Rincian Biaya Modal Usaha Event Organizer (EO) untuk Pemula

09 Juli 2017

Anda pastinya sudah mengenal usaha event organizer atau yang kerap disebut EO. Event organizer merupakan salah satu bisnis dalam bidang jasa pelayanan penyelenggaraan suatu acara maupun kegiatan tertentu yang memudahkan pemilik event menyelenggarakan acaranya sehingga berjalan dengan lancar. Seperti acara pesta ulang tahun yang diadakan oleh berbagai lembaga pemerintah dan perusahaan swasta.

Peluang Usaha Menjadi Jasa EO (Event Organizer)
Perkembangan gaya hidup masyarakat Indonesia akhir-akhir ini banyak berubah seiring kemajuan teknologi dan ekonomi. Berbagai kemudahan terjadi di masyarakat modern saat ini. Mereka tidak ingin ribet dan repot lagi dalam mengurusi berbagai hal. Termasuk kalangan menengah ke atas dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan acara dan pesta. Mereka tidak ingin disibukkan dengan urusan pembawaan acara dan sistem acara. Mereka mau langsung beres, mudah dan praktis. Oleh karenanya, mereka memilih menggunakan jasa event organizer.

Melihat perkembangan terkini ini membuat peluang usaha menjadi jasa EO atau event organizer sangat menguntungkan dan menjanjikan. Masyarakat saat ini lebih memilih menggunakan jasa EO untuk mengurusi semua kegiatan acara dari awal sampai akhir. Pendek kata, mereka ingin mudah dan tidak mau menghabiskan banyak waktu ketimbang mengurusi masalah event tersebut. Jasa event organizer merupakan pilihan tepat walaupun harus mengeluarkan banyak uang. Atas kenyataan itulah membuat subur dan potensial bisnis event organizer.

bisnis event organizer, usaha event organizer, bisnis EO, usaha EO, event organizer, modal bisnis EO
Bisnis event organizer bukan hanya sasaran pasar dari kalangan masyarakat Indonesia biasa. Tapi juga bisa menyasar ke dalam lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, dan lembaga lain yang mau menyelenggarakan sebuah acara yang seru dan menarik. Jasa event organizer dipilih oleh mereka untuk menyelenggarakan sebuah acara secara menyenangkan, gembira dan lancar.

Event organizer adalah sebuah usaha yang melayani jasa penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah acara atau pesta dengan konsep yang dikehendaki oleh klien. Sehingga usaha jasa EO bukanlah usaha individu. Namun usaha event organizer di dalamnya banyak orang yang terlibat dan bekerjasama sebagai team work. Usaha ini harus dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh untuk berhasil. Salah satu tips sukses usaha ini adalah melakukan pekerjaan secara menyenangkan.

Lalu bagaimana cara membuat usaha event organizer? Untuk membuat event organizer maka diperlukan penjelasan mengenai rincian biaya modal usaha membuat event organizer dan cara membuat EO.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Rincian Biaya Modal Usaha Event Organizer (EO) untuk Pemula
Untuk memulai usaha event organizer diperlukan persiapan dalam modal keuangan. Berikut ini rincian biaya modal usaha event organizer dari awal sampai buka bagi pemula, antara lain:

▪ Mengurus Perijinan
Untuk usaha event organizer diakui dan sah di mata hukum maka anda harus membuat surat ijin usaha Event Organizer yang meliputi pengurusan surat legalitas PT maupun CV. Proses pengurusan dimulai dari tingkat RT dan RW sampai kepada kecamatan setempat. Biaya pengurusan surat ijin usaha jasa event organizer sekitar Rp 1 juta

▪ Sewa Kantor
Modal usaha berikutnya untuk menunjukkan eksistensi usaha EO dan melayani konsumen, anda bisa membuka kantor jasa event organizer di lokasi strategis. Seperti di pinggir jalan yang ramai. Untuk menyewa kantor di lokasi strategis dibutuhkan biaya Rp 6 juta pertahun. Namun anda bisa menghemat anggaran dengan buka jasa event organizer di rumah.

▪ Belanja alat kantor
Setelah mempunyai kantor jasa Event Organizer di lokasi strategis, modal berikutnya yang harus dibeli adalah peralatan dan perlengkapan kantor. Seperti buku, kursi, meja, pengharum ruangan, kain pel dan lain sebagainya. Biaya yang diperlukan untuk belanja semua keperluan kantor tersebut sebesar Rp 2 juta.

▪ Biaya Promosi
Untuk memperkenalkan usaha jasa event organizer anda kepada masyarakat luas, sobat bisa menggunakan spanduk, membagikan brosur, mempromosikan di media sosial facebook, blog berbayar atau gratisan, instagram, line, twitter, bbm dan lain-lain.

Total estimasi biaya modal usaha membuka jasa EO sebesar Rp 9 juta.

Apabila anda berminat membuka usaha event organizer pastikan mempunyai modal usaha yang memadai seperti di atas. Namun jika keuangan anda terbatas maka sobat bisa membuat proposal usaha event organizer atau meminta bantuan biaya dari para sponsor atau investor untuk membiayai usaha EO anda. Teknik inilah yang disebut cara membuat atau bisnis eo tanpa modal.

Adapun cara kerja event organizer adalah menyelenggarakan acara sesuai kemauan pemilik acara bersangkutan. Sebuah usaha event organizer terdiri dari beberapa tim yang masing-masing mempunyai tugas tersendiri. Seperti mempersiapkan katering, sewa gedung dan dekorasi, mempersiapkan busana, menyusun jadwal kegiatan, menyewa sound system, menyiapkan losmen atau tempat tinggal bagi para tamu undangan, menyiapkan artis,  dan lain sebagainya.

