Rincian Biaya Modal Usaha Mie Ayam dan Keuntungannya

10 Juli 2017

Ada berbagai macam peluang usaha yang mempunyai prospek cerah dan menjanjikan di tanah air. Seperti usaha berjualan mie ayam, usaha jualan bakso, dan lain sebagainya. Namun di antara jenis bisnis tersebut salah satu yang paling menjanjikan dan terbukti laris manis adalah usaha jualan mie ayam. Hal ini bukan rekayasa atau bualan. Tapi atas pengalaman para pedagang mie ayam yang setiap hari jualan mie ayam selalu habis.

Analisa Usaha Mie Ayam
Pangsa pasar mie ayam sangatlah besar. Setiap orang dipastikan menyukai kuliner mie ayam yang mempunyai rasa enak dan lezat. Penulis beberapa kali mencicipi mie ayam. Yang membuat ketagihan. Bisnis jualan mie ayam berbeda dengan usaha berjualan bakso. Usaha bakso pernah mengalami beberapa kali masa lesu dan sepi pembeli ketika terjadinya isu bakso mengandung boraks dan daging babi.

Hal ini berbeda dengan usaha berjualan mie ayam yang senantiasa laris manis dan tak mengalami penurunan omset perbulan. Tak pernah mengalami isu miring. Sehingga usaha jualan mie ayam lebih menjanjikan ketimbang bisnis bakso. Namun kedua usaha tersebut bisa dikombinasikan pada satu gerai usaha seperti banyak dilakukan para pengusaha bakso dan mie ayam sekaligus pada satu tempat yang sama. Penulis seringkali menemukan fakta bahwa menu mie ayam lebih cepat habis ketimbang menu bakso.
bisnis mie ayam, usaha mie ayam, mie ayam, modal usaha mie ayam, modal bisnis mie ayam, keuntungan mie ayam

Ada beragam jenis menu mie ayam. Misalkan mie ayam ceker, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam setan dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan jaman, menu mie ayam terus mengalami perubahan yang inovatif. Sekarang sedang populer dan trend mie ayam hijau, mie ayam lekker, mie ayam ramen, mie ayam bakar, mie ayam pelangi dll.

Di desa penulis pada satu daerah terdapat lima gerai usaha mie ayam konsep kios. Dan semuanya laris manis. Walaupun tingkat persaingan bisnis mie ayam sangat tinggi seperti halnya usaha berjualan bakso, usaha mie ayam tetap menjanjikan untung tinggi bagi seorang pemula. Karena pangsa pasar yang sangat luas. Asalkan anda mampu membuat mie ayam bercita rasa enak, unik dan khas lebih enak dari kompetitor.

Melihat potensi usaha yang menggiurkan dari bisnis jualan mie ayam bisa saja memacu semangat sobat untuk buka usaha jualan mie ayam secara rumahan atau sewa tempat. Namun dalam memulai usaha mie ayam tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Diperlukan persiapan matang, strategi menjalankan usaha mie ayam yang menguntungkan dan sukses, survey pasar, cara menjaring konsumen dan pelanggan sebanyak-banyaknya dan lain sebagainya.

Konsep Usaha Mie Ayam
Untuk memulai usaha mie ayam ada beberapa konsep usaha mie ayam yang perlu anda ketahui, antara lain:

▪ Konsep Gerobak
Salah seorang tetangga penulis bernama Mang Gandi membuka usaha mie ayam menggunakan gerobak dorong. Ia berangkat dari rumah jam delapan pagi dan berkeliling dari satu daerah ke daerah lain menawarkan menu mie ayam. Pada waktu jam empat sore ia pulang ke rumah sebab jualan mie ayam selalu habis terjual.

▪ Konsep Restoran
Anda bisa juga membuka usaha mie ayam menggunakan konsep restoran. Tentu saja anda perlu tempat strategis untuk usaha mie ayam. Anda bisa menyewa lokasi usaha mie ayam di tempat strategis secara bulanan atau tahunan. Namun sebagai pemula hendaknya sobat memilih menyewa lokasi usaha mie ayam secara bulanan. Jika usaha mie ayam memguntungkan di tempat tersebut, anda bisa memperpanjang masa sewa lokasi usaha.

