Rincian Biaya Modal Usaha Franchise Buat Pemula

18 Juli 2017

Waralaba yang seringpula disebut usaha franchise ini menjadi booming dan populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan kehadiran franchise produk lokal nasional bisa bersaing dengan usaha waralaba kelas internasional yang sudah lama berdiri. Banyak para pelaku usaha lebih memilih untuk membuka usaha franchise ketimbang membangun usaha dari nol. Karena sistem yang mudah dijalankan dan sudah terbukti menguntungkan. Mereka tidak berani untuk merintis sebuah usaha baru dari nol karena memiliki resiko kerugian yang besar. 

Macam-Macam Usaha Franchise
Ada banyak bisnis waralaba yang bisa ditekuni oleh seseorang. Seperti usaha franchise dalam bidang makanan, minuman, properti, fashion, jasa warnet, laundry, dan lain sebagainya. Ada usaha franchise terlaris, usaha franchise minuman, usaha franchise makanan, bisnis franchise modal kecil dibawah 5 juta dan 3 juta dan lain-lain.

Ada banyak jenis waralaba di Indonesia. Namun berdasarkan pengalaman penulis bahwa usaha franchise yang sangat menjanjikan dengan modal kecil serta mudah dalam pengelolaan adalah usaha waralaba dalam bidang kuliner makanan. Dalam membuka usaha franchise dalam bidang makanan sama seperti ketika merintis sebuah bisnis dari nol. Dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang.
bisnis franchise, usaha franchise, usaha waralaba, bisnis waralaba, modal bisnis franchise, modal usaha franchise, waralaba

Cara Sukses Bisnis Franchise Makanan
Berikut ini cara sukses membuka usaha franchise makanan yang perlu sobat ketahui yaitu:

▪ Memilih Jenis Usaha Franchise
Ada banyak jenis bisnis di dunia ini yang bisa anda geluti. Salah satunya adalah usaha kuliner makanan. Kemudian ada banyak macam jenis usaha makanan yang bisa anda lakoni. Misalkan waralaba sosis bakar, bakso kaget, pizza, ayam goreng fried chicken, siomay, bakso tahu, tahu kremes, donat bakat, donat madu, dan banyak jenis kuliner lainnya. Pilihlah jenis waralaba kuliner yang sobat berminat untuk menggelutinya sebagai sebuah passion ataupun hobi.

▪ Nama Unik
Setelah mendapatkan jenis usaha franchise makanan pastikan menu yang disediakan menarik dan beri nama usaha waralaba anda dengan nama yang unik dan tepat. Sebuah nama yang enak didengar orang, mudah diingat orang dan lain-lain. Nama menu kuliner yang dijual pun haruslah unik dan menarik untuk membuat penasaran banyak orang. Sehingga produk makanan yang anda tawarkan mendapatkan perhatian besar dari banyak orang, gampang dikenali orang dan usaha franchise semakin berkembang pesat nantinya.

▪ Kemasan Menarik
Usaha franchise makanan selain harus mengutamakan kualitas rasa yang enak dan lezat, juga harus memperhatikan segi kemasan. Pilihlah kemasan yang memiliki desain yang menarik dan unik mencerminkan bisnis makanan anda. Kalau untuk anak kecil pilihlah warna kemasan yang cerah dengan gambar tokoh pahlawan animasi atau kartun keren. Hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik membeli makanan yang dibungkus menarik tersebut. Karena terkesan gaya dan keren.

▪ Survey Pasar
Selanjutnya sobat mesti mengetahui segmen pasar yang dibidik dari usaha franchise makanan sobat. Apakah pangsa pasar yang dituju anak-anak? Mahasiswa? Pelajar? Kalangan remaja? Orang dewasa? Bayi ? dan lain sebagainya. Dengan mengetahui target pasar yang dituju akan memudahkan anda dalam memasarkan usaha franchise secara sukses dan menguntungkan. Karena hal ini sangat menentukan keberhasilan bisnis franchise makanan anda di masa kini dan masa mendatang.

▪ Sesuaikan dengan Modal
Dalam membuka usaha franchise perlu diperhatikan juga memilih bisnis franchise sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Namun yang patut diapresiasi saat ini banyak usaha franchise makanan dan minuman yang menawarkan harga waralaba dengan murah meriah dan modal kecil. Dengan modal ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah, seseorang sudah bisa memulai usaha franchise ini.

