Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan Modal Minim Laris Pembeli

24 Juli 2017

Mencari pekerjaan saat ini sangat sulit. Ketersediaan lapangan kerja terbatas sedangkan jumlah angkatan kerja terus bertambah dengan peluang yang diterima sedikit.  Jumlah para pencari kerja baik lulusan sarjana, SMP dan SMA terus bertambah banyak, sehingga membuat angka pengangguran di Indonesia meningkat tajam. Karena itu muncullah salah satu ide mengatasi masalah tersebut yakni dengan membuka usaha baru atau jadi pengusaha.

Seiring dengan kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok sehari-hari membuat biaya hidup semakin bertambah besar. Seringkali saat ini seorang karyawan negeri maupun swasta tidak cukup mengandalkan gaji bulanan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi jika ia telah mempunyai anak dan isteri. Oleh sebab itu, munculah jargon populer sekarang bahwa jaman kini tidak bisa hidup mengandalkan gaji tapi harus membuka usaha untuk menambah penghasilan.

Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan Modal Minim Laris Pembeli
Di jaman canggih dan serba digital ini, perubahan dalam bidang teknologi dan bidang lainnya terjadi dalam waktu singkat. Perubahan membuat manusia mesti menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut agar bisa bertahan hidup. Salah satu cara yang tepat hidup dijaman perubahan saat ini untuk bertahan hidup adalah membuka sebuah usaha baru. Usaha yang dimiliki bukan hanya satu tapi harus beberapa jenis usaha.
bisnis kecil-kecilan, usaha kecil-kecilan, cara usaha kecil, cara bisnis kecil-kecilan

Robert T Kiyosaki menerangkan bahwa jika anda ingin menjadi orang kaya maka perbanyaklah aset yaitu beberapa jenis usaha sebanyak mungkin. Memiliki sebuah bisnis merupakan salah satu jalur menuju kekayaan melimpah dengan cepat disamping investasi. Dan usaha yang dimiliki hendaknya bukan hanya satu. Namun sobat mesti memiliki beberapa jenis usaha. Sehingga jika satu usaha bangkrut atau kurang menguntungkan maka anda bisa mengandalkan penghasilan dari bisnis yang lain.

Cara usaha kecil kecilan di desa dan kota sangatlah mudah. Ada banyak jenis bisnis modal kecil yang bisa dilakoni oleh seseorang. Setelah menentukan jenis usaha yang sesuai bakat dan minat maka anda tinggal mempersiapkan modal usaha, perhitungan kalkulasi keuntungan usaha dll. Setelah dipastikan modal usaha telah siap maka anda bisa membuka usaha tersebut secara langsung dan cepat.  

Kerugian akan anda dapatkan jika anda tak memiliki usaha sama sekali yaitu tidak mempunyai penghasilan. Kalaupun anda memiliki satu jenis usaha maka itu tetap saja sangat rawan dalam kehidupan. Sebab bisa saja bisnis yang anda jalani itu gagal atau pendapatan sedang mengering. Kemudian anda tidak mendapatkan keuntungan uang perbulan sama sekali. Sedangkan kebutuhan hidup sehari-hari harus terpenuhi. Inilah pentingnya sobat mempunyai beberapa jenis bisnis sebagai cadangan atau antisipasi jika satu usaha mengalami kegagalan.

Untuk memulai sebuah usaha sangat mudah dan tidak selalu membutuhkan modal besar. Anda bisa mendirikan usaha kecil-kecilan yang tetap menjanjikan untung besar. Ada beberapa jenis bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan nol. Sebagai seorang pemula, anda bisa membuka usaha secara kecil-kecilan. Sehingga anda bisa belajar cara membangun usaha dari nol hingga besar. Mengetahui pondasi bisnis. Dan berdasarkan fakta bahwa mayoritas pengusaha sukses dan kaya raya di Indonesia adalah mereka yang awalnya mendirikan usaha dari kecil dengan modal minim.

