15 Ide Usaha Barang Bekas Untung Jutaan buat Pemula

12 Desember 2022

Usaha kerajinan tangan dari barang-barang bekas atau sampah memang masih sangat menjanjikan, apalagi sekarang untuk mendapatkan bahan bakunya sangatlah mudah baik itu yang bersifat organik maupun non organik. Ada banyak sekali jenis sampah yang bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan contoh kecil seperti botol plastik, koran, dan lainnya.

15 Ide Usaha Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Jika anda termasuk orang yang memiliki bakat atau kreativitas kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan dari barang bekas, ya itung-itung daripada mencari pekerjaan yang semakin sulit ini lebih baik memanfaatkan peluang yang ada seperti membuat kerajinan tangan dari barang bekas atau sampah.

Untuk pemasarannya pun sangatlah mudah apalagi sekarang jaman internet, tinggal dipromosikan saja ke media sosial, jika kerajinan yang anda buat unik dan juga menarik dijamin pasti akan banyak orang yang membelinya, lagi pula sudah banyak kok orang diluaran sana yang sukses dan menghasilkan uang dari bisnis kerajinan tangan ini.

Nah, jika anda berminat ingin memulai usaha membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi tapi masih bimbang dan ragu karena tidak memiliki ide yang tepat, berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa anda coba atau bisa dijadikan sebagai referensi.
ide usaha barang bekas, usaha barang bekas, modal barang bekas, barang bekas, bisnis barang bekas, barang bekas untuk usaha, jualan barang bekas, mengelola barang bekas, usaha barang bekas menguntungkan

7 Jenis Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
1. Tong sampah dari ban bekas
Dulu keberadaan ban bekas hanya dibuang ditempat sampah atau dibakar, berbeda dengan sekarang ban bekas sudah bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Contohnya saja kursi yang terbuat dari ban bekas, tong sampah bekas dan sebagainya. Biasanya semua produk kerajinan tangan yang terbuat dari ban bekas ini akan banyak diminati orang karena dinilai akan awet mengingat bahannya sendiri dari karet.

2. Tas anyaman dari sedotan
Selain berfungsi sebagai penyedot minuman ternyata sedotan ini bisa digunakan menjadi berbagai kerajinan anyaman yang unik dan menarik contohnya seperti tas ini, dan tidak hanya bisa dibuat tas saja tetapi sedotan ini bisa disulap menjadi berbagai kerajinan unik seperti bunga, figura, lampu hias dan sebagainya, namun untuk bisa membuat aneka macam kerajinan anyaman dari bahan sedotan ini dibutuhkan keuletan dan kesabaran, biasanya yang cocok untuk menjalankan usaha ini hanya ibu-ibu.

3. Miniatur rumah dari stick es krim
Jika anda memiliki stick es krim yang sudah tidak terpakai lagi sebaiknya jangan dibuang, lebih baik dikumpulkan karena bisa dibuat menjadi berbagai karya yang unik dan menarik contohnya seperti miniatur rumah ini, bisa dibayangkan jika hasilnya seperti pada gambar tersebut sudah pasti akan banyak orang yang tertarik dan ingin membelinya. Selain bisa dibuat miniatur rumah juga bisa dibuat menjadi miniatur motor, figura, lampu hias, kotak tisu, asbak dan masih banyak lagi jenis lainnya.
ide usaha barang bekas, usaha barang bekas, bisnis barang bekas, jualan barang bekas, barang bekas, usaha barang bekas menguntungkan, bisnis barang bekas pemula

4. Tempat pensil dari botol bekas
Anda tahu sendiri sampah botol plastik banyak kita temukan dimana-mana bahkan bertebaran, seandainya limbah plastik tersebut diolah menjadi kerajinan tentu selain bisa mendatangkan keuntungan lingkungan kita akan bersih dari limbah, misalnya botol-botol tersebut dibuat menjadi tempat pensil ini, cantik bukan. Tentu ini bisa membuat anak-anak fresh lagi ketika merasa jenuh saat belajar, dan jika kerajinan dari botol bekas ini dijual pasti akan banyak anak-anak yang tertarik karena tampilannya yang unik dan lucu.

5. Miniatur vespa dari kaleng bekas
Coba perhatikan miniatur vespa ini, keren banget kan. Jika anda memiliki kreatifitas yang tinggi tidak ada salahnya jika membuat miniatur dari kaleng bekas minuman, akan tetapi usahakan membuat miniatur yang lebih unik dari yang sudah ada supaya miniatur buatan anda diminati banyak orang. Membuka usaha kerajinan tangan berbahan kaleng bekas minuman ini sangat menjanjikan karena bahan bakunya murah dan mudah didapatkan.

6. Miniatur motor dari baut / besi bekas
Keren dan sangat kreatif, miniatur motor moge ini terbuat dari baut bekas loh, bagi anda yang suka dengan otomotif tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya baut / besi motor yang sudah tidak terpakai ini. Nah, ternyata baut yang sudah tidak terpakai ini bisa disulap menjadi sebuah miniatur yang sangat unik dan menakjubkan.
ide usaha barang bekas, barang bekas, bisnis barang bekas, usaha barang bekas, jualan barang bekas, kerajinan barang bekas, bisnis kerajinan barang bekas, barang bekas

7. Kerajinan tas dari plastik kemasan
Sampah plastik kemasan memang bertebaran dimana-mana, jika anda kreatif dan bisa membuat kerajinan tangan maka limbah plastik ini bisa dimanfaatkan menjadi bermacam-macam kerajinan tangan yang unik dan menarik seperti tas dari plastik kemasan ini, anda tidak perlu repot-repot beli bahan karena sampah plastik kemasan ini tidak ada harganya, tentu ini bisa dijadikan peluang yang menjanjikan karena nyaris tanpa modal sama sekali.