Seperti penulis yang membuka usaha franchise ice krim dengan modal kecil sebesar Rp 500 ribu. Namun keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha franchise kuliner ini lumayan besar. Keuntungan bisnis makanan sebesar 200 persen dari modal usaha yang dikeluarkan. Balik modal terjadi dalam waktu kurang dari satu bulan. Hal ini menunjukkan usaha franchise makanan merupakan pilihan tepat bagi anda yang memiliki modal kecil namun ingin membuka usaha franchise.

Analisa Usaha Franchise Modal Kecil
Biasanya untuk membuka sebuah usaha memerlukan modal besar dan resiko yang tinggi. Namun jika ada usaha dengan modal kecil, resiko sangat minim justru dengan prospek untung besar maka pilihan bisnis inilah yang sering ditangkap orang. Dan ini adalah pilihan yang cerdas. Jenis bisnis ini terdapat dalam usaha franchise baik dalam bidang minuman, makanan, bidang jasa dan lain sebagainya.

Untuk pelaku usaha yang belum berpengalaman sangat riskan untuk memulai sebuah usaha. Berdasarkan survey dari lembaga terkenal di Inggris bahwa hampir 90 persen usaha mengalami kegagalan di awal. Sedangkan sisanya mengalami keberhasilan. Ini menunjukkan yang menjadi beresiko gagal dari sebuah usaha bukanlah jenis bisnis tersebut melainkan pelaku bisnis bersangkutan. Misalkan kurang pengalaman dalam berbisnis bisa mengakibatkan seseorang gulung tikar sejak awal usaha.

Sementara itu, untuk mencegah kerugian dalam usaha yang lebih besar maka pilihan yang tepat adalah anda membuka usaha franchise yang telah memiliki sistem yang telah teruji baik dan berhasil, produk yang laris manis dengan pangsa pasar yang sangat besar. Bisnis franchise merupakan cara paling aman bagi seorang pemula dalam membuka sebuah usaha yang menguntungkan dan resiko kerugian sangat kecil. Dimana ia tak perlu merintis usaha dari nol. Segala sesuatu sudah dipersiapkan oleh pihak franchisor. Meliputi bahan baku, resep pembuatan produk, cara promosi dan pemasaran yang telah baku, cara merekrut karyawan, pembagian keuntungan, prosedur membuka usaha dan lain-lain.

Bagi seorang yang berminat untuk membuka usaha franchise yang diperlukan hanyalah menyiapkan biaya investasi yang dibutuhkan. Besarannya tergantung kebijakan pihak franchisor pusat. Adapun tatacara dan prosedur dalam membuka usaha akan diberikan langsung oleh pihak franchisor dalam bentuk buku manual, tatap langsung atau pelatihan rutin. Tentu saja dengan biaya gratis. Karena biaya investasi sudah mencakup biaya pelatihan usaha.

Namun anda jangan berpikiran bahwa usaha franchise seratus persen aman. Karena sama seperti bisnis lainnya, usaha franchise bisa mengalami kerugian dan kebangkrutan. Seperti yang penulis saksikan di desa penulis ada dua buah gerai usaha franchise minuman yang bangkrut. Disebabkan banyak faktor seperti pangsa pasar yang kurang, letak usaha yang tak strategis, daya beli masyarakat yang rendah sedangkan harga jual produk mahal dan lain sebagainya. Setelah mengalami kebangkrutan usaha franchise lalu mereka menjual gerobak atau booth dengan harga murah untuk menutupi kerugian bisnis.

Pendek kata, kesuksesan bisnis franchise ditentukan pula oleh pelaku usaha itu sendiri. Selama ia kreatif, cerdas, ulet dan pantang menyerah serta mengikuti petunjuk dan pedoman yang diberikan oleh pihak franchisor maka keberhasilan usaha franchise adalah didepan mata. Sebaliknya jika seseorang mudah menyerah, kurang kreatif dan inovatif serta tak mengikuti aturan pihak franchisor pusat maka dipastikan usaha franchise akan mengalami kebangkrutan secara cepat.

Cara Membuat Usaha Franchise Menguntungkan
Banyak para pengusaha di Indonesia yang telah mencapai kekayaan dan keberhasilan dari menjalankan suatu bidang usaha. Namun kerapkali ada sebagian pelaku usaha di tanah air yang tidak berpikir bagaimana cara mengembangkan bisnis mereka. Sedangkan sebagian lagi ada di antara mereka yang berpikiran untuk mengembangkan suatu bisnis hingga omset bertambah besar. Akan tetapi, mereka merasakan keraguan yang sangat mendalam. Apakah bisnis yang mereka jalankan bisa berkembang besar.

