10 Tips Bisnis Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau dan Provinsi

04 Desember 2017

Usaha jasa ekspedisi atau pengiriman barang akhir-akhir ini semakin populer dan booming di tanah air. Bisnis jasa ini sangat dibutuhkan banyak orang seiring meningkatnya transaksi belanja online atau jual beli di internet. Para pengguna jasa ekspedisi saat ini bukan hanya kalangan perorangan. Tapi juga kalangan perusahaan, instansi, dll. Berdasarkan fakta, bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan propinsi telah ada sejak jaman dahulu sampai saat ini. Hal tersebut membuktikan bahwa usaha ekspedisi barang anti krisis dan tak pernah mati.

Analisa Usaha Pengiriman Barang
Sementara itu, yang membuat orang memilih menggunakan bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi karena kemudahan pengiriman barang secara efisien, efektif dan singkat. Sehingga usaha jasa pengiriman saat ini semakin populer, dibutuhkan banyak orang dan layak untuk dijadikan bisnis yang sangat menjanjikan.

Untuk sobat yang mempunyai keinginan kuat untuk membuka usaha jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi maka itu pilihan tepat. Mengingat usaha pengiriman barang merupakan satu diantara banyak peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan sekali. Namun untuk melakoni usaha ekspedisi secara sukses ini tidak mudah dan sembarangan. Diperlukan sejumlah riset mengenai kelayakan bisnis ini.
usaha jasang pengiriman barang, bisnis jasa pengiriman barang, jasa pengiriman barang, jasa ekspedisi, kirim barang, box

10 Tips Bisnis Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau dan Provinsi
Berikut ini 10 tips bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi yang sukses dan laris manis, antara lain:

1. Lokasi strategis
Dalam dunia bisnis, lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha tersebut. Begitupula dalam bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi memerlukan tempat usaha yang strategis. Jika anda memutuskan untuk membuka usaha jasa ekspedisi maka pilihlah lokasi usaha yang benar-benar strategis yang dekat dengan pangsa pasar yang ada. Selain, itu di daerah tersebut banyak orang yang memerlukan usaha jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi, mudah dilihat dan dijangkau banyak orang. Misalnya lokasi usaha yang cocok bagi bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi yaitu sekitar kampus,dekat sekolah, sekitar kantor dan lain sebagainya.

2. Memilih jenis kendaraan transportasi
Untuk membuka bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi tentu memerlukan yang namanya sarana transportasi untuk pengangkutan dan pengiriman barang. Bisa berupa mobil ataupun truk. Namun untuk memuat daya tampung barang yang lebih besar dan daya jangkau lebih luas maka sobat bisa menggunakan kendaraan truk besar.

Pendek kata, penggunaan kendaraan bermotor seperti mobil atau truk merupakan hal mutlak dan modal utama dalam bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi. Anda bisa membeli truk atau mobil di dealer terdekat sebelum membuka usaha jasa ekspedisi. Hal ini bertujuan supaya bisnis jasa pengiriman berjalan lancar, menguntungkan dan tidak menemui banyak hambatan dan kendala di lapangan.

3. Menjaga barang dengan baik 
Sebagai bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, sobat harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan. Pastikan layanan yang diberikan kepada konsumen sangat memuaskan, terbaik dan ramah pembeli. Sehingga konsumen bisa menjadi pelanggan tetap bisnis jasa pengiriman yang sobat jalankan. Jangan pernah mengecewakan sedikitpun konsumen. Sebab konsumen adalah orang yang ikut membesarkan usaha ekspedisi sobat. Salah satu hal yang utama adalah menjaga barang konsumen sampai ke tempat tujuan tanpa ada rusak atau cacat sedikitpun.

Oleh sebab itu, sobat harus selektif dalam memilih barang yang hendak dikirim. Ada berbagai macam dan bentuk barang yang mudah pecah atau rusak. Sehingga harus dikemas atau dipacking terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan barang. Misalkan untuk dokumen atau surat-surat penting memerlukan tas yang tahan api atau anti air yang berkualitas tinggi. Sedangkan untuk jenis item yang gampang rusak seperti gelas, makanan ringan dll sobat dapat mengemasnya memakai kayu yang kuat. Dengan demikian barang tiba di tempat yang dituju dalam keadaan selamat dan utuh.     

4. Tarif Pengiriman Barang Murah
Ada banyak pesaing atau kompetitor dalam menjalankan bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi. Seperti PT Pos Indonesia, JNE, TIKI, Dakota Cargo, Mandala, dan banyak lagi. Sehingga bisnis ekspedisi sobat harus siap bersaing dengan pemain lama yang sudah memiliki nama besar tersebut. Namun anda jangan takut bersaing. Anda bisa memenangkan persaingan bisnis ekspedisi ini. Salah satu caranya dengan melakukan perang tarif. Dimana anda memberikan tarif biaya pengiriman barang antar pulau dan provinsi lebih murah dari kompetitor  atau pesaing.

5. Tepat waktu
Selain itu, tentukan jangka waktu barang kiriman sampai di tujuan. Misalkan barang akan sampai di tempat yang dituju dalam waktu maksimal empat hari. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas dengan keterangan yang diberikan. Dan jika barang terlambat sampai di tempat yang dituju maka akan membuat konsumen kecewa. Jangan sampai hal tersebut terjadi untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh konsumen. Sediakan pula layanan call service gratis bagi konsumen untuk mengecek keberadaan barang kirimannya.

