Rincian Biaya Modal Usaha Fried Chicken dari Awal hingga Buka

11 Januari 2023

Ini dia salah satu jenis usaha yang paling banyak konsumen dan penggemarnya. Ya, usaha jualan ayam goreng atau fried chicken. Biasa juga disebut juga ayam goreng berbalut tepung. Anda bisa dengan mudah menjumpai berbagai gerai usaha fried chicken konsep kaki lima maupun restoran di kota maupun pedesaan terpencil. Bahkan jarak antara satu gerai berdekatan dengan gerai lain. Dan tetap laris manis. Hal ini membuktikan bahwa fried chicken memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dan hampir setiap orang dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan lanjut usia menyukai kuliner ini sebagai menu pendamping nasi.

Prospek Usaha Fried Chicken
Prospek usaha ayam goreng fried chicken terbilang sangat menjanjikan. Karena setiap orang hampir menyukai daging ayam yang mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bisnis ayam goreng fried chicken termasuk usaha kuliner yang selalu dibutuhkan setiap orang selama hidup di muka bumi. Kelebihan lainnya, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap makanan bergizi membuat usaha fried chicken laku keras.
bisnis fried chicken, usaha fried chicken, usaha ayam goreng tepung, bisnis ayam goreng, usaha aya goreng, ayam goreng crispy, ayam goreng

Anda tidak salah untuk memilih membuka usaha ayam goreng fried chicken yang menjanjikan keuntungan sangat besar perhari. Karena untuk pangsa pasar dan konsumen usaha fried chicken cukup luas. Kalangan anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak dan kakek nenek menyukai ayam goreng berbalut tepung ini. Penulis tidak pernah mendapatkan gerai  usaha fried chicken sepi konsumen. Usaha berjualan fried chicken tidak mengenal istilah sepi pembeli. Selalu laris manis.

Kekurangan Usaha Ayam Goreng Fried Chicken
Namun yang menjadi kekurangan usaha ayam goreng fried chicken adalah tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sobat bisa menjumpai berbagai gerai jualan fried chicken di pinggir jalan dengan jarak yang tak terlalu jauh. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dari mulai Rp 5000 hingga Rp 20 ribu. Hal ini kadang membuat persaingan usaha tidak sehat. Dimana kadang terjadi saling perang harga yang membuat keuntungan usaha fried chicken tak terlalu besar perhari.

Rincian Biaya Modal Usaha Fried Chicken dari Awal hingga Buka
Bagi anda pemula yang tertarik untuk terjun membuka usaha fried chicken tentu bertanya-tanya mengenai perhitungan modal usaha fried chicken. Tenang saja untuk memulai usaha fried chicken bisa dengan modal kecil. Berikut ini rincian biaya modal usaha fried chicken dari awal hingga buka bagi pemula, antara lain:

▪ Modal Investasi
1. Gerobak atau booth sebagai tempat display harga Rp 4 juta
2. Wadah, baskom, wajan, kursi, meja, gas elpiji 3 kg, kompor dll Rp 2 juta

Total  biaya investasi Rp 6 juta.

▪ Modal Operasional
1. Belanja ayam 5 kilogram @ Rp 30 ribu = Rp 150 ribu x 1 bulan = Rp 4,5 juta perbulan
2. Telur ayam Rp 200 ribu
3. Minyak goreng Rp 500 ribu
4. Tepung terigu Rp 200 ribu
5. Kantong keresek, bungkus kertas dan sambal Rp 200 ribu
6. Sewa lokasi usaha Rp 400 ribu

Total biaya operasional usaha fried chicken perbulan untuk pembelian bahan baku dan sewa tempat sekitar Rp 6 juta.

Keuntungan Usaha Fried Chicken
Apabila dalam satu ekor ayam atau 1 kilogram daging ayam dapat menghasilkan sepuluh potong daging ayam fried chicken dengan harga jual Rp 5000 perbuah maka omset harian yang didapatkan sekitar Rp 250 ribu ( perhitungan dari 50 x Rp 5000). Dikalikan satu bulan atau 30 hari maka omset kotor per bulan sebesar Rp 7,5 juta. Dipotong biaya operasional usaha sebesar Rp 6 juta maka keuntungan bersih usaha fried chicken secara mandiri sebesar Rp 1, 5 juta perbulan. Lumayan bukan?

Kiat Sukses Bisnis Fried Chicken
Untuk membuka usaha fried chicken yang langsung sukses dan laris manis tidaklah mudah. Diperlukan berbagai upaya dan strategi jitu. Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini kiat sukses bisnis ayam goreng fried chicken, antara lain:

1. Menerapkan analisa SWOT. Singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat. Dengan cara melihat pesaing, ancaman, peluang, dan kekuatan.

2. Promosi massif. Untuk promosi usaha fried chicken bisa dilakukan dengan berbagai bentuk seperti pembagian brosur, pasang pamflet, promosi dari mulut ke mulut, pasang iklan di koran dan media cetak lain serta radio, toko online dan lain sebagainya.

3. Sistem waralaba
Untuk memperbesar pangsa pasar dan mengembangkan usaha fried chicken maka anda bisa menawarkan paket kemitraan usaha kepada publik untuk membuka bisnis fried chicken dengan brand milik anda. Sediakan berbagai paket usaha fried chicken yang menarik dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat luas.