Keraguan di atas adalah sebuah hal wajar terutama bagi pemula yang telah sukses membuka sebuah usaha yang menguntungkan. Pada dasarnya sebuah usaha bisa sukses di tempat lain. Sobat bisa menggandakan usaha tersebut di daerah dan tempat lain. Bahkan bisa lebih sukses jika dibuka di daerah lain yang lebih besar pangsa pasar dengan tingkat persaingan bisnis yang masih sangat lemah. Salah satu cara untuk mengembangkan sebuah usaha adalah membuat usaha franchise sendiri.

Namun untuk membuat sebuah usaha franchise sendiri membutuhkan modal yang cukup besar. Meliputi pendaftaran merek dagang, inovasi, dan pembuatan produk unik yang memerlukan biaya besar. Maka jalan yang paling mudah dan aman bagi seorang yang memiliki modal uang besar dengan minim pengalaman bisnis adalah membuka usaha franchise yang telah mapan dan terkenal. Seperti usaha waralaba KFC Fried Chicken, Dunkin Donuts, McDonald, dan lain sebagainya. Usaha franchise di atas merupakan bisnis waralaba yang bisa anda ikuti dengan modal investasi sangat besar hingga miliaran rupiah.

Salah satu kelebihan usaha franchise bahwa bisnis ini bisa dijalankan oleh semua kalangan. Seperti pelajar, ibu rumahtangga, mahasiswa, karyawan, pengangguran, buruh pabrik, petani, peternak, pejabat dan semua jenis profesi lainnya. Namun agar sukses dalam usaha franchise tidak mudah dan tidak sulit. Salah satu cara mencapai kesuksesan dalam usaha franchise adalah memilih jenis usaha yang tepat dan membuka usaha franchise di lokasi yang sangat strategis.

Selain itu, seiring dengan perkembangan dunia internet maka usaha franchise sobat bisa dipromosikan secara online untuk menambah banyak jumlah konsumen dan pelanggan dari berbagai daerah di nusantara hingga ke seluruh dunia. Banyak media online yang bisa dijadikan sarana promosi usaha franchise anda seperti blog, situs, website, medsos, marketplace, tokopedia, olx, bukalapak, forum dan lain-lain.

Rincian Biaya Modal Usaha Franchise Buat Pemula
Untuk mendirikan sebuah bisnis franchise anda membutuhkan dana. Berikut ini rincian biaya modal untuk membuka berbagai jenis usaha franchise, antara lain:

▪ Franchise Otomotif
Ada beragam usaha waralaba otomotif seperti CheapNClean Autocare Center yang mengkhususkan dalam bidang usaha perawatan kendaraan bermotor. Modal usaha yang dibutuhkan untuk buka usaha franchise otomotif ini sebesar Rp 120 juta meliputi pemakaian merek dagang, alat dan perlengkapan usaha, promosi, pelatihan usaha dll. Selain itu, usaha franchise otomotif lainnya yang bisa anda ikuti seperti High Definition car care, King Auto Interior, Valo Cuci Mobil Hemat Air, dan masih banyak lagi.

▪ Franchise Minuman
Untuk pemula bisa pula membuka usaha franchise minuman. Misalkan franchise Semerbak Coffe Blend yang menawarkan berbagai jenis minuman ice blend dari bahan dasar kopi. Untuk membuka usaha franchise minuman ini, anda memerlukan biaya investasi sebesar Rp 10 juta yang meliputi pemberian satu buah gerobak atau booth, peralatan dan perlengkapan usaha, bahan baku, banner promosi, buku manual, seragam karyawan, pelatihan usaha dan lainnya. Usaha franchise minuman lainnya yang bisa sobat jalankan antara lain Pasco,  Cappucino Cincau,Kedai Kopi Kapal Api dll.

▪ Franchise Makanan
Adapun bagi anda pemula yang tertarik menekuni usaha franchise dalam bidang makanan maka bisa membuka usaha franchise mie ayam grobakan. Mie ayam yang memiliki cita rasa yang enak dan disukai semua orang serta dijamin halal. Untuk bergabung membuka usaha mie ayam grobakan, anda harus mengeluarkan modal usaha sebesar Rp 45 juta. Usaha franchise dalam bidang makanan yang bisa anda geluti lainnya seperti martabak mini afrika waka waka, arumanis rainbow, bakso kaget, pizza hut, donat bakar atau dokar, donat madu chianjuang dan lain sebagainya.