Peluang Usaha di Malaysia yang Menguntungkan

15 November 2015

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia di mana banyak sekali warga negara Indonesia yang tinggal di negara ini untuk bekerja maupun menuntut ilmu. Jika anda saat ini sedang menetap di Malaysia, hal ini bisa menjadi sebuah peluang bagi anda untuk membuka bisnis yang akan menguntungkan untuk anda. Ada beberapa jenis bisnis yang bisa anda jalankan di negara ini. Beberapa peluang usaha di Malaysia hendaknya bisa anda manfaatkan agar anda bisa menjadi orang yang sukses di negeri orang. Usaha kecil atau menengah bisa anda lakukan asalkan anda memilki banyak ide untuk berinovasi agar usaha anda bisa bertahan dengan baik. Berikut ini beberapa usaha yang bisa anda jalankan di negara Malaysia yang bisa menjadi ide bisnis untuk anda. 

1. Membuka Bisnis Makanan atau Minuman Khas Daerah Indonesia
Indonesia dan Malaysia adalah negara satu rumpun dimana cita rasa makanan yang tersedia di kedua negara tersebut hampir sama. Namun, hal ini bukan lah menjadi penghalang bagi anda untuk membuka usaha di bidang kuliner. Jika anda menyukai bidang kuliner, anda bisa membuka peluang usaha di Malaysia dengan memasarkan makanan atau minuman khas daerah di Indonesia dimana Malaysia tidak memiliki cita rasa makanan tersebut. Sebagai contohnya adalah minuman es dawet khas Banjarnegara. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan untuk anda agar warga negara Indonesia yang tinggal di Malaysia tidak perlu pulang untuk menikmati segarnya es dawet tersebut. Begitu pula yang bisa anda lakukan dalam hal makanan. Anda harus jeli untuk melihat sisi nilai dari makanan daerah Indonesia yang bisa anda pasarkan di Malaysia. Sebagai contohnya Klappertaart yang berasal dari Manado yang bisa anda pasarkan di negara Malaysia. Makanan khas kedaerahan juga bisa menjadi salah satu ide anda untuk membuka usaha di bidang kuliner di Malaysia. 
2. Membuka usaha baju muslim 
Seperti Indonesia, Malaysia juga merupakan negara di mana mayoritas penduduknya beragama Islam. Oleh karena itu, anda bisa melihat hal ini untuk menjadi peluang anda untuk membuka usaha dibidang fashion muslim. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tren fashion hijab saat ini memang banyak digandrungi oleh pada wanita. Sehingga, ini bisa menjadi ide anda karena anda bisa membidik gadis remaja atau para wanita dengan koleksi busana yang anda jalankan. Tren fashion juga berubah sangat cepat sehingga orang – orang pasti akan mengikuti tren yang sedang berlaku. Ini adalah peluang usaha di Malaysia yang bisa tumbuh subur. Dalam hal ini anda tentunya akan memerlukan tempat untuk anda berjualan. Namun, ada cara lain yang bisa anda tempuh yaitu melalui akun media sosial anda. Anda bisa memanfaatkannya sebagai media anda untuk melakukan usaha bisnis yang anda jalankan. Pastikan anda memiliki target pasar yang jelas dalam menjalankan usaha bisnis yang anda jalankan. Hal ini agar anda dapat fokus dalam satu hal yang anda jalankan. Oleh karena itu, ini adalah salah satu ide yang baik untuk anda untuk membuka usaha di negara ini.
usaha di Malaysia, peluang bisnis di malaysia, peluang usaha di malaysia, investasi di malaysia, investasi untung

3. Membuka usaha custom design
Apabila anda menyukai hal – hal yang berbau seni, hal ini juga bisa menjadi peluang yang baik untuk anda untuk membuka usaha custom design. Banyak objek sebagai tempat anda menuangkan kreativitas anda karena banyak hal yang bisa anda lakukan di sini, seperti membuka custom design untuk casing handphone, topi, bantal dan lain sebagainya. Saat ini orang – orang ingin memiliki benda – benda yang memiliki desain yang berbeda dengan yang lainnya. Oleh karena itu, anda bisa menuangkan kreativitas anda dalam hal ini. Anda bisa bekerja sama dengan teman – teman anda untuk membuka usaha jenis ini karena hal ini membutuhkan banyak promosi agar orang – orang bisa mengenal produk anda. Ini adalah sebuah peluang usaha di Malaysia yang bisa anda jalankan agar anda bisa membuat banyak orang menyukai desain yang anda buat. Oleh karena itu, hal ini bisa dijadikan sebagai ide anda untuk menuangkan kreativitas yang bisa mendatangkan banyak uang untuk anda. 

4. Membuka usaha furniture 
Furniture yang dibuat dari Indonesia dikenal memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, anda bisa membuat hal ini sebagai peluang anda untuk membuka usaha di negeri ini. Dalam hal ini anda bisa menjadi distributor dari produsen yang ada di Indonesia kepada konsumen yang ada di Malaysia. Karena tren design furniture juga berubah – ubah, anda juga harus jeli untuk melihat pasar yang orang – orang inginkan. Hal ini menjaga agar bisnis yang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar. Pastikan juga anda memiliki target pasar yang tepat sasaran dalam memasarkan furniture anda. 

Itulah beberapa jenis peluang usaha di Malaysia yang bisa dijadikan sebagi ide untuk usaha anda. Sebagian besar adalah anda harus bisa melihat pangsa pasar yang jelas bagi anda sehingga anda bisa membuat usaha anda berhasil. Pastikan juga usaha yang anda jalankan sesuai dengan keahlian dan minat anda karena hal yang sejalan dengan pemikiran anda maka akan membuat anda lebih mudah untuk memegangnnya. Oleh karena itu, pilihlah salan satu usaha yang bisa menjadi fokus bagi anda. Dengan demikian, ide – ide tersebut bisa dijadikan sebagai peluang untuk anda agar bisa sukses menjadi pengusaha di negeri orang dengan bisnis yang berjalan lancar.