15 Ide Bisnis Kreatif Terbaru dan Laris, Cocok Buat Pemula

17 November 2018

Bisnis tidak harus membutuhkan modal besar. Pemula dapat mencoba beberapa ide bisnis kreatif yang sesuai dengan kondisinya. Kreativitas menjadi kunci untuk menarik konsumen agar membeli produk atau memakai jasa yang disediakannya.

Keluar dari zona nyaman memang bukan perkara mudah. Bagi yang terbiasa menjadi karyawan, memulai bisnis membutuhkan keberanian dan tekad baja. Namun, keinginan untuk bebas dan menjadi bos akan mendorong untuk berpikir kreatif.

Daftar 15 Bisnis Kreatif dan Unik
1. Usaha catering
Bisnis di bidang makanan tidak akan lekang oleh waktu. Kamu bisa membuka usaha catering yang menyediakan makanan untuk acara, instansi atau individu. Bisnis ini membutuhkan modal sedikit, tapi kamu harus pandai mengelolanya.

Agar catering berjalan lancar, rekrut orang yang mahir memasak. Tentu saja, kamu sendiri harus mengetahui seluk beluk masakan serta bahan yang digunakannya. Bisnis ini cocok bagi mereka yang hobi memasak.
ide bisnis kreatif, ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis, catering, usaha catering, kue, makanan cepat saji

2. Jasa angkut barang dan antar-jemput
Jika kamu punya motor, mobil, atau pick up, ide bisnis kreatif selanjutnya adalah jasa angkut barang. Kamu bisa menawarkan jasa angkut barang untuk mereka yang ingin berpindah tempat tinggal. Yang terpenting adalah punya SIM dan mobil dalam kondisi prima.

Selain angkut barang, kamu juga bisa memperluas bisnis ke jasa antar jemput. Perlu diingat, bisnis ini fokus ke pelayanan agar klien nyaman. Jadi, berikan yang terbaik untuk menjaga loyalitas dan kepuasan konsumen.
ide bisnis kreatif, ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis, bisnis laris, bisnis cocok pemula, jasa angkut barang, mobil barang, jasa antar jemput

3. Jasa laundry
Usaha laundry selalu ada di berbagai sudut kota. Namun, kamu jangan khawatir karena usaha ini memang layak untuk dicoba. Berilah bonus untuk pelanggan ketika memakai jasa laundry kamu. Untuk meningkatkan kreativitas, buatlah sistem yang mudah untuk memantau keadaan lundry real time.

Untuk usaha ini, kamu butuh tempat dan peralatan. Selain laundry pakaian, jasa lain adalah laundry karpet dan tikar. Yang terpenting adalah hasil cucian bersih dan wangi.

4. Agen pulsa dan token listrik
Menjadi agen pulsa adalah pilihan tepat dari ide bisnis kreatif. Pulsa sangat dibutuhkan karena peningkatan pengguna handphone. Kamu bisa menyediakan pulsa dan data dari berbagai operator.

Untuk memperluas jangkauan konsumen, kamu juga harus menyediakan produk lain. Salah satunya adalah token listrik. Sama seperti pulsa, listrik juga dibutuhkan banyak orang jadi konsumen akan selalu ada.
ide bisnis kreatif, ide bisnis terbaru, ide bisnis, bisnis pulsa, bisnis pulsa hp, hp, agen pulsa, token listrik

5. Biro perjalanan
Biro perjalanan adalah usaha yang menarik untuk digeluti. Kamu tidak perlu modal besar karena cukup menggunakan handphone. Biro perjalanan menyediakan paket wisata untuk para turis baik dalam maupun luar negeri.

Untuk usaha tipe ini, kamu bisa menjadi agen atau menyediakan paket sendiri. Sebagai agen, kamu menjual produk dari orang lain. Sebaliknya, menyediakan paket sendiri menyita waktu tetapi akan memperoleh konsumen yang setia.
ide bisnis kreatif, ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis, bisnis kreatif, bisnis laris, bisnis terbaru, pemandu wisata, bisnis wisata, bisnis pemandu wisata

6. Pemandu wisata
Kamu tinggal di area wisata dan banyak turis berdatangan, tidak ada salahnya untuk ikut menjadi pemandu wisata. Ini salah satu ide bisnis kreatif yang mudah karena hanya butuh skill komunikasi dan pengetahuan.

