Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Fotografer Profesional

16 Juli 2017

Sekarang bukan hal aneh lagi setiap orang memiliki satu buah kamera bahkan lebih. Sebuah ponsel pun kini dilengkapi kamera yang  beresolusi tinggi guna memotret dan mengabadikan momen penting. Tidak heran bisnis fotografi ikut menyertainya. Berkembang pesat dan menawarkan keuntungan bagi pelaku usahanya. Bisnis fotografi profesional merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa yang akan selalu dibutuhkan banyak orang.

Peluang Bisnis Fotografer Profesional
Jika anda berminat untuk membuka usaha jasa fotografer yang profesional, inilah jenis bentuk bisnis fotografi yang bisa anda lakukan, antara lain:

▪ Membuka Studio Foto Digital dan Cetak Foto
Pada jaman canggih saat ini dengan hadirnya berbagai smartphone, tablet dan ponsel terbaru yang dilengkapi kamera resolusi tinggi membuat hasil tangkapan kamera jernih dan sangat jelas. Tak kalah dengan kamera khusus fotografi.  Setiap saat dan waktu seseorang bisa memfoto objek yang disukainya menggunakan smartphone. Misalkan memfoto anak balita, memfoto objek wisata, memfoto kegiatan tertentu. Kemudian hasil jepretan kamera dicetak untuk dipajang. Hal inilah yang membuat usaha cetak foto semakin laku keras saat ini.
bisnis fotografer, usaha jasa fotografer, usaha fotografer, bisnis fotografi, bisnis foto, jasa fotografi, tukang foto profesional

Di desa penulis ada satu buah gerai studio foto sekaligus cetak foto yang laris manis. Dimana tidak ada persaingan yang berarti. Hal ini menunjukkan bahwa usaha studio foto digital dan cetak foto masih menjanjikan untuk dijalani di wilayah desa. Karena tingkat persaingan yang sangat lemah. Berbeda dengan situasi di kota yang tingkat persaingan usaha foto digital dan bisnis cetak foto sangat tinggi. Walaupun persaingan usaha ini sangat ketat di kota namun tetap menjanjikan dikarenakan pangsa pasar yang sangat luas dan masih terbuka lebar.

Faktor lain yang membuat usaha studio foto digital dan cetak foto mengalami masa laris manis sekarang ini tak terlepas dari kebutuhan masyarakat sangat tinggi akan usaha jasa studio foto digital dan usaha cetak foto digital. Mereka memerlukan untuk mencetak foto digital berukuran 4 x 6 dan 3 x 4 untuk keperluan mendaftar sekolah, melamar kerja dan keperluan lainnya.

Inilah peluang bisnis bagi anda yang jeli melihat situasi yang ada. Berdasarkan pengalaman penulis, usaha stuido foto digital dan cetak foto tak pernah sepi konsumen. Setiap hari selalu ada saja yang minta dibuatkan foto ukuran 3x4 atau 4x6 untuk mendaftar sekolah, melamar kerja dan lain sebagainya. Untuk mencetak foto secara digital, anda bisa menggunakan komputer dan printer yang berkualitas baik. Kurang dari enam menit, hasil cetakan foto akan selesai dengan biaya murah dan gambar foto yang jernih.

▪ Mendirikan Bisnis Foto Box
Usaha foto box seringkali kita jumpai di pusat perbelanjaan seperti mall. Usaha ini menyediakan jasa foto dengan aksesoris  yang bisa digunakan untuk berfoto menarik, unik dan lucu. Bisnis ini digemari sekali oleh kalangan anak muda saat ini yang selalu ingin tampil eksis dan  berbeda dari yang lain. Mereka bisa berfoto sendiri atau bareng teman. Anda yang juga membuka usaha jasa fotographer professional tak ada salahnya juga membuka usaha foto box untuk menambah pemasukan keuangan.

▪ Menjalin Kerjasama dengan Wedding Organizer atau EO
Usaha jasa potographer profesional mesti bekerjasama dengan usaha event organizer maupun wedding organizer. Karena di sinilah bisnis jasa fotografer profesional akan mengalami masa laku keras. Sebab akan banyak acara yang bisa anda ikuti dan foto. Adapun harga jasa fotografer profesional di acara prewedding atau pesta pernikahan dan acara lainnya terbilang cukup mahal. Dimana para pemilik acara akan bersedia mengeluarkan biaya yang sangat mahal asalkan acara bisa terekam secara bagus dan sempurna.

Kerjasama antara usaha jasa potografer dengan usaha wedding organizer atau EO sangat diperlukan. Sebab mereka akan memberikan orderan pada bisnis jasa fotografer profesional anda. Berikanlah harga yang murah dan keuntungan yang menggiurkan pada usaha event organizer yang bisa memberikan orderan bagi usaha jasa fotografi anda dari berbagai acara yang diadakan.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang usaha yang bisa digarap dari bisnis jasa fotografer profesional tergantung pangsa pasar yang hendak dituju. Seperti buka usaha jasa fotografi jurnalistik, fotografer pariwisata, fotografi kuliner, jasa fotografi produk dan lain sebagainya.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Cara Memasarkan Bisnis Fotografer Profesional Bagi Pemula
Usaha dalam bidang fotografi merupakan peluang usaha yang telah banyak dilakoni orang yang hobi memotret. Bisnis jasa fotografer profesional dapat dilakukan oleh setiap orang baik pemula atau amatir maupun yang sudah berpengalaman. Selama seorang pemula serius dan bersungguh-sungguh menjalani bisnis fotografer dengan sendirinya ia akan menjadi fotografer profesional dengan bayaran mahal.

