21 Peluang Usaha Rumahan di Desa, Untung Jutaan, Modal Kecil

12 Desember 2018

Mencari pekerjaan bukanlah perkara yang mudah. Minimnya lapangan kerja tidak sebanding dengan jumlah pengangguran yang ada. Apalagi bagi Anda yang tinggal di desa tentu lapangan kerja lebih sedikit, kalau pun ada bayarannya masih di bawah standar. Demi mengatasi permasalahan tersebut, membuka usaha dapat menjadi pilihan. Peluang usaha rumahan di desa dianggap tepat sebab tidak memerlukan modal yang besar namun keuntungan yang didapat bisa sampai jutaan.

21 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil, Keuntungan Menggiurkan

Kebanyakan dari Anda keburu menyerah saat ingin membuka usaha. Bukan karena tidak mampu menjalankannya tetapi lebih disebabkan adanya anggapan bahwa membuka bisnis membutuhkan modal yang besar.  Sebenarnya pemikiran tersebut kurang tepat sebab kini telah banyak ditemukan usaha di desa dengan modal yang kecil namun keuntungannya berlimpah. Di bawah ini ialah 21 peluang usaha rumahan di desa yang patut Anda pertimbangkan.

1. Usaha Katering Rumahan
Bisnis katering sangatlah menjanjikan. Dikenal praktis dan menyajikan masakan yang higienis membuat pembeli semakin menyukai masakan katering. Apalagi katering siap melayani pesanan dalam jumlah banyak sekaligus sehingga pemesan tidak perlu antre lagi dalam membelinya.
usaha rumahan di desa, usaha rumahan, bisnis rumahan, usaha rumahan yang menguntungkan, usaha rumahan modal kecil, katering, usaha catering, resto, catering

2. Bisnis Laundry
Kebanyakan masyarakat saat ini lebih memilih cara praktis dalam berbagai hal termasuk mencuci pakaian. Jadwal yang padat membuat mencuci pakaian tidak sempat dilakukan. Sehingga laundy banyak menjadi pilihan. Hal itu membuktikan bahwa usaha laundry dapat menjadi pilihan yang tepat.

Modal yang dikeluarkan tidaklah besar dibanding keuntungan yang akan diperoleh. Anda hanya harus mempunyai mesin cuci, setrikaan serta sebuah ruangan tempat usaha. Meskipun usaha jenis ini sudah banyak, bila Anda memberikan hasil yang bagus maka akan memiliki banyak pelanggan.
peluang usaha rumahan di desa, usaha rumahan di desa, usaha rumahan, usaha rumahan yang menguntungkan, usaha laundry, laundri, pakaian, pakaian jemuran

3. Ternak Lele
Bila Anda ingin memiliki usaha yang tidak merepotkan, usaha ternak lele patut dipertimbangkan. Peluang usaha rumahan di desa ini sangat menggiurkan sebab kebutuhan akan ikan masih sangat tinggi di pasaran. Apalagi olahan ikan lele cukup lezat dan mengandung banyak gizi.

Anda dapat membuat kolamnya di lahan dekat rumah sehingga mudah dalam mengontrolnya. Perawatannya cukup mudah karena ikan tersebut tahan dalam kondisi air yang keruh. Dengan demikian usaha yang satu ini dapat menjadi bisnis sampingan Anda namun cukup menjanjikan.
peluang usaha rumahan di desa, usaha rumahan di desa, usaha rumahan, usaha rumahan yang menguntungkan, bisnis rumahan, usaha ternak lele, lele, bisnis lele

4. Jual Pulsa Handphone dan Listrik
Hampir setiap orang kini mempunyai telepon genggam. Nah, Anda dapat memanfaatkan keadaan tersebut dengan berjualan pulsa. Apalagi biasanya jarak konter pulsa di desa relatif jauh sehingga peluang usaha rumahan di desa tersebut akan semakin terlihat menguntungkan.

