnis percetakan sablon anda terjaga baik di mata banyak orang. Apabila anda merasakan menangani pesanan cetakan sablon dari seorang konsumen terasa berat maka anda bisa saja memberikan orderan tersebut kepada pihak perusahaan percetakan lainnya. Agar kualitas benar-benar bagus dan terbaik.

▪ Menentukan Lokasi
Untuk lokasi usaha percetakan sablon bisa saja dilakukan di depan rumah asalkan letak rumah berada di tempat strategis. Seperti di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas manusia. Namun jika anda tak mempunyai lokasi usaha strategis bagi bisnis percetakan sobat maka anda bisa menyewa lokasi usaha percetakan sablon di daerah strategis. Seperti di sekitar pusat keramaian orang, sekitar kampus dan perkantoran dll. Selain itu, anda bisa membuka usaha percetakan sablon di area daerah pusat percetakan sablon. Kalau di Bandung berada di Jalan Pagarsih dan Suci.

Lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan usaha percetakan sablon anda. Sehingga anda harus memastikan berada di tempat strategis. Namun jika anda kesulitan dalam memperoleh tempat usaha percetakan sablon yang strategis dengan alasan biaya sewa lokasi yang sangat mahal maka anda bisa membuka usaha percetakan sablon secara online. Dan toko online percetakan sablon anda harus berada di halaman pertama google. Hal ini sama saja dengan lokasi usaha yang strategis di dunia fisik.

Untuk menduduki peringkat pertama di halaman pertama google dengan kata kunci yang ditarget dari usaha percetakan sablon anda, ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan, antara lain:

1. Iklan Adwords
Anda bisa menggunakan jasa iklan google adwords. Dimana toko online jasa percetakan sablon anda langsung nangkring di halaman pertama google dengan biaya per seribu tampilan atau setiap kunjungan.

2. SEO Lokal
Jika anda mempunyai modal keuangan yang sangat terbatas sangat cocok menjalankan cara ini untuk meningkatkan posisi situs usaha percetakan sablon online anda di peringkat satu google. Cara ini bersifat gratis dan memerlukan kesabaran. Salah satu kiatnya dengan menuliskan banyak artikel dengan kata kunci jasa percetakan sablon di kota anda.

▪ Memahami Bisnis Percetakan Sablon
Hal penting lainnya sebelum memulai usaha percetakan sablon, usahakan anda terlebih dahulu memahami bisnis percetakan sablon dari awal sampai akhir. Dari awal desain, cara menjual, cara menerima pesanan, cara produksi, rincian biaya modal usaha percetakan sablon, cara menjual dan memasarkan, penyelesaian produksi dan pengontrolan, harga produksi sampai ke produk cetakan sablon jadi dan siap jual serta sistem layanan purna jual.

Cara Mencari Orderan Percetakan Sablon
Sebuah bisnis percetakan sablon tidak akan berarti tanpa ada kemampuan memasarkan dan menjual produk percetakannya. Pesanan produk cetak sablon dari konsumen adalah nyawa dari bisnis percetakan sablon. Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana caranya mendapat order percetakan dari konsumen baik perorangan maupun lembaga.

Berikut cara mencari pesanan percetakan sablon yang mudah dan telah terbukti berhasil, antara lain:

▪ Menjalin hubungan baik dengan pelanggan
Orderan datang dari pelanggan anda, sehingga anda harus mempertahankan pelanggan tersebut. Dengan cara memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan kepada pelanggan. Lebih susah untuk mendapatkan konsumen baru ketimbang mendapatkan orderan dari pelanggan.

Namun setelah anda melakukan cara cara di atas mungkin masih sepi orderan cetak sablon. Periode sepi konsumen adalah hal biasa yang sering disebut masa lesu orderan. Tapi tetaplah konsisten untuk mempromosikan dan memasarkan produk percetakan sablon. Seiring berjalan waktu konsumen dan pelanggan akan bertambah banyak. Periode sepi pesanan jasa cetak hanyalah sementara. Anda mesti mempunyai sikap pantang menyerah ketika orderan sepi.

▪ Sistem Win-Win Solution
Persaingan bisnis percetakan sablon sangat ketat. Seorang prospek bisa memilih dengan mudah jasa percetakan digital maupun sablon yang hendak digunakannya. Prospek sangat gampang membandingkan harga cetakan sablon dari satu toko percetakan ke toko lainnya yang sangat banyak.

Oleh sebab itu, pastikan anda memberikan nilai tambah tersendiri dari bisnis percetakan sablon anda dari pesaing. Salah satunya menawarkan sistem win-win solution. Yang mencakup pemberian bagi hasil order cetak yang besar bagi konsumen, harga lebih murah, kualitas lebih bagus dan lain sebagainya. Hal ini membuat konsumen menjadi pelanggan tetap. Dan tidak berpindah ke gerai usaha percetakan sablon yang lain.

Jika anda sudah pengalaman maka cara menjalankan bisnis percetakan sablon bisa tanpa modal. Tugas anda mencari konsumen dan memberikan pesanan cetak ke usaha percetakan sablon. Tentu saja, anda sebelumnya melebihkan harga produk cetak sablon ke tangan konsumen. Anda hanya bertugas sebagai makelar atau perantara.

Namun yang lebih menjanjikan orderan berasal dari kalangan lembaga bukan perorangan. Karena kalangan lembaga biasanya memesan produk cetak sablon dalam jumlah banyak. Cara untuk mendapatkan orderan cetak sablon dari kalangan perusahaan atau lembaga sangat gampang. Anda terlebih dahulu harus memastikan siapa orang yang berwenang mengurusi masalah pengadaan barang cetakan di suatu lembaga atau perusahaan. Kemudian menawari produk cetakan sablon dengan sistem saling menguntungkan.

▪ Promosi Usaha
Tawarkanlah usaha percetakan sablon anda ke lingkungan terdekat. Dimulai anggota keluarga, rekan kerja, sahabat, teman, kenalan, tetangga dll. Kemudian minta referensi mereka atas kenalan mereka yang sedang membutuhkan jasa cetak sablon untuk kartu undangan pesta pernikahan, pesta khitanan, barang cetakan untuk promosi usaha dan lain lain. Iklankan juga usaha percetakan sablon anda di marketplace, iklan baris online, medsos dan lain-lain.