Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Perlu Meminjam

12 Maret 2017

Pada kali ini penulis hendak mengupas mengenai betapa mudahnya mendapatkan modal usaha tanpa jaminan dan tanpa perlu meminjam. Benar-benar modal usaha tanpa pinjaman alias gratis. Hal ini tentu saja sesuatu yang sangat menyenangkan bagi setiap pelaku usaha ketimbang mengambil pinjaman uang tunai di bank untuk memperoleh modal usaha. Lalu mengapa anda harus memakai modal usaha gratis ketimbang meminjam uang di bank? Jawabannya sangat mudah. Teruslah membaca artikel ini.

Bank merupakan lembaga keuangan yang berhak mengumpulkan uang dari masyarakat dan mendistribusikan kepada masyarakat melalui berbagai jenis usaha produktif. Lembaga perbankan benar-benar melakukan bisnis dalam menyimpan uang masyarakat dan mendistribusikan uang tersebut. Dengan cara membebankan bunga atau biaya administasi kepada penyimpan uang di bank. Sedangkan bagi nasabah pembiayaan dikenakan bunga bank atau bagi hasil.

Mengapa bank harus memungut dana keuntungan dari masyarakat? Karena bank juga membutuhkan uang bagi biaya karyawan, biaya administrasi, biaya sewa bangunan lokasi, biaya perawatan bangunan bank dan lain sebagainya. Semua itu dibayarkan melalui keuntungan bank dari bunga atau bagi hasil maupun dari biaya administrasi para penyimpan uang di bank.

Rumus Mencari Modal Usaha
Menurut para penasihat bisnis dan keuangan yang berhasil, mereka lebih menekankan pentingnya modal dalam membuka sebuah usaha hendaknya berasal dari modal usaha sendiri atau dari sumber daya yang dimiliki ketimbang meminjam uang di bank. Melakukan pinjaman uang di bank akan dikenakan bunga yang tinggi. Keuntungan penuh yang harus kita dapatkan akhirnya dimakan sebagian oleh bank. Keuntungan usaha kita pun semakin kecil.
cara mendapatkan modal usaha, modal usaha tanpa minjam, mendapatkan modal usaha, modal usaha gratis

Sebaliknya dengan menggunakan modal usaha milik sendiri maka kita bebas sekehendak hati menggunakan uang itu sebagai modal usaha. Tanpa ada rasa takut dan khawatir ditagih oleh pihak bank. Kalau usaha rugi maka kita akan rugi. Tapi jarang sekali hal itu terjadi sebab kita sudah pandai dalam merencanakan sebuah usaha hingga sukses dan Berjaya.

Penulis pun menggunakan modal usaha sendiri dalam membuka suatu bisnis yaitu usaha jualan es krim. Modal usaha yang dibutuhkan dalam bisnis es krim sebesar Rp 2 juta. Uang tersebut didapatkan penulis dari hasil tabungan selama puluhan tahun bekerja sebagai karyawan swasta dan pemberian orangtua secara gratis. Akhirnya berkat modal uang milik sendiri, usaha jualan es krim perlahan berkembang. Keuntungan usaha tiga kali lipat modal usaha dan balik modal dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Di sinilah penulis mengingatkan bagi para pembaca agar memulai usaha sendiri dengan sumber daya milik sendiri tanpa perlu meminjam uang ke bank. Gunakan uang yang anda miliki. Jika sobat tak mempunyai uang maka bisa menjual aset berharga seperti tanah atau bangunan yang sudah tak digunakan lagi. Lalu bisa pula menjual emas, kendaraan bermotor dan aset lain sebagainya yang masih bernilai.

Sekarang seorang karyawan, ibu rumahtangga, mahasiswa dan pelajar mempunyai usaha sampingan bukanlah hal aneh lagi. Hal ini dibuktikan sendiri oleh penulis kemarin sore yang bertemu dengan Ibu Nia seorang guru PNS di SMPN 1 Tanjungkerta yang juga mempunyai bisnis produksi keripik singkong dengan brand casavania.

Kini status sebagai pegawai swasta dan negeri bukan lagi pilihan profesi populer bagi kawula muda abad ini. Mereka ingin bebas finansial secara cepat, cepat sukses dan cepat kaya, ingin bebas menghabiskan waktu sepuasnya, kerja tak terikat waktu dan tempat dll. Semua itu hanya bisa didapakan dari profesi sebagai seorang pengusaha.

Namun untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa menikmati sebebasnya memerlukan ide usaha yang kreatif, cemerlang, kerja keras serta modal usaha yang mencukupi. Tidak selamanya seseorang mempunyai hal demikian terutama modal usaha. Karena modal usaha yang masih kurang membuat sebagian orang mengurungkan niat untuk buka usaha. Padahal banyak jalan untuk memperoleh modal usaha. Ada cara meminjam uang di bank dan ada cara mendapatkan modal usaha secara gratis.

Penulis menyarankan apabila anda hendak membuka sebuah usaha sebaiknya menggunakan modal usaha milik sendiri tanpa perlu meminjam kepada pihak bank. Hal ini dengan alasan jika pinjam modal usaha di bank adanya tuntutan pengembalian uang serta bunga yang harus dibayarkan. Padahal itu keuntungan usaha kita.

