Cara Bisnis Usaha Sepatu secara Online Laris Pembeli

11 Juni 2017

Pada suatu hari di dalam masjid Salman ITB Bandung diadakan seminar dan workshop tentang peluang bisnis jualan sepatu online. Hadir salah seorang narasumber bernama Dina seorang pemilik toko sepatu online. Dalam satu bulan ia bisa meraup untung bersih hingga Rp 10 juta lebih. Namun untuk sukses dalam bisnis sepatu online, ia harus mengawali dengan nol. Wanita berkulit putih ini membeli template dan software pendukung blog yang membuat toko online sepatunya laris manis. Didukung penjualan sepatu di media sosial facebook.

Prospek Usaha Jualan Sepatu Online
Kebutuhan manusia banyak ragamnya. Dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Namun manusia terlebih dahulu memenuhi kebutuhan dasarnya yakni kebutuhan makan dan minum, kebutuhan tempat tinggal dan kebutuhan sandang yang meliputi pakaian dan sepatu. Salah satu keperluan utama manusia adalah sepatu. Bukan hanya membuatnya tampil menarik tapi juga mengamankan alas kaki dari benda berbahaya di jalan. Sepatu merupakan kebutuhan sehari-hari yang dipergunakan di alas kaki untuk bekerja, pergi ke kantor, berolahraga, dll. 

Seiring dengan hadirnya media internet yang mampu menerobos pangsa pasar ke seluruh dunia maka sistem penjualan bukan hanya dijalankan secara offline tapi juga dilaksanakan secara online. Sehingga pangsa pasar bukan hanya di lingkungan sekitar. Namun sudah bisa menjangkau ke seluruh dunia asalkan terkoneksi dengan internet.
usaha sepatu online, bisnis sepatu online, jual sepatu online, sepatu online, bisnis sepatu, usaha sepatu

Berdasarkan fakta di dunia bisnis online, sepatu merupakan salah satu produk yang paling banyak peminatnya dan paling banyak dibeli orang di internet. Minat orang baik pria maupun wanita untuk membeli sepatu secara online sangatlah besar. Hal ini membuat bisnis usaha sepatu online sangat menjanjikan. Seperti adik tercinta yang selalu membeli sepatu di toko online setiap tahun kadang setiap bulan. Dikarenakan di toko sepatu online, ia bisa memilih model dan desain sepatu yang diinginkan secara mudah.

Melihat potensi keuntungan yang sangat besar dari bisnis jualan sepatu online maka tak ada salahnya bagi anda yang sedang mencari-cari peluang usaha baru di dunia online untuk mempertimbangkan membuka bisnis berjualan sepatu online. Cara bisnis sepatu online relatif mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu. Anda bisa mengerjakan bisnis ini secara sampingan di dalam rumah. Hal yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara bisnis sepatu online paling laris bagi pemula?    

Cara Bisnis Usaha Sepatu secara Online Laris Pembeli
Cara jualan sepatu online sama seperti anda menjual barang fashion lain. Perbedaan yang tak jauh beda. Apabila anda berminat untuk membuka usaha jualan sepatu secara online maka ada beberapa cara yang harus ditempuh, antara lain:

▪ Menentukan Jenis Sepatu
Ada banyak ragam sepatu yang bisa sobat jual di internet, antara lain sepatu boot, sepatu olahraga, sepatu pantofel, sepatu futsal, sepatu wanita dewasa, sepatu untuk kalangan remaja wanita, sepatu untuk karyawan kantoran, sepatu anak-anak, sepatu pria dan lain sebagainya. Anda harus memilih salah satu jenis sepatu yang akan anda jual secara online. Dengan demikian sobat akan mengetahui siapa pangsa pasar yang harus anda bidik di internet.

Selanjutnya dengan mengetahui target pasar yang dituju, nantinya akan sangat mudah menentukan cara promosi yang harus dilakukan dan media sosial apa saja yang akan digunakan untuk promosi dan jualan sepatu di internet secara efektif dan efisien.

▪ Mencari Pemasok Sepatu   
Tahapan berikutnya adalah mencari suplier yang dapat memasok sepatu kepada toko online anda. Untuk mencari suplier sepatu sangat mudah. Anda bisa mencarinya di berbagai forum seperti forum ads id, searching di mbah google, dan mencari pabrik pembuatan sepatu di daerah sekitar. Misalnya di Kota Kembang Bandung, pusat sentra pabrik dan pembuatan sepatu berada di daerah Jalan Cibaduyut persimpangan Jalan Soekarno Hatta Bandung. Di sana ada banyak pabrik yang mampu memasok kebutuhan sepatu dalam partai kecil hingga partai besar. Anda bisa menjalin kerjasama dengan mereka dengan sistem win-win solution.

Namun pastikan anda memilih suplier yang tepat, dapat dipercaya, respon sangat cepat dan mudah berkomunikasi serta nyaman sekali diajak kerjasama. Tanyakan pula mengenai sistem pembayaran, apakah bisa bayar uang muka terlebih dulu ataukah harus tunai lunas. Lalu bisakah melaksanakan pembayaran pelunasan setelah produk sepatu laku terjual. Terus tanyakan secara detail yang meliputi bagaimanakah cara pengiriman produk sepatu. Apakah bisa melakukan sistem dropshipping ataukah kita harus melakukan stok barang terlebih dahulu.

▪ Memilih Model Sepatu
Setelah menentukan jenis sepatu yang hendak dijual dan mempunyai suplier sepatu yang tepat langkah selanjutnya adalah memilih model sepatu yang hendak dijual di internet yang diperkirakan laris manis dan laku keras di pasaran. Biasanya model sepatu tersebut unik.