▪ Konsep Waralaba
Apabila anda tidak mau direpotkan dalam proses membuat resep mie ayam yang lezat dan manajemen usaha maka anda bisa buka usaha mie ayam dengan sistem waralaba. Dengan modal investasi mulai Rp 8 juta seseorang sudah bisa mulai usaha mie ayam. Fasilitas lengkap mengenai bahan baku, resep pembuatan mie ayam, pelatihan karyawan, gerobak diberikan secara komplit. Salah satunya waralaba mie ayam ceker cikasungka di Bandung.

Kiat Sukses Membuka Usaha Mie Ayam
Untuk menjalankan usaha mie ayam yang memiliki keuntungan bersih perbulan lumayan besar tidaklah mudah. Tentu diperlukan beberapa upaya dan strategi berjualan mie ayam. Berikut ini tips dan kiat memulai usaha mie ayam dari awal langsung menguntungkan, antara lain:

▪ Resep Mie Ayam
Dalam setiap usaha kuliner, masalah rasa menduduki peringkat kesatu. Begitupula dalam usaha mie ayam. Pastikan anda membuka usaha berjualan mie ayam dengan rasa enak dan sesuai selera pasar. Sebuah usaha mie ayam tidak akan laku keras jika resep mie ayam yang disajikan tidak enak atau biasa saja. Sobat harus mempunyai resep menu mie ayam yang khas dan lebih enak dari kompetitor. Inilah yang menjadi nilai tambah usaha mie ayam sobat yang membedakan dari usaha sejenis. Hal ini wajar sebab sebagai konsumen akan lebih memilih membeli mie ayam yang memiliki rasa yang enak dan sesuai selera.

▪ Lokasi usaha
Hal ini sangat menentukan keberlangsungan usaha mie ayam. Namun banyak pengusaha mie ayam yang mengabaikan aspek ini. Seperti yang penulis saksikan di daerah Sumedang ada sebuah gerai usaha mie ayam yang letaknya berdekatan dengan kandang ayam. Sehingga banyak orang tak mau membeli mie ayam di tempat tersebut dikarenakan takut mie ayam terkena polusi kotoran ayam.

Jadi seenak apapun menu mie ayam yang sobat jual akan percuma jika lokasi usaha tidak tepat. Menu mie ayam yang lezat dan lebih enak dari para pesaing harus didukung oleh lokasi usaha yang strategis. Misalnya lokasi usaha mie ayam sekitar kampus, dekat pasar tradisional dan modern, sekitar perumahan padat penduduk, dekat pusat keramaian orang dan lain-lain.

Resep mie ayam yang inovatif seperti mie ayam berbagai rasa dan mie ayam bakar hanya cocok di tempat yang mempunyai nilai eksklusif. Misalkan daerah pertokoan besar dan mall. Untuk usaha mie ayam di daerah pedesaan terpencil sangat cocok konsep gerobak mie ayam dengan harga murah. Karena masyarakat desa mempunyai daya beli yang cukup rendah.

▪ Perluasan Usaha Mie Ayam
Setelah anda membuka usaha mie ayam secara menetap atau permanen berupa kios atau warung, untuk meningkatkan omset harian anda bisa merekrut tenaga karyawan bagian penjualan mie ayam secara keliling menggunakan gerobak atau sepeda motor. Sistem ini sangat efektif untuk menjemput bola. Sebab banyak orang yang malas untuk keluar rumah hanya sekedar membeli satu porsi mie ayam.

Apabila usaha mie ayam konsep kios kecil kecilan dan gerobak keliling anda telah berkembang pesat dan mempunyai modal usaha yang cukup maka anda bisa memperluas skala usaha mie ayam dengan kelas restoran di mall yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas.