Untuk menjadi pemandu wisata, kamu harus menjadi bagian dari pengelola tempat wisata. Pilih turis yang sesuai dengan keahlian kamu baik secara bahasa maupun komunikasi. Kamu dapat mengembangkannya ide ini dengan jasa lain seperti berjualan cenderamata.

7. Usaha makanan ringan
Kuliner memang usaha yang tidak akan mati. Setiap orang membutuhkan makanan karena masuk sebagai kebutuhan pokok. Ada banyak ide mengenai makanan dan minuman yang dapat kamu terapkan.

Usaha makanan ringan adalah ide yang menarik untuk dicoba. Modal yang dikeluarkan tidak besar. Selain itu, kamu dapat mengembangkannya untuk menjangkau pasar lebih luas. Untuk pertama kali, sediakan makanan ringan yang familiar di lidah banyak orang.
ide bisnis kreatif, ide bisnis kreatif terbaru, ide bisnis, bisnis kreatif, bisnis laris, bisnis terbaru, bisnis makanan ringan, makanan ringan, cemilan

8. Penerjemah
Era globalisasi membuat bahasa asing menjadi penting. Jika kamu mahir di bahasa inggris atau asing lainnya, menjadi penerjemah sangat menjanjikan untuk digeluti. Ini adalah salah satu ide bisnis kreatif bagi pemula.

Sebelumnya, kamu harus memiliki portofolio terlebih dahulu. Mulai menerjemahkan artikel penting atau dokumen resmi. Setelah itu, tawarkan jasamu via online atau melamar langsung ke perusahaan penerjemah.
ide bisnis kreatif, bisnis kreatif, ide bisnis kreatif terbaru, bisnis terbaru, bisnis laris, bisnis penerjemah, penerjemah bahasa

9. Pengelola akun sosmed
Sosial media atau sosmed memudahkan orang untuk berkomunikasi. Daripada kamu sibuk dengan sosial media sebagai pengguna, ada baiknya untuk menjadikan lebih produktif. Caranya adalah admin akun sosmed.

Publik figur, toko online, akun promosi adalah mereka yang membutuhkan admin. Selain itu, akun-akun dengan follower banyak juga memerlukan orang terampil untuk mengelolanya. Disinilah keahlian kamu bersosial media sangat dibutuhkan.

10. Web designer
Web designer atau web creator adalah salah satu ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Saat ini website sangat dibutuhkan sebagai media komunikasi, penyedia informasi, dan juga penjualan. Kamu dapat menggeluti bidang ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kamu tidak harus mengerti tentang pemrograman. Pembuatan website sudah tidak rumit lagi karena banyak aplikasi dan software yang memudahkannya. Yang terpenting adalah sisi kreativitas dan desain yang sesuai dengan keinginan klien.
ide bisnis kreatif, ide bisnis kreatif terbaru, bisnis kreatif, ide bisnis, bisnis web designer, web designer, web, bisnis website, website, desain web

11. Vlogger
Istilah Vlog atau video blog baru muncul setelah popularitas youtube. Vlogger adalah mereka yang menjadi vlog dengan konten video kreatif. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal minim.

Dalam vlog, konten memainkan peran penting. Orang akan tertarik untuk menonton video buatanmu karena sesuai dengan minat. Konten kreatif, cerdas, mendidik, dan informative menjadikan penonton betah dan setia menjadi subscriber

Darimana uangnya? Sebagai ide bisnis kreatif, kamu bisa memperoleh uang dari berbagai sumber. Vlog dengan view ribuan bahkan lebih dapat diuangkan dengan iklan. Kamu juga bisa menjadi endorse suatu produk.

12. Penulis online dan jasa pengetikan
Website, sosial media, dan berbagai media digital membutuhkan konten. Ini adalah peluang usaha untuk masuk sebagai penulis online. Kamu hanya butuh laptop dan akses internet. Penulis online berfokus pada konten yang bermutu.

Selain itu, skill mengetik kamu juga dapat dimanfaatkan untuk membuka jasa pengetikan. Ide ini cocok bagi mereka yang tinggal dekat dengan institusi pendidikan seperti sekolah atau universitas. Jadi, kamu bisa memanfaatkan laptop lebih produktif.

