7 Cara Membuka Usaha Bakso Bakar Untung Jutaan untuk Pemula

11 April 2022

Anda suka menikmati jajanan bakso bakar? Tahukah Anda apa itu bakso bakar? Bakso bakar merupakan salah satu jajanan yang diminati oleh mayoritas penduduk nusantara karena mengandung citra rasa yang menggoyang lidah.

Orang Indonesia umumnya sangat hobi sekali menikmati bakso. Banyak sekali penikmat bakso di negeri ini, dari bocah hingga orang tua menyukainya.

Bakso terkenal dengan penampilannya yang bulat yang dibuat memakai daging yang dihaluskan dan beberapa racikan bahan lain. Rasa bakso sendiri diminati karena memiliki rasa yang lezat dan juga nikmat.

Cara penghidangannya kebanyakan dihidangkan bersamaan tahu, gorengan, mie ataupun siomay dengan sedikit kuah panas yang ditaburkan dengan daun seledri maupun bawang goreng. Agar menambah kenikmatan rasa bakso ketika menikmatinya boleh di tambahkan pula cabai, kecap ataupun saos. Di Indonesia sendiri hampir di seluruh tempat ada yang menjual bakso dengan banyak varian. Dan uniknya ialah makanan yang berbahan daging giling ini di setiap kota seluruh Indonesia dibuat dengan cara yang berbeda.
usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, cara buka usaha bakso bakar, peluang bakso bakar, bakso bakar, cara bisnis bakso bakar, bakso

Bakso menjadi populer di Indonesia yang diolah oleh penduduk Tionghoa Indonesia. Asal kata bakso juga asal usulnya dari dua kata yakni “bak” dan “so” dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang bermakna daging giling.

Dikarenakan rakyat Indonesia rata-rata adalah muslim maka umumnya bakso diolah dari daging halal seperti daging ayam, sapi maupun ikan. Tingginya pecinta bakso di negara kita membuat prospek dari bisnis bakso semakin membuahkan peluang yang terbuka luas. Bisnis bakso tak akan lenyap dan selalu tumbuh dan berkembang menjadi suatu bisnis yang meluas dan banyak sekali orang yang berkecimpung di dalamnya.

Prospek usaha bakso di tahun 2016 masih terbuka lebar dan berpotensi bagus bagi siapa saja yang ingin melakoni bisnis tersebut. Mestinya bukan perkara yang susah untuk menemukan para pelaku bisnis bakso yang memasarkan baksonya kepada pelanggan. Karena usaha bakso sangat tinggi akan peminatnya, semestinya untuk terjun langsung dalam bisnis bakso tak akan cemas jika bakso yang dijual tidak akan laku.
usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, peluang bakso bakar, cara buka usaha bakso bakar, keuntungan bakso bakar, bakso bakar, bakso

Jikalau Anda berpikiran untuk menjajakan masakan bakso yang banyak disukai orang pastinya Anda juga harus menekankan bakso dengan cita rasa yang khas juga harga yang dipatokan terjangkau. Mekanisme pengolahan bakso juga terbilang mudah karena bahan baku mudah ditemukan serta memulai penjual bakso kaki lima saja sudah banyak sekali orang yang melirik.

Di berbagai daerah di Indonesia sendiri sudah banyak berbagai rupa bakso. Jenis bakso yang paling umum adalah macam bakso daging dengan serat lembut, bakso urat dengan serat daging yang kasar serta bakso telur. Selain berbahan daging sapi, bahan pembuatan bakso juga dapat memakai ikan, udang, ayam dan lainnya.

Anda berkeinginan untuk menggeluti langsung dalam bisnis kuliner bakso? Untuk masuk langsung dalam usaha bakso juga diharuskan mempunyai modal dan biaya yang cukup. Tidak mungkin memulai usaha bakso tanpa menggunakan modal dan biaya yang digunakan.
usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, cara membuka usaha bakso bakar, keuntungan bisnis bakso bakar, bakso bakar, bakso, buka bisnis bakso

Lantas seperti apakah analisa bisnis bakso? Dalam menjalankan usaha bakso sangat diperlukan sebuah studi bisnis bakso yang diharuskan sebagai bahan pertimbangan untuk mengawali usaha tersebut. Sebuah analisa juga menjadi pondasi dalam memulai bisnis bakso supaya lebih menguntungkan serta menjanjikan. Berikut ini kami berikan uraian usaha bakso yang harus Anda analisa dengan detail:

1. Penggunaan Bahan Baku
Memulai usaha bakso pastinya penting untuk menjalankan proses pembuatan bakso sendiri. Selain untuk penghematan modal, juga dapat mengolah rasa bakso sesuai yang disukai para konsumen. Bakso yang dibuat sendiri tentunya memiliki ciri khas tersendiri dari sebuah usaha bakso Anda yang tidak sama dari yang dijumpai pada warung bakso lainnya.

Membuat bakso dengan aneka variasi pastinya suatu trik agar penggila bakso tidak bosan. Tetapi ada pula pengusaha bisnis bakso yang cuma menjual satu jenis bakso saja.

