Cara Membuka Bisnis Konveksi dari Awal hingga Berhasil

22 Juli 2017

Jika mendengar nama konveksi maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah sebuah usaha yang berkaitan dengan konveksi baju anak, jilbab dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pakaian. Memang demikianlah gambaran sekilas mengenai bisnis konveksi yang telah memberikan lapangan kerja bagi banyak orang di tanah air. Namun ada sebagian orang yang masih awam mendengar istilah konveksi. Apa itu bisnis konveksi dan cara memulainya. Untuk itulah, pada kali ini penulis akan membahas mengenai seluk beluk bisnis konveksi terutama cara membuka bisnis konveksi dari awal hingga berhasil.

Prospek Usaha Konveksi Rumahan
Berdasarkan survey di lapangan, telah banyak pengusaha yang berhasil menjalankan usaha konveksi baik secara kecil-kecilan, menengah dan besar maupun rumahan yang terletak di pedesaan maupun perkotaan. Hal tersebut tak terlepas dari pangsa pasar yang sangat besar dari bisnis konveksi. Selain itu, persaingan bisnis konveksi masih lemah. Sehingga penjualan dan pemasaran usaha konveksi sangat mudah dilakukan dari nol sampai berhasil.

Sementara itu, melihat keberhasilan para pengusaha konveksi di Indonesia dari pendapatan puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah perbulan membuat anda tertarik untuk menekuni bisnis konveksi. Akan tetapi bagi seorang pemula akan kesulitan dalam memulai bisnis konveksi dari awal sampai meraih keberhasilan. Darimana mulainya, berapakah rincian modal usaha yang diperlukan dalam membuka usaha konveksi, dan pertanyaan lain sebagainya.
usaha konveksi, bisnis konveksi, cara buka bisnis konveksi, cara usaha bisnis konveksi, konveksi

Adapun prospek bisnis konveksi menjanjikan sekali untuk dijalankan saat ini. Mengingat tingkat kompetitor yang masih kecil terutama di wilayah desa dan kota. Ditambah lagi usaha konveksi bisa dijalankan secara rumahan dengan modal kecil. Sambil mengasuh anak di rumah dan mengurus rumahtangga maka anda bisa buka usaha konveksi rumahan untuk menambah penghasilan keluarga. Kelebihan lainnya usaha konveksi dapat dilakukan secara sampingan maupun pekerjaan utama yang menguntungkan.

Analisa Usaha Konveksi Rumahan   
Usaha konveksi yang dijalankan di dalam rumah bukanlah jenis usaha baru di tanah air. Bisnis ini sudah ada sejak lama dan terus berkembang sampai sekarang. Bisa dibilang usaha konveksi yang dijalankan di rumah sangat menjanjikan dan menguntungkan baik dari pelaku usaha tersebut maupun bagi lingkungan sekitar. Misalkan bisnis konveksi mampu menyerap banyak tenaga kerja yang berarti turut serta mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. 

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang sahabat penulis yang berprofesi sebagai pengusaha konveksi. Ia mampu membiayai hidup anak dan isterinya melalui bisnis konveksi kerudung yang dijalankan di desa. Seiring berjalan waktu, usaha konveksi semakin berkembang pesat yang membuat para tenaga kerja semakin banyak. Pendek kata, peluang usaha konveksi masih terbuka lebar hingga saat ini.  

Keuntungan Usaha Konveksi
Ada beberapa keuntungan bagi seseorang menjalankan bisnis konveksi secara rumahan, antara lain:

▪ Pasar Luas
Setiap orang memerlukan baju dan pakaian sebagai kebutuhan utama manusia. Hal inilah yang dilakukan usaha konveksi dalam rangka menyediakan kebutuhan pakaian bagi manusia di muka bumi. Dan saat ini berdasarkan hasil riset bahwa jumlah penduduk Indonesia terus bertambah banyak pertahun yang membuat bisnis konveksi sangat menguntungkan saat ini dan di masa mendatang. Sebab keperluan baju, pakaian maupun segala hal yang berkaitan dengan garmen akan bertambah besar.

