Cara Beternak Ayam Kampung yang Cepat Berhasil, Mudah Dilakukan

28 Juli 2017

Setiap bisnis dan usaha yang telah sukses pastinya memiliki rahasia tersendiri cara mendapatkan keberhasilan. Terkadang rahasia kesuksesan tersebut disimpan baik-baik agar tidak diketahui banyak orang. Begitupula dalam usaha peternakan ayam kampung mempunyai tips dan trik sukses beternak ayam kampung. Pada kesempatan ini, penulis hendak mengutarakan seluk beluk cara beternak ayam kampung yang cepat sukses dan mudah dilakukan.  

Prospek Usaha Beternak Ayam Kampung
Perlu dipahami, selain usaha ternak ayam kampung ada beragam jenis bisnis dalam bidang peternakan. Misalnya usaha beternak lele, beternak kambing, beternak bebek dan lain sebagainya. Namun yang lebih menguntungkan adalah usaha beternak ayam kampung. Disebabkan persaingan usaha yang masih lemah dan permintaan akan daging dan telur ayam kampung sangat tinggi di Indonesia.

Prospek ternak ayam kampung lumayan cerah. Apalagi beternak ayam kampung sangat gampang dilakukan ketimbang usaha beternak ayam ras broiler. Usaha ini bisa dikerjakan secara sampingan ataupun pekerjaan utama untuk menambah pemasukan keuangan keluarga. Kalau di kampung atau desa terpencil, usaha beternak ayam kampung sudah biasa dilakukan oleh penduduk desa secara sistem semi intensif dan umbaran.
beternak ayam kampung, cara ternak ayam kampung, tips beternak ayam kampung, ayam kampung, rahasia ternak ayam, ternak ayam

Jika dilihat dari segi harga maka harga ayam kampung lumayan tinggi dan terus merangkak naik setiap tahun. Hal ini berbanding terbalik dengan harga ayam ras broiler yang fluktuatif dan kadang turun. Kenaikan harga ayam broiler terjadi pada waktu menjelang lebaran. Pendek kata, usaha beternak ayam kampung merupakan salah satu usaha ternak hewan yang paling menguntungkan saat ini.

Cara Beternak Ayam Kampung yang Cepat Berhasil, Mudah Dilakukan
Apabila sobat berminat untuk membuka usaha beternak ayam kampung yang menguntungkan di desa maupun di kota maka berikut ini langkah-langkah cara beternak ayam kampung yang cepat berhasil, mudah dilakukan yang harus diperhatikan, antara lain:

▪ Menentukan Jenis Usaha Ternak Ayam Kampung
Ada dua jenis bisnis ternak ayam kampung yang bisa sobat pilih disesuaikan dengan minat dan keterampilan sobat. Yaitu usaha ternak ayam kampung khusus penjualan telur atau untuk penjualan daging. Melakukan fokus pada suatu bidang usaha ternak ayam kampung pedaging atau petelur sangat menentukan kesuksesan bisnis unggas ini di masa mendatang. Hal ini berguna juga untuk pemilihan bibit unggas ini yang tepat.

Berdasarkan penelitian penulis di lapangan bahwa salah satu penyebab kegagalan terbesar bagi bisnis ternak ayam kampung di tanah air adalah kurang fokus dalam usaha budidaya ayam kampung. Mereka mencoba menjalankan bisnis ayam kampung secara bersamaan antara ayam pedaging dan petelur. Sehingga bibit DOC yang digunakan sama saja. Yang berakibat pada omset usaha ternak ayam kurang optimal. Perlu dipahami, bibit bagi usaha ayam kampung petelur berbeda dengan bibit bagi usaha ayam kampung pedaging.

▪ Mengetahui Informasi Cara Ternak Ayam Kampung yang Baik
Hal ini harus dilakukan sebelum memulai usaha beternak ayam kampung. Sebab dengan bekal ilmu yang dimiliki akan memudahkan seeorang menjalani bisnis beternak ayam kampung baik secara rumahan maupun industri menengah dan besar.

Untuk memperoleh ilmu beternak ayam kampung dari persiapan awal buka sampai pemasaran maka anda bisa belajar kepada peternak ayam kampung yang telah sukses dan berpengalaman, mencari informasi cara beternak ayam kampung di majalah dan buku peternakan serta di media online, dan mengikuti berbagai kegiatan penyuluhan atau pelatihan cara beternak ayam kampung yang baik dan benar yang diseleggarakan kalangan swasta dan dinas peternakan setempat.  

Hal ini berlaku juga buat cara usaha beternak ayam potong dan ayam bangkok yang perlu persiapan dalam keilmuannya. Sehingga usaha beternak ayam yang dijalani berjalan lancar dan tidak mengalami kesulitan berarti di tengah jalan. Kira-kira jika anda sanggup menjalani bisnis ternak ayam kampung beserta cara mengatasi segala seluk beluk permasalahan dan suka dukanya maka sobat bisa memulai usaha beternak ayam kampung.

Bekal pengetahuan atau wawasan soal ilmu bisnis beternak ayam kampung yang menguntungkan dari awal sampai akhir perlu dipersiapkan sejak jauh hari. Jangan pernah terjadi pada saat anda memutuskan membuka usaha beternak ayam kampung lalu ditengah jalan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis peternakan unggas ini secara baik dan benar. Kemudian karena masalah yang dihadapi sulit dicarikan jalan keluar maka anda kurang maksimal dalam mengelola bisnis ayam kampung dan menyerah. Kegagalan bisnis beternak ayam kampung akan sangat merugikan bagi anda.