Namun seiring perkembangan jaman banyak orang saat ini yang lebih memilih untuk menikmati kuliner mie ayam di tempat unik. Oleh karenanya, lebih baik dan lebih menguntungkan jika sobat membuka usaha mie ayam bakar atau mie ayam aneka rasa dengan konsep unik dan eksklusif. Misalkan konsep kios mie ayam warung gaul, kios mie ayam konsep kebun, gerai usaha mie ayam di tengah pesawahan, dan konsep gerai usaha mie ayam secara outdoor lainnya yang lebih disukai orang modern saat ini. Dimana menyantap mie ayam sambil duduk di bawah pohon besar yang rindang, menikmati mie ayam sambil merasakan angin sepoi alami yang segar dan melihat pemandangan alam yang indah sangat diminati banyak orang saat ini.

▪ Promosi
Pastikan anda mempromosikan atau memperkenalkan usaha mie ayam sobat kepada penduduk sekitar. Misalkan membagikan brosur, memasang spanduk, pamflet, reklame, neon box, dan promosi secara online. Sediakan pula jasa pengiriman mie ayam secara gratis ke daerah tertentu dengan jumlah minimal pembelian.

Rincian Biaya Modal Usaha Mie Ayam
Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah berapakah modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha mie ayam? Berikut ini rincian biaya modal usaha mie ayam dan keuntungannya perbulan, antara lain:

▪ Peralatan Makan
Biaya investasi modal awal yang meliputi peralatan makan meliputi:

1. Sendok satu lusin harga Rp 30.000
2. Sumpit satu lusin Rp 11.000
3. Garpu 1 lusin harga Rp 25.000
4. Tempat sendok Rp 9000
5. Mangkok mie satu lusin Rp 40.000
6. Tempat sambal harga Rp 10000
7. Tempat kecap 1 buah Rp 5000
8. Tempat saos satu buah Rp 5000
9. Mangkuk kuah satu lusin Rp 25.000

Total biaya untuk membeli peralatan makan sebesar Rp 160 ribu

▪ Peralatan Minum
Untuk belanja peralatan dan perlengkapan minum mencakup:

1. Teko air dua buah harga Rp 20.000
2. Termos es satu unit harga Rp 80.000
3. Gelas ukuran besar 1 lusin Rp 40.000
4. Gelas ukuran kecil harga Rp 10.000
5. Termos untuk air panas Rp 50.000
6. Panci satu buah harga Rp 50.000

Maka total biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan perlengkapan minum sebesar Rp 250 ribu.

▪ Peralatan Produksi Mie Ayam
Untuk peralatan produksi mie ayam meliputi:

1. Baskom Rp 10.000
2. Blender Rp 200.000
3. Wajan Rp 40.000
4. Panci bumbu Rp 50.000
5. Mesin Mie Rp 1 juta
6. Gelas Ukur Rp 50.000
7. Kompor gas Rp 300.000
8. Regulator Rp 50.000
9. Pisau Rp 10000
10. Talenan Rp 10000
11. Peralatan lainnya Rp 300.000

Total estimasi biaya modal usaha untuk membeli peralatan produksi mie ayam sebesar Rp 2.020.000 

▪ Gerobak Mie Ayam
Untuk gerobak mie ayam yang modern dan menarik anda bisa membuatnya sendiri atau membeli dari para pedagang mie ayam seharga Rp 1 juta.

Maka total biaya yang diperlukan dalam membuka usaha mie ayam dari awal sampai siap berdiri sebesar Rp 3.430.000 (Rp 2.020.000 + 1 juta + Rp 250.000 + Rp 160 ribu). Belum termasuk biaya sewa lokasi usaha, biaya promosi usaha yang meliputi pembuatan spanduk, brosur, reklame dll.

Keuntungan Usaha Mie Ayam per Bulan
Jika satu porsi mie ayam dijual seharga Rp 7000 dan setiap hari terjual minimal 30 porsi mie ayam maka dalam satu hari omset yang diperoleh sebesar Rp 210 ribu (Rp 7000 x 30). Dikalikan satu bulan maka omset usaha mie ayam perbulan sekitar Rp 6.300.000 (Rp 210.000 x 30 hari). Setelah dikurangi biaya sewa lokasi usaha, biaya investasi dan biaya operasional maka keuntungan bersih yang didapatkan bisa mencapai Rp 4 juta perbulan. Atau balik modal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.