▪ Omset Besar
Disebabkan pangsa pasar yang sangat besar dan masih terbuka luas dari bisnis konveksi membuat setiap usaha konveksi menjanjikan keuntungan besar. Berdasarkan penuturan para pengusaha konveksi di berbagai daerah di Indonesia bahwa setiap usaha konveksi yang memiliki 10 orang tenaga kerja dan dijalankan di rumah dapat menghasilkan laba bersih sekitar Rp 6 juta sampai Rp 11 juta perbulan. Tentu keuntungan yang cukup menggiurkan bukan. Namun untuk meraih kesuksesan bisnis konveksi tersebut tidak mudah, seseorang mesti bekerja keras melalui proses panjang dari nol. Selama ia kreatif, kerja keras, ulet, pantang menyerah dan kerja cerdas maka rasanya tak ada yang mustahil meraih keberhasilan bisnis konveksi.

Pada waktu tahun ajaran baru atau memasuki masa sekolah saat ini penulis terkaget. Dimana para orangtua murid berbondong-bondong membeli baju seragam bagi anaknya yang akan masuk sekolah. Di berbagai toko pakaian seragam sekolah di desa penulis, seragam sekolah SD, SMP dan SMA laris manis dibeli konsumen hingga ludes. Hal inilah yang menggambarkan usaha konveksi pakaian seragam sekolah sangat menjanjikan untuk dijalani. Dan pada masa tahun ajaran baru, bisnis konveksi akan laku keras.  

▪ Modal Kecil
Untuk memulai bisnis konveksi tidaklah perlu dengan modal besar. Dengan modal kecil bahkan tanpa modal, seseorang bisa memulai usaha konveksi secara rumahan. Yang penting adalah anda mendapatkan pesanan produk konveksi. Soal pembayaran bisa dimuka atau belakang sesuai kesepakatan bersama. Namun jika anda ingin bisnis konveksi tanpa modal maka bisa meminta uang muka terlebih dahulu kepada konsumen. 

Cara Membuka Bisnis Konveksi dari Awal hingga Berhasil
Untuk memulai usaha konveksi baik itu bisnis konveksi kaos, konveksi baju anak dan konveksi kerudung dan lain sebagainya tentu saja diperlukan persiapan yang sangat matang. Dibutuhkan bekal persiapan yang meliputi perhitungan modal awal usaha konveksi dari awal sampai siap buka, analisis peluang usaha konveksi saat ini dan di masa depan, trik jitu menjalankan usaha konveksi yang berhasil, hambatan yang akan dialami bisnis konveksi dan strategi menghadapinya.

Inilah langkah-langkah dalam membuka usaha konveksi dari awal sampai berhasil, antara lain:

▪ Persiapan Usaha
Setiap akan melakukan sebuah bisnis dan usaha pastinya kita akan memperhitungkan segala persiapan yang dibutuhkan. Seperti modal usaha, peralatan yang diperlukan, perincian keuntungan usaha dan sebagainya. Namun yang paling penting dalam membuka sebuah bisnis seperti usaha konveksi adalah memilih jenis bisnis yang tepat. Apakah bisnis konveksi yang akan anda jalankan sesuai dengan minat dan passion anda?

Jangan sampai pada tahap persiapan usaha justru memilih jenis bisnis yang salah. Dimana usaha yang dipilih tidak sesuai bakat dan minat atau passion yang bisa mengakibatkan usaha konveksi yang dilakukan berhenti di tengah jalan karena kebosanan yang melanda. Oleh sebab itu, jika anda ingin memulai usaha konveksi dengan sukses maka pastikan bisnis konveksi yang anda pilih sesuai dengan minat, bakat dan passion anda.

▪ Perhitungan Modal Usaha Konveksi
Langkah berikutnya setelah memastikan usaha konveksi sesuai bakat, minat, keterampilan dan passion sobat adalah melakukan persiapan menyediakan modal usaha dalam rangka mewujudkan bisnis konveksi menjadi nyata atau real. Adapun peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam membuka usaha konveksi secara kecil kecilan dan rumahan, antara lain:

1. Mesin jahit
Inilah modal usaha yang utama dari bisnis konveksi. Ada beragam merek mesin jahit di pasaran seperti mesih jahit Juki, butterfly, dll. Anda bisa memilih merek mesin jahit yang berkualitas bagus sesuai selera. Harga mesin jahit sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

2. Mesin overdeck
Alat konveksi ini berguna untuk merapikan tepi kain dari dua sisi. Harga mesin overdeck sekitar Rp 15 juta. Mayoritas pengusaha konveksi memilih mesin overdeck merk Juki untuk melancarkan bisnis konveksinya. 