Syarat Mendirikan Event Organizer
Seorang klien tentu saja mengharapkan tujuan dari event tersebut dapat dicapai. Dan di sinilah peran usaha event organizer (EO) bukah hanya membantu menyelenggarakan acara dengan lancar. Tapi juga ikut merumuskan ide-ide klien dan berani memberikan gagasan-gagasan baru, unik, kreatif dan segar untuk mendukung kegiatan berjalan sukses. Dengan langkah demikian akan membuat pamor usaha event organizer tersebut kian bagus dan bisa dipercaya menyelenggarakan kegiatan–kegiatan selanjutnya dari klien lama maupun baru.

Lalu bagaimana persyaratan membuka usaha event organizer yang sukses dan menguntungkan?  berikut ini syarat-syarat mendirikan usaha event organizer (EO) yang laris manis dan memiliki citra baik, antara lain:

▪ Target Pasar
Penentuan target pasar yang dibidik sangat penting bagi keberlangsungan usaha event organizer yang  masih pemula atau baru. Pasar yang dibidik apakah umum atau khusus. Namun bagi pemula dalam bisnis EO disarankan untuk memilih pasar yang khusus terlebih dahulu. Misalkan spesialisasi penyelenggaraan acara pameran atau expo, konser musik, seminar, event otomotif, rakernas, launching, wedding ceremony, munas dan lain-lain. Setelah usaha event organizer berkembang maka anda bisa membidik ke pangsa pasar yang bersifat umum.

▪ Gagasan Inovatif dan Kreatif
Event organizer adalah sebuah usaha jasa yang berhubungan dengan dunia hiburan sekaligus komunikasi. Sehingga harus bisa memberikan kepuasan kepada para peserta dan pemilik acara. Dengan cara menelurkan gagasan-gagasan kreatif dan cemerlang yang bisa diterima klien dan peserta.

▪ Memiliki Database
Database sangat penting dimiliki oleh sebuah event organizer. Seperti database media, database klien, database mitra strategis, database sponsor, database lembaga pemerintah, perusahaan swasta,  dll. Dengan demikian, ketika proyek seret maka anda bisa membuka database tersebut dan menghubungi mitra untuk mendapatkan pekerjaan. Database ini juga untuk membantu kelangsungan usaha EO berjalan lancar dan menguntungkan. Disebabkan usaha event organizer tidak bisa berdiri sendiri. Melainkan harus bekerjasama dengan pihak lain.

Berikut ini beberapa jenis perusahaan yang harus diajak kerjasama dalam bisnis EO, antara lain:

1. Perusahaan periklanan. Untuk mempromosikan usaha event organizer dengan harga terjangkau.
2. Usaha percetakan
3. Usaha penyewaan LCD proyektor
4. Usaha penyewaan sound system dll.  

Dari usaha-usaha tersebut yang diperlukan dalam membangun usaha event organizer alangkah baiknya tidak mengandalkan satu perusahaan percetakan, periklanan, usaha rental sound system dan LCD proyektor. Sangat aman apabila event organizer memiliki banyak database perusahaan percetakan, penyewaan sound system, periklanan, dan penyewaan LCD Proyektor. Sehingga bisa membandingkan harga dan pelayanan yang diberikan. Dan jika kepepet maka kita bisa membagi pesanan ke berbagai suplier.

▪ Kerjasama Tim yang Sangat Solid
Hal penting lainnya yang sangat menunjang kesuksesan sebuah usaha event organizer adalah tim yang berada di dalamnya. Anda harus memastikan bahwa tim event organizer anda sangat solid dengan mempunyai kemampuan dan kapabilitas di bidang masing-masing. Tim dalam usaha event organizer tidak harus banyak. Sedikit saja yang penting memiliki kapasitas dalam mengelola dan menjalankan usaha event organizer dengan lancar dan sukses. Jika diperlukan personal tambahan maka anda bisa merekrut tenaga karyawan part time sesuai spesialisasi yang dibutuhkan. Hal ini penting dilakukan untuk melakukan penghematan keuangan usaha EO.

▪ Bisa Menjual dan Detail
Usaha event organizer yang sobat jalani harus mampu membuat sebuah acara yang memiliki nilai jual tinggi. Sehingga banyak sponsor yang tertarik untuk bergabung dengan event yang sobat selenggarakan sebagai alat promosi bagi perusahaan mereka. Selain itu, usaha EO harus berpikir detail dalam menyelenggaran sebuah event. Dari mulai hal teknis hingga peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam acara tersebut. Pastikan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam sebuah event sudah tersedia dengan baik sebelum acara dimulai. Dan peralatan tersebut sebelumnya sudah dicek dalam kondisi bagus. Desain ruangan perlu diperhatikan supaya menarik mata para peserta event.

Dari uraian di atas mengenai syarat-syarat mendirikan usaha event organizer yang sukses dan menguntungkan sangat jelas bahwa usaha EO berhubungan dengan bisnis jasa dan pelayanan hiburan dan komunikasi. Sehingga anda bisa membuka bisnis eo tanpa modal. Karena modal usaha event organizer berupa biaya izin usaha event organizer, biaya sewa kantor, biaya promosi dan percetakan bisa dilakukan kerjasama dengan pihak perusahaan supplier dengan sistem bayar tempo. Bagaimana anda tertarik membuka usaha EO?