4. Pelayanan ramah dan bersahabat. Dengan pelayanan yang ramah, murah senyum dan bersahabat akan membuat konsumen senang dan akan kembali lagi jika hendak membeli ayam berbalut tepung ini.

5. Harga lebih murah dari pesaing. Pada awal mula usaha fried chicken, untuk membuat  bisnis anda langsung laris manis maka anda bisa menjual satu buah fried chicken dengan harga lebih murah dari kompetitor. Misalkan Rp 5000 perbuah.

6. Rasa ayam goreng fried chicken sangat gurih dan enak dengan kualitas baik. Namanya bisnis kuliner maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah rasa. Oleh karenanya, pastikan rasa fried chicken yang sobat jual lebih enak dan lebih lezat dari para pesaing di sekitar.

7. Gerobak yang indah dan menarik. Anda bisa membeli gerobak fried chicken baru maupun yang bekas. Harga gerobak fried chicken baru sekitar Rp 5 juta. Sedangkan harga gerobak fried chicken bekas sekitar Rp 3 juta. Namun jika anda ingin menghemat pengeluaran maka anda bisa membuat gerobak sendiri. Cara membuat gerobak fried chicken cukup mudah dengan bahan baku kayu, kaca etalase dan roda yang harus dipersiapkan.

8. Lokasi usaha yang strategis. Tempat usaha fried chicken sangat menentukan keberhasilan bisnis ini. Oleh sebab itu, pastikan anda membuka usaha fried chicken di tempat yang sangat strategis. Seperti di pusat keramaian, dekat pasar tradisional dan pasar modern, dekat minimarket, berada di pertigaan jalan raya yang ramai dan lain-lain. Jika anda tak mempunyai tempat strategis seperti itu maka anda bisa menyewa lokasi usaha tersebut. Namun jika anda mempunyai rumah yang berada di pinggir jalan yang padat penduduk maka tak ada salahnya untuk membuka usaha fried chicken di depan rumah memanfaatkan teras atau pekarangan rumah.

9. Mencari tenaga penjual
Untuk mendongkrak penghasilan dari jualan fried chicken maka anda bisa merekrut tenaga sales fried chicken secara mobile atau keliling. Tugas anda hanya menyediakan fried chicken siap jual beserta gerobak keliling.

Usaha Fried Chicken Sabana
Apabila anda tidak mau direpotkan dengan peralatan dan resep cara pembuatan fried chicken yang enak dan lezat maka sobat dapat bergabung dengan waralaba Sabana Fried Chicken. Atau jika anda mempunyai modal sangat besar bisa saja membuka usaha waralaba fried chicken kualitas internasional seperti KFC. Namun jika anda memiliki modal keuangan yang terbatas maka sobat bisa mengambil usaha franchise fried chicken lokal seperti Sabana Fried Chicken, Hisana Fried Chicken, Dallas Fried Chicken, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi mitra usaha fried chicken sabana diperlukan berbagai persyaratan yang telah ditentukan oleh manajemen sabana pusat, antara lain : memiliki jiwa wirausaha, menyetorkan biaya investasi sesuai dengan paket usaha yang diambil. Dengan bergabung menjadi mitra usaha waralaba fried chicken berarti anda tidak usah mempersiapkan usaha ini dari nol. Segala peralatan, bahan baku dan resep serta prosedur usaha sudah disiapkan dalam bentuk SOP. Tinggal kita menjalankan sistem tersebut yang terbukti berhasil.

Berapa Keuntungan Franchise Sabana Fried Chicken
Ditanya mengenai  berapa keuntungan usaha franchise sabana fried chicken perhari atau perbulan tentu berbeda-beda tergantung banyak faktor. Seperti tempat yang strategis, pesaing terdekat, cara promosi yang dilakukan dan lain sebagainya. Namun keuntungan usaha fried chicken sabana paling sedikit Rp 1,5 juta perbulan. Apabila di waktu hari libur atau di bulan Ramadan maka keuntungan usaha fried chicken bisa lima kali lipat atau sekitar Rp 10 juta perbulan.

Proposal Usaha Fried Chicken
Modal usaha fried chicken terutama masalah pendanaan perlu dilakukan mengingat setiap jenis usaha memerlukan yang namanya modal usaha berupa peralatan maupun uang. Misalkan untuk membuka usaha fried chicken membutuhkan peralatan gerobak, wadah, bahan baku dan lain sebagainya. Semuanya memerlukan uang untuk membelinya. Bagi anda yang mempunyai modal minim maka akan kesulitan untuk memulai usaha fried chicken yang memerlukan modal tak sedikit.

Namun ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal usaha fried chicken terutama modal uang. Salah satu caranya adalah menawarkan kerjasama kepada para investor. Sobat hanya menjalankan usaha sedangkan pihak investor sebagai penanam modal. Sistem pembagian keuntungan dibagi secara adil dan proporsional. Selain itu, sobat bisa mengajukan permodalan usaha fried chicken dengan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank syariah. Pengajuan modal tersebut harus disertai dengan proposal usaha fried chicken dan data penting lain.

Untuk contoh proposal usaha fried chicken haruslah terdiri dari beberapa bagian antara lain: pendahuluan, latar belakang, tujuan proposal, prospek usaha fried chicken ke depan, estimasi keuntungan perbulan, rincian biaya modal usaha fried chicken yang dibutuhkan dari awal hingga buka, persentase pembagian keuntungan dan lain sebagainya.