Cara Bisnis Pulsa dan Aksesoris HP yang Mudah dan Menguntungkan

23 Juli 2017

Saat ini jumlah pengguna ponsel atau HP sudah sangat banyak di Indonesia. Dari anak-anak sekolah, remaja, dewasa hingga kalangan lanjut usia. Di Indonesia fakta juga menunjukkan bahwa setiap orang biasanya mempunyai satu buah telepon seluler bahkan ada yang lebih. Dan seiring bertambah jumlah penduduk Indonesia per tahun membuat pengguna telepon selular semakin banyak. Hal inilah yang memunculkan sebuah peluang usaha jualan pulsa dan aksesoris HP yang terbukti menjanjikan untuk dijalankan saat ini dan di masa mendatang.

Analisa Usaha Konter Pulsa dan Aksesoris HP di Rumah
Gerai atau konter jual pulsa dan aksesoris handphone sangat mudah kita jumpai di berbagai sudut kota dan desa. Dalam satu wilayah bisa terdapat dua atau tiga counter bahkan lebih yang berjualan pulsa beserta aksesoris handphone. Seperti cassing, iring, kartu perdana, baterai ponsel dan lain sebagainya. Konter pulsa yang disebut pula toko handphone melengkapi diri juga dengan usaha service ponsel, jual beli hp baru bekas dan lain-lain yang mampu menarik minat konsumen.

Apabila letak rumah anda berada di pinggir jalan yang strategis atau anda mempunyai lahan kosong yang berada di pinggir jalan yang ramai maka sangat tepat untuk membuka usaha jualan pulsa dan aksesoris HP. Karena dipastikan bisnis ini sangat menguntungkan. Sebab barang yang dijual seperti pulsa dan perlengkapan handphone merupakan salah satu kebutuhan utama manusia modern di jaman sekarang.
bisnis pulsa HP, usaha pulsa, usaha pulsa hp, cara bisnis pulsa, bisnis pulsa elektronik, usaha pulsa elektronik

Usaha berjualan pulsa dan aksesoris ponsel sangat mudah dijalankan oleh siapapun juga baik sebagai usaha sampingan maupun usaha utama. Seorang ibu rumahtangga, karyawan swasta, pegawai negeri, pengangguran, buruh pabrik dan lain sebagainya bisa membuka usaha pulsa elektrik dan aksesoris hp secara rumahan dengan modal kecil.

Seiring berjalan waktu jika seorang pemula berhasil dalam bisnis pulsa elektrik dan aksesoris ponsel secara rumahan maka ia bisa mengembangkan bisnis ini. Dengan cara mencari tempat baru yang lebih strategis untuk membuka cabang usaha pulsa elektrik dan aksesoris hp. Sehingga keuntungan bisa berkali lipat dari bisnis pulsa dan aksesoris hp.

Cara Bisnis Pulsa dan Aksesoris HP yang Mudah dan Menguntungkan
Tanpa panjang lebar, berikut ini cara bisnis pulsa dan aksesoris hp yang mudah dan menguntungkan, antara lain:

▪ Memahami Trend
Bisnis berjualan pulsa elektrik dan aksesoris ponsel memerlukan perencanaan yang matang. Sama seperti toko handphone yang harus peka terhadap perkembangan jaman yang ada dan terus berubah. Pada suatu hari mungkin sedang booming jenis hp tertentu dan pada saat lain popularitas handphone tersebut digantikan dengan jenis baru. Hal itulah yang harus anda lakukan dalam bisnis pulsa dan aksesoris ponsel dengan mengikuti perkembangan jaman yang ada. Misalnya saat ini sedang trend dan hits perlengkapan hp iring maka anda bisa menjual di konter pulsa dan aksesoris handphone anda.

Untuk membuka usaha jualan pulsa elektrik sekaligus usaha berjualan aksesoris handphone secara lengkap tidaklah membutuhkan modal besar. Anda bisa memulai bisnis pulsa dan aksesoris handphone dengan modal kecil. Caranya anda menjadi reseller aksesoris hp di toko online yang sangat banyak di internet. Harga berbagai perlengkapan ponsel di internet sangat murah meriah.