6. Unik
Tips sukses bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi lainnya adalah memberikan nilai tambah atau berbeda dari pesaing. Misalkan memberikan diskon atau potongan harga yang menarik, memberikan layanan antar jemput barang, dan lain sebagainya.

7. Promosi
Setelah lokasi usaha telah siap dengan peralatan dan perlengkapan pendukung seperti timbangan besar. Selanjutnya melakukan proses promosi yang bertujuan untuk mengenalkan bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi sobat. Ada berbagai cara untuk melakukan kegiatan promosi usaha jasa ekspedisi, antara lain:

▪ Promosi Offline
Untuk mempromosikan bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi maka sobat bisa memberitahukan keberadaan bisnis ekspedisi sobat kepada lingkungan keluarga, sanak kerabat dekat, tetangga, kenalan, teman dan lain sebagainya. Untuk medianya bisa menggunakan cara membagikan brosur. Dalam brosur tersebut diutarakan mengenai bisnis ekspedisi yang anda jalankan beserta kelebihan dan jenis layanan yang diberikan. Cara membuat brosur sobat bisa membuatnya sendiri di komputer menggunakan aplikasi microsoft publisher atau microsoft word dan corel draw.

Selain itu, sobat bisa memasang iklan di surat kabar koran, majalah, tabloid, televisi, radio, spanduk, pamflet, neon box dengan keterangan diskon yang anda berikan dari bisnis jasa ekspedisi anda. Diharapkan promosi usaha yang anda jalankan bisa menjangkau lebih luas pangsa pasar atau khalayak umum. Yang kelak menjadi pelanggan tetap.

▪ Promosi Online
Selain menggunakan promosi offline, cara mengenalkan bisnis ekspedisi sobat bisa dilakukan di internet atau online. Anda bisa beriklan secara gratis di marketplace yang banyak pengunjung seperti olx, bukalapak, tokopedia dan lain-lain. Selain itu, promosi usaha ekspedisi bisa menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, line, bbm, whatsapp, dan forum di internet.

Semakin anda rajin berpromosi baik secara online maupun offline maka semakin banyak konsumen yang akan anda dapatkan. Berikanlah mereka pelayanan terbaik yang membuat mereka puas terhadap pelayanan yang anda berikan. Sehingga mereka menjadi pelanggan setia. Dengan demikian, mereka akan merekomendasikan bisnis jasa pengiriman barang antar pulan dan provinsi sobat kepada orang lain. Yang kemudian menjadi sebuah promosi dari mulut ke mulut yang cukup ampuh.

8. Kerja keras, semangat, dan pantang menyerah
Inilah faktor yang sangat penting yang menentukan keberhasilan bisnis ekspedisi truk pengiriman barang antar pulau dan provinsi. Pastinya selama anda menjalankan usaha jasa pengiriman barang akan menghadapi yang namanya halangan, kendala dan rintangan. Hambatan tersebut jangan membuat anda menyerah. Namun harus membuat anda lebih kuat dalam menjalankan bisnis jasa pengiriman barang yang menguntungkan.

9. Peluang waralaba kerjasama ekspedisi
Jika anda kesulitan dalam cara memulai bisnis cargo atau jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi disebabkan masih awam atau pemula maka anda bisa membuka usaha ekspedisi ini dengan cara bekerjasama dengan daftar perusahaan pengiriman barang yang telah ada. Misalkan JNE, TIKI, PT Pos Indonesia dan lain sebagainya. Mereka menyediakan paket kemitraan usaha bagi siapa saja yang mau membuka usaha ekspedisi dengan syarat-syarat tertentu. Seperti seorang mitra diwajibkan membayar biaya investasi dan menyiapkan lokasi usaha di tempat strategis.

Usaha ekspedisi pengiriman barang merupakan salah satu jenis bisnis yang anti rugi dan selalu untung. Dikarenakan produk yang dijual berupa jasa yang selalu dibutuhkan orang sampai kapanpun jua. Ada banyak kisah sukses pengusaha ekspedisi dari nol. Anda bisa mengikuti kiat-kiat sukses mereka untuk meraih keberhasilan dalam bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi yang anda lakoni.

10. Usaha jasa pengiriman barang tanpa modal
Apabila anda kesulitan dalam mempersiapkan modal dalam membuka usaha ekspedisi pengiriman barang antar pulau dan provinsi yang memerlukan modal usaha sangat besar. Seperti modal uang untuk pembelian mobil, truk, dan sewa lokasi usaha. Maka anda bisa menjalankan usaha cargo ekspedisi tanpa modal. Caranya dengan meminjam uang dan mobil atau truk milik saudara anda yang kaya raya dengan cara bagi hasil.

Demikianlah 10 tips bisnis jasa pengiriman barang antar pulau dan provinsi yang cepat sukses. Jika anda melakukan hal-hal di atas seperti pelayanan terbaik yang memuaskan konsumen maka perlahan tapi pasti jumlah pelanggan akan semakin meningkat pesat setiap harinya.