Cara Membuka Usaha Jahit Laris Pesanan Kecil - Menengah

14 Juni 2017

Anda tentu mengenal dengan jenis usaha modal kecil ini yaitu usaha menjahit. Usaha ini banyak ditemukan di sudut-sudut daerah yang dijalankan secara rumahan. Untuk membuka bisnis menjahit tidaklah sembarangan. Seseorang mesti menguasai keterampilan dalam jahit menjahit. Yang bisa dipelajari lewat mengikuti kursus keahlian menjahit di berbagai lembaga keterampilan menjahit yang telah banyak berdiri di setiap kota secara waralaba atau perorangan.

Usaha jahit menjahit bukanlah jenis bisnis yang tak aneh lagi di masyarakat. Usaha ini sudah ada sejak jaman dahulu. Konon sudah ada sejak jaman Nabi Idris as. Namun seiring dengan tingkat kemajuan teknologi membuat usaha menjahit bisa dijalankan dengan mudah. Dengan adanya mesin jahit listrik dan portable.

Para pelaku usaha jahit menjahit bukan hanya didominasi oleh kalangan wanita. Tapi kalangan pria pun sudah banyak yang melakoni usaha menjahit. Baik itu sebagai usaha sampingan maupun pekerjaan utama. Jika anda sudah mempunyai keterampilan menjahit yang didapatkan dari lembaga kursus atau pelatihan dari pemerintah maka tak ada salahnya mengembangkan keterampilan itu dengan cara membuka usaha menjahit pakaian di rumah.
cara membuka usaha jahit, bisnis jahit, cara membuka bisnis jahit, bisnis jahit pakaian, jahit busana, usaha jahit seragam, jahit pakaian

Cara Membuka Usaha Jahit Laris Pesanan Kecil – Menengah
Untuk membuka usaha menjahit tidaklah diperlukan modal besar. Dengan modal sebesar Rp 2 juta seseorang sudah bisa memulai usaha jahitan pakaian di dalam rumah dengan potensi keuntungan yang cukup besar. Walaupun di tengah gencar masuknya pakaian jadi buatan dalam negeri dan luar negeri tetap saja bisnis menjahit akan dibutuhkan masyarakat.

Bagi anda yang tertarik membuka usaha menjahit, berikut ini langkah-langkah cara membuka usaha menjahit yang laris manis mendapatkan pesanan kecil hingga menengah, antara lain:

1. Mempersiapkan modal
Terlebih dulu persiapkan peralatan usaha menjahit yang mencakup mesin jahit listrik, mesin obras, dan kemampuan atau keterampilan menjahit.

2. Merekrut Tenaga Karyawan
Namun jika anda ingin mengembangkan usaha menjahit menjadi sebuah bisnis maka anda mesti merekrut tenaga karyawan yang terampil dalam menjahit. Sehingga orderan yang besar pun bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Pada waktu menjelang lebaran biasanya pesanan jahitan mengalami peningkatan yang sangat tajam. Bahkan ada salah satu gerai usaha menjahit di desa penulis yang terpaksa tidak menerima orderah jahitan disebabkan sudah penuh pesanan. Hal itu sebenarnya bisa disikapi dengan merekrut tenaga karyawan bagian menjahit tambahan.

Untuk mencari tenaga penjahit yang berpengalaman dan profesional sangat gampang. Anda bisa membuat iklan lowongan kerja sebagai penjahit di internet menggunakan media sosial olx, facebook dll. Atau menempelkan pamflet lowongan kerja sebagai penjahit di tempat strategis.

3. Lokasi usaha
Aspek penting lain agar usaha jahit menjahit laris manis dan mendapatkan pesanan jahitan dalam jumlah kecil hingga menengah dan banyak adalah memastikan lokasi usaha menjahit berada di daerah strategis yang mudah dijangkau dan dikenali banyak orang. Hal ini berdampak pada jumlah orderan pelanggan akan semakin banyak. Walaupun anda dapat mendirikan usaha menjahit di depan rumah, namun lebih menjanjikan dan menguntungkan apabila sobat membuka usaha jahitan di lokasi strategis yang bisa disewa atau dibeli. Karena potensi keuntungan bisa lebih besar.

4. Pengetahuan
Model busana yang sedang trend dan populer berbeda-beda dari satu tahun ke tahun lainnya. Sebagai seorang penjahit harus jeli melihat hal ini. Sobat mesti menguasai model-model terkini yang sedang hits sehingga tidak ketinggalan jaman dalam membuat busana bagi pelanggan. Semua itu bisa dipelajari dengan membaca majalah busana terkini dan mencari informasi model dan desain busana terbaru di internet.

5. Tepat waktu
Seringkali penulis menemukan usaha menjahit tidak melakukan langkah baik yaitu tidak tepat waktu dalam proses penyelesaian orderan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti orderan sedang penuh, ia sedang sibuk bekerja di tempat lain dan lain sebagainya. Komitmen tepat waktu untuk pengerjaan orderan menjahit harus dipegang teguh oleh usaha jahitan. Karena ini menentukan sukses tidaknya sebuah usaha menjahit di masa depan.

Karena waktu adalah uang. Begitulah pameo yang mengatakan betapa pentingnya waktu yang lebih berharga ketimbang uang. Seorang konsumen akan memilih gerai usaha menjahit yang selalu tepat waktu dalam menyelesaikan orderan. Apalah jadinya jika seorang konsumen bolak balik ke gerai usaha menjahit tanpa ada kejelasan kapan pengerjaan orderan selesai. Ia sudah rugi waktu dan biaya tentunya. Jadi pastikan anda menyelesaikan pesanan pakaian dari konsumen secara tepat waktu. Lebih bagus lagi menyelesaikan orderan jauh hari sebelum waktunya.