Maksudnya mereka pastinya untuk membuat keunikan tertentu. Maka dari itu, ketika ada seorang konsumen yang ingin menikmati bakso, mereka akan mengingatnya dengan sangat gampang.
usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, cara bisnis bakso bakar, cara usaha bakso bakar, bakso bakar, untung usaha bakso bakar, cara buat bakso bakar, bakso

2. Lokasi Usaha
Penjual bakso mudah sekali ditemukan di banyak tempat. Anda dapat memasarkan bakso di pusat kota, di tempat wisata, di perempatan jalan, di sekolah, di kampus, di sekitar rumah, di lingkungan kompleks, di pasar, ataupun di tempat yang lainnya. Mengingat ketatnya persaingan bisnis, Anda juga harus pandai memilih lokasi bisnis yang strategis dengan banyak orang ramai.

3. Peralatan Usaha
Alat-alat yang dibutuhkan saat mengawali bisnis bakso ialah seperti etalase atau gerobak yang dipakai untuk tempat penyimpanan bakso yang masih mentah dan juga bahan lainnya, perlengkapan yang digunakan untuk memasak, seperti sendok sayur besar, panci besar, tabung gas, kompor dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk wadah makanan seperti mangkuk, sendok dan garpu, dan juga gelas.
Jangan lupa untuk menyediakan pula alat yang lain seperti kursi, meja yang dipakai untuk tempat menikmati bakso dengan nyaman.
bisnis bakso bakar, usaha bakso bakar, bakso bakar, cara membuka usaha bakso bakar, cara bisnis bakso bakar, bakso bakar, bakso, keuntungan bakso bakar

4. Karyawan
Menggeluti usaha bakso tentu dikerjakan dengan dibantu orang lain yang bisa kita sebut karyawan. Jika hanya menjalankan bisnis dengan tanpa bantuan orang existed tentu Anda akan kebingungan. Jika usaha Anda maju menjadi lebih ramai dengan banyaknya pengunjung tentu mengambil karyawan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengerjakan perputaran usaha yang Anda lakukan.

Tentunya ambillah karyawan yang memiliki keinginan kerja yang tinggi dengan lebih lihai dalam melayani konsumen dengan layanan yang baik.Apapun itu karyawan ialah media utama yang menentukan kesuksesan dari bisnis bakso Anda.

5. Pemasaran Bisnis
Menjalankan bisnis bakso juga membutuhkan prosedur penjualan atau promosi yang berguna agar memajukan serta meningkatkan jumlah keuntungan yang lebih. Strategi pemasaran berguna bagi perkembangan maupun kesuksesan bisnis bakso.

6. Siasat
Marketing ini dapat dijalankan dengan menempel spanduk di warung. Selain cara pemasangan spanduk, Anda juga bisa membuat brosur dengan isi yang menarik dan disebarluaskan di tempat yang sering dikunjungi orang, seperti di persimpangan jalan, di sekolah, di pusat perbelanjaan, di kampus dan lain sebagainya. Selain cara tersebut Anda juga dapat memanfaatkan situs social media seperti twitter, facebook, atau yang lainnya.
usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, cara buka usaha bakso bakar, bakso bakar, bakso, keuntungan bakso bakar, cara jual bakso bakar

7. Mesin pembuat bakso.
Dengan menggunakan mesin pencetak akan mempermudah dalam pembuatan bakso.

Mekanisme kerja mesin pembuat bakso yaitu mencetak dengan berbagai macam jenis ukuran bakso dalam langkah praktis, cepat dan mudah. Menggunakan mesin pencetak bakso ini tentu jauh akan mempermudah dan merubah kebiasaan lama Anda yaitu mencetak bakso dengan cara handbook yang dalam prosesnya saja sudah memakan banyak tenaga dan terlalu membosankan.

Mesin pembuat bakso produk kami bisa membuat bakso dengan volume yang besar yakni sebanyak kurang lebih 230 butir per menit. Bukan menjadi suatu rahasia lagi dibalik keberhasilan para pengusaha bakso di Indonesia nyatanya menggunakan mesin pencetak bakso dari kami. Jika Anda masih ragu dengan kualitasnya, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan cara mendatangi Toko Mesin Ramesia yang sudah tersebar di penjuru daerah di Indonesia.

Kendala Usaha Bakso Bakar
Usaha bakso adalah jenis usaha makanan yang rentan terkena isu. Banyak omongan di masyarakat yang katanya mengetahui penjual bakso dengan mencampurkan daging babi, daging tikus atau bahkan mencampurkan bahan pengawet dan pengenyal bakso menggunakan formalin dan boraks.
usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, cara usaha bakso bakar, cara membuka usaha bakso bakar, bakso bakar, keuntungan jualan bakso bakar

Kalau tidak dihindari secara cepat tentu isu yang beredar ini juga dapat berakibat anjloknya keuntungan penjualan yang bisa berdampak pada kerugian bisnis. Cara untuk mengatasinya yaitu dapat dilakukan dengan mengabarkan informasi dan menunjukkan cara produksi bakso Anda. Atau bisa juga memberikan jaminan label dalam bakso Anda dengan cap 100 % daging sapi asli, atau cap halal dan lainnya.

Demikian pembahasan terkait peluang bisnis bakso yang dapat Anda jadikan suatu referensi dalam menjalankan atau mau memulai bisnis bakso supaya lebih cemerlang serta menguntungkan. Semoga information terkait peluang bisnis bakso di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.