Untuk mengantisipasi hal di atas, sebelum memulai usaha peternakan ayam kampung sobat perlu mempersiapkan diri dengan bekal ilmu beternak ayam kampung yang cepat berhasil dari hulu sampai hilir. Yang meliputi cara budidaya ayam kampung yang benar dan baik, cara mendapatkan bibit atau indukan ayam kampung jantan dan betina yang bagus, teknik pemeliharaan ayam kampung, sampai proses mengembang biakkan ayam dan pemasaran atau penjualan. Semua itu mesti sobat kuasai secara benar dan baik.

▪ Menjalin Hubungan Baik dengan Sesama Peternak
Anda perlu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan para petani ayam kampung yang berada di sekitar dan berpengalaman. Hal ini berguna bagi anda sebagai pemula usaha ternak ayam kampung sebagai wadah bertukar pikiran, mendapatkan ilmu budidaya ayam kampung yang baik dan benar. Bahkan lebih dari itu, anda bisa mengadakan kerjasama dengannya. Baik dalam soal pembelian bibit ayam kampung yang baik sampai masalah kerjasama pemasaran ayam kampung.

Tips Sukses Usaha Ternak Ayam Kampung
Usaha beternak ayam kampung sudah bukan hal aneh lagi bagi penduduk desa. Usaha ternak unggas ini sudah biasa dilakukan oleh penduduk desa secara rumahan dan sampingan dalam skala kecil-kecilan. Teknik yang umumnya digunakan masih sebatas untuk kepentingan pribadi bukan untuk komersil. Cara beternak ayam kampung masih bersifat sederhana yaitu teknik umbaran atau membiarkan ayam kampung mencari makanan sendiri di alam. 

Namun seiring dengan berjalan waktu dan kegiatan beternak ayam kampung menjadi sebuah lahan bisnis menguntungkan saat ini membuat sebagian pelaku usaha menjalankan bisnis beternak ayam kampung secara intensif dan profesional. Dirasakan teknik ini mampu membuat pertumbuhan ayam berkembang maksimal. Berbeda halnya dengan teknik umbaran yang pertumbuhan daging dan produksi telur ayam kurang optimal.

Perbandingan antara cara beternak ayam kampung secara umbaran dan intensif sangat jelas. Teknik umbaran memerlukan jangka waktu sekitar enam bulan lebih untuk mendapatkan bobot ayam kampung sekitar 1 kilogram. Hal ini berbeda dengan teknif intensif ternak ayam kampung yang hanya memerlukan waktu selama dua bulan untuk mencapai bobot 1 kilogram ayam kampung pedaging siap panen.

Jadi ada dua manfaat yang bisa anda dapatkan dari usaha beternak ayam kampung baik secara rumahan maupun intensif. Yaitu daging ayam kampung dan telur ayam kampung yang bisa dijual dengan harga tinggi. Anda bisa berfokus pada satu jenis usaha ayam kampung yakni usaha produksi telor ayam kampung atau usaha jual daging ayam kampung. Bahkan bisa menggeluti kedua usaha tersebut asalkan masih bisa dikelola secara baik.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam usaha beternak ayam kampung yang cepat berhasil dan mudah dijalankan adalah pemilihan lokasi usaha. Pilihlah lokasi usaha ternak ayam kampung yang mendukung ketersediaan makan dan air. Pastikan pula kandang ayam jauh dari permukiman penduduk dan terkena sinar matahari pagi yang berguna bagi kesehatan ayam kampung.     

Peluang Usaha Beternak Ayam Kampung Bagi Pemula
Bagi anda seorang pemula dalam bisnis usaha beternak ayam kampung pastinya akan mendapatkan kesukaran dalam membuka bisnis ternak ayam kampung dari awal dan berapa modal usaha yang dibutuhkan serta cara produksi dan pemasaran. Dikarenakan belum paham. Namun berjalan waktu anda akan memahami cara bisnis beternak ayam dari nol sampai berhasil.

Saran yang bagus bagi pemula untuk memulai bisnis beternak ayam kampung maka mulai dari hal yang paling mudah dengan modal kecil. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerugian usaha ternak ayam kampung. Sebab yang berisiko kerugian terhadap bisnis ternak ayam kampung bukan dari bisnis ayam itu sendiri tapi dari segi pelaku usaha yang masih kurang pengalaman dalam usaha ternak ayam kampung. Sehingga resiko kerugian usaha ternak ayam kampung bagi pemula sangatlah besar.

Cara Beternak Ayam Kampung Pedaging dan Petelur
Untuk beternak ayam kampung pedaging lebih mudah ketimbang usaha beternak ayam kampung petelur. Anda hanya dituntut untuk menambah berat badan ayam secara optimal dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, pada tahap awal pilihlah bibit ayam kampung pedaging yang super dan bagus. Pemeliharaan ayam kampung pedaging sangat mudah dan dalam waktu selama dua bulan sudah siap panen. Apabila anda sudah bisa menjalankan bisnis beternak ayam kampung pedaging secara menguntungkan maka baru anda bisa merambah ke bisnis beternak ayam kampung petelur dan usaha pembibitan ayam kampung pedaging.

Sementara itu, bagi anda yang memilih untuk membuka usaha ternak ayam kampung petelur maka terlebih dulu membeli beberapa ekor bibit ayam petelur unggul yang berumur empat bulan. Rawat ayam kampung itu hingga berumur sekitar enam bulan atau siap bertelur. Teknik ini lebih mudah bagi seorang pemula ketimbang membeli DOC atau anakan ayam kampung yang masih sangat kecil dan memerlukan waktu perawatan yang lumayan lama.