17 Bisnis Kecil-Kecilan yang Laris, Mudah Dilakukan, Menguntungkan

27 Juli 2017

Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada setiap hamba-Nya. Apapun keinginan orang tersebut apabila disertai ikhtiar dan doa niscaya dikabulkan. Salah satu keinginan banyak orang adalah memiliki sebuah usaha atau pekerjaan yang mampu menghasilkan pendapatan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada banyak pekerjaan dan peluang usaha yang bisa dilakoni seseorang untuk mencari nafkah. Seperti menjadi karyawan atau berwirausaha.

Namun pada kali ini, penulis akan membeberkan cara menghasilkan uang dengan jalan bisnis. Sebuah jalan cepat menuju kekayaan berlimpah, kaya raya dan bebas finansial. Akan tetapi, bisnis yang berarti melayani banyak orang tidak mudah dilakukan. Karena tingkat persaingan usaha saat ini kian tinggi seiring semakin banyak penduduk Indonesia dan lapangan kerja yang sangat terbatas.
usaha kecil-kecilan, bisnis kecil-kecilan, bisnis kecil, bisnis mudah, bisnis menguntungkan

17 Bisnis Kecil-Kecilan yang Laris, Mudah Dilakukan, Menguntungkan
Salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan menguntungkan adalah bisnis kecil-kecilan. Dalam arti untuk membangun bisnis ini tidak membutuhkan modal besar. Dengan modal kecil sobat bisa membangun beberapa bisnis. Usaha kecil-kecilan apa saja yang laku keras, gampang dijalankan dan menjanjikan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini 17 bisnis kecil-kecilan yang laris, mudah dilakukan dan menguntungkan, antara lain:

1. Bisnis Bimbingan Belajar
Usaha kursus private atau bimbingan belajar merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Usaha ini mudah dilakukan dengan modal minim sekalipun. Bahkan nyaris tanpa modal. Yang dibutuhkan adalah keterampilan dan pengetahuan dalam bidang tertentu yang bisa sobat jual atau ajarkan kepada masyarakat umum. Keuntungan  bisnis bimbingan belajar sangat menggiurkan. Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Anne Ahira sebelum sukses dalam dunia internet marketer, ia melakoni bisnis bimbingan les belajar privat bahasa inggris bagi para ekspatriat. Dalam sebulan penghasilan yang bisa didapatkan sebesar Rp 10 juta lebih.

Bisnis kursus privat dapat dijalankan secara sampingan maupun pekerjaan utama oleh siapa saja. Ibu rumahtangga, karyawan, mahasiswa, pelajar, dll bisa menggeluti bisnis les privat. Pada awalnya sobat bisa menjalankan usaha ini secara single. Namun seiring usaha les privat semakin bertambah banyak murid dan pelanggan maka anda bisa merekrut tenaga kerja baru. Kemudian anda bisa menjadikannya sebuah bisnis yang menguntungkan. Dimana anda bisa membuka usaha bimbingan belajar di berbagai kota dan daerah di Indonesia.

Seiring dengan kemajuan yang sangat pesat dalam dunia komunikasi dan informasi maka untuk meningkatkan keuntungan bisnis les privat, anda bisa membuka usaha bimbingan belajar secara online. Baik dalam bentuk tutor video, ebook dan lain sebagainya. Selain itu, anda bisa membuat ebook mengenai bimbingan belajar terhadap suatu bidang ilmu dan menjualnya di internet. Cara ini dipastikan mampu melejitkan penghasilan dari bisnis kursus privat.
usaha kecil laris, bisnis kecil-kecilan, bisnis kecil laris, usaha kecil menguntungkan, bisnis kecil menguntungkan, usaha kecil-kecilan

Ada banyak mata pelajaran dan keterampilan yang bisa anda jual dan tawarkan kepada masyarakat. Seperti bimbingan ilmu matematika, ipa, fisika, biologi, bahasa inggris, kursus stir mobil, dan lain sebagainya. Tentu saja kursus les privat sesuai dengan mata pelajaran atau keterampilan yang anda kuasai.

2. Usaha Berjualan Barang Bekas 
Bisnis jualan barang bekas merupakan suatu jenis usaha yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Di beberapa tempat dan daerah di tanah air banyak gerai usaha yang membuka jualan barang bekas. Seperti di Bandung di daerah Astanaanyar dan Kebon Kalapa. Adapun barang bekas yang dijual bisa berupa buku, majalah, kipas angin, perabotan rumah tangga, handphone, laptop, tabung gas 3 kg, dan lain sebagainya.

3. Usaha Jasa Fotografer Profesional
Bisnis kecil-kecilan ini berhubungan dengan hobi fotografi. Dimana melayani konsumen dalam jasa pembuatan video dan foto yang profesional. Usaha ini sangat cocok apabila anda hobi fotografi dan bisa dikerjakan secara sampingan dan rumahan dengan potensi penghasilan menjanjikan sekitar Rp 8 juta perbulan. 