Pendek kata, pastikan anda menjual aksesoris hp yang sedang trend dan laris manis serta terbaru di pasaran. Supaya keuntungan cepat anda dapatkan dengan perputaran uang sangat cepat dan barang tak banyak menumpuk di gudang atau etalase.

▪ Buka Toko Online Jual Pulsa dan Aksesoris HP
Untuk mendongkrak penjualan sekaligus meningkatkan omset, selain membuka usaha jualan pulsa dan aksesoris hp secara fisik berupa konter maka anda pun bisa membuka usaha jualan pulsa dan aksesorisnya secara online. Misalnya menggunakan situs marketplace dan medsos seperti olx, ads id, kaskus, twitter, bbm, facebook, whatsapp, line, instagram, pinterest, blog, toko online, bukalapak, tokopedia, dan lain sebagainya. Langkah ini terbukti menambah banyak konsumen dan pelanggan hingga ke seluruh Indonesia dan mancanegara.

▪ Promosi Usaha
Pada awal usaha bisnis pulsa dan aksesoris hp mungkin penghasilan perbulan yang anda dapatkan jauh dari yang diharapkan. Namun seiring berjalan waktu, keuntungan jual pulsa all operator dan aksesoris handphone akan semakin meningkat asalkan disertai dengan cara promosi yang gencar, baik dan benar. Apalagi bagi usaha konter pulsa dan aksesoris hp sangat memerlukan cara promosi usaha yang massif di awal usaha untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas di sekitar.

Promosi sangat menentukan keberlangsungan bisnis pulsa elektrik dan aksesoris hp. Apalagi bisnis tersebut dijalankan di dalam rumah. Sehingga anda harus memastikan bahwa promosi usaha dilakukan secara berkesinambungan supaya orang lain mengetahui keberadaan bisnis jualan pulsa dan aksesoris ponsel yang anda jalani saat ini.

Dengan melakukan promosi yang gencar seperti memasang spanduk, memasang iklan di media massa cetak dan elektronik, membagikan brosur dll maka akan banyak orang yang menjadi konsumen dan akhirnya jadi pelanggan.

Sementara itu, berdasarkan pengalaman penulis cara promosi usaha jualan pulsa dan aksesoris handphone yang tak kalah efektif dan jitu adalah promosi di media sosial di internet. Seperti menggunakan medsos facebook, twitter, instagram, bbm, dan lainnya. Anda akan mendapatkan banyak konsumen, downline, pelanggan dari seluruh Indonesia dan dunia berkat promosi secara online di internet yang menjangkau ke seluruh dunia.

Promosi bisnis pulsa all operator dan aksesoris hp bisa dilakukan secara softsell atau hardsell. Namun langkah efektif tentu saja menawarkan bisnis jualan pulsa dan aksesoris ponsel anda secara halus di media sosial. Seperti membagikan gambar produk-produk terkini dan unik di medsos dari bisnis pulsa dan usaha aksesoris handphone yang anda miliki. Dengan cara demikian akan membuat omset jualan pulsa dan perlengkapan hp semakin besar setiap hari.

▪ Harga Murah
Saat ini persaingan bisnis pulsa dan aksesoris hp sangat tinggi. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai upaya untuk memenangkan persaingan usaha. Salah satunya dengan menjual pulsa elektrik dengan harga lebih murah dari kompetitor. Hal ini dilakukan supaya bisa menjadi daya tarik calon konsumen mengingat manusia makhluk ekonomis yang selalu mencari keuntungan. Untuk mendapatkan harga jual pulsa lebih murah dari pesaing maka anda bisa mendapatkan pasokan pulsa dari distributor langsung. Seperti distributor pusat telkomsel, xl, indosat dll.

Teknik berjualan pulsa dengan harga murah akan membuat seorang pemula bingung dan bertanya berapa keuntungan jual pulsa all operator, jual pulsa listrik dan elektrik jika melakukan demikian? Walaupun keuntungan setiap transaksi sangat kecil tapi untung bisa besar disebabkan volume penjualan yang sangat tinggi. Apalagi pelanggan bertambah banyak setiap hari.    

