Cara Membuka Usaha Jasa Service AC yang Laris Pelanggan

05 September 2017

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha adalah potensi keuntungan yang bisa diperoleh serta kemudahan dalam menjalankannya. Bisnis perbaikan atau service AC bisa menjadi salah satu pilihannya. Usaha satu ini memiliki potensi keuntungan tinggi dan gampang dijalankan meski dengan modal kecil atau tanpa modal sekalipun. Sebagai bisnis yang menjanjikan, usaha service AC layak untuk dijadikan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan di kawasan padat penduduk atau pun di daerah yang memiliki cuaca panas.

Analisa Usaha Service AC
Saat ini sangat mudah kita jumpai rumah-rumah dan kantor di kota yang padat penduduk menggunakan AC. Apalagi sekarang musim kemarau di mana udara panas menyengat di siang hari. Sehingga setiap orang membutuhkan ruangan yang nyaman dan sejuk. Salah satunya menggunakan air conditioning. Hal ini membuat bisnis pemasangan AC laris manis. Begitupula bisnis service AC ikut kecipratan rejeki.

Usaha service AC sangat cocok dijalankan oleh orang yang mempunyai keterampilan dalam bidang perbaikan peralatan elektronik dan teknisi. Jika anda mempunyai latar belakang pendidikan jurusan elektronik atau mahir memperbaiki alat-alat elektronik secara otodidak maka sangat tepat bagi anda untuk membuka usaha jasa service AC.
usaha jasa service AC, jasa service AC, service AC, jasa perbaikan AC, bisnis service AC, air conditioner,

Untuk memasarkan bisnis jasa service AC sangatlah mudah akhir-akhir ini. Karena pangsa pasar lumayan luas dimana sudah banyak orang atau rumah dan perkantoran yang memasang AC. Hal ini tak terlepas dari peningkatan suhu yang ekstrim di dunia khususnya di Indonesia. Sehingga udara panas selalu menyelimuti bumi. Untuk menghindari udara panas di siang hari maka orang-orang berbondong memasang AC di kantor maupun rumah.

Cara menentukan usaha jasa service AC bakal laris manis di suatu tempat atau tidak maka anda dapat mengecek survey langsung di lapangan secara gampang. Caranya dengan melihat ke lingkungan perumahan tersebut, apakah setiap rumah telah dipasang AC. Dengan melihat tanda tanda pemasangan perangkat dan peralatan Air Conditioning di luar rumah.

Target pasar bisnis jasa perbaikan AC bukan hanya kalangan atas. Tapi bisa juga meliputi kalangan menengah yang kian banyak di Indonesia. Lebih spesifiknya perumahan dan perkantoran yang telah memakai perangkat ini bisa menjadi target market yang sangat menggiurkan bagi keberhasilan usaha jasa service AC sobat.

Berdasarkan analisis penulis di lapangan bahwasanya usaha service AC rumah dan kantor masih belum banyak pesaing. Sehingga bisnis ini bisa menghasilkan untung besar. Pada awal merintis usaha perbaikan AC maka anda bisa bekerja secara sendirian. Namun seiring bertambah banyak pelanggan dan konsumen maka sobat bisa merekrut beberapa tenaga kerja baru. Dan kemudian membuka pangsa pasar baru dengan mendirikan cabang usaha jasa service Air Conditioning di berbagai daerah di Indonesia.

Cara Membuka Usaha Jasa Service AC yang Laris Pelanggan
Sementara itu, cara membuka usaha jasa service AC yang laris pelanggan, tahapannya sebagai berikut:

▪ Menentukan Lokasi Usaha
Sebenarnya membuka usaha jasa service AC tidak membutuhkan lokasi usaha. Untuk lokasi usaha bisa dijalankan di dalam rumah. Namun untuk lebih meyakinkan calon konsumen dan menunjukkan usaha jasa service AC benar benar ada dan legal maka diperlukan lokasi usaha. Pilihlah letak lokasi usaha yang sangat strategis, mudah dijangkau dan dilihat banyak orang. Biasanya berada di pinggir jalan raya yang ramai, dekat pusat perkantoran dll.

▪ Pelayanan Jasa Service AC yang Memuaskan
Namanya juga usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Sehingga harus benar-benar memperhatikan kualitas pelayanan. Produk yang dijual berupa jasa perbaikan AC ditambah dengan masa garansi gratis. Untuk memberikan kelengkapan pelayanan, anda bisa juga membuka usaha jasa cuci AC. Dengan pelayanan yang diberikan ramah, menyenangkan, murah, bersahabat maka para konsumen akan menjadi pelanggan tetap.

▪ Harga yang Lebih Murah
Masalah harga semua orang mengetahuinya bahwa harga yang murah cenderung kualitas produk kurang bagus. Dan harga yang mahal mencerminkan kualitas barang yang baik. Namun karena anda masih pemula dalam usaha jasa service AC maka tak ada salahnya memberikan harga jasa service AC yang lebih murah dari pesaing. Hal ini sebagai diskon atau potongan harga untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan.