4. Bisnis Hobi Menulis
Siapa bilang seseorang tidak bisa menghasilkan uang dari menulis. Justeru penghasilan dari bisnis penulis sangatlah besar. Kita lihat JK Rowling, penulis novel best seller dunia Harry Potter menjadi salah satu orang kaya di negara Inggris yang kekayaannya mampu menyaingi harta kekayaan kerajaan Inggris. Ada pula penulis novel lainnya yang kaya raya seperti Habiburahman El Shirazy, Andrea Hirata dan lain-lain.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan dari hobi menulis. Seperti bisnis menulis buku ilmiah, menulis buku fiksi, menulis novel, dan lain sebagainya. Begitupula anda bisa menjadi penulis freelance di sebuah perusahaan penerbitan. Berikutnya anda bisa menulis artikel yang kemudian dikirimkan ke berbagai media cetak lokal dan nasional. Satu artikel yang dimuat akan diberi honorarium yang lumayan besar.

Bisnis penulis sangat cocok dijalankan oleh orang yang hobi menulis. Dan seiring hadirnya dunia internet dan website membuat bisnis penulisan semakin berkembang pesat. Seseorang bisa menjadi penulis blog online yang dibayar atas setiap artikel yang dibuat. Biasanya harga satu artikel dengan panjang 500 kata harga Rp 10 ribu. Semakin banyak klien atau pelanggan maka semakin besar keuntungan yang diperoleh dari bisnis penulis.  

5. Usaha Desain Grafis
Bisnis jasa desain grafis sangat cocok dilakukan oleh orang yang hobi menggambar atau desain. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar. Dengan modal kecil, sobat sudah bisa membuka jasa desain grafis secara rumahan dan sampingan. Saat ini usaha desain grafis bisa dibilang mempunyai prospek yang sangat cerah sebab banyak orang yang memerlukan jasa ini untuk pembuatan logo, desain grafis untuk situs blog atau website, desain grafis bagi kaos, usaha jasa pengeditan foto, dll. Anda bisa membuat desain atau gambar grafis yang menarik dengan aplikasi photoshop atau coreldraw di komputer.

6. Bisnis Penerjemahan
Usaha ini cocok sekali dijalankan oleh orang yang pandai dan menguasai berbagai bahasa asing seperti bahasa arab, bahasa jepang, bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa prancis dan lain sebagainya. Usaha jasa penerjemahan bisa dilakukan secara sampingan dengan potensi keuntungan yang sangat besar. Anda bisa menawarkan jasa penerjemahan bahasa di media sosial secara online maupun offline.

7. Usaha Percetakan
Inilah jenis bisnis yang mudah dikerjakan dengan modal kecil dan keuntungan berlipat ganda. Usaha jasa printing bisa dilakukan dengan modal minim. Rincian modal usaha jasa printing cukup sederhana yaitu satu buah laptop atau netbook, printer dan peralatan lain sebagai pendukung. Usaha ini sangat menjanjikan karena pangsa pasar yang cukup luas. Seiring dengan semakin banyaknya guru, pelajar, mahasiswa, karyawan dll yang seringkali harus mengerjakan tugas dalam mencetak dokumen tertentu. Bisnis jasa percetakan bisa dilakukan di rumah secara sampingan.

8. Bisnis Kuliner
Usaha kuliner merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan karena pangsa pasar yang luas. Usaha kuliner bisa dijadikan bisnis kecil-kecilan yang mudah dijalankan, laris manis dan menguntungkan. Ada banyak jenis makanan dan minuman serta cemilan trend yang bisa anda produksi sendiri kemudian dijual di pasaran. Seperti keripik singkong, kripik talas, aneka kue, berbagai jenis kerupuk atau snack, jajanan anak sekolah paling laris, minuman ringan dan lain sebagainya.

Untuk membuat usaha kuliner kecil-kecilan anda sukses dan berkembang maka anda harus membuat kuliner hits atau produksi minuman dan makanan unik. Berbagai jenis makanan dan trend minuman harus dipantau untuk menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang ada dari bisnis kuliner sobat. Pantau jenis makanan yang trend di Bandung, Jakarta, dan kota besar lainnya dan anda bisa membuka usaha kuliner tersebut di daerah anda.   

9. Bisnis Pembuatan Website dan Toko Online
Usaha jasa pembuatan blog dan situs toko online sedang populer dan booming saat ini seiring dengan kemunculan bisnis online atau bisnis internet. Banyak orang yang mempunyai usaha secara fisik mencoba berbisnis secara online dengan membuat toko online yang menarik dan meyakinkan calon pembeli. Inilah peluang usaha yang sangat menjanjikan dari bisnis ini. Untuk mendapatkan konsumen anda bisa mengiklankan jasa pembuatan toko online sobat di berbagai forum dan media sosial di internet.