6. Kerjasama dengan toko kain
Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan anda dalam menjalankan usaha menjahit atau memenuhi pesanan pelanggan. Misalkan pelanggan ingin membuat pakaian dari bahan tertentu maka anda tinggal mendapatkannya di toko bahan kain yang anda jalin kerjasama menguntungkan. Selain itu, anda bisa membuat pakaian yang menarik dari bahan kain yang telah dibeli di toko kain tersebut kemudian memasarkannya ke masyarakat.

7. Promosi
Usaha jahit menjahit di rumah pun memerlukan yang namanya promosi. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan usaha jahitan kepada masyakarat luas. Sehingga pesanan atau orderan bisa didapatkan dalam jumlah kecil hingga menengah. Berdasarkan fakta yang ada, kebanyakan usaha menjahit tidaklah melakukan promosi yang gencar. Mereka hanya bersikap pasif. Hal inilah yang membuat usaha menjahit sulit berkembang.

Semakin banyak usaha promosi yang dilakukan maka semakin besar kemungkinan usaha menjahit anda laris manis oleh berbagai pesanan dari konsumen. Cara promosi usaha menjahit salah satunya dengan cara menawarkan jasa menjahit anda ke berbagai lembaga sekolah, kantor, maupun yayasan pendidikan di lingkungan sekitar. Karena kalangan lembaga pendidikan atau perkantoran sangat memerlukan jasa menjahit dalam membuat seragam sekolah atau kaos olahraga bagi anak didik atau kantor bagi karyawan dalam jumlah menengah hingga besar.

Cara lain yang bisa ditempuh dengan menawarkan jasa menjahit ke lingkungan sekitar. Misalnya dimulai dari anggota keluarga, menawarkan jasa menjahit ke teman, sanak kerabat, rekan kerja, tetangga, kenalan, teman karib dan lain sebagainya. Mintalah bantuan mereka untuk mempromosikan usaha menjahit pakaian anda. Dengan demikian akan terjadi proses promosi dari mulut ke mulut yang terbukti sangat efektif membuat usaha jahitan laku keras.

Keuntungan Bisnis Menjahit
Ada banyak keuntungan dari seseorang membuka usaha menjahit, antara lain:

▪ Kebutuhan Utama
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Selama manusia masih hidup di dunia maka kebutuhan akan pakaian selalu ada. Sehingga usaha menjahit akan senantiasa dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin membuat pakaian yang menarik dan nyaman sesuai selera.

▪Pelanggan Besar
Di tengah banyak beredarnya pakaian jadi di masyarakat tidak membuat usaha jahitan menjadi sepi konsumen. Namun usaha jahitan di rumah atau di lokasi strategis akan tetap banyak konsumen. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang lebih memilih menjahitkan pakaian di usaha tukang jahit ketimbang membeli pakaian jadi. Disebabkan menjahit pakaian di tukang jahit maka desain pakaian bisa disesuaikan dan ukuran baju bisa pas di tubuh, tidak kekecilan atau kebesaran.

▪ Keuntungan Besar
Usaha menjahit dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang mampu melayani banyak orang. Setelah anda mampu membuka usaha jahitan di rumah secara menguntungkan maka anda bisa membuka usaha jahitan di daerah lain yang strategis. Begitu seterusnya hingga anda mempunyai beberapa cabang usaha menjahit yang tersebar di berbagai tempat. Hal ini membuat keuntungan yang didapat dari bisnis menjahit semakin bertambah besar.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan usaha menjahit pakaian adalah menyediakan jasa menjahit kerudung, boneka, tas, mengganti resleting, jasa desain baju dan lain sebagainya. Semua itu bisa dipelajari dengan cara anda mengikuti berbagai kursus menjahit lanjutan tentang cara menjahit boneka, tas, dan jahitan lainnya.

▪ Modal Kecil
Untuk membuka usaha menjahit tidaklah diperlukan modal besar. Dengan modal kecil sebesar Rp 2 juta seseorang sudah dapat memulai usaha menjahit pakaian. Sehingga bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh orang yang bermodal kecil namun memiliki keterampilan dalam menjahit pakaian, menjahit kerudung, boneka, tas dan lain sebagainya. Usaha menjahit bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah bisnis dengan modal besar. Yang melayani banyak instansi dan lembaga.

Jika anda tidak mempunyai modal uang sebesar Rp 2 juta untuk membuka usaha menjahit maka anda bisa membuat proposal usaha menjahit. Contoh proposal usaha menjahit bisa anda lihat di internet. Proposal usaha tersebut berisi permohonan bantuan dalam memulai usaha menjahit. Sebarkanlah proposal usaha itu ke sanak kerabat, anggota keluarga, teman, sahabat dll. Mereka pastinya akan memberikan modal usaha kepada anda secara gratis ataupun lewat bagi hasil.

Pendek kata, jika anda sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan tak ada salahnya mencoba membuka usaha jahitan di rumah. Karena usaha ini memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Dan potensi yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Ada banyak pengusaha sukses dalam bidang jahit menjahit. Penghasilan mereka bisa mencapai miliaran rupiah. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kerja keras mereka dalam membangun usaha menjahit dari nol hingga menjadi skala nasional dan internasional.