Ada banyak peluang usaha kecil-kecilan di Indonesia yang bisa dilakoni oleh seseorang. Baik itu ibu rumahtangga, pelajar, karyawan, pengangguran, mahasiswa dan lain sebagainya. Disebut bisnis kecil karena modal usaha yang dikeluarkan kecil, skala usaha kecil, keuntungan masih kecil dan lain sebagainya. Apabila anda seorang karyawan, ibu rumahtangga, mahasiswa atau pelajar maka tak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha kecil-kecilan yang menguntungkan.

Keuntungan Membuka Usaha Kecil
Banyak keuntungan dari seseorang membuka usaha kecil-kecilan dengan modal minim. Berikut ini beberapa keuntungan dari menjalankan usaha kecil dengan modal minim laris pembeli yang perlu sobat ketahui, antara lain:

▪ Menambah Penghasilan
Yang menjadi motif anda dari membuka sebuah usaha kecil-kecilan modal minim laris pembeli tentu saja keuntungan atau laba yang didapatkan. Keuntungan tersebut diharapkan mampu membiayai kebutuhan hidup sehari-hari keluarga, anak dan isteri. Bagi seorang pelajar yang menekuni usaha kecil-kecilan ia berharap dapat menambah uang saku atau uang jajan. Bagi seorang ibu rumah tangga dengan melakoni sebuah usaha kecil-kecilan diharapkan dapat menambah pemasukan buat keluarga.

▪ Modal Kecil
Namanya juga bisnis kecil-kecilan sehingga modal yang dikeluarkan cukup minim. Bahkan anda dapat membuka usaha kecil-kecilan tanpa modal. Seperti usaha dropship. Ini salah satu kelebihan dari usaha kecil-kecilan yang meliputi jumlah karyawan sangat sedikit atau kurang dari 50 orang, keuntungan dan aset cukup kecil dan lain sebagainya. Banyak sekali jenis usaha kecil yang menjanjikan, menguntungkan dan laris pembeli yang bisa sobat jalani. Dan usaha ini sangat cocok dilakoni oleh para pemula dalam dunia usaha.

▪ Tahan Banting
Usaha kecil-kecilan mempunyai kelebihan dari segi ketahanan. Dimana saat terjadi krisis ekonomi dan moneter, saat banyak perusahaan besar mengalami kebangkrutan justeru usaha kecil dapat bertahan dan terus berkembang pesat. Inilah yang menjadi kelebihan dari usaha kecil di masyarakat karena sistem yang dijalankan sangat fleksibel, efektif dan efisien dalam segi apapun seperti dalam modal usaha, keuntungan, cara kerja, manajemen dan pengeluaran usaha dan lainnya.

Inspirasi Ide Peluang Usaha Modal Kecil
Untuk membuka usaha kecil-kecilan modal minim laris pembeli yang menjanjikan tentu saja langkah pertama memerlukan sebuah ide peluang usaha yakni jenis usaha apa yang hendak dijalankan. Bagi seorang pemula mungkin akan kebingungan dalam memilih jenis usaha yang tepat baginya. Mereka bertanya tanya dagang apa ya di rumah, dagang apa yang cepat kaya dan cepet laku. Apakah usaha kuliner, perdagangan, bisnis jasa dll. Semua itu terserah anda. 

Namun berdasarkan pengalaman penulis segala jenis usaha menjanjikan. Berikut ini sejumlah ide peluang usaha modal kecil yang bisa dilaksanakan oleh remaja, karyawan, ibu rumahtangga, orang dewasa, anak muda dan kalangan lainnya, antara lain:

▪ Bisnis Dropship
Inilah peluang bisnis kecil-kecilan yang sangat cocok dijalankan oleh siapapun juga terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. Bisnis dropship adalah sebuah bisnis tanpa modal yang dikerjakan di internet. Usaha dropship tak membutuhkan tempat atau lokasi usaha secara fisik dan bisa dikerjakan di waktu luang.