10. Bisnis Jasa Ekspedisi atau Pengiriman
Usaha jasa pelayanan pengiriman barang menjadi sebuah peluang usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Bisnis ini membutuhkan modal kecil yakni kendaraan bermotor yang anda miliki seperti mobil atau sepeda motor untuk mengantarkan barang konsumen. Usaha jasa ini mensyaratkan anda menguasai wilayah atau daerah tertentu tujuan pengiriman barang supaya anda tidak tersesat.

11. Bisnis Beternak Ayam
Usaha ini sangat cocok dijalankan di wilayah pedesaan yang masih alami, memiliki lahan luas dan udara sejuk. Ada banyak jenis ayam yang bisa diternakkan dalam waktu singkat seperti ayam broiler, ayam kampung, ayam bangkok, ayam pedaging, ayam arab petelur, ayam pelung, dan lain sebagainya. Keuntungan bisnis peternakan ayam perbulan sangat besar mengingat permintaan akan daging dan telor ayam saat ini cukup besar. Bisnis ternak ayam merupakan peluang usaha di desa dengan modal kecil.  

12. Usaha Berjualan Pulsa Elektrik
Bisnis kecil-kecilan lain yang mudah dijalankan, laku keras dan menguntungkan adalah usaha berjualan pulsa elektrik. Mengingat kebutuhan akan pulsa menjadi kebutuhan utama manusia modern saat ini. Adapun rincian modal usaha berjualan pulsa sangat sederhana yaitu satu buah ponsel dan deposit saldo pulsa minimal Rp 50 ribu. Bisnis berjualan pulsa elektrik bisa dibuka secara rumahan, mobile atau keliling maupun membuka konter pulsa di lokasi strategis dengan modal kecil.

13. Bisnis Publisher
Usaha menjadi seorang publisher iklan di internet sangat cocok dijalankan oleh seorang yang hobi menulis atau blogger. Bisnis publisher online menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan karena banyaknya perusahaan yang menawarkan lowongan menjadi publisher dengan bayaran sangat tinggi. Seperti perusahaan google dengan google adsense, popcash dll. Ada banyak macam jasa publisher seperti menyewakan ruangan iklan mandiri di blog, pay perclick, PTC, PPC, dll.

14. Usaha Perbaikan Laptop
Saat ini hampir semua orang tak bisa lepas dari yang namanya laptop terutama kalangan pelajar, mahasiswa dan karyawan. Laptop digunakan untuk membantu mengerjakan tugas sekolah dan kantor dalam penulisan dokumen dan pencetakan. Tak ayal membuat bisnis service laptop sangat menjanjikan. Sebab yang namanya barang elektronik seperti laptop akan mengalami yang namanya kerusakan baik rusak ringan atau rusak berat dalam software maupun hardware. Anda bisa membuka bisnis jasa perbaikan laptop secara sampingan dan rumahan.

15. Bisnis Konveksi
Usaha dalam bidang konveksi seperti pembuatan kerudung, busana muslim, seragam sekolah, dll sangat menjanjikan untung besar. Mengingat pakaian merupakan kebutuhan utama manusia sehari-hari. Bisnis konveksi bisa dilakukan secara rumahan dan kecil-kecilan serta sampingan. Anda bisa mendapatkan orderan konveksi yang banyak dari berbagai lembaga sekolah maupun pemerintah, perusahaan swasta dan lain sebagainya dalam pembuatan seragam dan kaos dalam kuantitas banyak.

16. Bisnis Ebook
Usaha kecil-kecilan yang bisa dimulai tanpa modal adalah usaha pembuatan ebook dan menjual ebook. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan bisa menulis. Walaupun tingkat persaingan bisnis ebook sangat tinggi. Namun usaha jualan dan produksi ebook masih menjanjikan dan pasar terbuka luas di dunia online. Ada berbagai situs yang dapat anda jadikan sebagai tempat jualan ebook anda agar laku keras dan menguntungkan.

17. Usaha Penitipan Hewan     
Bisnis jasa penitipan dan pemeliharaan hewan piaraan menjadi booming dan trend beberapa tahun terakhir. Hal ini tak terlepas dari semakin banyaknya jumlah orang yang hobi memelihara binatang seperti kucing, anjing, sapi, domba, kelinci, dan lain sebagainya. Anda bisa membuka usaha penitipan hewan secara sampingan dan rumahan dengan potensi keuntungan yang luar biasa. Bisnis jasa penitipan hewan merupakan bisnis yang lagi booming saat ini dan layak dijadikan salah satu usaha anda yang menguntungkan.