▪ Menentukan Harga Jual Sepatu
Tujuan anda dalam berbisnis jualan sepatu secara online tentunya untuk memperoleh laba atau keuntungan. Oleh karenanya, sobat harus dapat menentukan harga jual sepatu yang tepat. Jangan sampai rugi. Untuk menentukan harga jual sepatu sangat mudah. Dengan memperhitungkan biaya pemakaian internet, pulsa, ongkos pengiriman, margin keuntungan yang ingin didapatkan dan lain sebagainya.

▪ Foto Sepatu yang Dijual
Sebuah produk sepatu yang dijual secara online harus disertai foto sepatu yang dijual beserta deskripsi dan spesifikasi sepatu tersebut sejelas mungkin. Sehingga meyakinkan calon pembeli bahwa produk sepatu itu benar-benar ada. Untuk satu model produk sepatu yang dijual, anda bisa memasang tiga sampai empat foto dari sudut pandang berbeda. Atau memfoto kaki seseorang yang menggunakan model sepatu itu dari sisi berbeda.

▪ Mencari Konsumen Sepatu
Untuk mendapatkan konsumen ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya cara termudah adalah sobat menawarkan sepatu yang anda jual kepada lingkungan terdekat. Misalkan menawarkan sepatu ke anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, rekan kerja, teman, sahabat karib, kenalan, dan lain-lain. Untuk memperoleh konsumen secara lebih luas, anda bisa menggunakan media sosial di internet seperti facebook, twitter, BBM, line, instagram, google plus, whatsapp messenger atau wa, dll. Cara tersebut terbukti ampuh menjaring konsumen dari berbagai tempat dan kalangan di seluruh Indonesia dan dunia.

▪ Membuka Toko Online Sepatu   
Selain menggunakan media sosial untuk menjual sepatu secara online, anda pun bisa membuka toko sepatu online di internet menggunakan website berbayar atau blog gratis. Hal itu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis sepatu online yang kita jalankan. Saran penulis, buatlah toko online dengan website berbayar supaya terlihat profesional dan terlihat terpercaya di mata calon konsumen.

Nama domain kalau bisa sesuai dengan nama toko sepatu online anda. Untuk modal usaha membuat toko online adalah biaya sewa domain, dan sewa hosting yang relatif terjangkau. Namun jika anda benar-benar ingin melakukan bisnis jualan sepatu online tanpa modal maka bisa menggunakan blog yang gratis. Seperti wordpress dan blogspot. Ada banyak pengusaha toko sepatu online yang kaya raya dan jualan laris manis berkat toko online sepatu dari blog gratisan seperti blogspot.

Dalam toko online itu, anda memasang foto-foto sepatu yang dijual beserta keterangan deskripsi yang ada. Misalnya keterangan bahan sepatu, dari kulit atau dari bahan kain. Cantumkan pula keterangan ukuran sepatu yang ada stoknya, keterangan warna yang ada, serta jelaskan pula kondisi sepatu baru atau bekas, dan keterangan lengkap lainnya.

▪ Fast Respon
Salah satu yang diinginkan dari konsumen adalah pelayanan yang cepat dan respon yang cepat. Kerapkali penulis mendapatkan sebuah toko sepatu online yang sangat lambat menanggapi pertanyaan calon pembeli dan keluhan konsumen. Usaha toko online sepatu ini akan dijauhi oleh konsumen. Kalau mereka membeli maka hanya terjadi penjualan sekali alias tidak ada repeat order atau pembelian berulang.

Dengan anda menanggapi pertanyaan dari calon pembeli dan keluhan konsumen dengan cepat berarti akan terjadi tingkat kepuasan konsumen yang sangat tinggi. Berikanlah pula service yang memuaskan lainnya seperti pemberian garansi sepatu selama tiga minggu lebih dll. Karena kerapkali terjadi dalam bisnis sepatu online, ukuran sepatu yang telah dibeli konsumen ukurannya tak pas. Sehingga harus dikembalikan ke toko online sobat. Dan sobat harus mengirimkan sepatu yang pas sesuai ukurannya.

Cara Jualan Sepatu Online Tanpa Modal
Apabila anda ingin memulai bisnis usaha sepatu online tanpa modal maka bisa menjadi reseller atau dropshipper. Caranya anda mencari agen atau distributor sepatu di daerah anda kemudian mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropshipper. Segala foto-foto produk sepatu yang dijual oleh agen akan diberikan kepada anda lewat email. Tugas anda adalah mempromosikan sepatu-sepatu milik agen tersebut untuk dijual kepada konsumen dengan margin keuntungan sesuai keinginan. Jika ada yang membeli sepatu maka anda akan mendapatkan komisi sesuai keinginan. Misalkan anda mengambil untung Rp 50 ribu untuk satu item sepatu.

Salah satu yang sering ditanyakan calon pembeli adalah masalah sistem pembayaran. Anda bisa meminta calon pembeli untuk membayar uang cash secara tunai lewat trasfer antar bank. Dengan mempunyai uang tunai maka anda bisa membelinya kepada agen dengan harga yang lebih murah ketimbang harga jual yang anda terapkan. Dan selanjutnya pengiriman sepatu langsung dialamatkan ke tempat konsumen menggunakan jasa ekspedisi.

Kemudian anda bisa merekrut reseller di bawah anda dengan membuatkan bagi mereka toko sepatu online gratis. Sehingga tenaga penjual di bawah anda terpacu untuk meningkatkan penjualan sepatu anda. Dan yang terpenting toko sepatu online anda harus berada di halaman pertama google dengan kata kunci jual sepatu online. Supaya orang yang berniat membeli sepatu secara online dapat membeli sepatu dari toko online sepatu anda.