Tugas anda hanyalah mempromosikan dan menjual produk orang lain. Jika anda berhasil menjual maka sobat akan mendapatkan komisi dari selisih harga jual. Ada banyak jenis barang atau produk yang bisa dijalankan secara dropship. Untuk mendapatkan banyak suplier barang yang bisa diajak kerjasama dropship maka anda bisa memperoleh daftar suplier dropship di berbagai forum seperti ads id.

▪ Usaha Jualan Pulsa
Usaha kecil-kecilan modal minim laris pembeli lainnya adalah usaha berjualan pulsa. Bisnis ini bisa dikerjakan secara sampingan maupun rumahan. Usaha ini tidak memerlukan lokasi usaha dan sangat cocok dijalankan oleh kalangan mahasiswa, pelajar, ibu rumahtangga dan karyawan. Mereka bisa menjual pulsa ke lingkungan terdekat seperti teman sekolah, dosen, guru, rekan kerja dan lainnya. Adapun modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha konter pulsa sekitar Rp 50 ribu rupiah plus handphone untuk bertransaksi.

Salah seorang teman penulis membuka usaha berjualan pulsa sejak ia menjadi mahasiswa. Selepas lulus, bisnis konter pulsa yang ia dirikan berkembang pesat hingga merekrut sejumlah karyawan. Pendek kata, bisnis konter pulsa sangat cocok dijalankan oleh kalangan mahasiswa dan pemula bisnis. Bisnis ini perlu dilakukan sebagai latihan bagi seseorang dalam menjalankan bisnis dari nol sampai sukses.

▪ Bisnis Fotocopy
Jenis bisnis kecil-kecilan modal minim laris pembeli berikutnya yaitu usaha fotocopy. Usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Adapun pangsa pasar dari bisnis fotocopy adalah kalangan mahasiswa dan pelajar. Anda bisa membuka usaha fotocopy di dekat sekolah atau kampus maupun sekitar pusat perkantoran. Usaha fotocopy tidak membutuhkan modal besar. Dengan modal Rp 2 juta untuk pembelian mesin fotocopy bekas maka anda sudah bisa memulai usaha fotocopy yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Bisnis fotocopy dijamin laris manis, anti rugi, non musiman, tak pernah mengalami sepi konsumen dll.

▪ Waralaba Kuliner
Pada suatu hari penulis menyaksikan seorang pelajar yang selepas pulang sekolah langsung ia membuka sebuah gerai usaha kecil-kecilan yakni bisnis waralaba minuman. Ada banyak jenis usaha kecil-kecilan modal minim laris pembeli. Salah satunya adalah membuka usaha waralaba makanan maupun minuman. Usaha franchise kuliner merupakan bisnis yang laku setiap hari. Karena makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia.   

Usaha waralaba minuman dan makanan seperti jus buah-buahan, minuman cokelat klasik, minuman milkshake, minuman cappucino cincau, kedai kopi kapal api, starbuck, KFC fried Chicken, Dunkin Donuts, Pizza Hut, Angkringan Nasi Kucing 88, waralaba Sabana Fried Chicken dan lain sebagainya. Dengan modal uang sekitar Rp 2 juta, anda sudah bisa membuka usaha franchise makanan dan minuman yang laris pembeli dan menguntungkan.

Itulah jenis usaha dagang yang menguntungkan saat ini. Sebenarnya masih banyak jenis usaha kecil-kecilan modal minim laris pembeli lainnya yang bisa dilakukan oleh seseorang di kota dan desa seperti usaha kedai warung kopi rumahan, usaha berjualan gorengan, usaha katering, bisnis laundry, usaha cetak foto dari HP, usaha percetakan sablon dan digital printing, bisnis warnet kecil-kecilan, usaha ternak ayam arab dan ayam kampung, usaha beternak kambing domba dan sapi, usaha hidroponik, usaha konveksi pakaian, bisnis toko sembako dan warung kelontongan, bisnis frozen food atau makanan beku, usaha souvenir parcel, usaha perjalanan jasa wisata, bisnis kue kering, dll.