▪ Pelayanan Cepat
Usaha konter pulsa anda yang memberikan harga jual pulsa elektrik all operator yang lebih murah dari pesaing juga harus didukung oleh pelayanan yang super cepat. Misalkan pulsa yang dibeli konsumen langsung masuk dalam beberapa detik. Hal ini termasuk salah satu pelayanan terbaik yang harus diberikan kepada konsumen. Supaya konsumen balik lagi ke tempat usaha anda untuk menjadi pelanggan tetap. Karena hal ini bisa membedakan usaha anda dari usaha para pesaing di sekitar anda. 

▪ Barang Lengkap
Selain usaha konter menyediakan aksesoris hp sesuai tren maka anda pun harus menjual berbagai perlengkapan handphone secara lengkap. Meliputi baterai hp aneka merk, charger ponsel, speaker, cassing, kartu perdana, tempered glass, iring handphone samsung, dll. Hal ini untuk menimbulkan citra baik di masyarakat bahwa anda membuka usaha pulsa dan aksesoris hp secara lengkap, berkualitas dan murah meriah.

Demikianlah cara bisnis pulsa dan aksesoris hp yang mudah dan menguntungkan. Pendek kata, usaha jualan pulsa plus aksesoris handphone sangatlah menjanjikan untung besar. Karena keuntungan didapatkan dari dua sumber yakni dari berjualan pulsa dan dari jualan aksesoris ponsel. Jika anda tak mempunyai modal yang mencukupi untuk membuka usaha konter dan aksesoris hp maka anda bisa mencari tambahan dana dengan cara membuat proposal usaha. Contoh proposal usaha counter hp bisa dilihat di internet.

Persiapan Buka Usaha Jualan Pulsa dan Aksesoris HP 
Untuk membuka usaha berjualan pulsa dan aksesoris handphone tentu saja diperlukan persiapan dan perencanaan matang meliputi kalkulasi bisnis pulsa dan aksesoris hp. Seperti sebuah petuah bijak yang mengatakan barangsiapa yang tidak merencanakan usaha dengan benar maka ia berarti menyiapkan usaha untuk gagal. Oleh sebab itu, penting sekali merencanakan dan menyiapkan bisnis pulsa dan aksesoris hp anda di awal sebelum usaha dimulai.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum memulai bisnis pulsa dan aksesoris hp yang mudah dan menguntungkan, antara lain:

▪ Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha berjualan pulsa elektrik dan aksesoris hp maka anda harus mnemilih tempat yang sangat strategis dan mudah dilihat atau dijangkau banyak orang dari berbagai arah. Hal ini sangat menentukan keberlangsungan usaha anda. Salah satu ciri lokasi usaha yang tepat bagi bisnis pulsa dan aksesoris handphone adalah tempat tersebut berada di dekat pusat keramaian orang, banyak dilintasi calon konsumen atau prospek, di pinggir jalan raya yang ramai, dan lain sebagainya.

▪ Mencari Suplier    
Setelah mempunyai lokasi usaha yang cocok bagi usaha counter pulsa dan perdana serta aksesoris hp lainnya, langkah selanjutnya adalah mencari suplier. Karena anda menjual pulsa dan perlengkapan handphone maka dari mana barang tersebut bisa anda beli. Ada banyak suplier pulsa dan aksesoris ponsel yang bisa anda ajak jalin kerjasama saling menguntungkan. Namun pastikan anda memilih suplier pulsa dan perlengkapan ponsel yang dapat dipercaya, harga jual lebih murah, barang berkualitas baik, dan lain-lain. Barang-barang yang bisa anda beli di suplier meliputi voucher pulsa, kartu perdana, pulsa elektrik m kios dan all operator, voucher game online, headset, PPOB, pulsa token listrik, casing, baterai ponsel dll.

▪ Beli Etalase dan Perlengkapan
Hal lain yang harus dipersiapkan dalam bisnis pulsa dan aksesoris hp adalah etalase untuk memajang produk, stok pulsa, berbagai aksesoris handphone secara lengkap, alat promosi usaha jualan pulsa dan aksesoris hp dan lain sebagainya. Diperkirakan biaya untuk membeli etalase sekitar Rp 2 juta belum termasuk biaya pembelian peralatan dan perlengkapan usaha pulsa elektrik dan aksesoris ponsel. Intinya, modal usaha konter pulsa dan aksesoris hp bisa disesuaikan dengan anggaran keuangan yang sobat miliki.