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Perlu Meminjam
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini sejumlah cara mendapatkan modal usaha tanpa perlu meminjam ke bank dan orang lain antara lain:

▪ Tabungan
Anda pastinya memiliki uang tabungan yang tersimpan di bank. Seperti tabungan biasa, deposito dll. Kebiasaan menabung termasuk hal bagus yang dilakukan untuk mempersiapkan modal usaha kelak. Jika ada pilihan membuka usaha dengan modal tabungan milik sendiri atau pinjam ke bank maka pilihan terbaik adalah menggunakan tabungan sendiri. Hal ini dilakukan oleh penulis dan pengusaha sukses lain dan ternyata mereka berhasil.

▪ Jual Aset
Cara kedua untuk mendapatkan modal usaha tanpa perlu meminjam uang adalah dengan menjual aset yang berharga milik anda. Langkah ini dilakukan setelah tabungan yang anda miliki kosong sama sekali. Betapa mudah menjual aset berharga. Misalkan menjual tanah, emas perhiasan dan lain sebagainya yang masih kurang maksimal dalam penggunaannya.

Hal ini pernah dilakukan penulis ketika butuh uang sebesar Rp 80 juta sebagai modal usaha. Tanpa pikir panjang, penulis menjual kebon kosong seluas 100 meter persegi di belakang rumah dengan harga Rp 85 juta. Uang itu kemudian dipergunakan sebagai modal usaha membuka bisnis es krim dan mengembangkannya hingga sukses dan menguntungkan.

Memang untuk membuka sebuah usaha memerlukan pengorbanan yaitu modal usaha. Dan cara mendapatkan modal usaha dengan cara menggunakan tabungan milik sendiri atau menjual aset berharga milik anda. Pengorbanan dalam sebuah usaha akan terbayar kelak dengan arus kas positif yang cukup besar. Keuntungan hingga berkali lipat yang mampu membeli barang yang selama ini telah dijual sebagai modal usaha awal.

▪ Jadi Karyawan
Cara jitu yang terbukti efektif dalam rangka mendapatkan modal usaha tanpa meminjam uang di bank dan orang lain adalah kita bekerja sebagai karyawan dulu dengan gaji bulanan. Misalkan anda membutuhkan modal usaha sebesar Rp 5 juta maka anda harus bekerja sebagai karyawan dengan gaji Rp 5 juta ke atas selama sebulan. Setelah itu anda baru bisa buka usaha dengan mengandalkan gaji bulanan. Hal ini telah dilakukan banyak orang untuk membiayai usahanya.

▪ Melakukan Usaha tanpa Modal
Salah satu cara mengumpulkan modal usaha adalah melakukan usaha tanpa modal terlebih dahulu. Ada berbagai jenis peluang usaha yang bisa dijalankan tanpa modal sama sekali. Seperti bisnis penulisan artikel di internet. Anda hanya bertugas menulis artikel di komputer dan mengirimkannya kepada pihak pembeli. Dalam satu bulan penghasilan bisa mencapai Rp 1juta. Dan uang tersebut bisa digunakan sebagai modal usaha.

▪ Ikut Kegiatan Wirausaha dari Pemerintah
Pemerintah secara berkala mengadakan berbagai pelatihan usaha gratis. Lembaga yang biasa menyuguhkan training wirausaha mandiri bagi pengusaha pemula adalah dinas sosial, dinas tenaga kerja, kementerian koperasi dan ukm, kementerian agama dan kementerian Pendidikan. Jika anda memerlukan modal usaha, tak ada salahnya anda mengikuti pelatihan bisnis itu secara gratis. Dan pada penutupan acara tersebut, para peserta akan mendapatkan modal usaha secara gratis sebagai modal dalam membuka sebuah usaha. Atau sebagai implementasi dari teori yang sudah diberikan sebelumnya.

▪ Mengajukan Proposal Usaha
Apabila anda membutuhkan modal uang dalam buka usaha maka anda bisa melakukan cara ini yaitu dengan mengajukan proposal usaha ke berbagai perusahaan swasta dan negeri yang terdekat dengan lokasi, ke berbagai lembaga pemerintahan, perusahaan BUMN, dan lain sebagainya. Karena mereka mempunyai kewajiban untuk membantu perekonomian warga sekitar. Salah satunya dengan memberikan bantuan modal usaha gratis kepada usaha kecil mikro dan menengah di lokasi terdekat. Adapun modal usaha yang diberikan lembaga perusahaan swasta dan pemerintah bervariasi. Namun lumayan besar apalagi anda dibantu bukan hanya dari segi permodalan tapi juga dari pemasaran dan produksi.

▪ Pemberian Orang Tercinta
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa perlu meminjam kepada orang lain dan bank adalah meminta bantuan modal usaha kepada orangtua, saudara dekat dan orang-orang yang sangat dekat dengan kita. Jika mereka mempunyai kelebihan uang sudah pasti mereka akan rela memberikan uang pada anda sebagai modal usaha gratis.

Hal ini telah dilakukan oleh penulis yang hendak membuka usaha jualan es krim. Niat baik menjadi pengusaha es krim diutarakan kepada kedua orangtua tercinta. Akhirnya demi kebahagiaan dan kesuksesan sang anak, beliau memberikan uang sebesar Rp 2 juta sebagai modal usaha buka bisnis penjualan es krim. Dan ternyata modal usaha uang itu bisa balik modal dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Demikianlah cara mudah mendapatkan modal usaha tanpa perlu meminjam kepada bank dan orang lain. Sebenarnya masih banyak cara lain seperti mencari investor yang mau bekerjasama menjalankan usaha, dll. Namun semua yang telah dipaparkan di atas itu dinilai bisa mewakili semuanya.