Perlu diingat juga bahwa manusia merupakan makhluk ekonomis yang selalu membeli barang yang memberikan keuntungan banyak baginya. Jika ada dua barang dengan kualitas sama tapi berlainan harga maka manusia lebih memilih harga yang lebih murah. Ini merupakan suatu sifat manusia paling dasar dan dimanfaatkan oleh sebagian para pakar bisnis untuk membangun sebuah bisnis perbaikan AC yang laku keras mengikuti tabiat manusia.

Untuk mengetahui harga jasa service AC di pasaran maka anda bisa bertanya langsung kepada para pengusaha yang buka bisnis perbaikan AC. Kemudian anda mematok harga jasa service Air Conditioning dengan harga yang lebih murah. Itulah salah satu cara mematok harga jasa service AC yang mudah.

▪ Perhitungan Modal Usaha Service AC
Jika anda tertarik untuk membuka usaha jasa service AC secara rumahan maka langkah berikutnya yang harus dipersiapkan adalah modal usaha. Berikut ini rincian biaya modal usaha jasa perbaikan AC di rumah, antara lain:

1. Upah Teknisi sebesar Rp 2 juta
2. Upah Helper sebesar Rp 1 juta
3. Belanja pulsa Rp 100 ribu
4. Alat dan bahan Rp 200 ribu
5. Freon Rp 500 ribu
6. Pembuatan Alat Promosi Rp 200 ribu

Maka total estimasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha jasa service AC di rumah sebesar  Rp 4 juta. 

▪ Promosi Usaha
Terakhir yang sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha jasa service AC di masa sekarang dan masa datang adalah masalah promosi. Bagaimana caranya agar usaha jasa perbaikan AC sobat bisa dikenali banyak orang. Kemudian mereka tertarik menggunakan jasa service sobat. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan berbagai cara untuk melakukan promosi bisnis service AC sobat.

Berikut ini dua cara yang harus anda tempuh untuk mengenalkan usaha jasa reparasi AC anda kepada khalayak umum, antara lain:

1. Promosi Offline
Bagi anda yang sedang kebingungan cara promosi dan pemasaran usaha jasa service AC berikut ini cara-caranya yang sangat lengkap, antara lain: 

a. Memberikan Kartu Nama
Anda bisa memberikan kartu nama ke setiap orang yang anda kenal dan temui. Untuk contoh kartu nama service AC maka anda bisa mendapatkan referensinya di mbah google.

b. Membagikan Brosur
Untuk mengenalkan bisnis jasa perbaikan AC maka anda bisa mulai dari lingkungan terdekat dahulu. Dimulai dari penawaran jasa service AC ke lingkungan keluarga, sanak kerabat, teman, kenalan, relasi, rekan kerja, sahabat hingga ke orang lain. Contoh brosur service AC bisa anda temukan di perusahaan percetakan dan di internet. Di dalam brosur itu terdapat contoh penawaran jasa service AC.

Untuk lebih jelas lagi, berikut ini cara promosi offline lainnya yang perlu anda lakukan dalam membuka bisnis jasa service AC, antara lain : pasang iklan di buku telepon atau yellow pages, memasang iklan kolom atau iklan baris di surat kabar lokal seperti majalah atau koran dan tabloid, telemarketing, email marketing, direct mail marketing, viral marketing, direct selling, pembagian kalender yang mempromosikan usaha jasa service AC sobat, promosi di media elektronik seperti radio dan televisi lokal, dan lain sebagainya.

2. Promosi Online
Inilah cara promosi yang sedang booming dan trend serta gratis. Berikut ini media berpromosi online secara gratis, yaitu:

a. Media Sosial
Anda bisa beriklan usaha jasa service AC di media sosial seperti facebook, instagram, bbm, line, twitter, facebook, google plus dan lain sebagainya. Anda bisa menulis di media sosial mengenai keberadaan bisnis perbaikan AC disertai nomor kontak yang bisa dihubungi kemudian membagikan artikel tersebut kepada banyak orang, sahabat dan follower.

b. Website 
Selain itu, promosi online terhadap bisnis jasa perbaikan AC perlu didukung dengan kehadiran website resmi yang profesional yang menunjukkan usaha jasa service AC sobat. Dengan demikian konsumen percaya terhadap kredibilitas bisnis anda. Ditambah lagi website tersebut berisi berbagai penawaran jasa anda disertai alamat, layanan, harga, seluk beluk produk jasa dan testimoni serta lainnya.

c. Marketplace
Ada banyak marketplace yang bisa dijadikan alat promosi usaha jasa service AC seperti ads.id, olx, berniaga, tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya.

d. Seo Mesin Pencari
Inilah cara promosi gratis di internet lainnya yaitu dengan cara menulis artikel tentang keberadaan usaha jasa service AC sobat beserta kelebihannya. Tentukan kata kunci yang dibidik. Kemudian posting disertai gambar dan submit ke mesin pencarian google, yahoo dan bing. Setelah artikel anda berada di halaman pertama google maka akan banyak calon pelanggan yang menghubungi anda lewat telepon. 

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan wirausaha, promosi offline dan online harus digabungkan untuk memaksimalkan terjadinya penjualan. Karena di dalam masyarakat Indonesia ada dua golongan. Pertama yang melek internet dan kedua orang yang tidak melek internet. Apalagi saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan google untuk mendapatkan apa yang ingin diketahuinya.