Bisnis jasa photografi profesional sangat cocok dilakukan oleh orang yang gemar memotret dan bakat yang mengalir dalam darah. Bakat memotret tersebut kemudian ia asah terus menerus hingga menjadi seorang fotographer professional yang dapat memenangkan persaingan. Karena di Indonesia sangat banyak orang yang membuka usaha jasa fotograper seperti jasa fotography pree wedding, foto anak bayi, makanan dan minuman, dan banyak sekali macamnya. Sehingga harus benar-benar menjalankan profesi photographer secara serius.

Bagi seorang fotografer profesional, hal paling penting selanjutnya setelah memiliki keterampilan dalam seni fotografi adalah bagaimana cara memasarkan bisnis fotografi tersebut. Pemasaran adalah nyawa dan penentu keberhasilan dari usaha fotografi itu sendiri. Dan cara pemasaran yang efektif dan tepat bagi bisnis jasa ini adalah melalui sistem promosi dari mulut ke mulut.

Untuk lebih jelas, inilah beberapa cara dalam memasarkan bisnis fotografi yang sobat lakoni, antara lain:

▪ Promosi dari mulut ke mulut
Untuk memasarkan usaha fotografi tanpa capek dan tanpa modal namun terbukti efektif adalah melakukan promosi usaha bisnis fotografer profesional dari mulut ke mulut. Sistem pemasaran ini berjalan sendiri seiring dengan tingkat kepuasan yang diraih oleh konsumen. Jika mereka puas atas jasa fotografi yang sobat berikan maka pastinya mereka akan menceritakan kepada lingkungan sekitar mereka, teman, sahabat, tetangga dll dan itu merupakan promosi gratis bagi anda.

Maka pastikan bisnis jasa potografi anda melayani konsumen dengan prima dan terbaik yang mencakup kualitas hasil jepretan kamera sangat baik, harga yang ditawarkan lebih murah dari kompetitor yang ada, pelayanan cepat dan tepat waktu, selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen dan pelanggan dan lain sebagainya.

▪ Promosi di Media Sosial
Pengguna medsos di internet saat ini sangat besar jumlahnya baik di Indonesia dan dunia. Hal ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar dari bisnis jasa fotografi anda. Anda bisa memasang iklan jasa fotografer profesional sehingga usaha jasa sobat bisa dikenal lebih banyak orang. Selain itu, dalam status facebook dan fanspage anda bisa membuat semacam tips cara membuat foto yang bagus, tips menjadi fotografer pemula, mencantumkan hasil foto anda dll.

Dengan cara melakukan hal-hal di atas, seiring berjalan waktu konsumen dan pelanggan akan bertambah. Yang berdampak pada penghasilan yang sobat dapatkan dari bisnis jasa fotografer profesional anda semakin besar.

Tips Sukses Memulai Bisnis Fotografi

▪ Belajar
Untuk sukses dalam usaha jasa fotografer profesional, pertama tama anda harus memiliki kemampuan fotografi. Semua itu bisa dipelajari asalkan anda mau belajar.

▪ Membentuk Tim
Seseorang bisa saja membuka usaha jasa fotografi secara sendirian. Namun seiring dengan usaha berkembang dan orderan bertambah banyak, anda mesti merekrut karyawan untuk meringankan tugas dan beban pekerjaan anda. Seperti karyawan untuk membantu membuat konsep tema foto, pengarah gaya, penata busana dan tata rias dan lainnya.

Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Fotografer Profesional
Berikut ini rincian biaya modal usaha jasa fotografer profesional, antara lain:

▪ Biaya Investasi
1. Kamera DSLR beserta lensa tambahan Rp 13 juta
2. Lampu Blitz, Tripod, payung harga Rp 4 juta
3. Pembuatan Website jasa fotografer Rp 1 juta
4. Brosur, spanduk dan papan nama Rp 2 juta

Total biaya investasi sebesar Rp 20 juta.

▪ Biaya Operasional
1. Gaji karyawan untuk 2 orang Rp 2 juta
2. Biaya Promosi Rp 1 juta

Total biaya operasional perbulan sebesar Rp 3 juta.

Omset Perbulan Usaha Jasa Fotografer Profesional
Jika dalam satu bulan anda memperoleh orderan 4 paket acara sesi poto preewedding dengan harga jasa perpaket sebesar Rp 2 juta maka keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 6 juta perbulan (Rp 2 juta x 4). Dan apabila ada pesanan jasa fotografer 4 pesta pernikahan dalam sebulan maka omset sekitar Rp 4 juta. Biaya jasa fotografer profesional bagi pesta pernikahan dipatok sebesar Rp 1 juta.

Maka total keuntungan kotor yang didapatkan dari usaha jasa fotografer profesional sebesar Rp 10 juta perbulan. Dikurangi biaya operasional usaha, omset bersih sebesar Rp 7 juta perbulan. Lumayan bukan? Bagaimana apakah anda tertarik membuka usaha jasa fotografer profesional yang untung selangit ini?