13. Ternak ikan
Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah ternak ikan. Usaha ini bukan hal yang baru, tetapi tetap menjanjikan. Ternak ikan membutuhkan modal sedikit dengan keuntungan yang menggiurkan.

Kamu dapat memulai dari ternak ikan lele karena mudah. Tempatnya pun cukup dengan terpal atau drum bekas. Selain lele, beberapa ikan air tawar lain juga sangat potensial untuk dikembangkan.

14. Ternak unggas
Usaha ternak tidak akan pernah mati karena manusia membutuhkannya. Unggas seperti ayam adalah produk yang selalu laku dijual. Kamu bisa memulai usaha ternak kecil-kecilan untuk ayam baik petelur maupun pedaging.

Selain ayam, ide bisnis kreatif lain terkait unggas adalah bebek dan burung puyuh. Untuk bebek, kamu butuh lahan cukup dan perawatan teratur. Burung puyuh tidak perlu lahan besar, tetapi harus intensif perawatannya.

Unggas tersebut fokus pada usaha konsumsi. Kamu bisa juga mengembangkan ternak unggas untuk kebutuhan hiburan dan hiasan seperti ayam hias, burung berkicau, atau unggas unik lain.

15. Bibit tanaman dan jual tanaman hias
Bibit tanaman adalah usaha dengan modal minim, mudah dilakukan, dan keuntungan cukup menjanjikan. Kamu butuh tempat tetapi dapat pula menggunakan model rak. Ini adalah salah satu ide bisnis kreatif yang patut dipertimbangkan.

Usaha bibit dimulai dengan penyediaan bibit sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Selain bibit, kamu juga dapat menjual tanaman hias secara langsung. Jadi kedua usaha tersebut saling berhubungan satu dan lainnya.

Memulai Ide Bisnis Kreatif Sesegera Mungkin
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, memulai usaha tidak mudah bagi yang terbiasa menjadi karyawan. Selain ide, ada beberapa hal yang harus diketahui agar bisnis berjalan lancar. Hal tersebut dijelaskan dibawah ini:

1. Mencermati pasar
Bisnis membutuhkan perhitungan dan analisis pasar secara komprehensif. Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis kecil. Kamu tidak ingin membuka usaha tanpa perhitungan dan persiapan.

Kenali calon konsumen dan kompetitor serta tren dan dinamika pasar. Kamu dapat memanfaatkan analisis keunggulan dan kekurangan. Pastikan bisnis lebih unik dan kreatif, namun mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Ketersediaan modal
Modal yang dimaksud bukan hanya sekedar uang. Kamu masih bisa buka usaha dan berbisnis dengan uang minim. Namun, model mencakup peralatan, skill, sistem, jaringan, dan kemampuan mengelola.

Ide bisnis kreatif menitikberatkan pada kreativitas sang pemilik bisnis. Kamu harus tahu apa yang dibutuhkan konsumen lalu menerjemahkannya dalam bentuk produk. Modal terkait kreativitas berbeda satu dengan lainnya.

Untuk bisnis online, modal yang diperlukan adalah koneksi internet, laptop, dan handphone. Pastikan alat-alat kamu mendukung dan sediakan uang untuk biaya akses internet. Yang terpenting adalah model tersedia untuk memulai meskipun bukan uang yang banyak.

3. Keyakinan
Modal saja belum cukup karena bisnis akan gagal kalau tidak yakin. Kelemahan utama pemula bukan pada modal, skill, atau ide. Mereka tidak yakin kalau idenya akan berhasil. Ini adalah sesuatu yang harus dikendalikan dari awal.

Keyakinan muncul karena percaya pada diri sendiri. Oleh karena itu, kamu fokus pada apa yang kamu miliki dan kelebihan dibanding dengan yang dimiliki oleh kompetitor. Setelah yakin usaha lebih baik dan menguntungkan, mulailah segera.

Setiap ide bisnis memiliki pro dan kontra tersendiri. Bisnis apa yang paling mudah dan menguntungkan? Jawabanya ada dari bagaimana memulai dan mengelolanya. Jadi kamu cukup pilih salah satu ide bisnis kreatif diatas dan mulailah segera.