Dalam menjalankan usaha tersebut, Anda dapat memanfaatkan salah satu ruangan di rumah sebagai konter. Anda dapat juga menjual kartu perdana, aksesoris handphone serta menjual pulsa untuk listrik. Bila dijalankan dengan tekun dan giat, bisnis tersebut akan sangat menguntungkan.
peluang usaha rumahan, usaha rumahan, bisnis rumahan, usaha rumahan yang menguntungkan, bisnis pulsa, usaha pulsa, pulsa, ponsel, hp, bisnis jual pulsa

5. Bisnis Jual Jilbab
Jilbab merupakan pakaian wajib yang harus dikenakan kaum hawa demi menutup auratnya. Dipakai setiap hari tentu wanita tidak akan memilih model itu-itu saja. Bahkan beberapa model kerudung saat ini sudah bervariasi. Maka tak ayal kini telah banyak usaha yang menjual jilbab.

Persaingan merupakan hal biasa, Anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Anda hanya perlu mencari sebuah distributor yang menawarkan beragam model jilbab terbaru namun dengan harga yang miring. Dengan selalu menawarkan update model terbaru tentu membuat bisnis tetap lancar.

6. Bisnis Roti / Kue
Membuka bisnis kue dapat menjadi peluang usaha rumahan di desa yang menarik. Apalagi bila Anda hobi dalam memasak tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Bila tekun dan rajin membuat resep terbaru bukan tidak mungkin kue buatan Anda akan semakin banyak konsumennya.
peluang usaha rumahan di desa, usaha rumahan, bisnis rumahan di desa, peluang usaha rumahan, bisnis roti, bisnis kue, usaha kue, kue, cake, roti

Modal yang dikeluarkan tidaklah besar dan tempat pembuatan dapat dilakukan di rumah. Awalnya Anda dapat menawarkan ke beberapa kerabat terdekat lalu menyebar ke berbagai daerah lain. Teknologi semakin berkembang sehingga menawarkan secara online dapat Anda coba.

7. Usaha Fotokopi
Meskipun lokasi Anda di desa bukan berarti membuka bisnis fotokopi akan sepi. Malah justru berpotensi ramai karena masih jarang yang menyediakannya. Apalagi jika lokasi Anda terletak tidak jauh dari sekolahan. Modal awal yang dibutuhkan hanya untuk membeli mesinnya dan juga kertas.

8. Membuka Jasa Jahit
Apabila Anda memiliki kemampuan istimewa seperti menjahit sebaiknya janganlah disia-siakan. Sebab membuka usaha jahit merupakan peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan. Harga jahitan Anda akan semakin mahal bila desain pesanan tergolong sulit dan model terbaru.
peluang usaha rumahan di desa, bisnis rumahan di desa, usaha rumahan, usaha jahit, jasa jahit, jas, baju jas, bisnis menjahit

9. Usaha Pertanian
Desa masih sangat kental dengan berbagai aktivitas di bidang pertanian. Karena memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Dengan begitu, membuka usaha pertanian seperti menjual bibit-bibit unggul, pupuk, dan peralatan pertanian akan sangat menguntungkan bagi Anda.

10. Bisnis Warung Kopi
Siapa sih yang tidak suka kopi? hampir semua orang tentu menyukainya. Baik kalangan muda maupun tua. Modal yang dikeluarkan dalam usaha kedai kopi ini pun kecil namun jika ramai dikunjungi pembeli maka laba yang didapat dapat mencapai jutaan.

Ruangan yang dipakai pun tidak perlu ribet. Sebab Anda juga dapat memanfaatkan salah satu ruangan bagian rumah atau juga memanfaatkan halaman depan rumah yang disulap menjadi tempat duduk yang nyaman konsumen saat meminumnya sambil nongkrong dan bersantai.
peluang usaha rumahan di desa, usaha rumahan di desa, bisnis rumahan, peluang bisnis rumahan, bisnis kopi, usaha kopi, usaha warung kopi, bisnis kedai kopi, kopi

11. Menjual Bensin
Peluang usaha rumahan di desa yang tak kalah menggiurkan yakni menjual bensin. Apalagi jika rumah Anda di sekitar jalan. Usaha ini juga dapat menjadi usaha sampingan sebab Anda hanya cukup menyediakan beberapa botol lalu letakan di tempat yang sudah disediakan di dekat rumah.

Letaknya yang di desa juga menambah keuntungan bagi Anda sebab jarak menuju pertamina cukup jauh. Bahkan kini Anda juga dapat membuka pertamini. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi repot memindahkan bensin ke dalam botol. Selain itu, masyarakat juga akan merasa terbantu.