3. Mesin obras
Peralatan konveksi ini diperlukan supaya tepi kain terlkihat rapi dan tidak gampang rusak. Ada beragam merk dari mesin obras yang terkenal seperti Juki. Harga mesin obras di pasaran sekitar Rp 6 juta.

4. Mesin steam
Sebuah mesin setrika uap yang bermanfaat untuk merapikan setiap produk konveksi. Harga mesin steam sekitar Rp. 2 juta yang sangat tergantung kelas dan merek yang dibeli. 

5. Mesin rantai
Harga mesin rantai sebesar Rp 5 juta per unit.

6. Mesin cutting atau potong
Mesin potong dalam usaha konveksi memegang peranan penting. Karena dengan alat ini sobat dapat memotong kain dalam jumlah banyak sekali. Yang dapat menghemat waktu dalam pemotongan bahan kain. Harga mesin potong sebesar Rp 2 juta.

7. Meteran, jarum, kapur, gunting dan alat menjahit. Harga alat dan perlengkapan menjahit tersebut sekitar Rp 1 juta.

8. Meja potong, dan lain sebagainya. Meja potong sebagai sarana perlengkapan yang membantu dalam pemotongan bahan kain. Harga meja potong sebesar Rp 1 juta per unit.

Dari perincian modal usaha konveksi tersebut dapat tergambar secara jelas bahwa total biaya modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis konveksi dari awal sampai siap buka sekitar Rp 34 juta. Itu total modal usaha konveksi skala kecil-kecilan dan rumahan. Kalau membuka bisnis konveksi skala menengah dan skala besar maka total biaya modal usaha yang diperlukan lebih dari itu.

Tips Sukses Usaha Konveksi Rumahan  
Dalam menjalani sebuah usaha pasti ada strategi yang harus dilakukan agar usaha berjalan lancar dan menguntungkan. Begitupula dalam usaha konveksi kaos, kerudung, baju anak, pakaian dan lain sebagainya ada beberapa strategi yang perlu dilakukan agar bisnis konveksi yang dijalankan bisa untung besar dan sukses. Berikut ini strategi dan tips sukses cara buka bisnis konveksi rumahan yang berhasil dan perlu anda lakukan, antara lain:

▪ Rumah Sebagai Pabrik Konveksi
Karena anda telah memutuskan untuk membuka usaha konveksi secara rumahan maka dengan sendirinya rumah yang anda tempati menjadi sebuah pabrik konveksi. Di rumah sebagai tempat produksi barang-barang konveksi. Pilihlah sebuah ruangan kosong dalam rumah yang dijadikan tempat pabrik konveksi. Langkah ini dilakukan untuk menghemat biaya sewa tempat yang mahal harganya saat ini terutama di kota.

Banyak keuntungan dari seseorang menjadikan rumahnya sebagai pabrik konveksi yang mencakup beban pajak yang ringan, penyerapan karyawan baru sangat mudah dilakukan dengan cara merekrut tetangga sekitar yang masih menganggur, dll.

▪ Kerjasama dengan Perusahaan Besar
Selain itu, untuk mengembangkan usaha konveksi rumahan maka anda bisa melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan konveksi besar. Kita bisa mendapatkan pesanan hijab, pakaian, kaos dll dari perusahaan besar dalam jumlah banyak selain membuat produk sendiri.

▪ Promosi
Terakhir adalah melakukan promosi usaha konveksi sobat. Dengan cara melalui media sosial di internet seperti email, facebook, toko online, instagram, twitter, bbm, beriklan di marketplace dll. Hal itu dilakukan untuk memperluas pangsa pasar bukan hanya di dalam negeri tapi juga pemasaran produk konveksi hingga ke luar negeri.