Demikianlah 7 jenis peluang usaha kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas dan yang memiliki potensi sangat menjanjikan, dari semua ide diatas tersebut hampir semua bisa dijalankan tanpa modal karena bahan bakunya sendiri hanya dari barang bekas atau sampah yang sudah tidak terpakai, terimakasih semoga bisa bermanfaat.

8. Menggunakan Botol Plastik Bekas
Barang bekas pertama yang sering digunakan untuk dibuat kerajinan tangan adalah botol, karena banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan barang ini. Contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dari botol yakni tempat pakan ayam, pot tanaman gantung, celengan, dan masih banyak lagi.

9. Dari Kain Perca
Kain sisa industri pakaian merupakan bahan yang bisa dibuat menjadi banyak kerajinan yang bernilai jual tinggi. Anda bisa mendapatkan barang ini di tempat-tempat yang berhubungan dengan sandang seperti rumah mode, pabrik pakaian, dan tempat yang sejenis. Berikut beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain perca:
usaha barang bekas, ide usaha barang bekas, bisnis barang bekas, ide bisnis barang bekas, kerajinan barang bekas, kerajinan tangan barang bekas, jualan barang bekas, barang bekas

▪ Hiasan dinding
▪ Keset
▪ Bantalan kursi
▪ Lukisan
▪ Bros
▪ Kaligrafi
▪ Dan masih banyak lagi

10. Dengan Kardus Bekas
Kardus bekas sering kita jumpai di tempat loakan, terkadang kita juga bisa menemukannya di tempat sampah. Kardus bekas juga bisa kita jual dengan harga per kilo, namun hasilnya terbilang sedikit. Lantas bagaimana jika kita ingin menghasilkan banyak uang dari kardus bekas.

Caranya mudah, kita bisa membuat kerajinan tangan dari benda ini kemudian kita jual. Tapi masalahnya tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan. Untuk anda yang kreatif, cobalah membuat kerajinan tangan melalui kardus, contoh kerajinan tangan dari kardus bekas yakni:
ide usaha barang bekas, ide bisnis barang bekas, usaha barang bekas, bisnis barang bekas, usaha barang bekas menguntungkan, usaha barang bekas pemula, barang bekas

▪ Pigura foto
▪ Aneka miniatur unik
▪ Tempat tisu
▪ Dan masih banyak lagi

11. Dari Kaleng Minuman Bekas
Usaha kerajinan tangan dari barang bekas selanjutnya memanfaatkan CD bekas yang bisa digunakan sebagai kerajinan tangan dengan harga jual tinggi. Contoh kerajinan tangan dari kaleng minuman bekas yakni aneka miniatur yang unik, patung pajangan, lampu hias, dan masih banyak lagi.
 
12. Dari Pecahan Kaca
Pecahan kaca yang dibuang banyak orang karena dianggap tidak berguna, sebenarnya memiliki manfaat yang besar. Kita bisa membuat berbagai kerajinan tangan dari pecahan kaca yang sudah tidak terpakai, dan banyak sekali kerajinan yang terbuat dari pecahan kaca, misalnya:
▪ Vas bunga
▪ Miniatur dari kaca
▪ Hiasan dinding
▪ Gantungan kunci
▪ Souvenir
▪ Dan masih banyak lagi
usaha barang bekas, ide usaha barang bekas, bisnis barang bekas, jualan barang bekas, usaha barang bekas pemula, barang bekas, kerajinan barang bekas

13. Dengan Koran Bekas
Mungkin anda pernah menjumpai pakaian yang berasal dari koran bekas?. Ya, jangan sangka jika koran bekas tidak ada gunanya, justru benda ini mempunyai manfaat yang banyak. Misalnya saja, koran bekas digunakan sebagai bungkus nasi oleh sebagian besar penjual nasi pincuk.

Selain itu, koran bekas memiliki banyak kegunaan yang salah satunya bisa digunakan sebagai kerajinan tangan. Banyak sekali kerajinan tangan yang tak terhitung jumlahnya terbuat dari koran bekas. Contohnya seperti tempat pensil, miniatur, pot bunga, dompet, bingkai foto, tempat tisu, dan masih banyak lagi.

14. Dari Kayu Bekas
Biasanya, kayu yang sudah tidak terpakai akan dibakar/digunakan untuk memasak. Padahal kayu bisa dibentuk menjadi banyak ukiran yang mempunyai nilai jual tinggi seperti hiasan dinding, meja dengan bentuk unik, asbak rokok, miniatur, dan masih banyak lagi kerajinan tangan yang terbuat dari kayu.
ide usaha barang bekas, ide bisnis barang bekas, jualan barang bekas, kerajinan barang bekas, barang bekas, usaha barang bekas menguntungkan

15. Dari CD Bekas
Bahkan barang yang tidak terduga sebelumnya yakni pecahan CD bisa dibuat menjadi banyak kerajinan tangan dengan nilai jual yang lumayan tinggi, contohnya topi dari cd bekas, kanvas lukis, pigura foto, holder tirai, mozaik, dan masih banyak lagi.

Mungkin artikel mengenai usaha kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa membantu anda menemukan usaha kerajinan tangan yang tepat. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.