12. Bisnis Pakaian
Menjual pakaian dapat menjadi peluang usaha rumahan di desa yang cukup menguntungkan. Anda hanya perlu mencari distributor yang menawarkan harga miring. Apabila Anda dapat menjahit tentu keuntungan akan semakin berlipat ganda. Penjualan pun dapat melalui online sehingga semakin memudahkan Anda.

13. Jasa Les
Usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal uang dalam menjalankannya. Anda hanya perlu menerapkan kemampuan yang dimiliki. Misalnya Anda lulusan bahasa inggris. Maka Anda dapat membuka jasa les kursus bahasa inggris. Selain berbagi ilmu, Anda juga dapat menerima bayaran.

14. Jual Air Minum Isi Ulang
Kebutuhan air minum yang bersih tidak akan surut. Anda dapat memanfaatkan bagian kosong rumah untuk menaruh galon air minuman tersebut. Tawarkan juga jasa antar jemput galon sehingga pembeli hanya perlu menghubungi lalu Anda atau karyawan lain mengantarkannya ke tempat tujuan.

15. Pangkas Rambut
Tidak butuh banyak modal namun sangat menggiurkan. Itulah kata yang pas menggambarkan usaha pangkas rambut. Apalagi bila belum banyak tersedia tempat cukur rambut tentu membuka tempat pangkas rambut akan menjadi peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan.

16. Menjual Hasil Pertanian
Kebutuhan akan bahan makanan tidak akan ada habisnya. Sebab kebutuhan pokok harus dipenuhi sehari-hari. Mungkin usaha ini sudah banyak, namun jika kualitas hasil pertanian yang ditawarkan lebih bagus maka konsumen tidak akan ragu berlangganan di tempat Anda.

Pertama Anda harus mencari distributor yang menjual hasil pertanian dengan harga terjangkau. Apabila memiliki hasil pertanian sendiri tentu akan keuntungan akan berkali-kali lipat. Sebab Anda akan berkuasa penuh dalam menentukan harganya dan kualitas produk jauh lebih baik.

17. Bisnis Baju Anak
Tidak hanya bisnis baju orang dewasa saja yang dapat menghasilkan banyak untung tetapi juga bisnis baju anak-anak. Lebih baik Anda membelinya ke distributornya langsung sebab harganya akan lebih murah sehingga Anda dapat menjualnya kembali dan mendapat keuntungan.

Bisnis ini memiliki omset yang besar bila Anda tekun dan rajin dalam mempromosikannya. Jangan lupa manfaatkan juga media sosial sebagai tempat promosi secara online.

18. Membuka Usaha Tata Rias
Di desa masih sangat jarang ditemui usaha jenis ini. Padahal keperluan dan acara di desa juga tak kalah banyak seperti acara pernikahan yang tentunya membutuhkan jasa make up. Sehingga membuka jasa tersebut menjadi peluang usaha rumahan di desa yang patut Anda dipertimbangkan.

19. Berternak Hewan
Lahan di desa sering kali masih luas, jadi Anda dapat memanfaatkan itu untuk berternak hewan seperti ayam ataupun kambing. Jika Anda telaten dan rajin merawatnya maka hewan tersebut akan tumbuh dengan baik sehingga memiliki harga jual yang tinggi.

20. Bisnis Kerajinan Tangan
Jika Anda memiliki kreativitas dan seni yang tinggi. Bisnis kerajinan tangan dapat menjadi pilihan yang tepat. Usaha ini modalnya cukup kecil sebab bahannya dapat berasal dari limbah sekitar. Bahan yang awalnya tidak berharga disulap menjadi antik dan bernilai tinggi sehingga harga jualnya mahal.

21. Tempat Cucian Motor
Peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yakni membuka tempat cucian motor. Tempat tersebut banyak diburu pengguna sepeda motor terutama bagi orang yang tidak punya waktu untuk mencucinya. Apabila hasilnya bersih dan bagus maka Anda akan dapat memiliki banyak pelanggan.

Minimnya lapangan kerja membuat pengangguran semakin bertambah. Banyak cara untuk mengatasinya, salah satunya yakni dengan berbisnis. Peluang usaha rumahan di desa seperti yang disebutkan di atas layak Anda coba. Meskipun modalnya kecil namun bila Anda mengelolanya dengan tekun dan rajin maka keuntungan yang didapat akan sangat menggiurkan.